Gourmet in Tang Dynasty, Perjalanan Waktu seorang Foodie

    
drama china


Gourmet in Tang Dynasty, Perjalanan Waktu Seorang Foodie


Apa beda food blogger dengan foodie?

Menurur wiki, foodie adalah orang yang mempunyai minat kuat/hobi pada makanan. Istilah ini terkait "gastronom" dan "gourmet"  yang mendefinisikan hal sama, yaitu seseorang yang menikmati makanan untuk kesenangan. 

Jadi , akun media sosial (umumnya Instagram) yang acap mengunggah atau bahkan seluruh unggahan merupakan foto makanan/minuman bisa dikategorikan sebagai foodie. 

Sedangkan food blogger harus punya blog (baik top level domain maupun blog gratis), tempat dia mengunggah foto dan tulisan. Contohnya akun instagram saya nyi_omas yang didominasi foto makanan. Review saat menyantap hidangan di sebuah restoran/café/warung/kaki lima, saya posting di blog ini. 

Terkadang isi tulisan berupa sejarah suatu kuliner dan resepnya, yang pastinya sulit diposting di Instagram mengingat kapasitasnya yang terbatas. 

Mengapa tiba-tiba muncul pertanyaan bedanya foodie dan food blogger? 

Ceritanya saya habis nonton drama Cina berjudul “Gourmet in Tang Dynasty”. Menurut beberapa sinopsis, drama ini berkisah tentang seorang “food blogger “ bernama Yang Xiao Xiao yang bertubuh gemuk. Sehingga Xiao Xiao berangan-angan hidup di era 1000 tahun silam, di masa tubuh subur menjadi standar kecantikan. 

Penyebutan profesi “food blogger” yang membuat saya mencari data, apakah sih definisi “food blogger”? Dan jawabannya saya tulis di atas. Xiao Xiao dalam drama “Gourmet in Tang Dynasty” lebih tepat berprofesi sebagai “foodie” bukan “food blogger”. 

Drama bertabur makanan ini tayang di YouTube. Cuma 27 episode @ 10 menit/episode. Jadi worth it banget ya? Bisa nonton sambil menyiangi taoge, sambil nyapu ngepel de el el ….. 🤣🤣
Bagaimana kualitasnya?  Yuk kita kupas. 

Baca juga:
River Where The Moon Rises dan Kekuatan Netizen 

Tears in Heaven, Awas Jebakan Click Bait!

 
Li Xi Zuan


Li Zi Xuan sebagai Yuan Wan Er/Yang Xiao Xiao

Tidak ada yang salah dengan hobi makan dan bertubuh tambun, seperti yang dialami Yang Xiao Xiao, seorang  foodie

Tidak demikian tuntutan trend kecantikan di era milenial. Mereka yang bertubuh langsing dianggap lebih cantik dibanding si gemuk. . Itulah sebabnya Yang Xiao Xiao memimpikan hidup di dinasti Tang, kala  perempuan bertubuh subur menjadi idaman. 

Impian Yang Xiao Xiao terwujud saat dia mengikuti lomba makan donat dan tersedak. Dia terbangun dalam raga Yuan Wan Er yang hidup di era dinasti Tang. 

Dan ternyata, kenyataan tak seindah impian.

 

Liu Run Nan


Liu Run Nan sebagai  Bai Yi Ming

Bai Yi Ming, putra kepala suku yang dijodohkan dengan Yuan Wan Er     

Dia tak menyukai Yuan Wan Er dan menuntutnya mengembalikan uang mahar. 

Saat mendampingi Yuan Wan Er yang sedang mengumpulkan uang demi bisa mengembalikan mahar. Bai Yi Ming menyadari bahwa Yuan Wan Er berubah, dia bukan gadis yang selama ini dikenalnya. 

Bai Yi Ming pun jatuh cinta pada Yuan Wan Er.

Sayang, Bai Yi Ming terlalu  meragu, membuat beberapa pria mendekati Yuan Wan Er. Salah satunya orang yang berpengaruh. Dia adalah Pangeran Cao, adik kandung raja yang berkuasa.

 

China Drama


Hu Shan Shan  sebagai  Yuan Luo Nu   

Yuan Luo Nu, kakak perempuan Yuan Wan Er.    
Sejak kecil Yuan Luo Nu merasa orang tuanya pilih kasih, lebih menyintai Yuan Wan Er. Tak heran mereka selalu berselisih, terlebih kala Yuan Wan Er juga membuat rumah makan seperti yang dimilikinya.

    

China Drama


Wang Lu sebagai  Zheng Lu

Zheng Lu suami Yan Luo Nu dari golongan terpelajar. Berarti dia juga kakak ipar Yuan Wan Er
Zheng Lu acap berselingkuh dengan perempuan penghibur. Sebetulnya dia sangat menyintai Yuan Luo Nu, sayang mereka berdua tak mampu berkomunikasi dengan baik.

