Love is for Suckers, Cinta Terpendam Choi Si Won pada Lee Da-Hee

      
maria-g-soemitro.com

Love is for Suckers (Drama Korea) Cinta Terpendam Choi Si Won pada Lee Da-Hee

Pernah nonton acara ‘Penghuni Terakhir’ (PeTir)? Mulai tayang tahun 2004 di ANTV, reality show besutan Helmy Yahya ini berhadiah 1 (satu) buah rumah. Untuk memenangkannya, 12 orang hasil audisi dari seluruh penjuru tanah air, diharuskan tinggal dalam satu rumah selama 100 hari. 

Selama waktu itu, 20 kamera terpasang di setiap sudut rumah kecuali di kamar mandi, untuk merekam aktivitas mereka. Juga ada berbagai permainan dan ujian, agar hanya yang bisa menjadi penghuni terakhir yang bisa menggondol hadiah.

Jujurly saya pernah menjadi salah satu penontonnya, dan berhenti ketika ngerasa gak asyik dengan drama-dramanya. Terlalu lebay, hehehe. Sehingga saya gak tau sewaktu acara ini berlanjut di GTV.

Saya juga pernah ngikutin acara ‘Take Me Out Indonesia’. Acara pencarian jodoh ini pernah membuat saya berpikir sebagai bukan settingan. Hehehe…..sebelumnya kita tahu perjodohan via biro jodoh, jadi pastinya bisa lewat acara televisi bukan? 🙈🙈

Secara nalar emang  gak mungkin. Mereka yang mendaftar di biro jodoh gak selalu cantik dan tampan, sementara peserta Take Me Out Indonesia: Perempuannya cantik, prianya ganteng dan mapan. Maklum acara televisi, mereka membutuhkan peserta ‘good looking’ untuk ditampilkan.

Acara televisi disukai karena merupakan hiburan murah meriah. Di sela kesibukan memasak dan mencuci pakaian, ibu rumah tangga bisa menikmati acting Amanda Manopo dan Arya Saloka yang mencapai ratusan episode dalam sinetron Ikatan Cinta.

Gak semua ibu rumah tangga sih. Khususnya para blogger, seperti pemilik blog sunglow mama yang sering dikejar deadline tulisan. Ditambah rutinitas mengelola rumah tangga, jangankan menonton acara televisi, mau sekadar curhat atau istirahat sakit, rasanya terlalu mewah.

Kembali ke sinetron, rupanya masyarakat Korea Selatan sangat menyukai drama yang mencapai ratusan episode, seperti drama Korea Gangnam Scandal yang mencapai 120 episode, dan drama Korea My Only One dengan 106 episode. Kedua drama tersebut berhasil meraih rating yang cukup bagus, bahkan perolehan rating drama Korea My Only One mencapai 48,9 persen.

Mereka juga sangat menyukai variety show. Namun apakah acara mirip  PeTir dan Take Me Out tayang di Korea Selatan? Entahlah, yang pasti drama Korea ‘Love is for Suckers’ menggabungkan kedua acara sebagai latar belakang kisah cinta Goo Yeo-Reum dan Park Jae-Hoon.

Bagaimana hasil perkawinan acting si cantik Lee Da-Hee dan Choi Si-Won, brand ambassador Mie Sedap dan Sasa yang rajin bolak balik menyambangi Indonesia, ini? 

Yuk, kita kupas:

Baca juga:

My Only One, Kisah Nestapa Anak Seorang Pembunuh

Gangnam Scandal; Terjebak Sinetron Ala Drama Korea

  

maria-g-soemitro.com

Lee Da-Hee sebagai Goo Yeo-Reum

Aku ingin berdebar

Aku ingin istimewa

Aku ingin bersinar

Demikian keluh Goo Yeo-Reum, ketika harus merayakan ulang tahun yang ke 37, seorang diri. Dia merasa kesepian.

Dia juga merasa gagal. Program variety show-nya di DNA TV, dihentikan pimpinan, karena rating acaranya selalu jeblok. Tak pernah lebih dari 1 %.

Sungguh berbeda dengan rivalnya produser Kang Chae-Ri yang acaranya selalu menempati rating teratas.

