Ghibahin Shiba Inu yang Diprediksi Bakal Meroket

       
www.maria-g-soemitro.com

Ghibahin Shiba Inu yang Diprediksi Bakal Meroket

Pernah ngebayangin punya investasi yang nilainya meroket 45.000.000% dalam beberapa bulan? Hal ini terjadi pada Shiba Inu, mata uang kripto besutan Ryoshi yang launching Agustus 2020.

Berawal ulah CEO Tesla Elon Musk di media sosial Twitter pada Oktober 2021, dia memamerkan Floki, anak anjingnya yang sedang berada di mobil Tesla, lengkap dengan ciutan: “Floki Funkpuppy”.  Floki, merupakan keturunan ras anjing Jepang paling populer, Shiba Inu.

Tak pelak, ulah Elon Musk ditambah dukungan fans garis keras token Shiba Inu (The Shib Army), token ERC-20 yang berjalan di atas jaringan blockchain Ethereum ini nilainya melonjak tajam, konon sempat meroket hingga 367%, hanya dalam waktu satu minggu setelah Musk memamerkan anak anjingnya.

Baca juga:

Ingin Umroh? Ingin Liburan? Yuk, Belajar Ilmu Trading Dulu Bareng Emak Trader!

InvestasiKu, Cara Cerdas Investasi untuk Pemula

Daftar Isi:

  • Shiba Inu, Token Fenomenal di Tahun 2021
  • Optimis, Masa Depan Shiba Inu Bakal Meroket
  • Sekilas Kisah Shiba Inu
  • Cara Membeli Shiba Inu

Sayang, kisah indah cuan berlimpah tidak berlangsung selamanya. Pada awal  tahun 2022, popularitas  Shiba Inu (SHIB) meredup, seiring nasib tragis harga Bitcoin (BTC) dan aset kripto lainnya.

Menurut data Etherscan, sekitar 60.000 orang telah melepas token SHIB-nya, sehingga pemegang SHIB yang semula 1,19 juta orang, kini tercatat hanya 1,13 juta orang saja.

Menyikapi fenomena tersebut, aplikasi investasi popular asal AS, Robinhood, melalui Instagram Story-nya mengunggah kalimat berikut:

Sebuah kripto hanya akan kuat berdasarkan A. komunitasnya, B. keinginan Elon Musk semata, C. komentar bertagar SHIB

Walau tak menyebut Shiba Inu (SHIB) secara eksplisit, tapi siapapun tahu, Robinhood sedang menggoda The Shib Army seiring petisi Change.org yang hampir mencapai 500 ribu tandatangan.

     

www.maria-g-soemitro.com

Optimis, Masa Depan Shiba Inu Bakal Meroket

“Jangan menyerah, tetaplah berinvestasi.” Demikian kurang lebih pendapat bos KuCoin, Johnny Lyu yang sangat yakin dengan masa depan kripto Shiba Inu (SHIB)

Seperti diketahui, berdasarkan volume perdagangan, bursa kripto KuCoin termasuk bursa raksasa ketiga di dunia. Kepada Marketwatch,  Lyu menyatakan bahwa SHIB layak dipegang untuk jangka panjang, permintaannya sangat besar, terlebih di pangsa pasar di Singapura.

Emang sih, tidak seperti nilai saham, nilai kripto sangat bergantung dengan permintaan dan penawaran. Namun, ketika bos bursa kripto KuCoin memastikan bahwa dalam jangka panjang masih memegang SHIB, selain Bitcoin dan Dogecoin (DOGE), pastinya pemegang SHIB bisa menarik nafas lega, bukan?

Lyu menjelaskan pernyataannya secara terperinci:

  • Dibandingkan Bitcoin yang sudah sangat mahal, imbal hasil kripto meme seperti Shiba Inu, sangat tinggi. Hanya dengan dengan US$100 bisa mendapatkan SHIB yang sangat banyak,
  • Terjadi lonjakan permintaan karena harganya yang masih sangat murah.
  • Nilai pasar SHIB bertahan di 20 besar dan sempat masuk 10 besar mengalahkan pendahulunya, DOGE.

