Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online Terbaik untuk Ananda

 

    
ruangguru


Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online Terbaik untuk Ananda


“Tambah susah mbak,” kata Wida mengeluh.

 Dia melirik putrinya, Andin. Anak sulungnya itu sedang asyik menekuni ponsel. Diusianya yang ke-13, Andin punya banyak teman perempuan. Mereka kerap chatting, berbagi cerita serta berbagi foto-foto menarik melalui Instagram. Tak heran, Andin betah banget di kamar. 

Namun bukan kebiasaan Andin ber hahaha hihihi sambil menatap layar layar smartphone, yang membuat Wida gundah. Wida mengenal betul teman-teman Andin, termasuk orang tua mereka. 

Melainkan fakta bahwa seiring dengan kelulusan Andin, dan naiknya jenjang sekolah Andin dari SD ke SMP, berarti akan semakin sulit menemaninya belajar. Selama ini Wida bersama suami,  bahu membahu membantu Andin memahami materi, memecahkan soal, dan mempersiapkan ujian. 

Naiknya jenjang sekolah Andin akan membuat Wida dan suami kelabakan. Kurikulum sekolah Wida  dulu, jauh berbeda dengan yang diterima Andin. Ditambah 2 adik Andin yang kini duduk di kelas 1 SD dan 4 SD, pastinya membuat Wida bakal kelabakan.

Baca juga:
Kabut Peradaban dan 3 Tips Berkomunikasi Dengan Generasi Z
Belajar Vlog Bareng Yasinta Astuti

Daftar Isi:

  • Materi Pelajaran Sulit, Tantangan Orang Tua Dari Tahun ke Tahun
  • Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online yang Super Menyenangkan
  • Cara Berlangganan Ruangbelajar

Apa yang dialami Wida, istri sepupu saya, seperti siklus tanpa ujung. Sayapun mengalami. 

Rasanya enggak tega melihat anak-anak kebingungan saat mengerjakan tugas. Apalagi si bungsu, Mabelle, dulu kerap menangis jika enggak mampu menyelesaikan pekerjaan rumah. Dia pernah mengeluh: “Abey tuh suka banget matematika, tapi nilainya kok enggak pernah bagus”. 

Duh, rasanya ingin ikut menangis. Karena itu disela-sela mengurus rumah tangga dan 3 kakak laki-lakinya, saya selalu mendampingi Mabelle dalam belajar. Namun saya harus angkat tangan sesudah Mabelle naik ke jenjang SMP. Saya memasukkannya ke bimbingan belajar. Agar Mabelle bisa leluasa bertanya pada ahlinya, pada para guru yang ekspert di bidangnya. 

Tapi itu kan dulu, bagaimana sekarang?
“Belajar di ruangbelajar aja, Wid. Itu lho bimbingan belajar online dari Ruangguru.”
Wida mengernyit. Kegiatannya mengupas bawang merah terhenti. 

Ah, kesibukannya mengurus 3 orang krucils membuat Wida baru mengetahui bahwa dunia pendidikan telah melompat jauh ke depan. Kini, bimbingan belajar (bimbel) enggak hanya offline, juga tersedia online. Bak jamur di musim hujan, bimbel online bermunculan. 

Yang dibutuhkan kemudian adalah kejelian memilih bimbingan belajar. Nah, Ruangguru yang digawangi Adamas Belva Syah Devara, M.P.A., M.B.A. seorang alumnus Universitas Harvard dan pernah menjadi staf khusus presiden Jokowi. Pastinya jaminan mutu ya?

 

ruangguru


Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online yang Super Menyenangkan

“Ini nih, bisa install aplikasi Ruangguru, bisa juga buka web-nya via laptop,” kata saya pada Wida.  

Sebetulnya saya hanya tahu selintas tentang ruangbelajar, tepatnya waktu bertandang pada tetangga dan melihat dia sedang membuka aplikasi belajar Ruangguru untuk anaknya yang masih duduk di Sekolah Dasar. 

Nampak mudah, dan ternyata memang mudah. Untuk memenuhi kebutuhan yang beragam, Ruangguru menyediakan banyak pilihan, yaitu:  roboguru, ruangbaca, ruangbelajar,  ruangkelas, ruanguji, ruang les,  ruanglesonline, ruangpengajar dan ruangpeduli. Saya menyarankan berlangganan ruangbelajar karena paling sesuai dengan kebutuhan Wida mendampingi Andin yang mulai duduk di bangku SMP.  

Diantaranya:

Mudah dan Nyaman

Ruangbelajar telah menyusun materi secara terstruktur sesuai materi yang diterima di sekolah. Video-video pembelajaran dipisahkan per materi, dan sesuai tujuan, seperti video pembuka, materi dan penutup. Sehingga siswa dapat dengan mudah memilih video yang ingin dipelajari. 

Asyiknya, Ruangguru memiliki sistem yang mencatat progres belajar siswa. Tujuannya membantu siswa mengetahui progres belajarnya. Sebagai contoh, materi XY dia baru mencapai 75 %, maka siswa tahu bahwa harus belajar lagi agar mencapai 100 %, 

Juga tersedia fitur pengingat, untuk memudahkan siswa meneruskan pelajarannya. Fitur pengingat materi akan muncul saat siswa menggunakan Ruangguru.