Kang Chae-Ri yang judes, pemarah dan nampak arogan, sebetulnya adalah teman kuliah Goo Yeo-Reum. Namun entah mengapa Kang Chae-Ri selalu menampakkan sikap bermusuhan pada Goo Yeo-Reum

Beruntung, Goo Yeo-Reum bisa tegar, karena tumbuh sebagai anak tunggal yang sangat disayangi ayah dan ibunya. Dia juga mempunyai sahabat, pasangan suami istri  Park Dae-Sik dan Oh Hye-Jin yang selalu bersedia menerima tumpahan unek-unek Goo Yeo-Reum.

Serta ada sesosok pria yang selalu siap mendukungnya. Dia adalah Park Jae-Hoon, sahabatnya sejak masih sekolah. Sosok yang selalu sabar menanti terbukanya kesadaran Goo Yeo-Reum bahwa keduanya saling menyayangi dan saling membutuhkan.

  

maria-g-soemitro.com

Choi Si-Won sebagai  Park Jae-Hoon

Akibat pengalaman traumatis, Park Jae-Hoon mengundurkan diri sebagai dokter ahli saraf, mengunci diri dan akhirnya memutuskan bekerja sebagai dokter bedah plastik.

Selama menjalani pemulihan, Goo Yeo-Reum lah yang selalu menemaninya. Gadis itu selalu mendukung Park Jae-Hoon dengan caranya sendiri, sampai akhirnya mereka memutuskan tinggal di atap yang sama. Park Jae-Hoon menempati unit atas, sedangkan Goo Yeo-Reum di unit bawah.

Tak heran Goo Yeo-Reum selalu meminta bantuan Park Jae-Hoon, mulai dari hal sepele seperti membelikan jajanan hingga hal rumit seperti menyelamatkan Goo Yeo-Reum dari hinaan seleb, Chef Chef John Jang. 

Park Jae-Hoon jugalah yang membantu Goo Yeo-Reum ketika gadis itu memutuskan pembatalah pernikahan di hari H.

‘Tresno jalaran seko kulino’, tanpa terelakkan keduanya saling jatuh cinta.

     

maria-g-soemitro.com

Sinopsis drama Korea Love is for Suckers

“Setiap orang harus berfotosintesis,” kata Goo Yeo-Reum sambil membuka tirai kamar Park Jae-Hoon. Dengan wajah riang, gadis itu juga menyodorkan makanan untuk Park Jae-Hoon yang telah mengurung diri berbulan-bulan dan kehilangan motivasi hidup.

Park Jae-Hoon mengurung diri karena merasa bersalah. Dia mengira menjadi penyebab kematian ayahnya. Ketika itu, sebagai dokter ahli bedah saraf, Park Jae-Hoon harus menentukan pilihan, antara seorang pemuda dan seorang lelaki tua yang luka-luka akibat ledakan.

Park Jae-Hoon memilih sang pemuda yang menurutnya lebih berpeluang diselamatkan. Dia tak tahu laki-laki tua itu adalah ayahnya. Park Jae-Hoon tak mengenali wajah dan tubuh sang ayah yang rusak terkena ledakan.

Setelah berbulan-bulan mengurung diri, akhirnya Goo Yeo-Reum berhasil membuat Park Jae-Hoon keluar dari persembunyiannya. Namun  Park Jae-Hoon enggan kembali ke profesi semula sebagai ahli bedah saraf. Dia memilih menjadi dokter kontrak diklinik kecantikan sebagai dokter bedah plastik.

Simbiosis mutualisme terjadi antara Park Jae-Hoon dan Goo Yeo-Reum. Keduanya saling membantu, saling memanfaatkan. Termasuk ketika Goo Yeo-Reum membutuhkan pemeran untuk reality show yang tengah digarapnya: ‘Kingdom of Love’

Dengan mengikuti acara televisi ini, Park Jae-Hoon harus siap wajahnya viral dan latar belakang kehidupannya dibongkar netizen.

‘Kingdom of Love’ merupakan reality show perjodohan. Selama satu bulan, lima orang pria hidup bersama 5 orang perempuan dalam satu rumah. Mereka diharapkan menemukan jodoh setelah melalui serangkaian permainan. Setiap aktivitas mereka direkam, agar penonton bisa ikut menebak-nebak. 

