Run On, Sepotong Kisah Cinta yang Manis




Mengapa kita terjatuh?
Agar kita bisa belajar berdiri sendiri
Punya alasan saat memilih drama Korea yang mau ditonton? Biasanya aktor/aktris favorit menjadi alasan saya memilih drama Korea tertentu. Saya menonton dulu satu-dua episode. Jika bagus, dilanjutkan hingga selesai. 

Seperti drama Korea “Run On”,  saya cinta mati pada Shin Se-Kyung. Aktris cantik berpipi chubby ini mempesona saya sejak drama “When a Man Loves”. Berperan gadis miskin yang ditaksir ketua gangster (diperankan Song Seung Heon), Shin Se Kyung meraih awardnya yang kedua.

Sesudah itu, seolah tak terbendung, Shin Se Kyung menggaet penghargaan lain. Sayapun menonton hampir semua dramanya. Yang terakhir sebagai sejarahwan dalam Rookie Historian Goo Hae-Ryung (tahun 2019)

Baca juga: Rookie Historian Goo Hae-Ryung, Sejarah (Bukan) Milik Penguasa 

Sehingga ketika teman-teman blogger dan medsos asyik mengobrol tentang drama Korea True Beauty dan Penthouse, saya merasa “sorangan wae”. Tak ada teman, tak ada balad.😁😁😁😁

Padahal drama ini nggak kalah ciamik. Tandem Shin Se-Kyung dalam drama Run On adalah Im Si wan, member of K-pop group "ZE:A", yang juga langganan penghargaan, mulai dari BaekSang Arts Awards hingga The Seoul Awards. Banyak pokoknya, bisa dilihat disini, sedangkan deretan penghargaan Shin Se Kyung, ada disini. 

Jadi walau premis yang diusung drama Korea Run On, sangat sederhana, tapi bikin gregetan. Terlebih selain pemeran utama yang cantik dan ganteng, juga ada pasangan pemeran pendukung,  yaitu Sooyoung  dan Kang Tae-Oh 

Sebagai pemeran utama drama “Tell Me What You Saw”, Sooyoung bikin saya pangling. Dalam drama bareng Jang Hyuk tersebut, Sooyoung menjadi detektif polisi berbusana sederhana, rambut diikat, dengan riasan alami. Sedangkan perannya sebagai anak konglomerat di “Run On”, menuntut Sooyoung berbusana trendy dan glamour. 

Baca juga: Tell Me What You Saw, Takut Darah? Jangan Nonton! 

Walau second lead, berpasangan dengan aktor ganteng Kang Tae Oh, Sooyoung sukses menghinoptis penonton. Membuat saya yakin: Nonton drama Korea tuh mirip makan nasi rendang, Nagih!


Im Si-Wan  sebagai Ki Seon Gyeom

Pemuda lugu,kaya raya, anak dari Anggota Dewan, Ki Jeong Do serta aktris senior Yook Ji-Woo 

Sebagai anak penurut, Ki Seon Gyeom taat pada sang ayah yang menyuruhnya menjadi pelari profesional dan meraih juara.Walau hanya juara dua. 

Ki Seon Gyeom mempunyai kakak perempuan yang sangat disayangi, Ki Eun-Bi, yang juga patuh perintah ayahnya.  Berbeda dengan adiknya, Ki Eun Bi selalu memenangi kejuaraan golf. 

Ki Seon Gyeom dan kakaknya berubah sesudah ayahnya bertindak keterlaluan, membuat anggota keluarga sebagai pion yang dibutuhkan untuk memenangkan kontestasi pilpres.


Shin Se-Kyung  sebagai Oh Mi Joo

Aku dibuang sejak lahir
Berkarir sebagai penerjemah, Oh Mi Joo terlahir sebagai anak yatim piatu yang miskin. Dia sudah biasa berjuang. Dia juga terbiasa dilecehkan. Terbiasa dikambing hitamkan dan diberi uang tutup mulut.

Termasuk sewaktu pertama kali bertemu Ki Seon Gyeom. Oh Mi Joo dilecehkan  Professor Hwang Guk-Geon, dosennya. Alih-alih meminta maaf, Oh Mi Joo malah yang disuruh minta maaf. 

Dia juga harus membayar “kesalahannya” dengan menjadi penerjemah seorang selebriti, anak anggota dewan, rekan Professor Hwang Guk-Geon, yang ternyata adalah Ki Seon Gyeom.

Tak dinyana, kerja sama ini berbuntut panjang. Oh Mi Joo membantu Ki Seon Gyeom menjadi manusia utuh.


Soo Young  sebagai Seo Dan Ah

Anak konglomerat  Seo Myeong-Pil, pemilik Grup Seomyung. 

