If You Wish Upon Me, Tentang Kematian yang Indah

    
maria-g-soemitro.com

 If You Wish Upon Me (Drama Korea) Tentang Kematian yang Indah


Pernahkah terpikir, bahwa mungkin hari ini adalah hari terakhirmu? Jika ya, apakah telah menyiapkan diri?

Bukan menyangkut amal ibadah lho ya. Karena habluminallah berhubungan langsung dengan Sang Pencipta, kita tidak bisa mengukurnya. Beda halnya dengan habluminannas.

Tak ingin ada penyesalan dan disesali, khususnya tak ingin menyulitkan keluarga, saya melakukan hal-hal yang nampak menggelikan ini:

  • Sekitar tahun 2008, ketika teman saya tiba-tiba meninggal, keluarganya kerepotan menyiapkan foto. Saya pun berinisiatif bikin foto khusus ke studio foto. Hahaha ….dulu kan ponsel belum mempunyai kamera secanggih sekarang. 🙈🙈
  • Saya mencatat semua akun media sosial dan passwordnya, agar memudahkan anak-anak saya untuk deaktive. Termasuk catatan sandi dan PIN rekening bank. Saya gak mau mengulang peristiwa pasca ibunda wafat. Ternyata urusannya ribet, jika pewaris mau menarik uang tanpa mengetahui PIN bank. Saldo rekening saya gak besar sih, tapi sebel aja kalau habis cuma untuk admin bank. 😢😢
  • Dan lainnya …

Sebetulnya saya juga sedang berikhtiar mewujudkan keinginan lain, seperti ibadah haji atau minimal umroh, semoga bisa terwujud ya? Amin.

Permohonan terakhir sebelum ajal menjelang, rupanya menginspirasi sineas Korea untuk menuangkannya dalam drama Korea “If You Wish Upon Me”. Menarik sih, bisa berakhir debatable ketika si pemohon dengan liciknya, pernah menjebloskan orang tak bersalah masuk penjara selama 10 tahun.

Jadi, langsung aja kita kupas drama Korea “If You Wish Upon Me” ya? Ngobrolin drama kan gak usah debat kusir, karena hanya fiksi.

Baca juga:
Backstreet Rookie, Eh si Eneng Naksir Duluan!

Shooting Star dan Ribetnya Ngurusin Aktris

Love is for Suckers, Cinta Terpendam Choi Si Won pada Lee Da-Hee
  

maria-g-soemitro.com

Ji Chang-Wook sebagai Yoon Gyeo-Rye

Dia mengajari aku, agar tidak hidup seperti dirinya
Mati dalam kesendirian dan kesepian

Demikian jawab Yoon Gyeo-Rye, ketika Kang Tae-Sik mengajaknya untuk melupakan kesakitan akibat perbuatan ayah kandungnya.

Yoon Gyeo-Rye kecil korban KDRT. Tidak hanya dipukul, sang ayah tega menyetrika punggung anaknya hingga membekas di usia dewasa.

Tak tahan mengalami siksaan, Yoon Gyeo-Rye melarikan diri dari kekejaman sang ayah. Yoon Gyeo-Rye kecil hidup di panti asuhan, tempat dia bertemu dengan Ha Joon-Kyung, perempuan yang mengira masa depannya adalah menjadi istri Yoon Gyeo-Rye.

Serta Jang Seok-Joon, pemuda yatim piatu yang sangat mencintai Ha Joon-Kyung. 

Saat dewasa, ketiganya terlibat organisasi gangster yang ternyata dipimpin Yoon Ki-Chun, ayah kandung Yoon Gyeo-Rye.

 

maria-g-soemitro.com

Sung Dong-Il sebagai  Kang Tae-Sik

Kang Tae-Sik mempunyai keterikatan batin dengan Yoon Gyeo-Rye. 

Kang Tae-Sik mengenali pemuda itu sebagai anak yang kerap dipukuli ayahnya. Selain itu, dia pernah ditipu habis-habisan oleh Yoon Ki-Chun, ayah kandung Yoon Gyeo-Rye.

Penyesalan Kang Tae-Sik tidak hanya uang habis yang menyebabkan dirinya menjadi gelandangan, juga kematian anak istrinya akibat lebih mengutamakan perkawanan dengan Yoon Ki-Chun.

 

maria-g-soemitro.com

Sooyoung sebagai Seo Yeon-Joo

Seo Yeon-Joo, salah seorang perawat di Rumah Sakit Woori yang sangat suka olah raga. 

