Secret Love, Drama Korea ini Mengandung Bawang!

   
drama korea


Secret Love, Drama Korea ini Mengandung Bawang!



Pernah membayangkan rasanya dipenjara? 

Hiy, pasti pada teriak: amit amit …. Amit amit!! 

Dipenjara berarti hilang kebebasan! Gak boleh kemana-mana! 

Emang sih, selama masa pandemi, kita tersiksa harus work from home, tapi untuk kebutuhan urgent masih bisa keluar rumah. Tidak demikian halnya dengan narapidana/tahanan. Kebebasan mereka diambil sebagai hukuman atas kejahatan mereka. 

Drama Korea bertransformasi. Untuk memancing derai tangis penonton, tidak lagi menggunakan sakit kanker (dan sejenisnya) yang membuat tokoh utama menutup mata untuk selamanya dan membuat penonton menangis bombay. 

Dalam drama Korea “Secret Love”, pemeran utama perempuan berkorban masuk penjara menggantikan kekasihnya. Di dalam penjara, dia melahirkan anak hasil hubungan dengan sang kekasih. 

Tapi apa balasannya?  

Kekasihnya membalas dengan air tuba! 

Boro-boro mengunjungi kekasih yang dipenjara demi dirinya. Dia pura-pura gak kenal, menggagalkan pembebasan bersyarat dan merenggut sang anak dari pelukan ibunya. 

Hiks, saya nangis bombay nonton drama ini. Padahal rewatch lho. 

Saya menonton ulang sesudah mendengar (lagi) ost drama Korea “Secret Love” yang bikin kasuat-suat (tercabik-cabik), dan menonton drama Korea “The Devil Judge” yang diperankan oleh Ji Sung, pemeran utama pria “Secret Love”. 

Sedangkan pemeran utama, Hwang Jung-Eum yang ceria dan slengean dalam drama “She was Pretty”, “Lucky Romance”, “Full House2”, “Men are Men” serta masih banyak lagi, di drama ini sukses mengajak penonton tersedu-sedu. 

Ji Sung dan Hwang Jung-Eum, dua aktor/aktris papan atas peraih banyak penghargaan emang klop banget ketika beradu akting. Gak heran drama Korea “Secret Love” berhasil menggaet rating 2 digit. Bahkan episode akhirnya mencapai 20,6 %.  

Baca juga
Men are Men; Sosok Antagonisnya Nyebelin! 

She was Pretty (Korean Drama) Karena Cinta Adalah Soal Rasa

   
hwang jung eum


Hwang Jung-Eum sebagai Kang Yoo-Jung

Kang Yoo-Jung, gadis piatu yang energik. Dia bercita-cita meneruskan bisnis ayahnya berjualan roti. Untuk itu dia aktif mengikuti kejuaraan. Sayang terganjal masalah yang harus dihadapi kekasihnya. 

Sebagai gadis yang lembut hati, Kang Yoo-Jung selalu siap berkorban, terlebih demi masa depan kekasihnya, An Do-Hoon. Selama bertahun-tahun berpacaran Kang Yoo-Jung telah berkorban waktu, tenaga dan uang. 

Demi bisa ikut membiayai kuliah kekasihnya, Kang Yoo Jung bekerja serabutan, menjadi pegawai SPBU, penjaga tol dan lainnya Dia juga membantu ibu mertuanya terlepas dari belitan utang. Termasuk saat kekasihnya membutuhkan kendaraan, Kang Yoo Jung membelikannya. 

Namun susu dibalas air tuba, calon ibu mertua malah menjodohkan Ahn Do Hoon dengan perempuan kaya. Dia tak ingin anaknya beristerikan Kang Yoo Jung yang berasal dari keluarga miskin. 

Pembalasan air tuba juga dilakukan Ahn Do Hoon, sang kekasih.

 

Ji Sung



Ji Sung sebagai Jo Min-Hyuk

Jo Min Hyuk, putra mahkota Grup K yang manja. 

Dia tak berkutik tanpa harta ayahnya. Namun dia tak setuju perjodohan dengan Shin Se Yeon yang dikenalnya sejak masih usia Taman Kanak Kanak. 

Karena itu Jo Min Hyuk berpetualang cinta, walau hatinya hanya untuk Seo Ji-Hee, perempuan miskin yang tak kan disetujui ayahnya.  

Betapa terkejutnya Jo Min Hyuk ketika Seo Ji Hee tiba-tiba menghilang. Kemudian ditemukan sebagai korban tabrak lari.  

