Ingin Menang Lomba Blog? Ini Rahasianya!

         

www. maria-g-soemitro.com

 Ingin Menang Lomba Blog? Ini Rahasianya!

Ingin menang lomba menulis di blog? Nah, gunakan Canva untuk mempromosikan tulisanmu lewat aplikasi Instagram! Lho, apa hubungannya? 

Yuk, kita kupas satu persatu ya? Agar menang lomba blog pastinya kita berusaha sebaik mungkin, mulai dari riset, memilih sudut pandang yang sekiranya disukai juri, menulis sesuai EYD dan PUEBI, hingga jungkir balik membuat infografis.

Namun, kita kerap lupa bahwa lomba blog diadakan oleh pihak tertentu untuk menyampaikan pesan ke khalayak ramai. Seperti pemilik brand ingin brand-nya dikenal/lebih dikenal masyarakat, pengurus NGO/instansi ingin kampanyenya/programnya diketahui masyarakat luas, dan seterusnya.

Buat apa tulisan bagus kalau gak ada yang baca? Kira-kira begitulah alasan panitia lomba blog, ketika mensyaratkan agar peserta membagikan tulisan melalui media sosial yang dimiliki.

Jadi mempromosikan tulisan dengan menarik juga merupakan kriteria kemenangan suatu tulisan. Tentunya selain penilaian tulisan (kedalaman tulisan, sesuai/tidaknya dengan tema lomba, infografis/gambar, mengandung nilai inspiratif/bermanfaat).

Baca juga:
Jangan Belajar! Agar Jadi Blogger Gagal!

Penting!! Raih Cuan Berlimpah dengan Tribelio

Daftar Isi:

  • Agar Menang, Promosikan Blog Post-mu dengan Menarik di Instagram
  • 5 Alasan Pilih Instagram untuk Promosikan Blog Post
  • Canva, Banyak Bisanya! Cara Mudah Tampilan Memukau di Instagram

Nah, yang dimaksud promosi tentunya gak boleh ngasal. Pilih gambar dan caption agar pengguna media sosial tertarik membacanya. Jangan seperti dilakukan beberapa peserta yang begitu saja memposting link tulisan di media sosial. Tanpa caption! 

Coba bayangkan, andai ada unggahan foto lipstick di media sosial, tanpa keterangan apapun, apa yang akan terjadi? Bakal menimbulkan pertanyaan bukan? Apa sih maksud si pengunggah? Apakah lipstick si pengunggah hilang? Atau pengunggah berniat bagi-bagi lipstik? Atau malah ingin punya lipstik? Gak jelas kan ya?

Unggahan medsos lainnya yang bikin gemes adalah sekadar mem-posting banner lomba blog. Gak kreatif banget!  Yang bersangkutan cuma sekadar melaksanakan tugas,  gak memperdulikan tujuan diadakannya lomba. 

Emang sih, panitia gak mencantumkan syarat promosi ke media sosial. Umumnya panitia hanya mewajibkan tagar tertentu. Mereka membebaskan akun media sosial yang digunakan. Sehingga banyak yang membagikan tulisan via media sosial selain Instagram, seperti Facebook dan Twitter.

Tentu saja gak salah, tapi jangan berharap akan mendapat penilaian yang bagus dari juri. Mengapa? Yuk, kita kupas alasannya.
    

www.maria-g-soemitro.com


5 Alasan Pilih Instagram untuk Promosikan Blog Post

Menurut laporan Hootsuite, YouTube merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan pengguna dengan rentang usia 16-64 tahun. Sesudah YouTube, 4 platform media sosial lain yang menempati 5 besar adalah: WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Twitter. 

Nah diantara 5 media sosial, Instagram paling disukai karena kontennya lebih mudah dibuat, tapi mampu menyajikan visual dengan baik, dibanding WhatsApp, Facebook, dan Twitter

Lebih jelasnya, paling tidak ada 5 keunggulan Instagram sebagai berikut:

Semakin Banyak Orang Menggunakan Instagram

Menurut Instagram, platformnya memiliki 1 miliar pengguna aktif, dan lebih dari 500 juta pengguna mengakses Instagram setiap hari. 

