Only for Love, Ketika Seorang Jurnalis Jatuh Cinta

   

maria-g-soemitro.com

Only for Love, Ketika Seorang Jurnalis Jatuh cinta

“Males baca tulisan blogger. Banyak curhatnya!” Kurang lebih demikian bunyi status facebook seorang teman. Dan anehnya, dia juga seorang blogger!

Seorang blogger pastinya tahu bahwa perbedaan jelas antara tulisan blogger dengan wartawan di media mainstream adalah sisipan curhatnya!

Wartawan dilarang memberi opini. Dia harus menulis plek sama dengan yang diucapkan narasumber, ditambah penjelasan normatif. Misalnya artikel tentang peresmian pangkalan TNI AL, ya dia hanya boleh menjelaskan sesuai prinsip 5 W 1 H: who, what, when, where, why dan how.

Sedangkan blogger bisa dengan leluasa menulis sisi humanisnya atau bisa juga pengalaman yang terkait tema. Seperti misalnya dia berkisah punya paman ganteng yang bekerja di TNI Al. Sang paman tewas saat melaksanakan tugas, kemudian diteruskan pentingnya pembangunan TNI AL tersebut.

Walau platformnya berbeda, namun tetap ada benang merahnya, yakni sama-sama berpijak pada fakta. Gak boleh mengarang bebas. Bahkan jika sang blogger menulis di UGC (user generated content), dia harus menulis sumber datanya.

Pernah beberapa kali diwawancara wartawan dan melihat hasilnya, saya angkat topi pada aktivitas seorang wartawan. Mereka harus sabar menunggu narasumber hingga berjam-jam lamanya, eh pas ketemu hanya diberi waktu 5-10 menit. Malah sering si narasumber ngumpet, enggan ketemu wartawan.

Aktivitas seorang wartawan diangkat oleh drama Cina “Only for Love” yang diadaptasi dari web novel "Accidental Love" (错撩) by Qiao Yao (翘摇). Sehingga harusnya cukup detail bertutur tentang profesi wartawan ya?

Sayang, walau diperankan aktris/actor Cina papan atas, yaitu Bai Lu dan Dylan Wang, (gak heran promosinya berupa video short, berseliweran di media sosial) drama ini hanya sanggup meraih rating 7,8 di Mydramalist.

Apa penyebabnya? Yuk ah kita kupas:

Baca juga:

Love Designer, Kisah Tentang si Cantik dan si Cowok Alfa

Once We Get Married, Kisah Kawin Kontrak Sang Cinderella

  

maria-g-soemitro.com

Bai Lu sebagai  Zheng Shu Yi

Sebagai wartawan keuangan majalah bulanan “Financial Introduce”, prestasi Zheng Shu Yi sangat menonjol. Tulisannya yang selalu tajam dan tanpa tedeng aling-aling, berhasil mengantarkan Zheng Shu Yi meraih beberapa penghargaan.

Semula kehidupan Zheng Shu Yi terasa mulus. Pacarnya, Yue Xing Zhou tak keberatan dengan Zheng Shu Yi yang ambisius dan menomor duakan janji kencan dengannya.

Hingga suatu hari  Zheng Shu Yi menerima kenyataan, pacarnya minta putus karena lebih memilih gadis lain yang menjanjikan masa depan lebih baik.

maria-g-soemitro.com

Dylan Wang sebagai  Shi Yan

Sebagai pewaris Mingyu grup, sebetulnya Shi Yan bisa saja mengambil langkah mudah dengan meneruskan tugas ayahnya dan mengambil alih jabatannya.

Namun hal itu tidak dilakukan Shi Yan. Dia memilih mendirikan perusahaan Yunchuang dan membiarkan kakak iparnya yang meneruskan tugas ayah mereka.