SHIB juga memiliki katalis positif, menyikapi harga Shiba Inu yang terus merosot, whales atau bandar Ethereum rupanya tak  mau ketinggalan momen untuk buy the dip, atau memborong SHIB ketika harganya turun. Mereka memperhitungkan penurunan harga cuma bersifat sementara, sehingga merupakan waktu yang tepat untuk mengakumulasi portofolio asetnya

Aksi whales Ethereum tersebut berhasil mendongkrak harga SHIB sebesar 14,36% dalam sepekan terakhir. Namun, apa alasan whales Ethereum memborong SHIB?

Ternyata mereka memperhitungkan suplai SHIB yang lambat laun kian mengetat setelah komunitas Shiba Inu  mengumumkan telah 'membakar' 263,4 miliar SHIB sejak Oktober lalu.

Dengan demikian, hukum ekonomi akan berlaku, kelangkaan suplai akan membuat harga SHIB meroket.

  

www.maria-g-soemitro.com
Sumber: outlookindia.com

Sekilas Kisah Shiba Inu

Diluncurkan oleh seseorang bernama samaran Ryoshi pada Agustus 2020, Shiba Inu coin termasuk ke dalam token ERC-20 yang berlaku di atas jaringan blockchain Ethereum, dengan simbol SHIB.

Pasokan SHIB sangat berlimpah, yaitu mencapai 1 kuadriliun atau setara dengan 1.000 triliun. Bandingkan dengan Bitcoin, mata uang kripto paling populer yang terbatas pasokannya, yaitu 21 juta koin saja.

Bukan tanpa sebab, sejak awal Shiba Inu diciptakan sebagai pesaing dogecoin, karena itu diperkenalkan dengan sebutan 'Dogecoin Killer'. 

Menurut Ryoshi , perbedaan yang paling mencolok antara dogecoin dan shiba adalah komunitas yang menggerakkan teknologi SHIB. Atau dengan kata lain, nilai dari Shiba Inu yang jauh lebih kecil dibanding Dogecoin disengaja karena yakin akan kemampuan melampaui nilai Dogecoin secara eksponensial.

Kemampuan yang dimaksud adalah terciptanya ekosistem yang terdiri  atas pengembang atau developer, pemegang koin, serta penggemar yang disebut dengan Shib Army.  Karena itu gak heran, SHIB memiliki koin dan layanan sebagai berikut:

  • Leash (LEASH)  yang mengalami kenaikan harga hingga 40 persen setelah pengembang mengumumkan rencana peluncuran proyek real estate virtual di metaverse Shiba Inu.
  • Bone (BONE), token tata kelola dalam ekosistem SHIB yang memberikan peluang pada ShibArmy untuk memiliki pasokan sebesar 250 juta token.  
  • Shiba Inu Incubator, bertujuan meningkatkan jumlah pencipta karya seni asli dan konten lainnya, program ini berjalan melalui platform Amazon Smile dan program NFT.
  • Shiboshi, yaitu, Shiba Inu Non-Fungible Token (NFT) yang tersedia di blockchain Ethereum.
  • Shiba Lands, real estate virtual di metaverse yang bakal tersedia untuk dibeli dan dilelang.
  • ShibaSwap 2.0, sebuah exchange kripto terdesentralisasi versi terbaru yang membantu pengguna untuk membakar token SHIB untuk mendukung harga Shiba Inu.

     

Cara Membeli Shiba Inu

Bagaimana?  Tertarik berinvestasi Shiba Inu? Sebelum memulainya, jangan lupa untuk menerapkan 4 kiat berikut:

1. Ketahui Risiko dan Tujuan

Sejak awal melakukan investasi crypto, harus tahu risiko dan tujuannya. Apakah untuk investasi longterm atau trading? Apabila ingin investasi longterm, harus bisa melihat jauh ke depan berdasarkan projek dan progress dari project crypto tersebut. Sementara jika ingin trading, pastikan target profit dan cutloss-nya.