Sebetulnya dia anak sulung dari istri sah Seo Myeong Pil. Tapi budaya patriarki yang dianut Seo Myeong Pil membuat Seo Dan Ah didaftarkan sebagai anak kedua, sedangkan anak lelaki dari istri yang lain, sebagai anak sulung.

Seo Dan Ah juga mempunyai adik laki-laki dari perempuan yang tak dinikahi ayahnya.

Seo Dan Ah melepas cita-cita sebagai atlet sepak bola, dan menekuni bisnis sang ayah.  Bersama managernya, Seo Dan Ah menyusun rencana merebut kekuasaan tertinggi Grup Seomyung yang juga diincar kakak lelakinya.



Kang Tae-Oh sebagai Lee Yeong Hwa

Pemuda polos yang jatuh cinta pada Seo Dan Ah, pengagum lukisannya. Sebagai mahasiswa miskin, Lee Yeong Hwa sadar, jurang pemisah mereka terlalu dalam. 

Tinggal berdekatan dengan Oh Mi Joo, Lee Yeong Hwa akhirnya berkenalan dengan  Ki Seon Gyeom dan menjadi teman serumah.



Sinopsis Drama Korea Run On

Saat berada di garis awal
Atlet bisa memilih: berlari sampai akhir
Atau tidak sama sekali
Aku memilih tidak berlari
Karena aku tidak bisa menjawab, mengapa aku berlari …
 

Perjodohan alami dilakukan anggota MPR, Ki Jeong Do pada anaknya Ki Seon Gyeom, dengan Seo Dan Ah, anak perempuan konglomerat Seo Myeong-Pil.
Sayang nggak berhasil. 

Ki Seom Gyeom kecewa. Ayahnya hanya menganggap dia yang diharuskan memenangi lomba lari, kakak perempuannya yang selalu memboyong piala kejuaraan golf, serta ibunya, seorang aktris senior, sebagai pion belaka. 

Setelah menduduki kursi legislatif 3 periode berturut-turut, ayahnya ingin maju dalam kancah pilpres. Sehingga tentu saja membutuhkan display keluarga ideal yang lengkap nan berprestasi. 

Puncak kekecewaan Ki Seon Gyeom terjadi ketika ayahnya enggan membantu rekan Ki Seom Gyeom yang cedera akibat dibully. Hukum malah berpihak pada pembully. 

Ki SeonGyeom pun mogok. Enggan ikut lomba lari. Perlawanan  ekstrim ditunjukkan dengan keluar dari rumah mewah keluarga Ki,  serta hotel berbintang milik keluarganya. 

Ki Seon Gyeom memilih tinggal di rumah Oh Mi Joo. Rumah kontrakan sederhana yang dihuni bareng kawan perempuannya, CEO Park May. 

Buat Ki Seon Gyeom, Oh Mi Joo, tidak hanya seorang penerjemah rupawan yang berhasil memikatnya. Juga membantunya menjadi lebih dewasa dengan membuka banyak pintu cakrawala. 

Tentu saja  tindakan Ki Seon Gyeom membuat ayahnya bertambah marah. Dia menuduh Oh Mi Joo dalang dibalik membelotnya Ki Seom Gyeom yang dulu selalu manut dan patuh.



Review Drama Korea Run On

Saat berlari
Tak terpikir sama sekali apa yang ditinggal di belakang
Karena apa yang di depan lebih berharga dan penting
Biasanya itu adalah garis akhir.
Anda pecinta Kim Sun Ho?  Si tampan Han Ji-Pyeong dalam drama Korea “Start Up?
Nah bisa banget menonton drama Run On karena dia muncul di episode akhir. Cuma sebentar sih, tapi kan lumayan untuk penghilang kangen.😀😀😀

Baca juga: Start Up, Drama Korea Berating Rendah yang Disukai di Indonesia     

Tapi nggak akan nyesel kok menonton drama Run On. Apalagi untuk yang nggak suka thriller seperti drama Penthouse, drama Run On bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Bukan saja bertabur bintang seperti yang saya ulas di atas, juga kisah yang ringan dan manis. Mirip drama Cina yang dipenuhi candy eyes dengan level plot kisah yang lebih tinggi. 

Seperti pemilihan judul “Run On”, penonton diajak merenung tentang keputusan karir Bisa karir apa aja. Nggak berkutat pada karir lari yang kebetulan ditekuni Ki Seom Gyeom, kemudian ditinggalkannya. 

Setiap karir membutuhkan kesungguhan, jangan menoleh ke belakang untuk menyesali. Fokus saja ke depan agar dapat menggapai sukses. 

Plot kisah yang ringan seperti ini memang membutuhkan akting prima. Seperti akting Im Si-Wan  sebagai Ki Seon Gyeom  yang lugu bikin pingin cubit pipinya. Klimaksnya di episode akhir Shin Se-Kyung  menepuk-nepuknya, dengan pujian sudah besar 😀😀😀

Yang saya sukai lainnya adalah penyelesaian konflik keluarga, selain masalah 2 pasang merpati tentu. Ki Seon Gyeom mengambil keputusan menelepon ibunya, justru karena ikatan keluarga.

