Doom at Your Service, Kala Malaikat Maut Jatuh Cinta

   
drama korea


Doom at Your Service. Kala Malaikat Maut Jatuh Cinta


Pernah takut mati? 

Kematian itu kan pasti ya? Kok takut? 

Sewaktu masih kecil, saya pernah takut akan kematian. Takut tiba-tiba masuk peti, kemudian teriak minta tolong dan akhirnya mati dalam keadaan mengenaskan. Hiks.  

Sesudah dewasa, saya paham. Saya takut mati karena tidak mengerti konsep kematian. Peran agama menjadi sangat penting ya?  

Bicara tentang kematian, Inggris punya sosok “Grim Reaper” atau “Malaikat Maut”yang berasal dari tradisi Talmud. (sumber) Sosok yang sama terkait dengan “Abaddon” atau “sang penghancur”. 

Kisah grim reaper dan cara mereka melakukan tugasnya, rupanya menginspirasi penulis skenario drama Korea “Doom at Your Service”, Im Meari. Dia juga berimaji tentang dewa, pemberi tugas pada grim reaper. 

Bukan dewa dewi seperti dalam drama Korea “The Uncanny Counter”, melainkan dewa bertubuh anak sekolahan yang ringkih dan harus menebus dosa manusia. Caranya dengan hidup, sakit, mati, lahir kembali, sakit lagi ….begitu seterusnya. Mirip kisah Yesus Sang Penyelamat dalam agama Kristen Katolik. 

Jadi penulis drama mah bebas berfantasi ya?  

Robot aja bisa pacaran dengan manusia, seperti dalam drama Korea “My Absolute Boyfriend”. Demikian juga siluman rubah yang berasyik masyuk dengan manusia dalam “My Roommate is Gumiho”. Apalagi malaikat maut ciptaan dewa. Makin aneh, makin rame. 😀😀

Baca juga:
The Uncanny Counter, 4 Sekawan Penangkap Roh Jahat 

My Absolute Boyfriend, Terbelenggu Cinta Yang Konyol

 

Seo In-Guk


Seo In-Guk sebagai Myul-Mang

Malaikat maut/Myul Mang atau doom (sang penghancur) yang diciptakan dewa untuk menimbulkan kemalangan di muka bumi.  Myul-Mang pulalah penyebab kematian orang tua Tak Dong Kyung, gadis yang di kemudian hari dicintainya. 

Myul-Mang mempunyai ciri khas. Mereka tidak makan/minum, tidak tidur, dan tidak menangis.

 

Park Bo-Young


Park Bo-Young sebagai Tak Dong Kyung

Anak yatim piatu yang dibesarkan bibinya ketika orang tuanya meninggal akibat  kecelakaan lalu lintas. 

Tak ingin menghalangi kebahagiaan bibinya, Tak Dong Kyung bekerja agar bisa membiayai sekolahnya dan adiknya. Serabutan hingga akhirnya bekerja sebagai editor para novelis.

 

Cha Joo Ik


Lee Soo-Hyuk sebagai Cha Joo Ik

Kepala editor/kepala team Tak Dong Kyung dan teman-temannya.Tak dinyana Cha Joo Ik sebetulnya adalah pemuda kaya, pemilik bangunan tempat kantor para editor. 

Cha Joo Ik mempunyai kisah cinta yang rumit. Diam-diam dia mencintai Na Ji Na, tapi harus menenggang rasa sahabatnya yang telah lebih dulu menjalin cinta dengan Na Ji Na.

 

Shin Do-Hyun


Shin Do-Hyun sebagai Na Ji Na 

Novelis gagal yang sangat ingin karyanya masuk 10 negara besar. Na Ji Na akhirnya sadar, dia harus lepas dari bayang-bayang cinta pertama, berhenti menulis drama romantis dan beralih ke novel misteri.   

drama korea

 

Sinopsis Doom at Your Service

Dunia Tak Dong Kyung serasa runtuh. Editor dan manager para novelis ini divonis menderita Glioblastoma, kanker ganas yang tumbuh di otak atau sumsum tulang belakang. Usianya tersisa 3 bulan lagi. 

