Wajib! Proteksi Keuangan dengan Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

     
maria-g-soemitro.com

Wajib! Proteksi Keuangan dengan Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Setiap orang wajib punya 3 skill mengelola keuangan, yakni: menghasilkan uang, menabung uang dan mempekerjakan uang. Demikian kata Felicia Putri Tjiasaka, penyandang Chartered Financial Analyst dalam salah satu unggahan channel YouTube-nya.

Menghasilkan uang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Sedangkan menabung dan mempekerjakan uang (dengan menginvestasikannya) harus dilakukan agar di hari tua kita tidak lagi harus bekerja keras, untuk menghasilkan uang.

Namun Feli melupakan 1 skill lainnya, yaitu memproteksi uang. Tak ada orang yang dapat menolak kematian, sakit dan kecelakaan. Andai tiba-tiba datang musibah, sementara investasinya berbentuk property, kan sulit banget dicairkan?

Karena itu butuh banget layanan asuransi yang akan memproteksi keuangan, dan siap setiap saat menutup biaya yang muncul sebagai akibat sakit, kematian dan kecelakaan.

Baca juga:

Ini Rahasia Menjadi ‘Menteri Keuangan’ yang Sukses!

Cerdas Kelola Keuangan agar Aman dan Tidak Tergoda Pinjol

Daftar Isi

Memproteksi Uang, Skill yang Harus Dimiliki Setiap Orang

5 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

  • Pastikan Kebutuhanmu
  • Miliki Anggaran Asuransi Kesehatan
  • Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya
  • Pilih yang Memberi Kemudahan Membeli Produk dengan Mudah dan Praktis
  • Pilih Perusahaan Asuransi yang Proses Klaimnya Mudah

Bergabung Dengan FWD Max


Tapi bagaimana jika terjadi asuransi gagal bayar? Sekarang kan sedang marak terjadi.

Menurut sumber, ada 13 perusahaan asuransi yang dalam pengawasan OJK. Kasus ini ditanggapi Perencana Keuangan Safir Senduk dengan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan percaya, karena di industri manapun selalu ada oknum nakal.

Pendapat senada diungkapkan Perencana Keuangan OneShildt Consulting Imelda Tarigan yang mengatakan bahwa produk asuransi sangatlah mulia. Mereka telah mengambil alih risiko kerugian finansial dari pemilik polis.

Nah, agar tidak salah dalam memilih asuransi kesehatan, berikut 5 langkah yang wajib dilakukan.

     

maria-g-soemitro.com

5 Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

1. Pastikan Kebutuhanmu

Setiap orang itu unik, karena itu umumnya perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi yang berbeda. Mereka yang kerap bepergian tentunya berbeda kebutuhannya dibanding yang jarang keluar rumah. 

Mereka yang bepergian terbagi lagi dengan bepergian di dalam negeri dan ke luar negeri. Perusahaan asuransi terhubung dengan fasilitas kesehatan di luar negeri, sehingga nasabah bisa tercover ketika sakit di luar negeri.

Demikian pula cakupan perawatan dan kondisi kesehatan setiap orang sangat berbeda. Saya misalnya, harus mengonsumsi obat-obatan epilepsy dan secara periodik harus menjalani pemeriksaan khusus.

    

maria-g-soemitro.com
sumber: @sipundi.id

2. Miliki Anggaran Asuransi Kesehatan

Mada Aryanugraha. Co-Founder @sipundi.id & @cariilmu.co.id. memberi cara mudah untuk menentukan anggaran asuransi kesehatan, yaitu dengan menggunakan piramida sesuai dengan hierarki kebutuhan yang disusun Abraham Maslow.

Menurut psikolog dan filsuf Amerika Serikat tersebut, setiap orang harus terpenuhi kebutuhan akan rasa aman, sebelum mencari pemenuhan rasa nyaman.

Untuk mewujudkan hierarki kebutuhan, berikut strategi pembagian anggarannya:

  • 40 persen kebutuhan hidup, 
  • 10 persen gaya hidup, 
  • 30 persen cicilan utang 
  • 20 persen investasi dan proteksi. 

Proteksi keuangan dibutuhkan untuk memenuhi rasa aman.

3. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Pemerintah pastinya tak akan tinggal diam saat ada “oknum nakal” seperti kasus di atas. Namun prosesnya bakal lama dan berbelit-belit.