Bayangkan 500 juta! Dengan bantuan tagar Instagram yang populer, tentunya unggahan foto dan video berpotensi dilihat pengguna Instagram lain, sehingga dengan cepat unggahan menjadi viral, dan pesan pun tersampaikan.

Platform Dengan Tampilan Visual yang Mendukung

Sebagai salah satu platform yang mampu menyajikan visual dengan baik, Instagram unggul dalam menjelaskan produk/pesan dari pengunggah. Bandingkan dengan WhatsApp, Facebook, terlebih Twitter. Jauh banget ya?

Instagram memungkinkan pengguna untuk menampilkan gambar yang menarik di awal, kemudian penjelasan secara detail di unggahan berikutnya. Contoh konten promosi tentang produk skincare yang mampu mencerahkan kulit wajah.

Untuk memancing keingin-tahuan pengguna lain, kita bisa mengunggah foto wajah kinclong, atau wajah before after, atau apapun, kemudian tampilkan kalimat awal yang membuat pengguna lain tertarik dan mau mengklik dan menggeser unggahan untuk mengetahui postingan secara menyeluruh.

Hal demikian pastinya sulit dilakukan pengguna WhatsApp, Facebook, dan Twitter.

Instagram Menyediakan Banyak Fitur Kreatif

Merasa video lebih mampu menyampaikan pesan?

Instagram menyediakan fitur Reels, yang memberikan pilihan audio, efek, dan tools kreatif lainnya untuk menyajikan video singkat selama 15 detik. Melalui fitur ini kita juga bisa merekam dan menggabungkan beberapa klip dalam satu video.

Jadi, bisa banget mempromosikan brand atau menjelaskan suatu kampanye. Misalnya kampanye QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dari Bank Indonesia. Kita bisa membuat video singkat transaksi keuangan dengan QRIS yang diunggah melalui fitur Instagram Reels dan Instagram Story.

Khusus Instagram Story, jangan lupa menyimpan dalam fitur Highlight untuk memudahkan apabila ingin dibagikan atau dilihat ulang. Fitur ini gak ada di platform YouTube kan ya?

Instagram Menyediakan Analisis Marketing

Sesudah membuat konten untuk mempromosikan brand/kampanye program, pastinya ingin tahu hasilnya bukan?

Melalui fitur di Instagram, yaitu Instagram Insight, pengguna akun bisnis  bisa mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan. Seperti Impressions (jumlah konten tertentu dilihat), Reach (jumlah pengguna Instagram lain melihat konten kita), Replies jumlah balasan komentar pada konten) serta informasi lainnya.

Adanya Instagram Insights membantu kita melakukan strategi pemasaran agar bisa membuat konten yang efisien dan efektif.

Tersedia Iklan untuk Memperluas Jangkauan Promosi

Iklan kan mahal? Ternyata Instagram menyediakan layanan  iklan sesuai kemampuan penggunanya, lho. 

Dilansir dari Kompas.com, harga Instagram Ads terbagi atas dua, yaitu biaya per tayang cost-per-impressions (CPM), dan biaya per klik atau cost-per-click (CPC) 

Rata-rata, pengiklan membayar 6,70 dollar AS atau Rp 95.190 per 1.000 tayangan untuk iklan CPM. Sedangkan iklan CPC, pelanggan membayar 0,20 dollar AS atau Rp 2.840 (kurs Rp 14.200) sampai 2 dollar AS atau Rp 28.000 per klik untuk iklan CPC
   

www.maria-g-soemitro.com
ilustrasi Canva


Canva, Banyak Bisanya! Cara Mudah Tampilan Memukau di Instagram

Oke, sekarang kita tahu platform yang tepat untuk mempromosikan tulisan. Tapi kan gak mudah. Contoh kasus, kita sedang mengikuti lomba tentang kelangkaan air, masa sih harus ke gurun untuk memotret/membuat video?

Tenang, tenang, pastinya gak harus mencari lokasi yang menggambarkan kondisi kelangkaan air, karena semua ada di Canva, platform desain terdepan di dunia yang memudahkan siapapun untuk mendesain.