Tidak mudah membangun perusahaan. Terlebih banyak pejabat senior dalam perusahaannya yang menentang policy Shi Yan yang kerap terasa revolusioner. Beruntung ayahnya dengan bijak selalu mendukungnya dan menasihati:

Para senior telah mendukungmu

Apa pun yang mereka katakan

Jika itu benar, perbaikilah

Jika tidak, anggap sebagai nasihat

  

maria-g-soemitro.com

Wei Zhe Ming sebagai  Yu You

Berhasil mendapat gelar di Amerika Serikat, Yu You memutuskan kembali dan bekerja sebagai dosen. Dia juga bergabung dengan Shi Yan sebagai konsultan 

Tak terduga orangtua Yu You dan orang tua Zheng Shu Yi sepakat untuk menjodohkan anak mereka. Perjodohan yang gagal, karena Zheng Shu Yi telah melabuhkan hatinya pada Shi Yan. Sementara Yu You harus bimbang menghadapi Qin Shi Yue, keponakan Shi Yan yang dengan agresif mengejar cintanya.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Only for Love Chinese Drama (2023)

Terobosan 3 serangkai, CEO Mingyu  Yunchuang, Shi Yan; CEO Guan Capital,  Guan Ji dan profesor muda usia, Yu You dalam berinvestasi pada Le’an Technology menyita perhatian publik

Karena Le’an Technology  merupakan perusahaan yang yang baru merintis di industri chip. Berbeda jauh track recordnya dengan perusahaan lain yang telah lama berkecimpung di industry ini.

Peristiwa ini tentu saja masuk radar , pemred “Financial Introduce”, majalah keuangan terkemuka yang mengutus jurnalisnya, untuk mewawancarai Shi Yan, sebagai CEO Mingyu Yunchuang.

Zheng Shu Yi, jurnalis yang dipilih Shi Yan, melihat kesempatan wawancara ini tidak saja agar bisa mengangkat artikelnya sebagai berita utama, juga mendekati Shi Yan yang tampan dan kaya raya untuk memanas-manasi mantan pacarnya.

Ya, Zheng Shu Yi baru aja diputusin pacarnya, Yue Xing Zhou dengan alasan sedang menjalin kasih dengan keponakan owner Mingyu Yunchuang. Yue Xing Zhou cape hidup miskin, dia ingin meraih kekayaan dengan cara instant.

Di kemudian hari diketahui bahwa perempuan yang merayu Yue Xing Zhou ternyata berbohong. Dia bukan keponakan CEO Mingyu Yunchuang, melainkan keponakan supirnya.

Keponakan asli CEO Mingyu Yunchuang yang bernama Qin Shi Yue, sedang magang sebagai jurnalis majalah “Financial Introduce”, dan bekerja sebagai anak buah Zheng Shu Yi. Ketika sedang bekerja liputan dia jatuh hati pada Profesor  Yu You, salah satu dari 3 serangkai.

Sementara itu, perjuangan Zheng Shu Yi membuat Shi Yan jatuh hati padanya berlangsung cukup mulus. Dia dibantu sahabatnya, Bi Ruo Shan yang tengah memadu kasih dengan Guan Ji, salah satu dari 3 serangkai. 

Hal ini malah membuat Zheng Shu Yi gamang. Dia tidak yakin apa yang berkecamuk dalam hatinya, apakah cinta atau sekadar bangga karena berhasil menaklukan Shi Yan, bujangan tampan nan kaya raya yang menjadi banyak incaran perempuan lainnya.

Di tengah kegamangannya, Zheng Shu Yi mundur teratur, membuat Shi Yan bingung. Paman Qin Shi Yue  ini telah mabuk kepayang pada Zheng Shu Yi. Dalam kegalauannya dia minta advis pada sang keponakan:

Jika seorang perempuan semula sangat proaktif mendekati pria

Tapi tiba-tiba karena suatu masalah, dia berhenti menghubungi, apa alasannya?

Qin Shi Yue yang tengah mengejar Profesor  Yu You, dan tak kunjung mendapat balasan, memberi nasehat:

Bersikap proaktif juga melelahkan 

Dalam suatu hubungan, pria juga harus berinisiatif

Beruntung, baik Zheng Shu Yi maupun Shi Yan menyadari bahwa keduanya saling membutuhkan. Bahkan dengan tegas Shi Yan berkata:

Aku pernah bingung dengan kehebatanmu

Tapi aku tahu, itu adalah cahaya yang membuatku tertarik dan membawaku padamu

Kuharap kau akan bersinar lebih terang, dan aku juga akan melakukan hal yang sama

Agar kita bisa bersinar bersama-sama

  

maria-g-soemitro.com

Review Only for Love Chinese Drama (2023)

Jadi tau alasan Mydramalist memberi rating 7,8 pada drama Cina “Only for Love”, walau drama ini diperankan 2 bintang besar, Bai Lu sebagai  Zheng Shu Yi dan Dylan Wang sebagai  Shi Yan.

