My Absolute Boyfriend, Terbelenggu Cinta Yang Konyol



Mau punya pacar robot?
Ganteng lho robotnya. Mirip banget dengan manusia. Saking miripnya, kamu ngga akan tahu bahwa dia robot. Diajak bercakap-cakap, bisa. Diajak dinner, bisa.

Plek,  sama banget dengan manusia. Kamu baru tau bahwa dia robot jika ada yang memberitahu. Atau jika tiba-tiba si robot rusak dan harus diinstall pakai komputer.

Kisah absurd yang nggak masuk akal ini menjebak saya dalam drama Korea “My Absolute Boyfriend”.  Awalnya hanya sekedar pingin menuntaskan kerinduan pada akting Bang Min Ah,  yang bikin gemes dalam “Beautiful Gong Shim”,  serta Hong Jong Hyun, pangeran antagonis dalam “Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

Di episode awal, naga-naganya Da Da, pemeran utama luluh pada Wang Joon, seorang aktor populer yang ganteng berat. Tapi episode-episode selanjutnya kok ngawur, lebih milih robot yang bagaimanapun hanya mesin aka mainan.

Menurut saya,  kisah cinta manusia – robot sungguh konyol. Boleh aja berkelit, kan ini hanya drama, cuma fiksi. Namun fiksi pun harus realistis. Penulis fiksi ngga boleh ngasal. Salah satu contoh ngasal seperti ini: “Pagi ini turun salju di Lembang”. Kalimat fiksi yang ngawur berat, karena di Lembang Bandung nggak mungkin turun salju.

Mencintai benda bak mencintai kekasih merupakan tabrakan semena-mena. Bahkan kisah LGBT lebih realistis karena menyangkut mahluk hidup. Walau sama-sama tidak mengindahkan kaidah agama.
Hihihi kejauhan ya merepetnya? Yah opini boleh saja kan ya?

Drama Korea yang diproduksi based on manga "Zettai Kareshi"  oleh Yuu Watase (published from 2003 to 2004 in shojo manga magazine Shojo Comic), ini rupanya nggak mempersoalkan nalar.

Di episode-episode akhir Da Da diposisikan galau dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai masa depan. Apa/bagaimana akhir kisah cinta mereka.  Fisik robot kan pastinya nggak akan berubah, sejak diciptakan hingga puluhan tahun kemudian. Akan tetap sama. Tidak demikian dengan manusia, fisiknya berubah. Staminanya juga, jadi sakit-sakitan dan mati.

Robot yang manis juga bisa berubah kejam,  mengancam jiwa pemiliknya. Seperti Young Goo, robot dalam “My Absolute Boyfriend” yang tiba-tiba mengeluarkan api pada anggota tubuh. Terlebih namanya robot kan punya kekuatan yang gede banget. Tau-tau nyekek leher, tewaslah pemiliknya.

Anehnya Da Da tetap memilih robot Young Goo, walau kesalah pahaman dengan mantan kekasihnya sudah diluruskan. Mungkin kisah konyol dan nggak masuk akal ini yang membuat “My Absolute Boyfriend” terjun bebas, sepi penonton.

Padahal pemainnya ganteng dan cantik lho. Rata-rata kelahiran 1990, bahkan Yeo Jin Goo sebagai robot Youn Goo, 13 Agustus besok baru berusia 22 tahun.

Para pemain pendukung juga bukan ecek-ecek, mereka kerap wara-wiri di drama Korea lainnya. Kecuali Hong Seo Young sebagai Diana yang tampil nggak maksimal serta alur cerita yang agak kedodoran, secara keseluruhan “My Absolute Boyfriend” saya rekomendasikan sebagai tontonan yang menghibur. Tontonan yang dibutuhkan tanpa banyak berpikir. Cukup nikmati kegantengan/kecantikan para pemain serta sinematografinya. Sinematografi darama Korea emang selalu jempolan. ^_^


Yeo Jin Goo sebagai robot “Zero Nine” produksi Kronos Heaven yang diprogram untuk jatuh cinta dan  mencintai. Dia akan mencintai gadis yang pertama kali menciumnya. Duh berasa dongeng “Putri Salju dan 7 Kurcaci” ya?

Tanpa sengaja robot “Zero Nine” dan Eom Da Da berciuman, membuat sang robot menganggap Da Da sebagai kekasihnya. Kemudian nempel bak perangko dalam kehidupan Da Da.


Bang Min Ah sebagai Eom Da Da, seorang tata rias  film untuk efek khusus,  yang mendapat keahlian dari ayahnya. Selama 7 tahun diam-diam Da Da menjadi kekasih Ma Wang Joon. Sejak Ma Wang Joon belum terkenal, hingga berhasil menyabet penghargaan.

Ma Wang Joon berjanji, kisah cinta mereka akan dipublikasikan pada malam penganugerahan. Sayang impian mereka berdua pupus, gara-gara ancaman yang mengerikan.

Beruntung Da Da didampingi robot “Zero Nine” yang tidak saja menghibur, juga menyayangi, hingga Da Da lebih percaya diri.



