Fan Letter, Please, Kala Aktris Tersandung Bad News

   
maria-g-soemitro.com

Fan Letter, Please (Drama Korea), Kala Aktris Tersandung Bad News

Pernah dengar adagium “Bad news is good news” ? Salah satu contohnya kasus Ferdy Sambo. Termasuk “bad news” karena tugas kepolisian sesuai UU 2/2002 adalah: memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Lha ini, Ferdy Sambo, sang jendral bintang 2 yang menjabat kadiv propam, atau polisinya polisi, kok malah main hakim sendiri: Memerintahkan pembunuhan pada Brigadir J yang diduga telah melecehkan istrinya.

Media pun heboh, tak ingin menyia-nyiakan bad news ini, hampir setiap hari mereka memberikatan kasus Ferdy Sambo. Bahkan saking banyaknya respon berupa komen makian, mereka membuat potongan-potongan video untuk dipublish. 

Publik seolah disuguhi makanan yang sedang disukai. Gak peduli saking banyaknya media dan “pakar” yang mengulas, publik menjadi mual dan pingin muntah.

Terkait seleb yang terkait bad news, mungkin masih ingat kasus Kim Seon Ho yang digosipkan memaksa mantan kekasihnya Choi Young Ah, untuk melakukan aborsi.

Beruntung Dispatch Korea, media pemberitaan yang ditakuti sekaligus dicintai oleh para selebriti di Korea, memuat pemberitaan yang menguntungkan actor berlesung pipit yang sukses membintangi drama Korea “Hometown Cha-Cha-Cha” dan drama Korea “Start-Up” ini.

Drama Korea “Fanletter, Please” berkisah tentang aktris Han Gang-Hee yang tersandung kasus bad news. Biang keroknya wartawan Son Hyeok-Soo yang hobi mengais berita dengan publikasi negative selebriti Korea. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan oplah surat kabar.

Di mana pun negaranya, serta siapapun pelakunya, menghancurkan nama baik selebriti rupanya jadi kesenangan oknum tak bertanggung jawab. Mereka senang melihat si seleb dihentikan dari kontrak iklan dan drama/film seperti yang dialami Han Gang-Hee.

Bagaimana kelanjutan kisahnya? Yuk kita review:

Baca juga:
Hometown Cha Cha Cha, Kisah Cinta Basi Pasangan Lesung Pipi

Start Up, Drama Korea Berating Rendah Tapi Disukai Netizen Indonesia

maria-g-soemitro.com

Sooyoung sebagai Han Gang-Hee

Merintis profesi aktris sejak kecil, dan menjadi ATM ibu kandungnya, Han Gang-Hee nampak arogan dan kerap tak mampu menunjukkan empati.

Sikap Han Gang-Hee mulai normal seperti anak seusianya, ketika di bangku SMA bertemu Bang Jung-Seok. Sama-sama anak pindahan. Bedanya, Bang Jung-Seok selalu juara kelas dan bersikap lurus, membuat Han Gang-Hee jatuh cinta padanya. Sayang, kesalah pahaman memisahkan mereka.

Sepuluh tahun kemudian mereka bertemu. Cinta Han Gang-Hee pada Bang Jung-Seok tak padam, walau laki-laki tersebut telah mempunyai anak dan hidup sederhana.

 

maria-g-soemitro.com

Yoon Park sebagai Bang Jung-Seok

Bang Jung-Seok teman sekolah Han Gang-Hee semasa SMA. Dia berhasil memikat gadis tersebut dengan tingkahnya yang tidak biasa. Cinta pertama keduanya berantakan akibat ulah Ku Hye-Ri yang juga mencintai Bang Jung-Seok dan sangat membenci Han Gang-Hee.

Sepuluh tahun kemudian mereka bertemu. Berbeda dengan Han Gang-Hee yang telah menjadi aktris terkenal, kondisi Bang Jung-Seok justru terpuruk. Istrinya lari, meninggalkan anak mereka yang menderita leukemia.