 

ruangguru PET


Ditemani PET yang Menyenangkan

Belajar di rumah membosankan? 

Bagaimana jika belajar bareng 3 PET lucu yang membuat aktivitas belajar jadi menyenangkan? Mereka adalah Modo the Giant Dragon, Candra the Bird of Paradise, dan Harry the Diamond Tiger. (sumber: ruangguru.com)  

Modo the Giant Dragon merupakan komodo purba yang hidup di sebuah pulau terpencil. Uniknya, walau tubuh Modo besar dan kekar, dia mampu berlari cepat dan cekatan dalam memanjat. Sayang, Modo mempunyai kelemahan. Dia tidak mempunyai indra pendengaran. 

Namun Modo memiliki kelebihan. Dia mampu melihat dalam jarak yang sangat jauh. Dia juga cerdik. Saat penglihatannya tidak begitu baik di malam hari, Modo menggunakan elemen api. Elemen api yang memberinya energi untuk bertumbuh dan berevolusi.  

Candra the Bird of Paradise, burung cendrawasih yang mempunyai bulu cantik, berwarna cerah dan menarik perhatian. Senang menari dengan bulu-bulu indahnya, setiap tahun Candra mengadakan pesta menari untuk mencari pasangan. Suaranya merdu, sehingga Candra mempunyai banyak teman. 

Candra gemar berpetualang. Dia sering mengitari hutan dan mengumpulkan elemen daun matoa. Elemen daun toa dibutuhkan Candra untuk menghiasi tempat tinggalnya, menghias diri dan berevolusi.  

Harry the Diamond Tiger, harimau yang paling kecil jika dibanding dengan spesies harimau lainnya. Hidup di hutan Sumatera, Harry merupakan sosok yang tangguh dan pemberani. Kehandalannya dalam berburu membuat Harry disegani  oleh warga hutan. 

Selalu tenang dan bijaksana, Harry memiliki kegemaran berendam dan berenang di sungai. Hobi lainnya, mengoleksi elemen batu safir yang banyak terdapat di sekitar sungai. Elemen batu safir membantu Harry untuk berevolusi.

Cara Belajar yang Seru

Belajar sambil gaming? Bisa banget. Fitur ruangguru adventure menyajikan gamification yang bertujuan membuat siswa ketagihan dan semangat dalam belajar. Semakin rajin seorang siswa belajar, akan semakin banyak hadiah yang didapat.

Mengasah Otak

Fitur menarik nih. Soal-soal di latihan topik memuat tingkatan soal, mulai dari level mudah, sedang, sulit, dan HOTS. Setiap tingkatan terdiri dari 10 soal. Jika telah selesai mengerjakan soal, siswa dapat mencocokkan dengan jawaban dan pembahasannya. Asyik bukan?

Bank Soal

Alumni bimbingan belajar zaman dahoeloe akan iri dengan fitur bank soal yang dimiliki Ruang Guru. Karena fitur Bank Soal memuat kumpulan soal terlengkap untuk siswa menghadapi ujian, baik IPA maupun IPS, dengan cara kerja mirip try out online. 

Bank Soal  juga menyediakan beragam jenis paket soal, mulai dari untuk UTS dan UAS tiap semester genap dan ganjil, UN, bahkan SBMPTN. Mirip fitur Asah Otak, setiap paket memuat 40-50 soal dengan waktu penyelesaian 1,5 jam – 2 jam, dan setiap soal diberikan pembahasannya.

Fitur Adapto dan  Konsep Kilat

Rilis bulan Juli, fitur  Adapto dan Konsep Kilat ditujukan untuk memaksimalkan pemahaman konsep siswa Ruang Guru. Fitur ini membantu siswa memahami konsep suatu materi dengan mudah dan cepat. Tersedia juga kuis interaktif agar suasana belajar semakin menyenangkan.

Anti Internet Lelet

Akses internet sering lelet atau malah hilang sama sekali? Jangan kuatir, semua materi termasuk video bisa didownload dan dipelajari saat offline.

Belajar Online Termurah

Dengan semua kelebihan Ruangbelajar by Ruangguru, siswa dapat berlangganan dengan harga sangat terjangkau. Bahkan kerap mendapat diskon. Seperti memasuki tahun ajaran baru kali ini Ruangguru memberi diskon hingga 60 %.

 

ruangguru


Cara Berlangganan Ruangbelajar

Ada banyak pilihan paket belajar di ruangbelajar. Ingin mencoba sebulan dulu atau langsung mendaftar setahun atau bahkan 3 tahun (untuk SMP dan SMA), semua ada kelebihan dan kekurangannya. Paket 1 bulan misalnya, siswa bisa mendapat semua fasilitas hanya dengan Rp 250.000. 

Pilihan lainnya paket 1 bulan dengan bonus 3 koin ruanglesonline seharga Rp 350.000 yang sedang diskon, sehingga cukup membayar Rp 300.000 

Bagaimana cara berlangganan?