Tak pelak, selain kesuksesan acara, rumor miring menerpa peserta Kingdom of Love, termasuk Park Jae-Hoon yang diisukan melakukan malpraktek saat melakoni profesi dokter bedah saraf. Isu yang membuat Park Jae-Hoon kembali menarik diri.

Beruntung seorang pemuda muncul. Dia adalah korban ledakan yang diselamatkan Park Jae-Hoon. Pemuda bernama Hyung-Hoon itu merasa bersalah, karena Park Jae-Hoon memilih menyelamatkan pemuda tak dikenal, dibanding ayahnya sendiri. Untuk menebus rasa bersalah Hyung-Hoon bertekad menjadi dokter agar bisa membantu banyak orang.

 

maria-g-soemitro.com

Review drama Korea Love is for Suckers

Drama Korea Love is for Suckers cuma memperoleh rating 0.843% di awal episode, setelah itu naik menjadi  1, .. %, demikian terus sampai 15 episode, baru beranjak naik sedikit menjadi 2.172% di episode akhir (Source: AGB Nielson). 

Nelangsa banget nih drama.😭😭

Mirip nasib drama Korea Sh**ting Stars yang juga hanya memperoleh rating satu koma sekian persen. Namun drama Korea Love is for Suckers lebih unggul. 

Sejak awal episode, penonton larut pada kisah yang disampaikan writer-nim dengan runut. Tentang Goo Yeo-Reum ( Lee Da-Hee ) yang selalu ceria dan penuh semangat. Tentang Park Jae-Hoon (Choi Si-Won) yang ngemong. Serta bagaimana keduanya saling mendukung. Chemistry keduanya kuat banget.

Penulis scenario juga mengisahkan latar belakang keluarga Goo Yeo-Reum yang solid. Pasangan suami istri  Park Dae-Sik dan Oh Hye-Jin yang selalu mendukung Goo Yeo-Reum serta Park Jae-Hoon. Sehingga karakter kedua pemeran utama nampak menonjol.

Rangkaian kisah menjadi berantakan di tengah episode, khususnya ketika penyajian adegan reality show ‘Kingdom of Love’. Bikin boring hingga kerap terpaksa saya skip.

Bertambah parah saat menuju episode akhir. Kisah drama Korea Love is for Suckers melebar kemana-mana. Serta banyak adegan yang seolah dipaksa masuk ke dalam drama. Lebay dan bikin boring.

Padahal, daripada berkisah tentang Han Ji-Yeon, perempuan yang naksir berat pada Park Jae-Hoon, atau kisah Kim Sang-Woo (asisten Goo Yeo-Reum), mengapa tidak mengisahkan keberhasilan Goo Yeo-Reum serta Park Jae-Hoon dalam melakukan bayi tabung? 

Atau kisah ibu Park Jae-Hoon yang harus berjuang paska suaminya meninggal. Walau dikisahkan sebagai perempuan kaya, keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menegaskan karakter Park Jae-Hoon yang slengean, namun tegas dan penyayang.

Apapun akhir kisahnya (happy ending kok, tapi kurang greget), drama Korea Love is for Suckers layak dipilih sebagai drama yang menghibur di sela waktu luang. Drama ini bisa ditonton sambil mengobrol, masak dan melakukan aktivitas lain tanpa takut ketinggalan inti cerita.

Penggemar Lee Da-Hee dan Choi Si-Won juga wajib nonton. Akting keduanya dalam drama Korea Love is for Suckers bikin baper. Suer! 😊😊

Baca juga

Fan Letter, Please, Kala Aktris Tersandung Bad News

Shooting Star dan Ribetnya Ngurusin Aktris


Profile


    Drama: Love is for Suckers (English title) / Love That Will Freeze to Death (literal title)

    Revised romanization: Eoleojookeul Yeonaeddawi

    Hangul: 얼어죽을 연애따위

    Director: Choi Kyoo-Sik

    Writer: Kim Sol-Ji

    Network: ENA

    Episodes: 16

    Release Date: October 5 - December 1, 2022

    Runtime: Wed. & Thur. 21:00

    Language: Korean

    Country: South Korea


15 comments

  1. Akutuh suka kebetulan nemu vt tentang drama Korea gitu di Tiktok. Nah, drama ini tuh salah satunya. Kayaknya emang lucu-lucu gimana gitu sih hubungan antara Park Jae-Hoon dan Goo Yeo Reum tu ya, Kak.. Tapi sayang. Kok ratingnya segitu.

