5 Fakta Rumah Ramah Lingkungan CitraLake Sawangan, Pilihan Tepat untuk Investasi Sehat

       
Maria G Soemitro
sumber: https://www.citralake-sawangan.com/

5 Fakta Rumah Ramah Lingkungan CitraLake Sawangan, Pilihan Tepat untuk Investasi Sehat

Salam Sehat!

Apa pelajaran berharga yang didapat paska pandemi Covid-19?

Yap, ternyata investasi paling berharga adalah kesehatan. Gak ada yang bisa ngalahin! Mereka yang memiliki kesehatan prima, sanggup mengatasi serangan virus Covid-19. Mereka juga terhindar kerusakan tubuh akibat keganasan virus Covid-19.

Bisa dibaca di sini, penyintas Covid-19 tidak hanya mengalami kerusakan paru-paru, juga lambung, jantung, ginjal, hati dan otak. Jika organ tubuh udah cacat, rasanya gak berarti lagi deh sebesar apapun uang yang dimiliki.

Tak terelakkan auto ngiri banget pada masyarakat  Baduy. Mereka hidup selaras dengan alam, sehingga berhasil melaporkan nol kasus Covid-19 di daerahnya.

Sementara masyarakat perkotaan, tengok deh  Deddy Corbuzier, selebriti yang menerapkan pola hidup sehat. Dia tertib PCR, bermasker dan physical distancing, eh tetap tertular virus Covid-19.

Baca juga:

ReviewSpesifikasi Suzuki All New Ertiga Sport

PelajariMindset Trading yang Benar Bersama Ayu di Goplay

Daftar Isi:

  • Hidup Selaras Alam di Era Digital
  • 5 Syarat Hunian Ramah Lingkungan
  • Hunian Ramah Lingkungan Citralake Sawangan

Tapi, ya susahlah hidup seperti masyarakat Baduy!

Bisa! Dengan cara memilih hunian yang jauh dari pusat kota. Hunian yang dikelilingi pepohonan. Hunian yang dipenuhi cericit burung dan serangga yang berterbangan dengan bebasnya.

Keberadaan mahluk hidup yang asyik bercengkrama, bahkan beranak pinak, menjadi indikator kawasan tersebut bebas dari polutan. Lingkungan yang belum tercemar juga bisa dilihat dari keberadaan mahluk hidup di perairan (anak sungai, danau).

Kawasan seperti itu umumnya jauh dari perkotaan. Tak apa bukan? Di era digital semua aktivitas bisa dikerjakan dari rumah. Cukup menggunakan gadget dan fasilitas intenet., maka aktivitas bertemu client, rapat, hingga menggelar pertunjukkan seperti konser musik dan pagelaran busana, bisa berlangsung lancar dan mudah. Hal yang tak terbayangkan sebelumnya.

Demikian pula kegiatan berbelanja kebutuhan rumah tangga. Mulai dengan bahan makanan dalam kemasan sampai buah-buahan, sayuran segar, daging segar, ikan segar serta kebutuhan produk segar lainnya. 

   

Maria G Soemitro
sumber: https://www.citralake-sawangan.com/

5 Syarat Hunian Ramah Lingkungan

Namun bukan berarti hunian yang dikelilingi pepohonan otomatis ramah lingkungan lho. Saya sering melihat rumah yang nampak asri dengan pepohonan, eh timbulan sampah nampak di mana-mana. Malah ada sisa pembakaran sampah. 

Itu mah sama dengan bohong. Sampah yang dibakar akan menghasilkan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Sementara sampah yang dibuang sembarangan akan mengeluarkan air lindi yang meracuni tanah dan sumber air.

Agar bisa hidup selaras dengan alam, rumah yang dihuni harus memenuhi 5 syarat berikut:

Terdapat Lubang Resapan Biopori (LRB)

Ada cara mudah mencegah banjir sekaligus mengelola sampah, yaitu dengan membuat lubang resapan biopori (LRB). Penemunya  Dr. Kamir Raziudin Brata, dosen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat.