  • Download aplikasi Ruangguru, bisa via handphone, laptop maupun desktop.
  • Pilih kelas yang dituju, klik garis 3 di kanan atas dan buat akun Ruangguru
  • Klik garis kedua, pilih paket dan lengkapi pembayaran.

Mudah sekali ya? Ruangguru didesain untuk memudahkan siswa dalam belajar dan mengejar prestasi. Dunia digital membantu kemudahan tersebut. Jadi, sebagai orangtua, kita hanya perlu mendukung mereka bukan?

Baca Juga:
Jangan Belajar! Agar Jadi Blogger Gagal!
Menjadi Goblok Dahulu, Pintar Kemudian

 

sumber data dan gambar: ruangguru.com

14 comments

  1. PJJ ini bener2 bikin ortu puyeeengg
    daku pun begitu, Ambu. Anakku kls 8 (naik kelas 9) so, pelajarannya aduhaiii :D

    Nah, semogaaa dgn langganan RuangGuru bisa memberikan banyaakk kemudahan untuk ortu dan siswa juga.
    rate-nya super affordable pulaakkk

    ReplyDelete
  2. Tantangan belajar anak sekarang memang luar biasa Ambu. Apa yang dulu baru kita pelajari di SD, sekarang sudah dipelajari dari PAUD. Apalagi di kelas yang lebih tinggi. Kalo cara belajarnya enggak menyenangkan, anak-anak bisa stres kayaknya. :(

    ReplyDelete
  3. Ruanggguru makin banyak pilihan di dalamnya ya .. roboguru, ruangbaca, ruangbelajar, ruangkelas, ruanguji, ruang les, ruanglesonline, ruangpengajar dan ruangpeduli. Putri saya dulu pernah pakai tapi sudah lama dia tidak pakai lagi. Rupanya sudah berkembang banyak.

    ReplyDelete
  4. Tiga ratus ribu sudah bisa mengikutinruang belajar, memudahkan pilihan sesuai budget

    ReplyDelete
  5. Ruang belajar, sangat membantu orang tua dalam fasilitas belajar anak, khususnya di masa pandemi. Semoga ruang belajar dari ruang guru bisa menjadi pioneer aplikasi pembelajaran daring, sehingga banyak muncul aplikasi sehingga semakin banyak variasi yg diberikan untuk orang tua dan siswa.

    ReplyDelete
  6. Anak generasi Y dan alfa sekarang ini udah gak bisa dipisahin dari gawai ya ambu. Kasus Mba Wida dengan ketiga anaknya ini, saya jadi membayangkan anaknya ketiganya punya ponsel, bahkan punya layar laptop untuk memfasilitasi belajar, seperti PJJ sekarang ini.

    Sebagai orang tua harus bisa memanajemen waktu anak. Sekali aja deh, kalo mereka emang suka mantengin layar HP, ya subscribe-kan saja ruang belajar di RuangGuru. Bimbingan belajarnya mengasikkan, soalnya pakai video, pakai animasi, bahkan pakai infografis yang unyu-unyu. Bikin mata anak gak ngantuk meski pun sedang belajar online.

    ReplyDelete
  7. Cara anak menangkap pelajaran berbeda-beda. Ada yang gambar, bermain dan Ada yang serius.

    Ruang kelas akan membuat anak nya man belajar walau secara darling

    ReplyDelete
  8. Jadi solusi banget ruang guru ya Ambu, banyak menunya pula jadi pengen dicoba semua diterapkan ke keponakan. Karena belum punya anak, ke keponakan dulu praktiknya

    ReplyDelete
  9. Bener banget adik saja belajar melalui aplikasi ini. Sekartang belajar lebih mudah dan gampang tanpa ribet-ribet lagi tinggal pemahaman terhadap materi sekolahnya

    ReplyDelete
  10. Ternyata belajar di ruang guru bisa menyenangkan dan menurutku anak2 yang belajar di ruang guru akan lebih nyaman dan suka belajar. Karena disini metode belajarnya nggak boring ya Ambu.

    ReplyDelete
  11. Wah mantep dan sangat mempermudah urusan pelajar ini mah huhu 🥳

    ReplyDelete
  12. Rekomendasi yang mantap. Saya akan meneruskan buat teman yang membutuhkan--sebab putri saya sudah besar. Sambil gumun, enak banget ya anak-anak sekarang 💙

    ReplyDelete
  13. Wah aku juga pernah nih mba ikutan belajar di ruang guru. Nyamar jadi murid. Hihii. Hasilnya emang nagihin sihh

    ReplyDelete
  14. PJJ memang menghadirkan drama tersendiri ya Ambu. Apalagi bagi ortu yang sibuk atau ga menguasai. Kesabaran diuji banget agar anak-anak mau belajar. Kalau pilih Ruangbelajar bisa memudahkan ya, dengan tarif 250k per bulan tapi sudah dapat semuanya. Jadi produktif buat anak, tetap update pelajaran tanpa kebosanan karena pengajarannya interaktif.

    ReplyDelete