Kehidupan Bang Jung-Seok semakin menyedihkan setelah ibunya tewas akibat kecelakaan lalu lintas, sehingga Bang Jung-Seok harus meninggalkan karirnya sebagai pengacara yang cemerlang. Dia memilih merawat Bang Yoo-Na sambil bekerja serabutan.

 

maria-g-soemitro.com

Shin Yeon-Woo sebagai Bang Yoo-Na

Bang Yoo-Na, anak semata wayang Bang Jung-Seok. Menderita leukemia, Bang Yoo-Na ditinggalkan ibu kandung semasa masih bayi. Nasib Bang Yoo-Na semakin tragis, sesudah nenek yang selalu merawatnya, meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

Sekarang Bang Yoo-Na hanya punya ayah, karena dia tak bisa mengirim surat pada ibunya. 

Anehnya, energi Bang Yoo-Na kembali pulih setiap melihat acting idolanya, aktris Han Gang-Hee. Kesakitannya pasca aspirasi sumsum tulang, mereda hanya dengan melihat drama yang diperankan Han Gang-Hee.

Tak tahan melihat penderitaan anaknya, Bang Jung-Seok mengambil jalan pintas; Dia membuat surat balasan dari Han Gang-Hee untuk Bang Yoo-Na.

Tak dinyana, akhirnya surat palsu tersebut terbongkar.

 

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea: Fanletter, Please

Bunuh dirimu, Han Gang-Hee!
Dia menyebalkan sekali!
Tinggalkan bumi, Han Gang-Hee!

Aktris Han Gang-Hee tersandung kasus. Setelah dugaan penelantaran ibu kandung, Han Gang-Hee dituduh membuang surat-surat penggemarnya. Ditambah perilakunya yang kerap tak ramah pada penggemar, kepopuleran Han Gang-Hee terancam redup.

Han Gang-Hee dan team manager sadar, ada “musuh” yang mengincar. Biang keroknya Son Hyeok-Soo dari New Star Newspaper. Demi meningkatkan oplah suratkabarnya, Son Hyeok-Soo mengintai setiap gerak Han Gang-Hee dan mengabarkan keburukannya.

Beruntung, di tengah keterpurukan, muncul malaikat penolong. Dia adalah Bang Yoo-Na, gadis cilik yang tengah dirawat di RS anak Sebit karena menderita leukemia. 

Melalui channel Dong Gu TV milik temannya, sesama penderita leukemia, Bang Yoo-Na bersaksi bahwa Han Gang-Hee tak seburuk itu. Terbukti dia kerap menerima surat balasan dari Han Gang-Hee.

Tentu saja Han Gang-Hee kaget. Dia tak pernah membaca, apalagi membalas surat Bang Yoo-Na. Sehingga Han Gang-Hee mengira, ada konspirasi jahat yang membuat gadis cilik tersebut membuat pernyataan demikian.

Saat mengendap-endap untuk menemui Bang Yoo-Na dan orangtuanya, betapa terkejutnya Han Gang-Hee, dia menemukan kenyataan bahwa Bang Yoo-Na adalah anak Bang Jung-Seok, bekas teman SMA-nya, sekaligus cinta pertamanya.

Bang Jung-Seok minta maaf dan mengakui, dialah yang menulis surat balasan dari Han Gang Hee untuk Bang Yoo-Na. Dia tak bermaksud buruk. Ayah yang lembut hati ini hanya ingin memberi semangat pada anaknya, terlebih saat Bang Yoo-Na mengalami kesakitan akibat aspirasi sumsum tulang.

Demi kebaikan Bang Yoo-Na, akhirnya Han Gang Hee menerima permintaan maaf Bang Jung-Seok. Bahkan Han Gang Hee melakukan kegiatan sosial dan menyumbang sejumlah  dana untuk RS anak Sebit.

Tentu saja Son Hyeok-Soo tak terima. Dia tak bisa berpangku tangan melihat angin keberuntungan berembus menuju Han Gang-Hee. Sebagai wartawan gossip, Son Hyeok-Soo yakin bisa menemukan kelemahan Han Gang-Hee kala masih SMA.

