Gangnam Scandal; Terjebak Sinetron Ala Drama Korea




Terbayangkan sinetron Indonesia? Kisah cerita yang dipanjang-panjangin. Muter-muter untuk menyelesaikan satu pesan. Peran antagonis nan jahat bukan main. Sementara protagonisnya bak dewi dari kayangan. Dan saya terjebak dalam tontonan demikian, yang dalam khasanah drama Korea masuk ke dalam long length drama.

Awalnya iseng nonton “Gangnam Scandal”, tertarik pemerannya yang bukan bintang papan atas tapi cantik dan ganteng, aktingnya bagus-bagus. Episode awalnya bikin penasaran. 

Ketika 20 episode ngga menunjukkan titik terang, kisah ngga tau mau dibawa kemana, barulah saya melirik jumlah episode yang rencananya bakal ditayangkan. Ternyata 120 episode, alamak! Wuaduh, bikin galau! 

Diterusin atau jangan ya? Akhirnya hatur lumayan lah. Untuk tontonan multitasking, sambil bikin handicraft, sambil makan, de el el :D  :D
Walaupun 120 episode, setiap episodenya hanya 30 menit. Tapi keukeuh lama ya?

Sebetulnya ada drama Korea yang panjangnya juga menjebak saya, yaitu “My Only One”. Alasan menonton “My Only One” adalah pemeran utamanya, Uee, saya suka. Khusus “My Only One” keputusan saya ngga salah,  drama Korea berdurasi 100 episode yang molor jadi 106 episode itu banyak menyabet penghargaan. Ratingnya pun bikin mata terbelalak,  ngga hanya mampu mengalahkan drakor lain, juga mencetak rekor baru.  

Mungkin karena ide cerita  “My Only One” tidak biasa, yaitu kehidupan penuh derita seorang anak mantan narapidana. Sedangkan plot cerita “Gangnam Scandal” lebih sederhana,  tentang sepasang anak perempuan yang berjuang mencari uang untuk menyembuhkan ibunya yang sakit parah.

Baca juga:  My Only One, Kisah Nestapa Seorang Anak Pembunuh

Dalam perjalanannya, kedua anak tersebut selalu terlibat dalam kehidupan chaebol Choi yang kaya raya. Mulai menjadi ibu pengganti hingga menandatangani kontrak agar pura-pura cinta. Klise bukan.



Shin Go-Eun berperan sebagai Eun So-Yoo, seorang anak sulung yang harus mengambil alih tugas ayah kandungnya yang lari dengan selingkuhan. Beban So Yoo bertambah ketika mengetahui ibunya sakit berat hingga harus mengeluarkan biaya besar.

Yang bikin sebal, sang ayah serta selingkuhannya sangat ngga tahu diri. Ketika bangkrut, tanpa tahu malu, tinggal di rumah So Yoo yang sederhana. Padahal ketika masih kaya raya, mereka tak segan menginjak harga diri  So Yoo, beserta ibu dan adiknya, So Dam. Maklum sok kaya.



Lim Yoon-ho/ Im Yoon-Ho berperan sebagai  Choi Seo-joon, anak konglomerat yang kerjanya bersenang-senang. Perkenalan dengan Eun So Yoo mengubah segalanya. Dia mau membantu So Yoo, bekerja paruh waktu di sebuah sauna. Serta mengerjakan banyak hal lainnya yang sebelumnya tak pernah dikerjakan Seo Joon sebagai anak konglomerat.



Seo Do-young sebagai  Hong Se-hyun, sahabat Choi Seo Joon sejak kecil. Bahkan sekolah keluar negeri bareng. Awalnya Se Hyun dan So Yoo merupakan sepasang kekasih.  Bubar karena ibu kandung Se Hyun tak menyukai menantu miskin.  Bahkan demi ambisi memperoleh kekuasaan sang ibu tega memperalat anaknya.

Selain Seo Joon, Se Hyun juga bersahabat dengan gadis cantik, Myung Ji-Yoon. Bertiga: Ji Yoon,  Se Hyun dan Seo Joon, kuliah bersama di USA dan bertemu lagi di Korea Selatan.
 Ji Yoon diam-diam mencintai Seo Joon, dan menggunakan banyak cara agar bisa bertunangan dengan Seo Joon. Sayang Baek Hee, ibu Se Hyun membuyarkan angan Ji Yoon. Baek Hee menginginkan Ji Yoo menjadi istri anaknya, Se Hyun.



Bang Eun-hee sebagai Hong Baek-hee, tangan kanan keluarga Choi dan juga ibu kandung Hong Se Hyun. Bang Eun Hee berambisi menguasai perusahaan keluarga Choi dan mengangkat anaknya sebagai presdir. 

Ambisi dan kelicikan Bang Eun Hee pulalah yang membuat keluarga Eun Hee porak poranda. Dengan kata lain, Baek Hee lah trouble maker dalam drama Korea “Gangnam Scandal”.