Jadi daripada makan hati dan menyesal kemudian, sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak baik dan terpercaya.

Caranya dengan memastikan perusahaan sudah beroperasi minimal dua tahun. Kemudian mengeceknya melalui situs resmi OJK yang memuat daftar lengkap Perusahaan Asuransi Umum, Jiwa, Reasuransi, Asuransi Wajib dan Asuransi Sosial. 

Dengan memilih perusahaan asuransi yang mempunyai reputasi baik, tidak saja terhindar dari penipuan asuransi, juga dapat terhindar dari penolakan klaim dan proses klaim yang ribet.

4. Pilih yang Memberi Kemudahan Membeli Produk dengan Mudah dan Praktis

Jadi ingat awal membeli asuransi, duh ribet banget. Tidak cukup satu pertemuan, karena agen asuransi harus membuat beberapa stimulasi, sesuai kebutuhan dan kemampuan calon nasabah.

Sesudah itu masih ada proses panjang pembayaran melalui bank, penandatanganan berkas hingga akhirnya polis asuransi diterbitkan.

Atau artinya butuh waktu lama, yang tidak hanya menghabiskan waktu, juga energi, biaya serta pikiran. Mungkin hanya butuh waktu satu jam untuk membicarakan asuransi, namun budaya timur membuat perbincangan jadi bertele-tele.

Seiring perkembangan teknologi informasi, calon nasabah bisa memilih asuransi yang menyediakan system online. Gak pakai ribet dan menghabiskan waktu. Stimulasi bisa dilakukan sendiri tanpa harus tatap muka dengan pihak asuransi.

Sehingga gak pakai lama, cukup menggunakan koneksi internet, maka asuransi kesehatan sudah dimiliki.

5. Pilih Perusahaan Asuransi yang Proses Klaimnya Mudah

Sebetulnya OJK telah mensyaratkan proses klaim yang mudah. Perusahaan asuransi harus memberikan prosedur klaim yang ringkas dan jelas

Yang dimaksud proses klaim adalah pembayaran tagihan biaya perawatan medis. Dari beberapa metode pembayaran klaim, umumnya digunakan reimbursement dan cashless.

Reimbursement adalah cara pembayaran klaim yang membutuhkan bukti-bukti pendukung, seperti struk pembayaran dan pembelian obat. Karena tagihan dibayar dulu oleh nasabah, baru kemudian diganti oleh pihak asuransi.

Sedangkan cashless adalah pembayaran langsung setiap transaksi pengobatan oleh pihak asuransi. Jadi nasabah gak perlu membayar biaya pengobatan, cukup menggesek kartu asuransinya.

Nasabah FWD Insurance bisa melakukan klaim dengan mudah, dengan mengecek manfaat polis melalui fitur eServices di FWD Max.

Melalui fitur eServices di FWD Max, nasabah tidak hanya dapat mengajukan klaim dengan mudah, juga mengecek status klaim.

   

maria-g-soemitro.com
sumber: FWD Insurance

Bergabung Dengan FWD Max

Apa yang dimaksud dengan FWD Max?  Dan bagaimana jika belum paham tentang asuransi itu sendiri?

FWD Max hadir untuk membantu meningkatkan pemahaman asuransi, khususnya penetrasi asuransi di Indonesia.

 FWD Max merupakan sebuah aplikasi mobile yang hadir layaknya seorang sahabat, yang akan memberikan Support, Information dan Protection (S-I-P) dalam menikmati gaya hidup.

Dapat diunduh melalui Play Store atau Apple Store, aplikasi FWD Max ditujukan untuk nasabah FWD Insurance, agen FWD Insurance dan masyarakat umum.

Dengan mengunduh aplikasi ini, anggota FWD Max bisa mendapat banyak keuntungan melalui penawaran menarik dan diskon spesial. Khusus untuk nasabah FWD Insurance akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan voucher di ribuan merchant penukaran poin seperti restoran, café,

Keuntungan lain dari FWD Max adalah bagian dari pencarian passion. Banyak sajian cerita-cerita menarik tentang bagaimana mengejar passion, tanpa terlalu memikirkan hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.

Jadi, gak usah pakai lama, yuk unduh FWD Max dan nikmati keceriaan menikmati gaya hidup tanpa beban, karena telah memiliki 4 skill seperti prolog di atas: menghasilkan uang, menabung uang, mempekerjakan uang dan memproteksi uang.