Caranya mudah, aplikasi bisa diakses melalui iOS, Android, Windows maupun Web. Cara masuknya pun gampang, bisa melalui akun media sosial atau daftar dengan email.

Dan, taraaaa … apapun yang dibutuhkan tersedia lengkap di sini. Seperti tadi pagi, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun pada seorang sahabat, cukup mengetik ‘happy birthday’ pada kolom pencarian, maka Canva akan memunculkan banyak sekali template.

Kembali ke lomba blog bertema ‘kelangkaan air’, gunakan Canva untuk Instagram karena tersedia banyak pilihan. Cara paling sederhana, ketika membuka menu Instagram, pilih fitur foto untuk mencari konten yang diinginkan. Contohnya ini:

 

www.maria-g-soemitro.com
ilustrasi Canva

Ah, kok biasa aja, kurang greget. Oke, bisa banget sedikit berkreasi dengan mengklik fitur elemen dan memilih layar televisi, seolah-olah gambar di atas tadi kita lihat di layar kaca, lengkap dengan penjelasan yang menarik minat pengguna Instagram lain.

   

www.maria-g-soemitro.com



Gambar berikutnya saya memilih dari konten tips (kiri) kemudian diubah menjadi konten tentang dampak kelangkaan air (kanan)

  

www.maria-g-soemitro.com



Demikian juga ketika saya membuat konten ‘5 Upaya Mencegah Kelangkaan Air Bersih’, saya menggunakan konten yang tersedia (kiri)  dan mengganti kalimat serta beberapa elemen yang diperlukan (kanan)

 

maria-g-soemitro.com



Sebagai penutup saya menggunakan cara yang sama dengan gambar pertama, yaitu memasukkan latar belakang gambar, memilih elemen dan memasukan gambar yang dibutuhkan.

 

maria-g-soemitro.com
ilustrasi Canva

Hasilnya menakjubkan bukan? Hanya dalam hitungan menit kita sudah berhasil menyiapkan konten Instagram yang memukau, yang membuat juri blog competition memberi angka 8 atau bahkan 10. Insyaallah.

Sesudah kamu masuk ke platform Canva, mungkin ada beberapa layanan yang tidak bisa diakses. Hal tersebut disebabkan adanya dua jenis layanan, yaitu gratis dan berbayar. 

Jika ingin leluasa, bisa banget mendaftar uji coba gratis selama 30 hari. Sehingga bisa mengakses  semua template, alat editor yang efektif seperti Background Remover, semua font, grafik, gambar, dan video yang dibutuhkan. 

Namun percayalah, kamu bakal ketagihan dan akhirnya setuju bahwa layanan berbayar Rp 95.000/per bulan, yang bisa patungan hingga 5 orang, terasa sangat murah.

Hehehe … saya mengalaminya sendiri. Setiap hari saya menggunakan Canva,  tidak hanya untuk mengoptimalkan penampilan Instagram, juga untuk membuat tampilan blog, invoice, rate card, ucapan selamat (salah satunya ucapan selamat ulang tahun seperti yang saya ceritakan di atas) yang membuat penerima terharu, padahal proses pembuatannya sangat mudah dan cepat lho.

Terlebih jika bergabung dengan Facebook Group Canvaloveindonesia, wah makin terasa hidup ini dipermudah oleh Canva. Karena itu saya sangat setuju dengan pendapat #CanvaBanyakBisanya.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera bergabung dengan Canva Pro dengan menggunakan link afiliasi https://partner.canva.com/mariagsoemitro , dan rasakan sensasi kreatifitas tanpa batas bersama Canva.

Karena #CanvaSayangKamu

Baca juga:
Ambil Isu Mental Health, Konten Awkarin di GoPlay Bakal Undang Banyak Penonton

Enggak Mau Pikun di Usia Dini? Yuk Ngeblog!


69 comments

  1. Yeah sangata setuju banget. Promosi agar menang lomba itu harus gunakan fitur-fitur Canva yang sangat menarik untuk digunakan.

    ReplyDelete
  2. Aku salut sama orang yang ahli otak atik dan infografis pake canva dan mewadahi kreativitas mereka. Soalnya butuh waktu dan effort tersendiri tatkala membuatnya.