Di hari yang sama, Tak Dong Kyung tiba-tiba dilabrak seorang perempuan hamil di sebuah café. Ternyata selama ini kekasihnya telah beristri. 

Apes. Rupanya ada yang merekam adegan kala sang perempuan hamil melabraknya. Akibatnya muncul  ejekan di sekitar Tak Dong Kyung . Dia dituduh pelakor. Hidupnya terasa sungguh buruk. Ditambah tagihan yang harus segera dibayar dan adik laki-lakinya yang memperdaya dengan selalu meminta uang.. 

Tak tahan menahan sedih, ketika muncul bintang jatuh, Tak Dong Kyung yang mabuk berteriak:

Aku mau semuanya berakhir
Hancurkan dunia ini. 

Malaikat maut Myul-Mang yang sedang mendengar permohonan manusia di seluruh belahan dunia, tertarik akan permohonan Tak Dong Kyung. Dia mendatangi rumah Tak Dong Kyung untuk mengabulkan permintaan gadis tersebut. 

Melihat Tak Dong Kyung ragu-ragu, Myul Mang mengatakan bahwa dia bisa mengabulkan permohonan Tak Dong Kyung, kecuali permintaan panjang umur. Takdir Tak Dong Kyung sudah diputuskan. Tersisa 100 hari lagi. 

Di tempat lain, Na Ji Na sahabat Tak Dong Kyung sejak masih sekolah lanjutan, yang juga seorang novelis, merasa galau. Dia teringat cinta pertamanya yang tiba-tiba meninggalkannya.  

Na Ji Na bingung memutuskan, kepada siapakah cintanya berlabuh. Pada cinta pertamanya? Atau pada pria yang memberinya ciuman pertama? Dia adalah Cha Joo Ik, kepala editor di tempat Tak dong Kyung bekerja, 

drama korea


Review Doom at Your Service

Aku selalu merasa terbebani sepanjang hidupku
Sekarang saatnya aku meninggalkan semuanya dan pergi
Kalimat di atas diucapkan seorang penjual bunga, perempuan lanjut usia yang sedang menjajakan bunganya di stasiun LRT,  Dia diberitahu malaikat maut Myul-Mang bahwa saatnya telah tiba. 

Dengan tersenyum sang perempuan tua beranjak pergi. Dia bergeming kala Myul Mang mengingatkan hartanya yang ditinggal begitu saja. Manis banget ya? 

Adegan ini mengingatkan saya, apakah saya akan sesiap itu ketika diberitahu saatnya tiba?
Atau seperti Tak Dong Kyung yang memohon pada Myul Mang: “Aku ingin hidup?” 

Drama Korea memang selalu punya pesan yang mendalam. Terlebih “Doom at Your Service” diperankan aktor dan aktris papan atas. Mereka sangat selektif.  

Park Bo-Young  Tak Dong Kyung)  terakhir berperan sebagai Ko Se-Yeon dalam Abyss (2019). Sedangkan Seo In-Guk (Myul-Mang)  terakhir didapuk sebagai pemeran utama di Hundred Million Stars From the Sky (2018). 

Sayang kali ini Park Bo-Young dan Seo In-Guk salah memilih! 

Plot kisah drama “Doom at Your service” banyak bolong. Boring, muter-muter dan gak konsisten. Drama  yang berhasil meraup rating 4.23 %, di episode pertama ini, melorot jatuh ke angka 2,6 % (Source: Nielsen Korea). Sungguh mengecewakan. 

Boring dan muter-muter, karena saat penonton berusaha memahami alasan Tak Dong Kyung mengajak Myul Mang untuk menjadi kekasihnya, kemudian mereka saling jatuh cinta, eh tiba-tiba bak insomnia, keduanya lupa apa yang terjadi. 

Tidak konsisten, karena sebagai malaikat maut, Myul Mang dengan jelas mengatakan bahwa dia tidak makan/tidak tidur dan tidak bisa menangis. Berarti gak punya perasaan/emosi dong? Kok Myul Mang bisa mencintai Tak Dong Kyung?