Baca juga:

Womens, Ingin Banjir Cuan dari Fandom? Ini Caranya!

4 Cara Atasi Kesedihan Ditinggal Orang Tersayang


15 comments

  1. Betul mbak. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi nanti. Lebih baik sedia payung sebelum hujan. Kita harus siap memproteksi keuangan agar aman saat ada sesuatu yang terjadi

    ReplyDelete
  2. Punya asuransi kesehatan emang penting, dan kini makin mudah dengan adanya aplikasi FWD Max ini, apalagi sering memberikan penawaran menarik dan diskon spesial ya. Bikin makin happy! :)

    ReplyDelete
  3. Saat ini memang sangat diperlukan asuransi kesehatan, karena saat ini biaya rumah sakit sangatlah mahal, jadi pilihlahg proteksi keuangan asuransi kesehatan yang tepat

    ReplyDelete
  4. Prosentase anggaran seperti di atas sepertihya perlu saya terapkan, agar tidak semua masuk dalam kebutuhan hidup. 40 persen kebutuhan hidup,
    10 persen gaya hidup,
    30 persen cicilan utang
    20 persen investasi dan proteksi harus dicoba. Terima kasih mb

    ReplyDelete
  5. Asuransi itu memang penting ambu, untuk jaga-jaga. Berharap sehat dan tidak terkena musibah. Setuju aku cari asuransi yang terpercaya, mudah membeli produknya dan praktis.

    ReplyDelete
  6. Memilih asuransi yang tepat bermanfaat sekali kalau sampai terjadi sesuatu hal yang ga diinginkan dan untuk kesehatan emang wajib punya ya karena mahal beanya kalau sampai dirawat di rs

    ReplyDelete
  7. Setuju, skill memproteksi uang perlu, karena tak ada yang bisa menghindar dari sakit, kematian...dst. Jadi proteksi keuangan dengan memilihi asuransi kesehatan yang tepat adalah solusinya.

    ReplyDelete
  8. Daku setuju untuk memilih asuransi yang klaimnya mudah.
    Gak mesti harus datang ke kantor buat mengurusnya.

    karena kalau sudah urgent harus digunakan pastinya akan sangat membantu proses juga.

    ReplyDelete
  9. Iya bener nih harus memilih asuransi yang proses klaim nya mudah itu susah-susah gampang. Jadi auto ceki-ceki nih buat ikutan asuransi ini, biar tambah kenal.

    ReplyDelete
  10. Memiliki asuransi kesehatan itu penting ya Ambu
    Agar hidup kita lebih terlindungi
    Dan akan sangat membantu jika kita memilih asuransi dengan klaim yang mudah seperti fwd ini ya

    ReplyDelete
  11. Sebenernya kebutuhan akan asuransi ini memang custom banget ya, Ambu.
    Dalam artian, setiap personal memiliki kepentingan masing-masing. Ada baiknya kalau konsultasi dulu mungkin ya.. Jadi mantap nih, memilih produk yang ada di FWD Insurance.

    ReplyDelete
  12. kalau urusan asuransi yang pasti-pasti aja lah ya... yang jelas dan sudah terdaftar juga jadi kitanya juga gak khawatir. memiliki asuransi memang menjadi impian banyak orang, tujuannya tentu saja untuk rasa aman, tenang dan merasa terlindungi.

    ReplyDelete
  13. Kesehatan itu saat ini yang utama. Kita jangan main main dalam mempersiapkan dana darurat jika suatu saat kita membutuhkannya. Adanya asuransi kesehatan terpercaya pasti sangat membantu meski tentu saja kita tidak berharap adanya kejadian tidak diinginkan ya

    ReplyDelete
  14. Bener mom, perusahaan asuransi yang memiliki proses klaim yang mudah dan efisien perlu banget dipilih. Karena sesuai pengalaman dalam mengajukan klaim dapat menjadi problem kalau dipersulit

    ReplyDelete
  15. Insight baru untuk saya nih Mba, salah satu skill keuangan yang tak kalah penting: memproteksi uang. Iya ya, beneran saya catat ini Mba. Memproteksi diri dengan memilih asuransi sesuai kebutuhan ini juga bagian dari mempersiapkan dana darurat ya Mba? Atau beda ya antara dana darurat dan memiliki asuransi?

    ReplyDelete