    Keren banget ini Canva yang banyak bisanya, apapun itu buat konten IG atau buat mempercantik blog dan bisa menjadi salah satu penilaian plus untuk menang lomba.

    ReplyDelete
  3. Kebanyakan orang memang lebih suka lihat secara visual ya karena enak dipandang mata sehingga perlu sekali punya sesuatu yang menarik dan enak diilhat. Saya juga suka desain pakai canva agar mendukung tulisan-tulisan lebih enak dibaca dipadupadankan dengan warna-warni dari desain foto pendukung dari canva.

    ReplyDelete
  4. Untuk peningkatan trafik pengungjung apakah bisaa juga lewat instagram kaak. soalnya instagram base kan aplikasi soalnya setiap postingan di sisipkan link kan tidak bisa kak. mohon sarannya

    ReplyDelete
  5. Untuk peningkatan trafik website apakah efektif kak kalo pakai instagram. soalnya website saya SolusiTech.com ini kalau bersaing dengan jasa website lainnya.

    ReplyDelete
  6. ngerasa banget canva membuat kita menjadi lebih kreatif dalam menampilkan foto2 ilustrasi, yang gratis aja udah bagus, apalagi yang berbayar yah..

    ReplyDelete
  7. Selama punya blog, belum pernah menang lomba.. ya karna belum pernah ikutan lomba hehe.. entah kenapa udah ciut duluan aja

    ReplyDelete
  8. Iya, promosikan tulisan di blog perlu desain yang ciamik ya , Mbak

    Saya tertarik pingin Canva pro nih, jadinya

    ReplyDelete
  9. mempromosikan blog di instagram itu penting banget buat narik banyak pembaca baru, apalagi sekarang buat feed jadi lebih gampang semenjak ada canva

    ReplyDelete
  10. Aku pengguna setia Canva mbak.. Dan off course aku suka dengan segala template maupun element pendukungnya. Jadi bikin lebih variatif dan kreatif dalam menampilkan infografis

    ReplyDelete
  11. Canva nih, salah satu solusi untuk orang-orang yang gabisa desain macem aku. Selalu suka kalau tampilan blog atau feed IG dipercantik sama Canva, makin bikin percaya diri hehe

    ReplyDelete
  12. Canva nih, salah satu solusi untuk orang-orang yang gabisa desain macem aku. Selalu suka kalau tampilan blog atau feed IG dipercantik sama Canva, makin bikin percaya diri hehe

    ReplyDelete
  13. Asik banget emang Ambu
    Kalau bikin desain di Canva ini
    Jadi salah satu indikator menang lomba blog ya

    ReplyDelete
  14. Makasih ya, mba infonya bermanfaat banget. Awal ngeblog aku suka banget ikut lomba, ngeblog, udah lama gak ikutan

    ReplyDelete
  15. Canva Pro memang banyak membantu untuk urusan desain terutama untuk IG, apalagi untuk post yang sifatnya mendadak. Misal ada artis yang meninggal, akun yang saya kelola harus segera membuat postingan 'duka cita'. Dengan Canva Pro semua bisa jadi mudah dan cepat.

    Selama ini saya langganan sendirian, nggak kepikiran buat patungan. Hehe

    ReplyDelete
  16. kalau pakai Canva Pro itu lebih asyik, semua elemennya bisa kebuka dan pastiya bisa lebih bebas berkreasi doong ya secara sudah banyak template gitu yang bisa kita modifikasi sesuai kebutuhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai pengguna Canva Pro, aku setuju banget.

      Dahulu, ketika aku menggunakan Canva yang versi free, aku merasa dibatasi untuk menciptakan desain.
      Tapi sejak aku memakai Canva Pro, aku merasa bisa belajar banyak desain, karena banyak elemen yang bisa kugunakan.