Hong Jong Hyun sebagai Ma Wang Joon, aktor film yang sukses berkat dukungan kekasihnya, Eom Da da. Walaupun cinta mati pada Da Da, Wang Joon harus memutuskan hubungan untuk sementara waktu.

Setelah muncul robot Young Goo yang demontratif menunjukkan dirinya sebagai pacar Da Da, barulah Wang Joon memperjuangkan cintanya.



Choi Sung Won sebagai Nam Bo Won, pelatih data robot  yang bertanggung jawab atas jeroan robot, mencekoki robot buatan pabriknya dengan kisah-kisah cinta.

Ini mengingatkan cara mengedukasi anak dengan cara primitif, yaitu mengulang-ulang agar si anak hafal. Harusnya ada perbedaan ya? Untuk robot kan cukup diinstall datanya.

Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Da-Da, seorang make-up artist efek khusus. Patah hati gara-gara dicampakkan aktor populer Ma Wang Joon. Nasib membuatnya bertemu dan memiliki robot humanoid Young-Goo yang diprogram untuk menjadi pacar yang sempurna baginya.
Ma Wang-Joon rupanya  hanya pura-pura memutuskan hubungan dengan Da Da. Berulang kali dia mengucapkan cinta pada Da Da, membuat Da Da terlibat dalam cinta segitiga tang rumit dengan Young-Goo dan Ma Wang-Joon.


Review
Diana, seorang perempuan maniak, untuk kesekian kalinya memesan robot pada Kronos Heaven, perusahaan pembuat robot. Karena kekejamannya, robot-robot yang dibeli Diana selalu kembali dalam keadaan rusak parah.

Tak ingin robot “Zero Nine” mengalami hal yang sama, pelatih datanya mengubah tujuan pengiriman. Bukan ke Diana, melainkan ke Eom Da Da, ketua team tata rias film. Kebetulan Da Da memesan boneka untuk mendukung alur kisah film.

Tanpa sengaja Eom Da Da dan “Zero Nine” berciuman. Akibatnya robot tersebut aktif dan mengira Da Da sebagai pacarnya. Robot yang didesain untuk mencintai ini memang disetting dapat “hidup” jika dicium, dan akan menganggap si pencium adalah pacarnya.

Selain ketua team tata ria film, Eom Da Da adalah kekasih Ma Wang Joon, seorang aktor film populer. Hubungan percintaan mereka dirahasiakan hingga 7 tahun lamanya. Pada waktu Wang Joon berjanji akan membuka kisah cinta ke publik, Da Da harus menelan pol pahit. Wang Joon malah minta putus.

Untung ada robot  “Zero Nine”  yang menghibur dan mencintai Eom Da Da. Sehingga kesedihan diputus cinta oleh Wang Joo tak berlangsung lama.  Da Da malah balik mencintai robot “Zero Nine” yang diberinya nama Young Goo. Iyalah Young Goo memanjakan Da Da banget, hati perempuan mana yang nggak tergelincir.

Sayang, “ikatan cinta” mereka diganggu Kronos Heaven yang harus mengembalikan robot pesanan Diana. Serta Diana yang tak terima barang mainannya direbut orang.

Kisah cinta Eom Da Da – Young Goo bertambah rumit karena ternyata Wang Joon masih cinta berat pada Da Da. Hihihi saya sih pilih Wang Joon yang ganteng, dan aktor populer dibanding robot. :D :D

Lemah dalam eksekusi nampaknya menjadi penyebab “My Absolute Boyfriend” sepi penonton. Penggemar manga "Zettai Kareshi” protes karena konon lebih asyik dibanding sesudah divisualisasikan dalam “My Absolute Boyfriend”

Sedangkan para penggemar Yeo Jin Goo pun menyesali  keputusan keputusan aktor ganteng ini mengambil peran sebagai robot Young Goo. 

Jin Goo pun terlalu banyak muncul di depan layar, yang bisa membuat eneg banyak penonton. Di tahun 2019, dia berperan sebagai pemain utama “ The Crowned Clown” , “Hotel Del Luna” dan “My Absolute Boyfriend”. Bandingkan dengan aktor papan atas lainnya yang lebih selektif. Hanya 1 peran per tahun, atau sering cuma 1 peran per 2 tahun.

Sempat merasa ngantuk, akhirnya saya bisa menuntaskan “My Absolute Boyfriend”. Itupun dengan banyak skip, karena saya kurang suka adegan yang bertele-tele.

Namun bagi penggemar Yeo Jin Goo yang ingin berlama-lama menonton wajah gantengnya, drama ini recommended banget. ^-^

Profile
Drama: My Absolute Boyfriend
Revised romanization: Jeoldae Geui
Hangul: ์ ˆ๋Œ€ ๊ทธ์ด
Director: Jung Jung-Hwa
Writer: Yuu Watase (manga), Yang Hyuk-Moon
Network: SBS
Episodes: 36
Release Date: May 15 - July 11, 2019
Runtime: Wed. & Thu. 22:00 (35 minutes / 2 episodes per day)
Language: Korean
Country: South Korea

Comments