2. Atur Pola Pikir, Jangan Ingin Kaya Secara Instan

Dalam investasi berlaku high risk high return, investasi tidak selalu berjalan mulus. Kala harga crypto turun, jangan tergesa-gesa menjualnya. Hold dulu dan lakukan teknik DCA karena harganya mungkin akan meroket tajam seperti kisah di awal tulisan,

3. Gunakan Uang Dingin

Crypto merupakan investasi yang beresiko artinya pergerakan harganya sangat volatile, atau harga yang berubah secara cepat, naik dan turun dalam periode waktu yang pendek.

Karena itu gunakan uang dingin agar bisa mengelola uang dengan bijak, serta tidak terburu-buru dengan alasan uangnya akan dipakai.

4. Lakukan Analisis Fundamental 

Berbeda dengan sebelumnya, kini kita bisa menganalisa fundamental suatu crypto. Contohnya Shiba Inu yang memiliki banyak proyek.

Penyebab banyak proyek mencari funding lewat crypto adalah proses IPO yang sulit. Sehingga untuk membiayai proyek game, metaverse dan lainnya, perusahaan startup menjual sahamnya melalui crypto.

Nah, setelah siap berinvestasi Shiba Inu, mari kita mulai pembeliannya:

  •  Buka situs indodax.com
  •  Buat atau daftar akun
  •  Setor deposit melalui menu Funds, lalu klik dompet IDR
  •  Masukkan dana sesuai yang diinginkan
  •  Kemudian pilih market USDT, karena SHIB belum tersedia dalam IDR market.
  • Cari Shiba Inu Coin, dengan kode token SHIB
  • Tekan tombol Buy dan masukkan jumlah koin yang diinginkan dan harga penawaran
  • Anda hanya bisa menggunakan koin USDT untuk pembelian SHIB
  • Setelah transaksi matched, Anda bisa melihat jumlah koin SHIB di menu Funds

Ingin mulai berinvestasi crypto tapi belum paham?

Indodax mempunyai  kanal edukasi bernama Indodax Academy. Calon investor bisa banget memanfaatkannya untuk belajar.

Kemudian, lakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik, baik melalui  di website resmi maupun mobile Apps.

Sebagai pelopor utama, Indodax merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange yang sudah melewati pasang surut selama 8 tahun. Berbeda dengan competitor yang rata-rata masih tergolong muda, dan untested karena belum ngelewatin extended bear market period seperti  di Indodax.

Berikut data harga shiba inu per tanggal 19 Juni 2022

   


sumber: https://coinmarketcap.com/id/currencies/shiba-inu/

Baca juga:

Butuh Solusi Pinjaman Cepat? PT BPR Mitra Parahyangan Jawabannya

5 Cara Cerdas Habiskan THR agar Bebas Finansial di Usia Muda


Sumber:

https://money.kompas.com/read/2021/05/14/155720926/mengenal-shiba-inu-aset-kripto-yang-diciptakan-untuk-saingi-dogecoin

https://market.bisnis.com/read/20220212/94/1499625/aset-kripto-makin-diminati-pria-ini-bagi-tips-sukses-investasi-kripto

https://blockchainmedia.id/bos-kucoin-yakin-dengan-masa-depan-shiba-inu-shib-hold-keras

https://pluang.com/id/blog/news-analysis/pluang-insight-shiba-inu-menggonggong



19 comments

  1. Shiba Inu bahasannya lengkap, memberikan peluang bagi pembaca untuk mensikapi kemanfataanya shiba inu.

    ReplyDelete
  2. Indodax emang populer banget di Internet bahkan penggunanya kalo gak salah paling banyak di Indonesia. Saya sendiri baru pernah coba yang maen BTC, kalo Shiba belum coba sih. Tapi kalo kripto meroket gitu pastinya banyak investor kripto yang tertarik.

    ReplyDelete
  3. Saya termasuk yang masih minim pemahamannya tentang kripto dan kawan-kawannya ini. Harus ke Indodax karena ada kanal edukasinya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih. Bagi investor pemula pasti juga sangat terbantu sekali.