Keluarga bertengkar saat berdekatan
Keluarga saling menyayangi saat berjauhan


Profile  Drama: Run On
Revised romanization: Run On
Hangul: 런 온
Director: Lee Jae-Hoon
Writer: Park Min-Sook
Network: JTBC

Episodes: 16
Release Date: December 16, 2020 - February 4, 2021
Runtime: Wed. & Thu. 21:00
Language: Korean
Country: South Korea
 

11 comments

  1. Saya baru tau Soo Young main di drama Run On. Ini tayangnya yg bareng sama true beauty ya mbak? Mengidolakan SNSD sejak dulu termasuk Soo Young

    ReplyDelete
  2. Di tengah gegap gempita ocehan tentang True Beauty, drama ini tetep muncul dan aku tahu. Makanya langsung masuk list tonton di Netflix. Soalnya di sana ada Shin Se-Kyung, aku suka dia. Seperti halnya ambu, aku juga banyak nonton drama yg dia perankan. Di Rookie Historian bareng EunWoo ya, lawan yg umurnya lebih muda, aku kurang sreg gara² itu tapi tetep nonton sampe abis. Yg paling berkesan pas dia main di The Black Knight, jadi pacarnya manusia abadi. Pasangannya pas.

    ReplyDelete
  3. Aku cuma nonton eps 16, gegara Kim Seon Ho jadi cameo di drakor ini 😆
    Tapi memang belakangan ini, daku lagi terserang Drakor's block.

    Ga terlalu pingin nonton drama korea. Jadi ya nanti kalo moodnya muncul, mungkin bakal mau nonton lagi

    ReplyDelete
  4. Kujuga mau nonton ini tapi masih maju-mundur soalnya gak suka akting Shin Se Kyung ☹️ tapi review orang bagus apa lagi akting Sooyoung keren katanya. Jadi mungkin nontonnya bakalan skip-skip yang part Sekyung kalau mulai aneh aktingnya hahaha 🤭

    ReplyDelete
  5. Alamakkk aku juga suka banget mb sama Shin Se-Kyung ini, bagus banget dia perannya. Selalu total. Aku suka juga perannya waktu di taksir sama devil atau apa gitu lupa judulnya aahh harus nonton nih Run On. Masuk list hihi

    ReplyDelete
  6. Aku blank nihh sama drakor satu ini. Aku baca reviewnya bener-bener gak inget dan ga taw yg mana. Biasanya kalo ambu ngreview biarpun blum / skip nonton pasti taulah tipis2. Yg ini aku ga tau sama sekali. padahal yg main shin se kyung 😭🙈

    ReplyDelete
  7. korea film nonton seperti makan rendang bikin ketagihan, pemeran film apik dan piawai. Alur cerita dan keseruannya baru bisa terurai lebih jelas setelah diulang.

    ReplyDelete
  8. Sederhana ceritanya ya Mbak Maria. Tapi sepertinya menarik dan ringan untuk dipahami. Kisah tentang keluarga konglo dan hidup dalam dunia politik memang banyak intriknya.

    Saya suka Yim Si-wan. Actingnya bagus. Terutama di drama Hell Is Other People. Karakternya terbangun banget di situ. Ceritanya juga menegangkan. Shin Se-kyung juga jempolan actingnya. Setiap mengambil peran selalu tampil tidak berlebihan tapi tetap punya greget. Suka dengan perannya di drama Rookie Historian. Tapi baru tau loh mereka itu juga nyanyi hahahaha. Kapan-kapan nyoba cari ah video nyanyi mereka.

    ReplyDelete
  9. Aku juga suka nonton drakor sejak pandemi karena kebanyakan dirumah ehh..😁 tapi sejak itu juga jadi ketagihan nonton.. nah kalo nonton aku juga pilij pilih dulu pemainnya, nonton dulu 1 sampai 2 episode, kalo seru dan asyik lanjut ditonton, kalo ngga ya di skip. Nah ini aku tertarik sama pemain wanitanya nih setelah baca reviewnya.

    ReplyDelete
  10. Aku baru sempet liat traillernya
    Lumayan tertarik, tapi list drakor yang ditonton banyak. Jadi bingung mau yang mana dulu 😅 dari review lain yang aku sempet baca, drama Run On ini cukup di rekomendasikan
    Masukin list (lagi)

    ReplyDelete
  11. Kebayang jadi Oh Mi Joo yang terlahir sebagai kaum marginal...

    Udah miskin, dilecehkan, dikambing hitamkan... Kok jadi inget Cinderella ya

    ReplyDelete