 

chinese drama


Sinopsis Gourmet in Tang Dynasty Chinese Drama (2021)

Yang Xiao Xiao, seorang foodie bertubuh tambun, tersedak saat mengikuti lomba makan donat. Tiba- tiba arwahnya masuk ke raga Yuan Wan Er seorang gadis yang hidup di kawasan Chang’an di zaman dinasti Tang. 

Semula, dia berharap nasib sialnya di era milenial berubah menjadi keberuntungan. Sayang, Xiao Xiao salah duga. Raga  Yuan Wan Er kurus, sementara di zaman dinasti Tang, perempuan yang diidolakan adalah yang bertubuh tambun. 

Raga Yuan Wan Er juga telah melakukan serangkaian kesalahan. 

Apesnya, dia tidak ingat. Yuan Wan Er hanya bisa terkaget-kaget melihat Bai Yi Ming mendatanginya dan marah-marah. Bai Yi Ming menuduhnya sebagai perempuan yang tidak bisa menjaga kehormatan. 

Bai Yi Ming mengingatkan bahwa mereka berdua telah bertunangan.Tapi Yuan Wan Er malah bertindak memalukan, tidak bisa menjaga kehormatan. Yuan Wan Er minum-minum hingga mabuk bersama kakak iparnya, Zheng Lu. 

Puncaknya, Bai Yi Ming minta uang mahar dikembalikan. 

Tentu saja Yuan Wan Er keberatan. Dia tak punya uang sebanyak itu. Orang tuanya juga tak bisa membantu. Terlebih kakak perempuannya, Yuan Luo Nu yang nampak tak menyukainya.     

Saat sedang memasak di dapur, Yuan Wan Er mendapat ide, yup kenapa gak buka rumah makan aja? Bukankah dia punya banyak resep masakan yang belum dikenal masyarakat  era dinasti Tang, seperti pizza dan quiche? 

Gak pakai lama, Yuan Wan Er bersiap membuka resto. Dia di bagian kitchen, sedangkan Bai Yi Ming di bagian keuangan sekaligus manager resto. 

Ternyata kenyataan tak semudah angan. Mungkin awalnya pengunjung resto ingin menyicipi masakan dengan tampilan/rasa dan nama baru yang diperkenalkan Yuan Wan Er. Namun lama-kelamaan mereka akan kembali ke selera asal. Kembali ke menu yang disajikan resto Yuan Luo Nu, kakak perempuannya. 

Sebagai pemilik resto yang telah lama berdiri, Yuan Luo Nu menjadi rival utama Yuan Wan Er. Dia tak mau pelanggannya pindah ke resto adiknya.  

Berbagai taktik digunakan Yuan Luo Nu untuk menjegal adiknya. Bahkan jika perlu mengiming-imingi makan gratis agar pelanggan hanya makan di resto-nya. 

Yuan Wan Er berpikir keras. Tidak bisa berkomunikasi dengan kakaknya, dia mencari akal dengan mendekati Zheng Lu, kakak iparnya. Dia berharap mendapat bocoran rahasia sukses resto kakaknya. 

Jawabannya adalah: anggur. Pelanggan menyukai anggur yang disajikan resto milik Yuan Luo Nu.  

Tentu saja dengan mudah Yuan Wan Er bisa mengatasi kesulitan ini. Kemampuan yang dipelajarinya di masa kekinian, mampu menghasilkan anggur dengan rasa lebih enak. 

Keberuntungan lain datang ketika seorang suruhan memesan makanan untuk tuannya, yaitu:

Masakan yang tidak bau atau pedas
Tidak boleh asam atau pahit
Tidak boleh ada sayuran, ikan atau daging
Bukan bubur, kue, bubur nasi atau pangsit nasi 

Yuan Wan Er menyanggupi, termasuk mendatangi rumah sang pembeli untuk menyiapkan masakan. 

Yuan Wan Er menemukan masakan yang tepat dengan permintaan adalah “es krim” yang dibungkus kulit tipis berbahan tepung terigu. Sebelum disajikan digoreng agar renyah.

Pemesan ternyata adalah Pangeran Cao, adik kaisar yang berkuasa. Pangeran Cao bersembunyi dari khalayak ramai, bahkan awalnya tak mau bertemu Yuan Wan Er karena terserang penyakit cacar. 

Yuan Wan Er tentu saja tak takut tertular.  Dia percaya diri, sebagai Yan Xiao Xiao, dia sudah divaksinasi.  

Kepercayaan diri dan kepintaran Yuan Wan Er membuat Pangeran Cao terheran-heran. Bertambah heran sewaktu Yuan Wan Er tidak menetapkan harga murah pada olahan masakannya. Sehingga Pangeran Cao menyuruh Yuan Wan Er mengirimkan masakannya tiap hari. Mirip catering di dunia modern. 