Padahal biasanya portal ini royal banget memberi rating pada drama yang diperankan actor/aktris muda ganteng dan cantik.

  

maria-g-soemitro.com

Alasannya: Ceritanya gak asyik! 

Penulis scenario gak mau mengeksplor karakter dan latar belakang tiap tokoh utama. Malah seperti asyik sendiri mengekspos kisah cinta 4 pasangan kekasih. Akibatnya, alur kisah terasa lambat dan membosankan. Khususnya 10 episode menjelang episode terakhir.

Beberapa kali saya terpaksa skip dan mempercepat karena banyak adegan yang gak ngaruh bagi keseluruhan drama. Seolah hanya sisipan yang dilama-lamain agar durasi drama mencapai 36 episode.

Yang mengganggu lainnya adalah kostum yang digunakan Bai Lu. Dia berperan sebagai  Zheng Shu Yi, jurnalis biasa yang belum mencapai tingkat pemred, tapi busananya…..wuaduh branded semua.

Saya sempat ngecek coat branded yang dipakai Bai Lu, Harganya 2.919,00€ dong. Hehehe iseng banget ya? 

Karena berkisah tentang jurnalis, semula saya berharap drama Cina “Only for Love” banyak menggarap sisik melik pekerjaan jurnalis. Sayang, saya harus kecewa. Sebagai jurnalis, Zheng Shu Yi lebih banyak mengetik dibanding mengejar data untuk tulisannya (jadi tukang ketik aja dong ya? 😀😀) 

Untunglah ada satu adegan yang lumayan bagus antara Zheng Shu Yi  dengan Situ Yi, temannya yang berprofesi sebagai vlogger:

Format atau media tertentu bisa usang

Tapi konten yang bagus tak bisa usang

Sama seperti vlogmu, video sebagai media

Pada akhirnya mungkin akan digantikan ke yang lebih baru

Tapi selama kualitas kontenmu yang terbaik dan tetap terkini

Vlogmu tak akan usang

Percakapan yang lumayan berdaging, yang sayangnya gak banyak. Penulis scenario malah asyik bercerita tentang kisah cinta Zheng Shu Yi  dan beberapa pria yang mengerubutinya.

Baca juga:

Gourmet in Tang Dynasty, Perjalanan Waktu seorang Foodie

Love in Time, Kisah Kawin Kontrak Ratu Pakaian Dalam


Profile

Drama: Only for Love

Also Known As: Cuo Liao , 错撩 , 以愛為營 , 錯撩 , Yi Ai Wei Ying , Accidental Love

Adapted from the web novel "Accidental Love" (错撩) by Qiao Yao

Related Content

Only for Love Special (Chinese side story)

Native Title: 以爱为营

Director: Guo Hu

Screenwriter: Yang Qian Zi

Country: China


14 comments

  1. Pemain di Only for Love beneran seger dan enak banget diikuti kisahnya.
    Dan profesi media ini jarang banget diangkat karena se-ribet itu. Apalagi yang mengangkat berita politik dan hukum kaya di drama Healer-nya Babang Ichang.

    ReplyDelete
  2. Awalnya menarik untuk ditelusur lebih dalam saat baca pembukaan ambu. Lama-lama, memang benar yang ambu sampaikan. Rasa bosan turut berimbas bagi saya yang baca ulasan only for love drama china ini.

    ReplyDelete
  3. Meski alurnya kurang greget tapi mau tetap nonton karena ada Dylan Wang hahaha :-D
    1 episode durasinya berapa menit kah Mba?