Dengan kekuasaan uangnya, Jo Min Hyuk berusaha mencari pelaku tabrak lari Seo Ji Hee dan bertekad membuat pelaku tabrak lari merasakan kesakitan seperti yang dirasakannya.

   

drama korea



Bae Soo-Bin sebagai An Do-Hoon

An Do-Hoon, tumpuan keluarga yang diharapkan bisa menjadi pejabat kehakiman yang dibanggakan, serta membantu kondisi keuangan keluarga. 

Dia beruntung menjadi kekasih Kang Yoo-Jung yang tidak saja mendukung dalam hal keuangan, juga mau berkorban mau penjara, hanya agar jabatan baru An Do Hoon sebagai jaksa, tidak tercemar.

 

drama korea


Lee Da-Hee sebagai Shin Se-Yeon

Shin Se-Yeon, anak senator Shin yang dijodohkan dengan Jo Min-Hyuk demi kelanggengan kekuasaan ayahnya dan harta ayah Jo Min Hyuk. 

Shin Se Yeon terobsesi pada Jo Min Hyuk sejak masih usia Taman Kanak Kanak. Dia  bersedia menikah, dan melakukan banyak cara agar Jo Min Hyuk putus dengan kekasih-kekasihnya.

   

drama korea


Sinopsis Drama Korea Secret Love

Jangan mati tanpa seizinku
Bagi Kang Yoo-Jung , masa depan tunangannya, Ahn Do Hoon adalah segalanya.
Kang Yoo-Jung  rela berkorban perasaan, uang, waktu, dan tenaga. Walau secara demonstratif, calon ibu mertua menunjukkan ketidak sukaan padanya. 

Kang Yoo-Jung juga rela masuk penjara ketika Ahn Do Hoon menjadi pelaku tabrak lari dan korbannya, gadis yang sedang hamil, meninggal dunia. 

Terjadi pada malam mereka bertunangan, Ahn Do Hoon yang mengemudikan mobil hanya bilang pada Kang Yoo-Jung bahwa mobil mereka menabrak pembatas jalan 

Ahn Do Hoon takut, pengakuannya akan mengancam karir barunya sebagai jaksa. Dia berharap tak seorangpun mengetahui. Sehingga dia bisa lolos dari jerat hukum. 

Prakiraan Ahn Do Hoon meleset. Korban yang bernama Seo Ji-Hee adalah kekasih Jo Min Hyuk, putra mahkota Grup K. Dengan kekuasaan dan uang, Jo Min Hyuk mampu mencari penyebab kekasihnya tertabrak dan tewas. 

Jo Min Hyuk juga berusaha agar pelaku tabrak lari dihukum berat.
Ketika Jo Min Hyuk mengetahui Kang Yoo-Jung sebagai pengemudi mobil yang menabrak kekasihnya, dan gadis itu berpacaran dengan Jaksa Ahn Do Hoon, dia berusaha agar Ahn Do Hoon yang menjadi jaksa penuntut. 

Putusan hukum 5 tahun ternyata tidak membuat Jo Min Hyuk puas. Dia ingin Kang Yoo Jung dipenjara selama mungkin, caranya dengan menyuap Jaksa Ahn Do Hoon supaya tidak meluluskan pembebasan bersyarat. 

Pembebasan bersyarat sangat dibutuhkan Kang Yoo Jung karena di penjara dia melahirkan San, buah hubungannya dengan Jaksa Ahn Do Hoon. 

Jaksa Ahn Do Hoon rupanya melupakan Kang Yoo Jung masuk penjara demi dirinya. Setelah merekayasa putusan ditolaknya pembebasan bersyarat Kang Yoo Jung, dia merenggut anak mereka, San dari pelukan ibunya. 

Kang Yoo Jung hanya bisa pasrah, dia berharap bisa bertemu San kelak, saat dirinya menghirup udara bebas. 

Sayang Kang Yoo Jung harus kecewa. Ketika akhirnya bebas, dia menemukan kenyataan anaknya meninggal akibat sakit pneumonia. Ayahnya mengalami demensia. Namun yang paling menyulitkan, Jo Min Hyuk membuntutinya. 

Jo Min Hyuk ingin Kang Yoo Jung hidup dalam nestapa. Segala cara dilakukan, termasuk membeli rumah dan toko roti milik Kang Yoo Jung. Anehnya setiap melakukan tindakan pembalasan Jo Min Hyuk merasakan kesedihan yang menusuk. 