Mungkin, mungkin banget lho ya? Saya selalu membandingkan dengan drama yang telah lebih dulu saya tonton.  

Seperti saat Tak Dong Kyung sangat merindukan Myul Mang yang tiba-tiba menghilang. Otomatis, saya membandingkan dengan drama Korea “Oh, My Venus”nya Shin Min Ah dan So Ji Sub. Adegan pertemuan mereka kembali bikin gemes! Tidak demikian dengan pertemuan kembali Tak Dong Kyung dan Myul Mang. Biasa aja. 

Hambar, tanpa garam, sangat tepat untuk menggambarkan drama ini.  

Jadi gimana? Recommend gak drama Korea “Doom at Your Service”? 

Silakan untuk yang baru menjajal drama Korea. Karena seperti biasa, sinematografinya ciamik. Aktor dan aktris, baik pemeran utama  maupun pemeran pendukung ganteng- ganteng dan cantik-cantik. 

Ditambah ost yang keren abis, seperti ”Breaking Down” oleh Ailee, Distant Fate yang dinyanyikan Seo In Guk, si  Myul-Mang dan "I Wanna Be With You" nya Gummy bolak balik saya dengerin sambil ngetik review ini. ^^ 

Baca juga:
My Roommate is Gumiho, dan Nasionalisme Bangsa Korea yang Terusik 

Abyss, Bangkitnya Anak Monster 

Hundred Million Stars From the Sky, Tragedi Sepasang Kekasih Korban Aliran Sesat




Profile Doom at Your Service
Drama: Doom at Your Service (English title) / One day, Doom Entered The Front Door Of My House (literal title)
Revised romanization: Eoneu Nal Woori Jib Hyungwaneuro Myeolmangyi Deuleowadda
Hangul: 어느 날 우리 집 현관으로 멸망이 들어왔다
Director: Kwon Young-Il
Writer: Im Meari
Network: tvN
Episodes: 16

Release Date: May 10 - June 29, 2021
Language: Korean
Country: South Korea

22 comments

  1. Kayanya Myeol Mang bukan malaikat maut deh, lebih ke malaikat pbawa 'kehancuran'.
    Kalau soal Myeol Mang ngaku nggak nangis, itu kan bohong. Waktu orang tua Dong Kyeong meninggal, di tempat upacara kematian mereka Dong Kyeong lihat Myeol Mang nangis, ternyata waktu itu dewa-nya (sebelum terlahir lagi jadi anak sekolah) meninggal.
    Dia bukannya nggak punya perasaan, cuma nggak mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena itulah saya tulis di atas screen writer gak konsisten

      myeol mang katanya gak makan minum dan gak bisa nangis karena dia perlambang kehancuran

      Itu berarti juga gak boleh punya emosi, tapi kok bisa jatuh cinta?

      Myeol Mang artinya kehancuran yang bisa dijelaskan sesuai tradisi Talmud adalah Malaikat Maut (Malach HaMavet) atau Iblis Kematian atau malaikat gelap dan terang .... dan seterusnya silakan baca referensi yang saya sertakan

      Jadi, ketika melihat suatu tontonan, saya terbiasa mencari sumber referensi agar paham sumber rujukan screen writer sebelum ybs berimajinasi

      Jangan bulat bulat menerima fantasi screen writer yang sering absurd

      Delete
  2. Biar tambah seru alur ceritanya. Kalau orang tidak perhatikan, ya cuek aja . Malaikat kok bisa rindu ya . Yang penting dari segi hiburan, dapat

    ReplyDelete
  3. Masih teringat pesan dalam review ambu, siap dengan amal tak kala maut sudah tiba. Jangan pernah lelah sebelum kaki memasuki surga.

    ReplyDelete
  4. Molzania kurang suka sama endingnya. Tapi sukaa liat seo in guknya, ganteng banget.