Seo Yeon-Joo yakin dengan modal tubuh sehat, dia bisa banyak membantu program Genie. Suatu program yang sangat disukai perempuan berhati lembut namun bertubuh kuat ini.

Tak ada seorang pun yang dapat menggoyahkan keteguhannya, termasuk dokter Yang Chi-Hun, dokter ganteng yang diam-diam mencintai Seo Yeon-Joo, namun tidak menyukai program Genie.

 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea “If You Wish Upon Me”

“Aku tak pernah melihat Yoon Gyeo-Rye sebahagia itu
Apakah kamu dan perawat pemarah itu telah mengubahnya?”
Demikian tanya Ha Joon-Kyung pada Kang Tae-Sik, ketua team Genie, suatu team yang memiliki program mengabulkan permohonan terakhir pasien berpenyakit kronis dan sedang menunggu sakaratul maut.

Ha Joon-Kyung tak salah menilai. Dia, Yoon Gyeo-Rye dan Jang Seok-Joon pernah tumbuh bersama di panti asuhan, sehingga paham akan kepribadian Yoon Gyeo-Rye yang pemurung dan temperamental.

Sikap Yoon Gyeo-Rye bertambah buruk ketika mereka bertiga terlibat dengan gangster yang dipimpin Pyo Cheol-Woo, yang mengakibatkan Yoon Gyeo-Rye masuk penjara.

Pasca keluar dari hotel prodeo, perubahan terjadi.  Yoon Gyeo-Rye harus menjalani kerja sebagai relawan tim Genie di Rumah Sakit Woori. Aktivitas Genie membuat hati Yoon Gyeo-Rye melunak, tidak hanya disebabkan kasus demi kasus yang harus diselesaikan tim Genie.

Juga karena kekompakan tim Genie. Bak sebuah keluarga, mereka saling mendukung, saling menyayangi, hingga Yoon Gyeo-Rye merasa mendapat pelabuhan yang hangat.

Ketika jam sukarelawannya habis, Yoon Gyeo-Rye memutuskan tetap tinggal di Rumah Sakit Woori dan bergabung bersama tim Genie.

Yoon Gyeo-Rye sendiri sebetulnya berhati lembut. Terlihat saat dia tak tega melihat anak anjing terlantar. Anak anjing yang diberi nama “Nak’ dipungut Yoon Gyeo-Rye dan dirawat seperti anaknya.

Yoon Gyeo-Rye tidak menyadari bahwa Kang Tae-Sik lah yang merancang skenario. Kang Tae-Sik mengenal pemuda malang itu, sejak Yoon Gyeo-Rye masih kecil dan  kerap dipukul ayahnya.

Kang Tae Sik tahu hidupnya tak lama lagi. Dia bertekad membantu Yoon Gyeo-Rye hidup bahagia dan menyiapkan pemuda itu sebagai penggantinya, menjadi Kapten tim Genie. 

Empat tahun silam, Kang Tae Sik hidup sebagai gelandangan yang ditemukan para perawat Rumah Sakit Woori. Mereka membawanya ke Rumah Sakit Woori untuk mendapat pengobatan. Setelah sembuh, Kang Tae Sik membentuk tim Genie bersama dengan para staf dan mereka yang mau bekerja sebagai relawan. 

Program yang harus terus berjalan walau Kang Tae Sik tiada, karena selalu ada pasien yang mempunyai permintaan terakhir sebelum ajal menjemput.

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea ”If You Wish Upon Me”

Lelet banget! 

Andai nonton di bioskop, saya bakal ketiduran deh. Hehehe pengandaian yang gak mungkin terjadi ya? Durasi drama Korea ”If You Wish Upon Me” kurang lebih 16 jam (16 episode). Karena itu kalau boleh usul diperpendek jadi 12 episode aja. Eits.😀😀

Kebetulan saya menyelesaikan drama ini sambil nonton drama ongoing “Call it Love” yang diperankan Kim Young Kwang dan Lee Sung Kyung. Sehingga auto membandingkan keduanya.

Kedua drama bertempo lambat dan sama-sama berkisah tentang pemuda broken home yang kesepian. Namun, drama Korea “Call it Love” gak bikin boring, malah jadi ingin tahu episode selanjutnya. 

Salah satu kuncinya terletak pada permainan kamera. Beberapa reviewers juga memuji pengambilan sudut adegan drama Korea “Call it Love” yang memanjakan mata sekaligus ingin memeluk Han Dong Jin yang diperankan Kim Young Kwang dan menghiburnya.