Seperti yang dikatakan Jo Min Hyuk pada asistennya, Kwang Soo:

Kwang Soo, semakin buruk perlakuanku kepadanya
Semakin aku tersakiti 

Penyebabnya, perilaku Kang Yoo Jung ternyata tidak seburuk yang dipikirkan Jo Min Hyuk. Malah dia sangat mulia. Kang Yoo Jung tidak mau menerima sepeserpun uang Jo Min Hyuk dan bekerja sekuat tenaga kala harus berutang untuk membayar biaya operasi ayahnya.  

Terlebih saat Jo Min Hyuk mengetahui bahwa penabrak Seo Ji-Hee bukanlah Kang Yoo Jung. Gadis ini masuk penjara menggantikan kekasihnya, Jaksa Ahn Do Hoon, pelaku tabrak lari sesungguhnya. 

Di pihak lain, setelah Jaksa Ahn Do Hoon memutuskan hubungan dengan Kang Yoo Jung, dia terang-terangan menunjukkan sukanya pada Shin Se-Yeon, tunangan Jo Min Hyuk.  

Dia juga menunjukkan ketidak sukaan pada Kang Yoo Jung yang dianggapnya rendah dan tidak selevel dengan dirinya yang berprofesi sebagai jaksa.

Setiap kau ada didekatku, membuat hatiku sakit
Setiap aku melihatmu, membuatku muak

Kang Yoo Jung  bisa mengampuni kesalahan Ahn Doo Hoon yang menyebabkannya masuk penjara. Namun dia tidak bisa menerima fakta, mantan kekasihnya lah penyebab dia berpisah dari putranya, San.  

Laki-laki itu pula yang menjadi penyebab ayahnya hilang dan tewas di jalan akibat demensia.
  

drama korea


Review Drama Korea Secret Love

Jo Min Hyuk mencumbu bekas luka bakar yang mengerikan di dada atas Kang Yoo Jung, menjadi adegan terepik dalam drama Korea “Secret Love”. 

Bayangin bekas luka bakar yang membuat pemiliknya dijuluki produk gagal oleh lawan bisnis Jo Min Hyuk, dan Jaksa Ahn Do Hoon kehilangan nafsu birahinya, justru dicumbu Jo Min Hyuk.  

Selain kepiawaian akting Ji Sung dan Hwang Jung-Eum yang kemudian dipasangkan lagi (dan sukses lagi) dalam drama Korea “Kill Me Heal Me”, faktor screen writer dan sutradara emang menentukan. 

Sesudah mengintip di asianwiki.com, terjawab sudah. Penulis skenario-nya Choi Ho-Chul yang menulis skenario drama “The Time” dan “Mask”, serta berhasil menyabet penghargaan the  "Excellence Award" at KBS One-Act Play Script Contest in 2012 untuk drama “Secret Love”. 

Sedangkan sutradaranya Lee Eung-Bok, dan Baek Sang-Hoon menyutradarai Mr. Sunshine (tvN / 2018), Guardian: The Lonely and Great God |Goblin (tvN / 2016-2017 ) serta Descendants of the Sun yang berhasil mempertemukan Song-Song Couple. 

Tangan dingin mereka sukses meracik dan mengemas drama Korea “Secret Love”  dengan bernas. Nyaris tanpa bolong. Semula saya mau protes luka bakar Kang Yoo Jung yang tampak masih merah. 

Luka di kulit, sedalam apapun, seiring waktu akan nyambung dan hilang warna merahnya. Tapi, jika hanya jaringan parut yang warnanya sama dengan kulit, pastinya kurang mengerikan ya?πŸ˜€πŸ˜€

Efeknya bakal kurang dramatis pada adegan Kang Yoo Jung dipermalukan. 

Karena itu, saya merekomendasikan drama Korea “Secret Love” bagi mereka yang mencari tontonan bagus. Drama yang rilis tahun 2013 ini sangat layak untuk ditonton dan ditonton lagi. Bahkan untuk 10 tahun kemudian. 

Penghargaan yang berhasil diraih drama Korea "Secret Love"

 2013 KBS Drama Awards - December 31, 2013
        Best Actor (Ji Sung)
        Best Actress (Hwang Jung-Eum)
        Best Supporting Actor (Bae Soo-Bin)
        Best Supporting Actress (Lee Da-Hee)
        Netizen Award (Hwang Jung-Eum)
        Popularity Actor Award (Ji Sung)
        Best Couple Award (Ji Sung & Hwang Jung-Eum)

Palingan penonton heran melihat Ji Sung dan Hwang Jung-Eum yang tampak muda banget. Serta pastinya Lee Da-Hee, yang seiring perjalanan waktu lebih cantik dan keren. 