Pokok pemikirannya sederhana. Tanah di perkotaan umumnya dipenuhi brangkal, semen, serta sampah modern lainnya. Akibatnya tanah menjadi ‘sakit’, tak ada mikroorganime yang hidup di dalamnya. Biota tanah mati tertimbun sampah modern.

Akhirnya ya banjir. Lha wong tanah sakit mana bisa menyerap air hujan.

Ada cara mudah untuk mernyembuhkannya, yaitu dengan memasukkan sampah organik ke dalam lubang-lubang. Mikroorganisme yang terdapat di dalam sampah organik akan ‘memamah’ dan berkembang biak. Tanah pun kembali sehat dan mampu melakukan tugasnya. Bak spons, tanah akan menyerap air hujan sebanyak mungkin.

Di kawasan non perkotaan, LRB bisa bekerja maksimal menyerap air hujan. Tugasnya lebih ringan dan tidak butuh waktu berbulan-bulan karena tanahnya sehat.

Keberadaan lubang resapan biopori (LRB) yang diisi sampah membuat pengelolaan sampah di kawasan tersebut menjadi lebih ringan. Sampah organik yang jumlahnya di Indonesia mencapai 60 %, bisa masuk ke dalam tanah. Sehingga hanya tersisa sampah anorganik yang jumlahnya relatif sedikit dan tidak bau.

Memakai Cat yang Ramah Lingkungan

Tak banyak yang menyadari bahwa cat yang beredar yang di pasaran tidak semuanya ramah lingkungan. Terdapat kandungan VOC (Volatil Organic Compounds) di dalam cat tidak ramah lingkungan. VOC bersifat mudah menguap dan membahayakan lingkungan. 

Cat tidak ramah lingkungan juga mengandung logam berat yang tinggi, yaitu timbal dan merkuri. Kedua jenis logam mudah menguap meracuni berbagai organisme sehingga merusak ekosistem. Residunya yang dilarutkan dalam minyak sulit terurai.

Sayangnya, kita belum mempunyai regulasi yang melarang pemakaian cat dengan bahan berbahaya. Berbeda dengan Amerika Serikat yang memberlakukan regulasi melalui United States Environmental Protection Agency (US-EPA), serta Uni Eropa melalui European Chemical Agency (ECHA) Reach Regulation.

Karena itu penting banget memakai cat ramah lingkungan, agar kesehatan keluarga terlindungi, dan anak-anak bertumbuh kembang secara optimal.

Fitur Eco Washer pada Kloset

Ternyata 97 persen air di planet bumi berada di lautan lho, atau hanya 3 persen air yang tidak mengandung garam. Dari sejumlah 3 persen tersebut, 69 persen merupakan gletser, dan hanya 31 persen yang berada di tanah.

Bisa dibayangkan minimnya cadangan air kita. Tak berlebihan banyak pakar lingkungan memprediksi bahwa pada tahun 2050, saat populasi dunia tumbuh menjadi sekitar 10 miliar, akan terjadi stress air di beberapa bagian bumi.

Sebab itu, salah satu syarat rumah ramah lingkungan adalah penggunaan fitur eco washer pada kloset. Adanya fitur ini memungkinkan toilet bisa ditutup perlahan, tanpa suara berisik. Serta pengaturan semprotan air sesuai kebutuhan pengguna.

Adanya Biological Septic Tank

“Sekitar 80 - 90 persen septik tank di Indonesia mengalami kebocoran,” kata Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, Rusli Cahyadi. Hal tersebut menyebabkan air tanah dan air permukaan mengalami pencemaran.

Akibat pencemaran air sangat beragam, mulai bau sampai penyakit berat maupun ringan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyebab stunting pada anak (tidak tumbuh dengan maksimal) adalah air yang tercemar.

Keberadaan biological septic tank menjadi wajib dibangun pada rumah ramah lingkungan, sebagai wujud nyata pertanggung jawaban terhadap kehidupan yang berkelanjutan.

Penggunaan Panel Surya

Kok harga gas naik dari tahun ke tahun? Demikian juga tarif listrik. Bahkan di saat pandemi, muncul isu kenaikan tarif listrik.