    ReplyDelete
  5. Wahh ada Lee soo hyuk, aktor kesukaanku. Ada beberapa drama korea yang membahas tentang malaikat pencabut nyawa ini yaa. Drama yang juga membahasnya adalah Goblin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum pernah denger mba. Tahu tahu karena baca postingan ini nih

      Delete
  6. Btw ost yang dinyanyikan Ailee selalu keren yah, dan ngena banget ke drama nya. Bodor ya bu, malaikat saja bisa rindu apalagi manusia, wkwkw.

    ReplyDelete
  7. Lucu banget pas saya baca yg Tak Dong Kyung dan Myul Mang jatuh cinta lalu tiba tiba lupa apa yg terjadi diantara mereka. Wah kalau drakor ini ga recommended sepertinya saya sepakat ya Ambu, karena sya baca dr sinopsis Ambu saja sudah bisa membaca sedikit alurnya

    ReplyDelete
  8. Hihi walau janggal nggak boleh protes dong ya, namanya juga drama. Walau nggak lapar nggak haus, nggak sedih, tapi bisa jatuh cinta. Itulah hebatnya perasaan cinta ya, bahkan bisa singgah di hati malaikat maut

    ReplyDelete
  9. Will be next tontonanku sepertinya mbak, Aku memang tertarik tapi sedang menyelesaikan drama lainnya hehehe... Habis baca ini Makin semangat nontonnya dong

    ReplyDelete
  10. Kayaknya bisa dijadikan referensi untuk ditonton nih,uda lama juga enggak nonton drama Korea gini. Itu pasti yang dikira pelakor nyesek banget lah apalagi yang melabrak sedang hamil.

    ReplyDelete
  11. Setiap drakor sinematografinya beda-beada..tapi emang bagus-bagus ya... yang bikin aku jadi suka ikutan nonton drakor ya sinematografinya ini..Okay deh coba ntar nonton doom at your service.

    ReplyDelete
  12. Mpo jadi ngayal kalau malaikat maut jatuh cinta sama orang terkasih. Tega tidak ya ia mencabut nyawanya

    ReplyDelete
  13. wih tema ceritanya menarik nih..jadi pengen nonton. imajinatif banget nih melibatkan sosok malaikat maut versi oppa Korea hehe

    ReplyDelete
  14. Sebetulnya saya suka banget baca sinopsis drakor dibanding nonton filmnya karena nggak ada waktu untuk nonton. Nah, giliran pasa baca yang ini, saya jadi bingung. Ternyata memang dasarnya ceritanya juga ngebingungin ya. Cuma satu sih yang kena banget di saya, sepenat-penatnya kita sama masalah hidup, jangan sampai gampang banget bilang mending selesai saja hidup di dunia. Nggak segampang itu urusannya.

    ReplyDelete
  15. Drama yang seru nih, imajinasiku ikut merasuk disini. Next pingin nonton langsung

    ReplyDelete
  16. Drakor mah emang ada-ada imajinasinya ya. Rubah, goblin, malaikat maut dan sebagainya cuma berhubung hiburan ya asik-asik aja ya kak. Apalgi kadang ada juga sisi nya yang bisa kita petik kok .

    ReplyDelete
  17. Di sini unik banget ceritanya sih yaa... Ambu.
    Uda bagus awalannya PBY jadi karakter tokoh utama yang tertindas dan penuh kesulitan.
    Tapi ada Myul Mang, jadi ambyar.
    Hhahaa...naha aku jadi nyalahin si malaikat penghancur?

    Liat ekspresinya aja uda bikin melting.
    Kyaaa~~ ((PANICK ATTACK))

    ReplyDelete
  18. ini adalah drama fantasy favorit aku
    senang akhirnya ada akhir yang bahagia bagi dong young dan myul mang
    juga suka cerita live triangle oara second lead nya

    ReplyDelete
  19. Penulis drama korea itu idenya memang nggak habis-habis ya mbak. Makanya dramanya selalu unik-unik dan kadang malah absurd idenya tapi tetap seru buat ditonton

    ReplyDelete
  20. Kalau berbicara drakor memang tiada habisnya ya. Ada saja tema yang diangkat yang bikin penggemar drakor penasaran.

    ReplyDelete