Album lagu drama Korea ”If You Wish Upon Me” saya putar sambil menulis review, ada Sooyoung yang menyanyikan lagu “To My Star” dan Taeyeon dengan lagunya “You And Me”, yang sayangnya nilainya hanya C saja untuk mendukung drama ini.

Jadi, mengapa drama Korea ”If You Wish Upon Me” tak sesuai prediksi? Mungkin disebabkan writer-nim yang terlalu overthinking. 

Terinspirasi dari Ambulance Wish Foundation yang menggulirkan program amal di Belanda, yaitu aktivitas mengabulkan keinginan terakhir pasien yang sakit parah. Kemudian dipadukan dengan kisah fiksi Yoon Gyeo-Rye (Ji Chang-Wook) yang terbelit kasus ganster dan perempuan posesif, maka jadilah drama Korea ”If You Wish Upon Me”.

Paduan kisah yang terasa berat ya?  Untung drama Korea ”If You Wish Upon Me” diperankan Ji Chang-Wook dan Sooyoung, aktor dan aktris yang tak usah diragukan kemampuan aktingnya. 

Walau segmen akhirnya gak jelas. Jika mau dimasukkan ke drama hiburan, kok rasanya gak nyaman lihat anak disetrika oleh ayah kandungnya.

Baca juga:
May I Help You, Menepis Stigma Pengurus Jenazah

Kiss Sixth Sense, Ending yang Menjengkelkan!

Suspicious Partner dan Gantengnya Suami Park Shin-Hye

Profile

    Drama: If You Wish Upon Me
    Revised romanization: Dangshini Sowoneul Malhamyeon
    Hangul: 당신이 소원을 말하면
    Director: Kim Yong-Wan
    Writer: Jo Ryeong-Soo
    Network: KBS2
    Episodes: 16
    Release Date: August 10 - September 29, 2022
    Runtime: Weds. & Thurs. 21:50
    Language: Korean
    Country: South Korea


8 comments

  1. Berat juga temanya Ambu, butuh kosentrasi untuk memahaminya hehehe.
    Tapi emang sih pemerannya ganteng amat *uhuk. Jadinya kalau ganteng begini, kita nontonnya fokus, dan mudah mengerti ceritanya :)

    ReplyDelete
  2. 16 Episode kalau pas alur cerita dan konflik di dalamnya menarik bakal jadi terasa pendek. Paling terasa kalau nonton dramor berepisode2 adalah tiap episodenya bikin penasaran

    ReplyDelete
  3. Chang-Wook jadi penyejuk ya meski dramanya bertempo lambat. Belum nonton drama doi yang ini sih. Walau ngeri juga ada adegan setrikaan itu, hix. Kalau adegan tembak² an masih oke sih

    ReplyDelete
  4. Filmnya keren kayaknya jarang ada film yang ambil konflik gini.. baca sepintas gini jadi penasaran aku..pemainnya juga cantik n g anteng.

    ReplyDelete
  5. Miris sekali mengikuti kisah hidup Yoon Gyeo-Rye. Sejak ekcil sudah mendapat perlakuan kasar dari ayahnya, sampai punggungnya disetrika begitu. Kemudian melarikan diri dan hidup di panti asuhan. tentunya bukan kehidupan seorang anak yang nyaman. Tidak heran akhirnya terjebak gengstar. Mungkin wajar kalau Yoon Gyeo-Rye mendapatkan kebahagian sebelum meninggalkan dunia fana ini ya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Dalem banget ya carita dramanya... Jadi merenung lagi pentingnya menjalani kehidupan dengan penuh makna dan mempersiapkan diri kita secara mental dan spiritual menghadapi kematian.

    ReplyDelete
  7. Opening yang menarik diajak mengingat mati, nah iya ya mencatat akun medsos, blog termasuk pin atm juga penting ya karena yah kita gak tahu masa depan dan kematian itu bisa kapan saja menghampiri.

    Dari awal liat pameran cowoknya bikin pengen nonton eh tapi pas baca ulasan Ambu ini dan bilang alur ceritanya lambat jadi maju mundur hehe tapi okelah sy coba nanti nonton episode awalnya dulu, kalau gak ngebosenin baru lanjut

    ReplyDelete
  8. nah ini salah satu drama korea yang ada di wish list saya tapi sampai sekarang ternyata belum sempat juga nontonya. pertama ingin nonton karena ceritanya miris, juga karena ada Sooyoung

    ReplyDelete