Eh tapi, Ji Sung semakin tua semakin bersantan ya? Lihat aja wajahnya di “The Devil Judge” dan “Doctor John”. Aktor ini emang enggak setampan Lee Min Ho dan Hyun Bin tapi beruntung mendapat peran dengan akting menantang. 


 

Baca juga:
Doctor John, Kisah Penderita Tanpa Rasa Sakit 

Kill Me Heal Me; Monster Dalam Tubuh


Profile (sumber)
Drama: Secret Love (English title) / Secret (literal title)
Revised romanization: Bimil
Hangul: λΉ„λ°€
Director: Lee Eung-Bok, Baek Sang-Hoon
Writer: Choi Ho-Chul, Yoo Bo-Ra
Network: KBS2
Episodes: 16
Release Date: September 25 - November 14, 2013
Runtime: Wed. & Thu. 21:55
Language: Korean
Country: South Korea




16 comments

  1. Ji Sung nih mirip wine berkualitas.
    Makin tua makin yoi.
    Wahh, ternyata kayak gini tampilan Ji Sung pas relatif muda ya
    Kapan2 mau nonton ahhh

    ReplyDelete
  2. ada ya kisah cerita seperti ini dalam perjalanan romansa kehidupan yang muncul justru tidak sesuai harapan, banyak - banyak membaca review seperti ini menjadi agak ngerti khususnya pembaca seperti saya

    ReplyDelete
  3. Drakor godaan berat...
    tonton ngga ya tonton ngga ya?
    aku takut candu lagi huhuuu

    ReplyDelete
  4. baca reviewnya bikin bombay betul ini, betapa kerennya Kang Yoo-Jung mengorbankan segalanya. banyak pesan hikmah juga yang bisa diresapi sebagai pelajaran hidup

    ReplyDelete
  5. Ini 2 aktor dan aktris yang aku suka banget actingnya. Meskipun belum banyak drama mereka yang aku tonton. Ji-sung lewat Evil Judge dan Jung-eum lewat She Was Pretty. Jadi bingung nih mau nonton Kill Me Heal Me dulu atau Secret Love hahahaha. Baca ulasan keduanya juga bagus-bagus banget. Tapi kalau di Kill Me Heal Me ada PSJ ya. Bonus itu.

    ReplyDelete
  6. wuah itu namanya laki-laki kampret, boleh juga disebut laki-laki kardus
    nyebelin parah
    harus dimusnahkan dari bumi

    ReplyDelete
  7. Ji Sung & Hwang Jung-Eum jadi best couple award ya, saingannya siapa aja ya di KBS Award waktu itu. Saya cukup banyak nonton akting Jisung, tapi gak begitu dengan Hwang Jung Eum.

    ReplyDelete
  8. Waww yang main babang Ji Sung, belakangan ini jadi tertarik sama dia setelah lihat Devil Judge. Keren ya Secret love ini, ceritanya unik dan sutradaranya kelas kakap dong! Om Lee Eung Book.

    ReplyDelete
  9. Wah pengen juga nonton, tp sendiri
    Jf kl mewek sendiri aja haha
    Ji Sung dan Hwang Jung-Eum ni idola kami

    ReplyDelete
  10. Kayaknya bagus nih mbak filmnya. Aku baru lihat cuplikannya sedikit. Bisa buat nanti malam me time pas anak2 tdr.

    ReplyDelete
  11. Yang jadi Ahn Do Hoon ini perannya kok nyebelin ya, Ambu, sama nyebelin ya waktu dia di 49, begitu banget sama kekasihnya 😟

    ReplyDelete
  12. Duh ada Ji Sung. Jadi pengen nonton, soalnya aku suka ma aktingnya. kayak doctor jhon, Innocent Defendant, dan lainnya.

    ReplyDelete
  13. Aku baru baca reviewnya aja udah emosi jiwa sama si kelakuannya cowoknya, kok jahat banget sih, heran! Jadi ada hikmahnya juga sih buat para cewek-cewek jgn mudah terbuai sama sikap manis cowok hihihi

    ReplyDelete
  14. Wah wajib siapin tisyu nih sepertinya ya kak. Tapi Aku suka genre gini nih. Pas nangis hati ikutan terasa lega hehehe

    ReplyDelete
  15. Acha baru tahu lho Ambu kalau di tahun 2013 ada drama korea yang nyakitin dan menguras air mata sebegininya. Tega banget sih Ahn Do Hoon sama kekasihnya. Jadi pengen cari drakornya juga deh.

    ReplyDelete
  16. Saya juga udah nonton ambuu...
    Sedih banget memang, ini drakor lama. Saya malah nontonnya waktu masih tinggal di aceh.

    ReplyDelete