      Delete
  17. Woow! Keren banget sih tipsnya. Jadi makin pengen bisa belajar canva

    ReplyDelete
  18. semenjak ada canva, aku jadi merasa terbantu buat ngedesain. Versi free nya aja udah bagus bgt, apalagi versi pro nya ya

    ReplyDelete
  19. Infografis gambar jadi poin penting dalam penilaian ya Ambu, selain kesesuaian isi konten dengan tema lomba. Siip ah, boleh juga triknya

    ReplyDelete
  20. Canva memang mempercantik tampilan blog dan Instagram ya ... saya akui, template dan pendukungnya memikat mata.

    ReplyDelete
  21. saya juga menggunakan Canva selama ini untuk desain apapun, mudah dan user fiendly banget soalnya, template juga banyak pilihan

    ReplyDelete
  22. Canva saat ini membantu banget buat menarik perhatian dan poin lebih di penilaian, dan enaknya Canva itu free rasa premium :D

    ReplyDelete
  23. Yup aku juga pakai Canva untuk blog, konten Instagram baik berupa foto maupun video, Canva memang banyak bisanya

    ReplyDelete
  24. Aku setuju sekali, sudah bertahun-tahun kontenku sangat terbantu oleh canva, mulai dari jualan, konten blog, konten pribadi dan kadang untuk pekerjaan. Aku juga join yang versi pro dan manfaatnya emang luar biasa sekali.

    ReplyDelete
  25. Iya Ambu sudah lama saya juga menggunakan canva, membantu banget beberapa kali jd juara lomba mengandalkan canva utk infografisnya. Alhamdulillah ada solusi buat saya yg males belajar ribet ....hihi..

    ReplyDelete
  26. Saya sudah 3 tahun berlangganan canva premium. Sangat meringankan tugas dan menambah semangat saya dalam menulis. Namanya juga perempuan, ambu, senang kalau melihat rumahnya cantik. Ya, blog itu sama dengan rumah kita kan? Apalagi sekarang Canva bisa juga dipakai buat video. Duh keren banget.

    ReplyDelete
  27. aku juga pengguna canva, sampai saat ini canva memang membantu banget. Apalagi skrg sudah banyak desain-desain baru sesuai yang kita butuhkan.

    ReplyDelete
  28. aku juga pengguna canva, sampai saat ini canva memang membantu banget. Apalagi skrg sudah banyak desain-desain baru sesuai yang kita butuhkan.

    ReplyDelete
  29. Setuju banget Mbak. Canva (terutama yang pro) bener-bener sarana kreatif yang kaya dengan fasilitas yang bisa kita gunakan untuk sebuah design. Saya mengalami dan mengikuti Canva saat masih sedikit elemennya hingga akhirnya merambah di banyak sisi kreatif. Luar biasa cepat perkembangannya. Sebagian besar isi blog saya juga ditunjang dengan design dari Canva ini.

    BTW, kemampuan Canva untuk membuat infografis juga jadi memperindah artikel kita. Bisa jadi satu sisi yang disukai oleh juri-juri lomba. Tampilan blog kita juga jadi tambah cantik dan menarik. Keren lah pokoknya Canva.

    ReplyDelete
  30. Menggunakan Canva akan memberikan peluang hasil desain maksimal. Penggunaan instagram akan memberikan hasil analisa maksimal.

    ReplyDelete
  31. Canva ini penolong aku banget buat ngelola akun medsos komunitas termasuk juga buat bikin desain blogpost yang aneka rupa. Bener bener ga perlu mulai dari nol. Wkwk.

    ReplyDelete
  32. Dengan Canva juga ide kreatif kita semakin terasah ya. Merasa kurang puas tinggal edit lagi aja hehee...
    Saya malah sudah ngajarin anak edit di Canva juga meksi ia baru bisa nyari kata kunci kesuksesan seperti mobil lalu memindahkannya dan mengatur posisi serta warna sesukanya

    ReplyDelete
  33. Dulu pernah download Canva, tapi masih gagap makenya, akhirnya aku uninstall. Eh beberapa tahun ini mencoba lagi pakai Canva, waahh makin mudaaaah banget, sat set sat set, padahal aku masih pakai yg gratisan tapi tetap menang, alhamdulillah. Selamat ya mbak dirimu sangat informatif dan layak menang terbantu oleh Canva

    ReplyDelete
  34. Desain dari canva ini keren-keren banget.
    Jadi mempercantik konten di IG dan kalau pinter mengaturnya, bisa memiliki "nilai jual" yang menjanjikan.
    Gak hanya itu, uda jadi keharusan banget sih Ambu yaa... Kalau menulis blog juga disertai infografis yang cantik.