Kedekatan Yuan Wan Er dan Pangeran Cao berbuah manis. Saat Yuan Wan Er ditahan atas tuduhan tak mendasar, serta ketika kakaknya, Yuan Luo Nu dan suaminya butuh pertolongan, Pangeran Cao mengulurkan bantuan. 

Sayang,  tidak semua buah rasanya manis. Pangeran Cao memasang jebakan untuk Bai Yi Ming, sosok yang dicintai dan mencintai Yuan Wan Er

      

Chinese Drama


Review Gourmet in Tang Dynasty Chinese Drama (2021)

Drama Gourmet in Tang Dynasty mengingatkan saya pada drama Korea “Mr Queen”, tapi lebih manis. Penyebabnya mungkin Yan Xiao Xiao adalah perempuan yang masuk ke raga Yuan Wan Er yang juga perempuan. 

Sementara pada drama Korea “Mr Queen”, Ratu Kim So-Yong dimasuki roh Chef Jang Bong-Hwan. Tanpa adegan lucu pun, fantasi penonton sudah mengembara.😀😀

Sebelum drama “Mr Queen” tayang tahun 2020, industri hiburan Cina telahmemproduksi drama serupa berjudul “Go Princess, Go! (2015) Tayang di channel YouTube, saya cuma nonton beberapa episode, kemudian berhenti. Dramanya jelek. Bikin enek. 

Walau dibuat berdasarkan novel yang sama, "The Promotion Record of a Crown Princess” by Xian Cheng, drama Go Princess, Go! dibuat lucu, lengkap design interior yang maunya jenaka, tapi malah konyol.  

Beda dengan drama “Gourmet in Tang Dynasty”. Secara keseluruhan okelah, meski jika dianalogikan, alur kisah drama ini berasa naik kendaraan roda 4 yang drivernya baru belajar nyetir. Gronjalan.  😢😢

Li Zi Xuan yang berperan sebagai sebagai Yuan Wan Er mendominasi kisah. Aktingnya manis, jenaka dan gemesin. Ditambah soundtrack yang genit, dan durasi yang tak terlalu lama/panjang, drama Cina “Gourmet in Tang Dynasty” recommended banget sebagai tontonan yang menghibur. 

Saya baca komen di situs mydramalist, banyak penonton yang berharap ada kelanjutan kisah asmara Yuan Wan Er dan Bai Yi Ming, 

Ya kita tunggu saja. 

Baca juga:
Mr. Queen, Drama Korea yang Bikin Ngakak! 

Hello? It's Me!, Sosok Dari Masa Lalu

Profile


Drama: Gourmet in Tang Dynasty
Native Title: 大唐小吃货
Also Known As: Da Tang Xiao Chi Huo
Genres: Food, Historical, Comedy, Romance
Country: China
Episodes: 27
Aired: Jul 12, 2021 - Aug 3, 2021
Aired On: Monday, Tuesday, Wednesday
Original Network: Tencent Video
Duration: 10 min.
Content Rating: 13+ - Teens 13 or older
 

6 comments

  1. Ceritanya semakin seru takkala foodie bisa meraih impian dan harapannya... semakin dibaca semakin ingin saya bisa melihat 27 episodenya.

    ReplyDelete
  2. haha...lucu deh cara ambu menyimpulkan drama ini. ceritanya hampir sama Mr. Queen tapi alurnya kaya naik kendaraan roda 4 yg supirnya baru belajar nyetir....hahaha, ngakak sendiri saya. padahal baca atasnya serius dan pengen nonton juga drama ini.

    ReplyDelete
  3. Saya kezel saat baca porfile seseorang yang menyebut dirinya food blogger padahal dia ga punya blog, cuma review di aku sosmed-nya saya, harusnya punya blog dong yaa..hehe
    Btw, 27 episodes @10 menit saja/episode...boleh banget , cepeeet nontonnya:)

    ReplyDelete
  4. Jadi inget pelajaran sekolah dulu di materi sejarah, ada dinasti tang sebagai dinasti terbesar yang terkait dengan pembangunan tembok raksasa china.. yups, film ini layak ditonton bagi pecinta sineas drama china. harus ditonton ya.

    ReplyDelete
  5. Wah drama genre food wajib banget nonton nih bisa jadi inspirasi nih ... Nice banget nonton ah

    ReplyDelete
  6. mr Queen, yess aku kayaknya gagal move on dari mr. Queen kemarin
    dan sekarang malah nontonin drama cina, karena banyak yang bagus bagus
    bisa juga ini masuk wish list dulu ya. dulu aku kira sebutan foodie adalah nama gaulnya food blogger atau tukang icip icip gitu mba

    ReplyDelete