    ReplyDelete
  4. Bener ya. bahwa harus memang riset kalau mau bikin cerita. meski itu sekedar fiksi tapi tetap harus masuk akal. misal, kalau profesi tokohnya jurnalis atau wartawan kudunya memang banyakin adegan yang mengeskplore soal profesi itu. bukan sekedar yah, tokoh ini wartawan. tuh kan dia menulis berita. tapi nggak ngejar-ngejar data... hehehe

    ReplyDelete
  5. Hmmm, gara-gara dibilang membosankan saya jadi maju mundur mau nonton.
    Tapi kalau ceritanya soal jurnalis itu pula salah satu profesi yang saya sukai untuk diikuti kisah-kisahnya.
    Coba nonton kali yaa...

    ReplyDelete
  6. Masalah outfit dan penampilan secara keseluruhan memang krusial di dalam film. Saya kadang ngedumel, "Orang miskin kok ganteng amat. Kulitnya mulus bersih. Baju-bajunya kayak orang-orang pada umumnya." Di sini, jurnalis cewek biasanya identik dengan outfit boyish dan simpel, semacam kaos dan celana jins, dengan perawatan wajah yang minim hahaha.

    Jadi boring karena setting tempatnya di situ2 aja ya. Kalau di drakor2 yang aku tonton, apapun genre-nya (drama, action, misteri bahkan) tetap ada scene-scene yang membahas masa lalu dan background tiap karakter utama.

    Btw mbak, bagian pembuka tulisan soal blogger dan jurnalis bisa dijadikan satu tulisan tersendiri tuh.

    ReplyDelete
  7. Saya tidak mengikuti drama China, Mbak. Makanya kurang familiar para pemainnya juga. Hanya dari ulasan Mbak Maria, memang pekerjaan sebagai wartawan itu menyita waktu, bahkan harus berkorban juga. Misalnya itu, menomorduakan keluarga atau kekasih.

    ReplyDelete
  8. Ternyata alur cerita film only for love tentang kisah seorang jurnalis, di awal cerita ada tulisan ... "Males baca tulisan blogger" padahal dia sendiri seorang blogger ya .... jadi kepo siapa nih .... !!! tentunya sangat beda antara tulisan blogger dan jurnalis ... pasti kita lebih paham

    ReplyDelete
  9. Yah sayang banget ya Mbak. Padahal cerita lika-liku cinta antara yang kaya dengan rakyat biasa tuh biasanya penuh dengan irama cerita yang menarik. Kebanyakan adegan gak perlu hingga berkesan seperti "tempelan" memang bikin drama atau filmnya jadi membosankan.

    BTW, suka banget dengan rangkaian uraian penulisan ala wartawan dan blogger. Memang pada kenyataannya begitu. Blogger gak cuma mengandalkan fakta tapi juga seni mengolah diksi yang bebas melibatkan rasa. Ternyata masih ada yang tidak paham soal pakem ini ya.

    ReplyDelete
  10. Kalo jurnalis harusnya pan banyak nguber² data dan narsum ke sana ke sana ke mari. Kayak jurnalis yang di Taxi driver kan gitu.
    Hemm, sayang banget ya dracin ini kurang seru jadinya

    ReplyDelete
  11. Pemain Only for Love bikin seger mata padahal ya, sayang banget kalau peliknya nyari narsum kurang diangkat padahal pekerjaan pemainnya wartawan, ah, mungkin memang lebih menekankan pada hungan cinta antar pemeran sesuai judulnya.
    Tapi tetap penasaran untuk ditonton, karena pemainnya bening2, hehe.

    ReplyDelete
  12. Oh, lebih banyak ke kisah percintaannya ya. Padaha sedang mempertimbangkan buat nonton kalau banyak tentang dunia jurnalistiknya.

    Btw, blogger seperti yang di awal tulisan ... aku juga punya kenalan yang seperti itu >.<

    ReplyDelete
  13. Gak mudah menganggap omongan orang sebagai obat yang menyembuhkan yaa..
    Biasanya aku sebagai manusia biasa, kalau gak cocok sama omongan orang uda aku anggap racun aja tuh, toxic.

    Padahal, gak semua perkataan orang itu buruk.
    Justru pujian lah yang mematikan.

    ReplyDelete
  14. Waaa di drama china only for love ini pemeran utamanya Dylan Wang ya, ambu. duh jadi pengen nonton. Menarik ada 3 serangkai yang ganteng-ganteng. Cuma kebiasaan drachin episodenya lumayan panjang. Ini 36 episode ya

    ReplyDelete