Jawabannya mudah, listrik yang selama ini kita gunakan menggunakan batu bara, energi fosil yang pasti akan habis. Dikutip dari bisnis.com, Kasubdit Bimbingan Usaha Batubara Kementerian ESDM Heriyanto menjelaskan sumber daya batu bara Indonesia saat ini berjumlah 113 miliar ton dengan cadangan terbukti mencapai 33 miliar ton, dan diperkirakan akan habis sebelum tahun 2045.

Serem ya? 2045 kan 20 tahunan lagi. Jadi sudah seharusnya penggunaan panel surya pada rumah ramah lingkungan. Selain tak risau mati listrik, pengguna panel surya mendapat manfaat tambahan yaitu bisa menjual kelebihan energi listrik pada pemerintah.

     

maria-g-soemitro.com
sumber: https://www.citralake-sawangan.com/

 

Hunian Ramah Lingkungan CitraLake Sawangan

Mau sih punya rumah ramah lingkungan, tapi kok kayanya ribet banget ya?

Gak ribet. Ciputra Grup paham banget akan kebutuhan keluarga Indonesia ini. Untuk merekalah CitraLake Sawangan Depok dibangun, hunian yang terdiri dari rumah ramah lingkungan karena mengusung konsep Eco Culture untuk pembangunan berkelanjutan,

Di atas lahan seluas 13 hektar, dan berbatasan dengan danau alam, penghuni CitraLake Sawangan akan menikmati hidup selaras alam yang sesungguhnya. 

Ingin memilih hunian, investasi, atau bisnis? CitraLake Sawangan menyediakan beragam pilihan cluster dan tipe rumah, yaitu:

  • Orange Cascana: Rumah di lokasi terdepan CitraLake Sawangan
  • Green Victoria: Rumah bergaya minimalis modern di kawasan yang menyatu dengan alam. Tersedia 5 pilihan tipe, dengan New Grandis sebagai tipe terbaru, yaitu rumah 2 lantai yang dilengkapi 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Lokasi persis di samping EcoPark dengan lebar jalan ROW 12.
  • Citra FineHomes merupakan perumahan ekslusif, yang terdiri dari rumah dengan desain yang unik dan berkelas

Selain hunian ramah lingkungan yang selaras dengan alam, berikut keunggulan CitraLake Sawangan 

Desain mewah. Tiap unit rumah di Cluster Green Victoria dirancang sebaik mungkin guna menghadirkan hunian dengan desain mewah dan terbuat dari material pilihan berkualitas

Lokasi strategis, berada di jalan penghubung antara Kota Jakarta dengan Kota Bogor, dan dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung guna memberikan kenyamanan bagi para penghuninya.

Fasilitas taman menghadirkan keseimbangan harmonis antara gaya hidup yang modern dengan nuansa alam nan asri.

Fasilitas skala kota. Jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta, penghuni CitraLake Sawangan tetap bisa menikmati berbagai fasilitas skala kota yang memberikan kenyamanan dan kemudahan hidup.

Ruang terbuka hijau. Setiap penghuni CitraLake Sawangan dapat bersantai dan belajar Bersama alam di kawasan EcoPark 

Sistem keamanan one gate system dengan kamera CCTV yang modern, memberikan ketenangan dan kedamaian bagi penghuni CitraLake Sawangan

Commercial Area. Butuh belanja sehari-hari? Atau ingin kulineran? Tersedia area komersial terpadu, yang menyediakan kelengkapan keluarga, serta tempat bersantai menikmati Food dan Beverage di area berkonsep alfreso dining (ruang terbuka).

Urban Festival. Tersedia Urban Festival Commercial Modern, rukan, dan LakeFront Living agar bisa menyelaraskan kehidupan modern dalam lingkungan yang asri.

Harga. Harga mulai dari Rp 900 Juta-an ( All In) untuk tipe terbaru, New Grandis di Cluster Green Victoria, dan kehidupan selaras dengan alam dalam rumah lingkungan akan menjadi milik Anda

Bagaimana? 