    ReplyDelete
  35. Emang ya banyak hal yg bisa kita gali dari Canva. Sebagai orang yg ga ngerti design, selama ini canva tuh ngebantu bangett

    ReplyDelete
  36. Andalanku Canva Pro kak, banyak banget pilihan template terutama kalau buat ngisi pelatihan/workshop. Senang banyak pilihan deh Canva.

    ReplyDelete
  37. Canva ini segalanya buatku di beberapa tahun terakhir ini mbak. Sehari bisa otak-atik infografis blog beberapa Kali. Semudah itu sih ya Menggunakan canva. Dah lah fall in love beneran sama canva rasanya

    ReplyDelete
  38. Benar sekali Ambu, infografis jadi salah satu penolong mencuri nilai saat lomba blog
    Dan emang paling pas kalau buat infografis di Canva

    ReplyDelete
  39. Indografis itu memang bikin menarik orang saat berkunjung ke blog kita
    Sepertinya tahun ini harus mulai langganan canva pro, mulai agak terbatas kalau otak atik desain huhu

    ReplyDelete
  40. Saya suka kagum sama tulisan yang dibarengin sama infografis cantik. Dulu saya bingung gimana bikinnya. Karena berasa ribet aja. Ternyata, caranya bisa pakai Canva. Malah jadi mudah banget kalau pakai Canva

    ReplyDelete
  41. canva memang mujarab ya Ambu buat desain infografis dan apik jadi bisa mendukung tulisan lomba blog deh

    ReplyDelete
  42. Tipsnya keren banget kak. Jadi tambah semangat untuk ikut lomba

    ReplyDelete
  43. Keren teh, apalagi itu desain canvanya cakep-cakep pisan. Makasih tipsnya

    ReplyDelete
  44. Canva membantu saya sekali saat mendesain cover tulisan di blog, bu. Suka banget pakai Canva.

    ReplyDelete
  45. andalanku juga nih pake canva, lengkap banget pilihan untuk desainnya ya :)

    ReplyDelete
  46. Waahhh, bermanfaat banget ini. Benar juga ya Ambu, kalau bisa menyajikan sesuatu dengan visual yang eye-catching gitu bisa menarik perhatian orang..

    ReplyDelete
  47. Template Canva ini memang sangat membantu sekali ya ambu. apalagi kalau pakai Canva Pro, bisa semakin bebas berkreatifitas lagi nih..

    ReplyDelete
  48. Aku jg pakai canva pro sampai sekarang mba, alhamdulillaah. membantu banget buatku yang nggabisa desain giniii 🥹

    ReplyDelete
  49. aku sendiri mengenal canva awalnya juga karena temen-temen blogger dan banyak belajar juga dari mereka.
    karena sering pakai, akhirnya aku alihkan ke pro dan menyenangkan bisa utak atik canva

    ReplyDelete
  50. Aku udah langganan Canva pro tapi belum belajar dengan benar bikin infografis yang menarik seperti itu mbak. Keren bangetttt

    ReplyDelete
  51. Pas banget nih sarannya. Kebetulan lagi banyak ikutan lomba blog. harus belajar canva lebih kreatif lagi.

    ReplyDelete
  52. Saya aktif ngeblog dulu baru bikin akun IG. Ternyata memang menunjang aktivitas blogging saya. Apalagi ada Canva yang membuat saya bebas berkreativitas termasuk saat membuat konten di Instagram. Mau Feed, Story, Reels ...bisa dikreasikan dari Canva. Hasilnya makin keren Instagramnya juga blognya. Yeaayy!