    Sama kek Shooting Star. Padahal menurutku lucu. Meski aku nggak begitu yang pingin segera nonton hingga akhir sih.

    Tapi, aku tetep terhibur lah.

    ReplyDelete
  2. Duh sayang ya kalau di tengah-tengah drama terus terselip tambahan-tambahan plot yang bikin cerita melebar. Padahal kita dah serius sama alur semula ya. Itu mungkin yang bikin ratingnya kecil.

    BTW, saya suka sama actingnya Si-won. Pernah nonton dia di drama She Was Pretty. Dapat peran anak orang kaya tapi pura-pura jadi pegawai kantoran biasa. Seru perannya di drama itu.

    ReplyDelete
  3. Witing tresno jalaran soko kulino, kejadian deh ya di drama ini antara Goo Yeo-Reum dan Park Jae-Hoon, walau telat disadari bahwa ada perasaan khusus diantara mereka berdua.

    ReplyDelete
  4. Menarik juga. Ini seperti kisah cinta dari insan yang penuh kedewasaan ya, mbak. Cocok untuk mereka yang ingin merajut romansa kembali.

    ReplyDelete
  5. Kayanya Lee Da-Hee dan Choi Si-Won ini bukan pertama kali bertemu di drama Love is for Suckers ya, Ambu...?
    Tapi waktu aku cari, kok gak ada.. hehehe~

    Aku nonton eps awalnya aja nih Ambu..
    Soalnya Siwon tuh lagi demen banget main di zona nyaman. Padahal aku menantikan mas Agung buat ambil karakter kayak di Athena: Goddess of War.

    Ganteng bangeeettt doi di sana...
    Walau pas drama itu masih pemain kesekian..tapi sangat membekas di ingatanku.

    ReplyDelete
  6. Sinopsis nya bikin baper nih , jadi kepo pengen lihat film nya sepertinya saya harus nyiapin banyak cemilan hihi

    ReplyDelete
  7. Setelah saya pandangi agak lama, ternyata Lee Dae Hee ini main di drama Island, cuma mbatin kok kayak pernah lihat belakangan ini :-D Meski ratingnya dianggap kurang memuaskan, baca review ini malah jadi penasaran dengan ceritanya apalagi ada Siwon... :-D

    ReplyDelete
  8. Drama Korea saya pikir kalau semakin panjang semakin hilang keinginan untuk lanjut nonton, kaya sinetron tersanjung dulu... Hahaha ...
    Ternyata drama Korea sampai ratusan episode justru semakin tinggi ratingnya ya
    Kualitas memang tidak bisa membohongi keinginan dan kepuasan penonton

    ReplyDelete
  9. udah lama gak melihat Choi Si-Won berakting.
    Malah sering lihatnya tampil di iklan tivi kita hehe.

    Masih terhitung baru nih dramanya, boleh buat dijadwalkan

    ReplyDelete
  10. Udah lama nggak nonton dramanya Siwon nih saya. Ada Lee Da Hee juga. Buat yang pengen drama Korea yang ceritanya menghibur dan ringan lumayan juga nih Love is for Suckers.

    ReplyDelete
  11. Kenapa siwon mirp banget ama rafathar ya. Hehe. Aku belum nonton drama ini, ambu. Tapi penasaran dramanya

    ReplyDelete
  12. saya suka nih drama-drama yang bikin baper. sepertinya drama ini bakalan jadi next drama yang bakalan saya tonton

    ReplyDelete
  13. Iya bener cerita kalau kepanjangan dan melebar kemana mana kitanya jadi malas nonton .tidak ada habis habisnya

    ReplyDelete
  14. Hahaha aku juga dulu seneng nonton penghuni terakhir di awal-awal Ambu. Kalau take me out jujur aku suka banget nontoninnya walau banyak yang kurang masuk diakal sebenernya hehehe. Menghibur aja rasanya. Karena ada Choi Si Won oppa, aku mau coba masukin drama ini ke daftar nonton berikutnya.

    ReplyDelete
  15. Iya nih, mau istirahat saat sakit aja merasa bersalah hihi. Drakor temanya ada aja ya. Kali ini kayanya banyak lika-likunya nih jalan ceritanya

    ReplyDelete