Bak hunian impian bukan? Desain mewah dan berkelas yang dibangun di antara pepohonan dengan view danau. Mirip milik aktris Hollywood yang selama ini hanya dilihat dari hasil jepretan paparazzi. Tapi yang ini nyata, bisa terjangkau. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang CitraLake Sawangan, silakan klik link berikut: CitraLake Sawangan

maria-g-soemitro.com
sumber: https://www.citralake-sawangan.com/


Baca juga:

Bete?Jangan! Yuk, Siap-siap Ngakak bareng Srimulat!

5Manfaat Home Lift Hemat Energi, Kamu Harus Tahu!

14 comments

  1. Ckckck... Benar-benar ramah lingkungan ya, Ambu. Ternyata ada ya perumahan yang semuanya serba eco green. Suka deh.
    Makasih ya, Ambu...

    ReplyDelete
  2. Desain penuh syarat ramah lingkungan, tempat tinggal impian bebas banjir, udara segar, buat semua

    ReplyDelete
  3. Sawangan lokasinya berdekatan dengan tempat tinggalku Depok.Berbatasan dengan Bogor-Jakarta.Btw ini perumahan Ciputra Grup ya ambu?Rumah-rumah yang ada Citranya rata-rata bagus dan memuaskan.Semoga ada rejeki anakku ya ambu yang menginginkan punya rumah di CitraLake Sawangan

    ReplyDelete
  4. Mantap nih citralake sawangan udah memenuhi 5 syarat ini, ya? Pasti keren nih karena digarap serius sampai ke detil buat tetap ramah lingkungan

    ReplyDelete
  5. Lengkap dengan perintilan rumah terutama sanitasinya, sangat bermanfaat buat kelangsungan hidup yang tinggal di sana. Rumah yang rekomended ini

    ReplyDelete
  6. Beneran nih desainnya mewah sukak banget lihatnya.. Unik juga dan tetep kelihatan seger.. Exterior sama interior sama-sama menyenangkan.. Penasaran pengen main ke lokasi..hehe

    ReplyDelete
  7. Sudah saatnya kita melindungi bumi dengan memiliki rumah yang ramah lingkungan yaa. Boleh juga nih punya satu unit CitraLake Sawangan ini

    ReplyDelete
  8. Rumah ramah lingkungan itu is a must sepertinya ya Mbak. Karena kita tinggal bukan untuk 1-2 tahun saja tapi akan berlama-lama. Bahkan jika tujuannya invest pun, kita harus cermat memilih rumah yang nantinya tetap dan nyaman untuk digunakan. Tak tercemar, bisa berkembang secara organik dan mempunyai nilai jual tinggi.

    Sawangan, Depok itu memang area tumbuh menurut saya. Apalagi sudah dikelilingi fasum dan fasus yang beragam dan sudah digunakan hingga saat ini. Sudah jadi wilayah mandiri lah menurut saya.

    ReplyDelete
  9. Aduh, kayak mimpi banget ya mbak ada perumahan yang punya fasilitas ramah lingkungan selengkap itu. Di perumahanku so far ada acara sedekah sampah tiap sabtu, lubang biopori sudah beberapa rumah punya. Tapi ya itu, kesadaran diri sendiri aja mbaak

    ReplyDelete
  10. Bulan hanya mobil Listrik yang sedang di gemari maka kita perlu juga nih punya rumah dengan standard ramah lingkungan

    ReplyDelete
  11. Kalau memiliki hunian kayak citralake sawangan, hati tentram dan damai deh. Nuansa dan suasanya yang jauh dari hiruk pikuk kota, cocok banget buat kita yang suka nuansa alami seperti ini. Bikin mata dan fikiran terus segar dan damai.

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah lengkap sekali fasilitas dan ekosistem yang disiapkan, dekat banget lagi jadi pengin tahu cicilan ramah sama kantong saya gak ya

    ReplyDelete
  13. Fasilitas lubang biopori dan panel surya menarik banget nih artinya konsep lingkungannya bagus banget...keren ini perumahan citralake sawangan.

    ReplyDelete
  14. Konsepnya bagus banget, hidup selaras dengan alam. Kita emang ngga hidup sendiri kan ya di bumi ini, ada alam yang mesti dijaga.

    ReplyDelete