    ReplyDelete
  53. Dennise SihombingJuly 19, 2022 at 5:11 AM

    Malam ambu, saya merasakan penggunaan fitur di Canva saat gratis tidak banyak pilihan alias terbatas. Tetapi setelah beralih ke Canva Pro kita bisa bereksperimen banyak. Thanks ya ambu untuk tips bagaimana menang di lomba

    ReplyDelete
  54. Srringkali ikut lomba blog dan gagal berfikirnya cuman tentang blog belum ok, tata bahasa gak sesuai kaidah, struktur gak sistematis atau bukan selera juri.

    Tapi aku lupanuntuk promosiin tulisanku di instagram. Bahkan dibuat pake canva supaya lebih menarik dan profesional.
    Thankyou ambu pencerahannya. Nect lomba tips promosi tulisan blog pake canva di medsos terutama di instagramnyanya akan aku coba.

    ReplyDelete
  55. Saya belum paham betul pakai canva, tapi pingin banget belajar dan minimal bisa desain sendiri untuk tulisan pribadi.
    Betul, lebih sedap melihat tampilan visual daripada text yang panjang. Apalagi visualnya keren, biasa orang2 ngga bosen. Duuh serius ah belajarnya biar cepet paham pake canva ...

    ReplyDelete
  56. Beberapa sosial media memiliki andil support blog post seperti tulisan ambu. Konten is king.

    ReplyDelete
  57. Ambu, yang laporan Hootsuite itu untuk dunia atau Indonesia saja ya?

    Tapi, makasih lo, Ambu, catatannya. Meski buat ikut lomba tuh aku tuuuh anuuu.. Hihi. Ntar coba diikutin deh detail dari Ambu. Siapa tau jadi PD ikut lomba 😁

    ReplyDelete
  58. Canva ini ngebantu banget ya ambu buat bikin konten semakin menarik apalagi buat dipakai lomba beuh makin ciamik tam[ilan artikelnya dan peluang menang juga besar

    ReplyDelete
  59. Saya juga biasa menggunakan canva sebagari teman mengasah kreativitas dan membuat infografis untuk blog, bikin video dengan canva juga mudah

    ReplyDelete
  60. Berasa banget kok pakai Canva Pro. Banyak design kreatif yang bisa kita buat dengan Canva. Seperti yang Mbak Maria bilang, kita tinggal ketik key word tertentu, sesuai dengan keinginan kita, pasti akan muncul beberapa template yang tinggal kita gunakan. Dan itu resmi tanpa biaya tambahan lagi.

    ReplyDelete
  61. Antara gambar dan literasi itu gak bisa dipisahkan yaa, Ambu.
    Apalagi zaman sekarang yang banyak orang memilih platform sosmed IG atau twitter yang ketika lihat gambar, serasa lebih terprovoke untuk membaca dan mencari tahu lebih banyak.

    Alhamdulillah,
    Dengan canva pro, membuat desain cantik nan memesona sudah bukan hal sulit dan menghabiskan waktu lagi.

    ReplyDelete
  62. Canva memang ngebantu banget buat bikin infografis yang kece. Banyak fiturnya dan mudah digunakan. Aku pakai canva pro jadi gak bingung lagi mau ngolah foto tanpa watermark. Infografis jadi keren.

    ReplyDelete
  63. Canva Pro memang pas mantapnya yaa Mbak. Slide presentasipun, salah satunya banyak menggunakan template dari Canva. Sisa search, tema yang akan digunakan.

    ReplyDelete
  64. Canva ini emang banyak banget bisanya, nggak pernah belajar desain secara khusus pun, jadi bisa bikin tampilan menarik berkat utak-atik canva.

    Bahkan pemerintah pun menggandeng canva juga, memberikan akses canva pro kepada seluruh guru di Indonesia

    ReplyDelete
  65. Setuju, canva tuh impactnya luar biasa emamg buat ngasi ruh ke tulisan yg kita sajikan

    ReplyDelete
  66. wah iya bener juga ini, kalau pakai canva jadi lebih ciamik ya visual grafis nya.

    ReplyDelete
  67. semenjak kenal canva, semakin mudah melakukan pekerjaan desain-desain simple. Mantappp dehhh...

    ReplyDelete
  68. Dari Canva saya bisa bertahan menjadi blogger. Banyak inspirasi template yang bisa saya temu di Canva.

    ReplyDelete