Sinopsis
Eun So-Yoo (Shin Go-Eun) bekerja sebagai stylist. Dia berjuang untuk menghasilkan cukup uang untuk membayar biaya operasi ibunya. Karena suatu kasus, Eun So-Yoo terlibat dengan Choi Seo-Joon (Im Yoon-Ho), pemuda kaya raya dari keluarga chaebol. Choi Seo-Joon lebih tertarik bermain-main daripada bekerja dan tidak percaya pada cinta sejati.
Karena membutuhkan uang, Eun So-Yoo berpura-pura mencintainya, tapi akhirnya benar-benar jatuh cinta Choi Seo-Joon. (Asian Wiki)

Review:
Eun So Yoo sungguh bernasib malang. Kisah cintanya dengan Hong Se Hyun, ditentang ibu Se Hyun, Hong Baek Hee. Hanya di permukaan dia menyetujui pilihan anaknya, namun di belakang mereka, dia bersama teamnya melakukan segala upaya, yang terlicik sekalipun, agar pasangan ini bubar.

Baek Hee yang telah bekerja pada konglomerat Choi selama 30 tahun, memang punya ambisi menggulingkan sang ketua dan memberikan tampuk pimpinan pada anaknya. Keberadaan So Yoo tentu saja menjadi penghalang. Karena Baek Hee tidak hanya berambisi menjadikan anaknya sebagai pimpinan perusahaan, juga menjodohkan anaknya dengan anak konglomerat juga.

Sekali mendayung 2 – 3 pulau terlampaui, untuk memisahkan pasangan ini, Baek Hee menjerat So Yoo dengan pinjaman uang berjumlah besar. Uang itu untuk membiayai sakit kanker ibunya. Syaratnya pura-pura mencintai Choi Seo-Joon, putra mahkota konglomerat Choi.

Dengan cara ini tidak saja pasangan So Yoo – Se Hyun bubar, juga pertunangan Choi Seo Joon - Myung Ji-Yoon batal dilakukan. Baek Hee berharap Ji Yoon, berpacaran dengan anaknya, maklum Ji Yoon ini anak pengusaha kaya.

Jauh sebelum Baek Hee memperdaya So Yoo, Baek Hee juga pernah menjebak adik So Yoo, So Dam agar menjadi ibu pengganti. Penyebabnya, Baek Hee mengira So Dam adalah kekasih anaknya. Alat jebakan yang digunakan juga sama, sejumlah uang agar ibu So Yoo dan So Dam bisa mendapat perawatan.

Pura-pura jatuh cinta, berakhir jadi cinta beneran, itulah So Yoo pada Choi Seo Joon. Sayang nasib buruk tak henti mengintai So Yoo, Seo Joon ternyata mengidap penyakit yang belum ditemukan obatnya.

Inti kisahnya hanya itu. Diperumit dengan kisah percintaan ayah Seo Joon dengan seorang artis, Kemudian kakak Seo Joon yang trauma melahirkan, namun takut bercerai dengan suaminya yang brondong ganteng, sehingga menggunakan So Dam sebagai ibu pengganti.

Cerita yang saling berkelindan ini mengingatkan saya pada Dynasti besutan Aaron Spelling Productions dari negara Paman Sam, namun minus kemewahan.

Ya, Gangnam kan harusnya  identik dengan kawasan kaum elite Korea Selatan, settingnya kok sederhana banget?  Apa karena fotografer ngga mampu menampilkan latar belakang serba wah? Yang harus dikritik juga adalah kurangnya filter yang membuat para pemain nampak berbedak tebal. Jauh banget warna wajah dengan leher.  Untung pemeran So Yoo cantik dan putih, sehingga terlihat natural. Sedangkan pemeran yang lain, seperti So Dam dan Seo Joon, duh belepotan banget!

Yang saya suka dari drama Korea “Gangnam Scandal” adalah kedekatan keluarga Choi yang ditampilkan dengan makan bersama. Sebelum mulai makan,  ketua Choi akan mengeluarkan tumpukan amplop berisi uang untuk dibagikan pada anak-anaknya.
So sweet bukan?


Dibandingkan “The Only One”, drama Korea “Gangnam Scandal” jelas kalah jauh. Namun untuk hiburan, cukup menyenangkan. Banyak wajah cantik dan tampan yang muncul. Yang sekali lagi, sayang banget sinematografinya terkesan asal-asalan. Membuat “Gangnam Scandal” terkesan sebagai kisah keluarga biasa, bukan konglomerat yang berkecimpung di dunia fashion dan hiburan.

Profile
Drama: Kangnam Scandal
Revised romanization: Gangnam Seukaendeul
Hangul: 강남 스캔들
Director: Yoon Ryoo-Hae
Writer: Park Hye-Ryeon
Network: SBS
Episodes: 120
Release Date: November 26, 2018 - 2019
Runtime: Monday - Friday 08:40-09:10
Language: Korean
Country: South Korea

Comments