Dan benar, Son Hyeok-Soo menemukan fakta aktris Han Gang-Hee pernah satu sekolah, bahkan satu kelas dengan Bang Jung-Seok. Atau artinya, tak ada ketulusan antar aktris dan penggemarnya dalam surat balasan pada Bang Yoo-Na.

Kepopuleran Han Gang-Hee kembali terancam. Padahal dia sedang merajut tali asmara dengan Bang Jung-Seok, cinta pertamanya yang pernah terhalang kesalah pahaman.


 

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea: Fanletter, Please

Drama Korea ternyata bisa dibuat menjadi 4 episode saja, ya? 

Walau akhirnya timbul banyak pertanyaan. Seperti: Siapa ibu kandung Bang Yoo-Na?  Kok tiba-tiba ninggalin anaknya yang masih kecil? Kok gak bisa dikirimi surat? Dannnn…kok tiba-tiba mati?

Namun secara keseluruhan, oke banget kok. Terlebih saya memilih drama Korea: Fanletter, Please, karena ingin menonton acting Sooyoung yang gak pernah mengcewakan.

 Pertama kali jatuh cinta pada member of K-pop group "Girls' Generation", sejak Sooyoung berperan sebagai Cha Soo-Young dalam drama Korea: “Tell Me What You Saw”. Saya cari jejaknya dong. Ternyata member Girls' Generation ini menjadi brand ambassador Cadillac, huhuhu keren ya?

Berwajah cantik dan berkaki jenjang, gak heran jika Soo-Young kebanjiran tawaran bintang iklan skincare seperti BIOAQUA 24K Gold serta fashion. Yang pasti, drama Soo-Young berikutnya drama Korea “Run On, drama Korea “Move To Heaven “ saya kupas tuntas sampai nulis reviewnya. Kecuali drama Korea “ If You Wish Upon Me” yang belum rampung ditonton.

Mungkin karena sering mendapat peran utama, tandem bareng actor/aktris besar, serta berkesempatan dalam banyak peran berbeda, membuat acting Sooyoung sangat matang.

Berbeda dengan Yoon Park, actor berbibir sexy ini terlalu lama berperan sebagai second lead, tanpa peran menantang. Alhasil chemistry antara Sooyoung dan Yoon Park kurang greget.

Bagaimana dengan bintang cilik Shin Yeon-Woo? Beberapa kali mendapat peran kecil, acting Shin Yeon-Woo cukup mewarnai drama Korea: Fanletter, Please. Terasa “kurang banyak”, karena sutradara nampaknya ingin fokus pada tema bad news yang menimpa aktris besar Han Gang-Hee.

Yang bikin drama Korea: Fanletter, Please kurang greget lainnya adalah sinematografi dan soundtrack yang biasa-biasa saja. 

Jadi, jika ingin menonton drama Korea yang ringan, durasinya singkat, dan sekadar menghibur, silakan menonton drama Korea: Fanletter, Please. Tapi, jangan dipilih apabila mencari drama Korea bergenre genre thriller dan mystery.

Baca juga:
Tell Me What You Saw, Takut Darah? jangan Nonton!

Run On, Sepotong Kisah Cinta yang Manis

Profile

    Drama: Fanletter, Please (English title) / Please Send Me A Fan Letter (literal title)
    Revised romanization: Fanletterreul Bonaejuseyo
    Hangul: 팬레터를 보내주세요
    Director: Jung Sang-Hee
    Writer: Park Tae-Yang
    Network: MBC
    Episodes: 4
    Release Date: November 18, 2022 --
    Runtime: Friday & Saturday 22:00
    Language: Korean
    Country: South Korea

14 comments

  1. Mayan nih, episode ngga terlalu banyak
    Kayaknya bs utk tontonan jelang libur Nataru.
    Makasi banyak Ambu

    ReplyDelete
  2. Jadi bagaimana nih akhirnya apakah setelah sepuluh tahun berpisah kembali lagi mereka jadian? Emang bikin penasaran itu sosok ibunya alias istri si lelaki cinta pertamanya masa SMA itu. Harus nonton sendiri langsung ini mah biar gak penasaran hehehe

    ReplyDelete
  3. wahh cuman 4 episode yaa? nanti mau coba cari dramanya ahh. Belum pernah nonton akting Sooyoung, jadi penasaran pengen lihat

    ReplyDelete
  4. Ada aja wartawan dan media yang sengaja gitu ya, mengintai, mematai-matai artis untuk mencari celah berita yang bisa menaikkan oplah medianya.