    ReplyDelete
  4. Wow literasi keuangan dan investasi yang baru saya ketahui ini. Tapi yang pasti apapun investasi yang akan kita ikuti, sebaiknya memahami dulu dengan baik, ikuti manual yang sudah dijabarkan melalui official website, kenali resikonya, baru setelah itu bergerak. Makasih untuk artikelnya Mbak Maria. Saya jadi sedikit tahu mengenai SHIBA INU.

    ReplyDelete
  5. banyak sekali macamnya ya, yang belum paham harus sering baca tips supaya pembelian bisa menguntungkan di masa mendatang

    ReplyDelete
  6. Saya masih maju mundur mau invest. Masih cemas sekaligus penasaran...

    Tapi tetap memantau teman2 yang udh pada invest sih rata2 pada happy artinya ngga semenakutkan yang dibayangkan

    ReplyDelete
  7. Indodax ini menjawab kebutuhan orang awam yang tertarik invest crypto tapi masih minim informasi dan ragu-ragu. Kalau udah tau seluk beluknya, biasanya kekhawatiran akan berkurang.

    ReplyDelete
  8. Wah Shiba Inu bisa menjadi solusi investasi Masa kini yang menggoda ya mbak. Terus berinvestasi demi Masa depan yang lebih baik

    ReplyDelete
  9. Wah aku baru tau ada investasi Shiba Inu sekarang malah, tapi apapun jenis investasinya itu, tetap harus hati-hati ya kak. Ingat! Gunain uang dingin.

    ReplyDelete
  10. wkwk gibahannya berat ya shay
    gibahin aset kripto

    tapi memang seru sih, apalagi ada Elon Musk yang bisa memporak-porandakan dunia aset kripto wkwk

    ReplyDelete
  11. Dunia bit coin memang lagi booming ya Ambu... Salah satu investasi yang sangat menjanjikan. Tapi harus paham dulu tips dan trik nya kan?
    Untung sekarang ada Indosat Academy. Jadi calon investor atau investor pemula bisa belajar banyak dari sini...

    ReplyDelete
  12. OMG sebagai penggemar yang kawaii kawaii, bitcoin fisik Shiba Inu-nya gemash sekali.
    Tapi memang ya Elon Musk itu influencer yang luar biasa pengaruhnya. Semoga yang ikutan invest Shiba Ini ga cuma ikut-ikutan tapi sudah paham dulu mekanisme serta resiko dan hanya menggunakan uang dingin

    ReplyDelete
  13. Baru tahu tentang Shiba Inu pas baca postingannya Ambu. Bitcoin pernah denger tapi masih belum paham sih begitu juga dengan Krypto. Indodax ada academynya ya jadi kalau mau tahu lebih lanjut mungkin bisa ikutan ini.

    ReplyDelete
  14. Sejauh ini saya tidak tertarik dengan uang uang matauang seperti kripto kriptoan seperti Shiba ini atau Shib ini Bu. Lieur saya mah. Uang rupiah aja gak punya hehehe

    ReplyDelete
  15. Unik banget. Dari hewan peliharaan akhirnya nemu nama produk. Dunia kreatif yang idenya bisa muncul darimana saja. BTW bitcoin ini perlu dipahami banget seluk beluknya ya Mbak. Termasuk resiko yang bisa timbul kedepannya. Harus benar-benar belajar dulu baru kemudian terlibat secara aktif

    ReplyDelete
  16. Satu lagi nih uang kripto yang diprediksi meroket. Shiba inu. Pakai uang dingin lebih baik untuk investasi agar aman dan tidak mengganggu keuangan inti.

    ReplyDelete
  17. Informasi crypto seperti shiba inu menjadi pengetahuan pembaca sepertinya karena beberapa keterbatasan dengan membaca artikel ini akhirnya mendapatkan informasi

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah dapet tambahan insight tentang gigit koin alias bitcoin, hehe
    Btw,
    Yang keren dari sistem cripto adalah data komunitas, jadi sangat sulit dimanipulasi.

    ReplyDelete
  19. Sungguh tiada lawan pengaruh elok musk ini ya. Hanya perkara cuitan soal peliharannya saja bisa mempengaruhi nilai toket hingga meroket tajam. Padahal sama sekali tidak menyebut merk nya

    ReplyDelete