    Tapi saya kok malah melihat sisi lain dari drama ini, ketulusan seorang ayah terhadap anak gadisnya. Rela meninggalkan karir, bahkan sampai membuat surat balasan palsu demi melihat senyum anaknya

    ReplyDelete
  5. Aseeek, dapet referensi drakor yang minim episod. Saya yang ngg suka nunggu ini paling menghindari drama yang banyak episod apalagi on going..
    Terimakasih reviewnya Ambu, libur-libur musim ujan enaknya nonton di rumah udah bener hehee

    ReplyDelete
  6. Pas bangetttt, Soo Young yg main, dan episodenyaaa cuma.4,

    Cuss ahhh mau siap2 nonton.
    Jelang pergantian thn ye kan

    ReplyDelete
  7. 4 episode aja ya wah asyik tuh buat teman liburan, belum nonton sih dan biasanya liburan ini pengen cari suasana yang beda dan happy

    ReplyDelete
  8. Tema ceritanya unik ya Mbak. Menyadarkan kita bahwa artis juga manusia biasa. Terkadang di satu waktu dia, si artis, harus berlaku di luar dugaan kita. Nonton ah. Apalagi ini cuma 4 episode.

    ReplyDelete
  9. Foto nomor 2, eonni Sooyoung angle begitu sepintas mirip mbak Greysia Polii 🤩.
    Btw temanya asik, apalagi juga jumlah episodenya gak panjang. Kalau kangen bisa nonton berulang

    ReplyDelete
  10. “Bad news is good news” ini prinsip media kiri zaman dahulu. Hehehe.

    Sooyoung rambut pendek di sini? Wah, lebih fresh ya ambu. Ini sih another story of first love juga kayaknya mba. Happy ending juga pastinya.

    Sejak dahulu aku selalu keberatan jika penulis berita untuk media gosip itu disebut wartawan. Mereka kerap menggunakan narasumber anonim, berspekulasi, dan mengira-ngira. Dengan gampangnya kalau salah, tinggal bikin klarifikasi. Persis lah kayak Son Hyeok Soo ini.

    Nice review ambu...

    ReplyDelete
  11. Susah juga ya jadi artia di Korea. Harus ramah banget dan murah senyum. Ga bisa ada skandal dikit aja. Nanti kena cancel culture. Penasaran ama isi suratnya

    ReplyDelete
  12. Hihihi bisalah episodenya pendek, tapi kan kyknya ada keperluan sponsor jd tayangnya mungkin jg mempertimbangkan hal2 kyk gtu kali yaaa :D
    Kyknya ini dramanya termasuk menyentuh nih walaupun jg ada romansa2nya. Catet dulu judulnya moga kapan2 bisa menontonnya kd :D

    ReplyDelete
  13. Namanya tuh Han Gang Hee, jadi cocok dijadiin makian. Pinter banget sineas Korea kalau disuruh bermain-main dengan kata ini. Gasalah banget karena mereka rajin main "poem 5 baris".

    Tapi drama ini tuh memang real kondisi entertainment Korea banget sih..
    Dulu, idol Leeteuk Oppa pernah posting di IG pribadinya sebuah gambar, wartawan tuh ngejer kek yang butuh, tapi sebenernya mereka tuh bawa pisau (di bagian kelam) sang wartawan.

    Jadi seolah-olah kek yang sok mau nulis berita, tapi sekalinya kepleset ngomong atau ada gesture yang gak sesuai, langsung digoreng kesana kemari.
    Wah, profesi yang menakutkan.

    ReplyDelete
  14. Ah nyesek banget. Cinta kembali bersemi saat si lelaki udah punya anak istri. Hiks.. Tapi drama ini kompleks ya kak masalahnya. Seru ni buat di tonton.

    ReplyDelete