Kentang Goreng Dicocol Pakai Garpu? Lebih Beradab atau Lebih Ribet?

  
resep masakan


Menyocol Kentang Goreng Pakai Garpu? Lebih Beradab atau Lebih Ribet?


Bagaimana caramu mengudap kentang goreng? 

Menggunakan tangan untuk mengambil kentang goreng? Atau memakai  garpu untuk mengambil kentang goreng sebelum menyocolnya ke sambal/saus? 

Jika pilihanmu yang pertama, maka: selamat! Kamu disamakan dengan orang Amerika yang mendapat sindiran “Americans eat like animals.” oleh orang Eropa. Bahkan bangsa Perancis mengajari anaknya makan dengan sendok garpu, karena , "Kita ini orang beradab." 

Wadidaw….. trus gimana jika mereka lihat cara saya makan ala urang Sunda? Kan gak asyik atuh makan sambal dan lalap menggunakan garpu dan sendok. Terlebih saat memisahkan daging ikan goreng dari durinya. Alamak, belibet banget!  Apalagi harus ditambah pisau, wah ngajak gelut ieu mah . ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ 

Namun berbeda saat pandemi Covid-19. Silakan gunakan garpu untuk mengambil kentang goreng dan menyocolnya pada sambal/saus keju jika ingin selalu aman. 

Baca juga:

Pizza Anti Gagal, Mudah dan Cepat. Hanya 7 Menit … 

5 Rekomendasi Channel Food YouTuber Untuk Usaha Kuliner

Daftar Isi

  • Pilih mana? Makan Pakai Tangan atau Sendok Garpu?
  • Ketika Sendok Garpu Menjadi Lambang Peradaban
  • Resep Kentang Goreng Nino’s Home
  • Resep Saus Keju Yuda Bustara

“Tidak sopan menyentuh makanan dengan tangan,” kata orang Perancis (sumber) 

Lha bukannya orang Perancis yang menemukan french fries, aka kentang goreng?  

Ternyata bukan. Kisah bermula pada saat perang dunia pertama. Di Belgia, tentara Amerika Serikat terpikat pada makanan setempat, yaitu kentang goreng. Mereka mengira ini masakan Perancis, sebab tentara Belgia menggunakan bahasa Perancis untuk perrcakapan. Jadilah tentara Amerika Serikat menyebut kentang goreng  sebagai french fries. 

Kentang goreng memang pernah menjadi semacam ikon kulinernya Belgia. Duta Besar Belgia untuk Indonesia menjelaskan bahwa masyarakat di negaranya gemar mengonsumsi kentang goreng. Begitu populernya panganan yang harus dimasak dalam minyak yang banyak ini, sampai jumlah kedai kentang goreng di Belgia  pernah mencapai 51 ribu buah (sumber: viva.co,id) 

Mirip saat kemiskinan melanda Napoli, salah satu kota besar di Eropa, pada akhir abad ke-18. Untuk mengisi perut penduduk Napoli mengonsumsi pizza yang terbuat dari tepung terigu, air serta ragi. Dijajakan di pinggir jalan, penduduk bisa membeli pizza yang hanya diberi topping bawang putih, lemak babi, dan garam, sesuai dengan ukuran kantong mereka. (sumber

Jadi? 

Dua contoh di atas menjelaskan jurang mendalam antara si kaya dan si miskin. Si borjuis makan steak dkk, si proletar cukup pizza dan kentang. Golongan bangsawan/hartawan menerapkan tata krama makan dengan sendok, garpu dan pisau. Sedangkan si buruh gak peduli dengan segala aturan, mereka cukup gembira bisa memperoleh satu pound tepung gandum hari itu.

 

freepik.com
sumber: freepik.com


Ketika Sendok Garpu Menjadi Lambang Peradaban

Sejak kapan manusia menerapkan table manner/etiket di meja makan? 

Kuat dugaan paska diterbitkannya buku La Civilitรฉ puรฉrile, oleh Didier Erasme. Dalam bukunya, Erasme mengatakan bahwa garpu adalah alat  makan yang membedakan manusia dengan binatang. Hanya orang yang tidak beradab yang makan dengan tangan. Sedangkan kaum bangsawan/hartawan yang berasal dari kelas sosial tinggi harus memakai peralatan makan sebagai bagian etiket di meja makan. 

Seiring waktu, kaum proletar (terlebih yang kemampuan finansialnya membaik dan tak lagi bekerja sebagai buruh) meniru etiket makan kaum feodal, dan akhirnya kebiasaan ini mendominasi. 

Gak heran orang Eropa, khususnya Perancis dan Inggris menyebut “Americans eat like animals.” Karena selain menyentuh makanan seperti hamburger, kentang goreng dan ayam goreng, orang Amerika terkenal dengan garpu-switching. Mereka memotong sepotong makanan dengan pisau di tangan kanan dan garpu di kiri, kemudian memindah garpu ke tangan kanan untuk menusuk potongan makanan, sebelum memasukkannya ke mulut. 

Sedangkan menurut etiket makanan Eropa kontinental, sepanjang makan tangan kanan memegang pisau dan tangan kiri memegang garpu. Garpunya tidak boleh berpindah, bahkan saat menikmati sajian salad. Kesannya sangat elegan.

 

resep masakan


Resep Kentang Goreng Nino’s Home

Bikin kentang goreng tuh gampang-gampang susah. Yang paling gampang ya beli aja di supermarket ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ 

Supermarket/minimarket menyediakan kentang goreng frozen dengan aneka merk dan ukuran. Tapi pastinya kurang seru. Sebelum disajikan dan dicocol, kentang goreng melalui proses menarik,  mulai bentuk mentah sampai akhirnya bisa digoreng. 

Sesudah dikupas dan dipotong ukuran tertentu, kentang dicuci dan direndam selama 30 menit. Dilanjut dengan meniriskannya menggunakan serbet atau tisu dapur. Jika sudah kering banget, baru deh digoreng. Itupun harus 2 kali agar crunchy di luar, tapi tetap empuk di dalam. 

Resep kentang goreng bertebaran di YouTube, mulai kentang goreng biasa, kentang wedges hingga stick kentang. Semua lezat, untuk kudapan bisa dicocol sambal dan saus, atau sebagai teman ayam panggang. Resepnya? Mirip-mirip semua. Bisa menggunakan resep kentang gorengnya Arnold Purnomo, Selebriti Master Chef Indonesia yang bertubuh Hulk dan berwajah Bebelac ini, memotong-motong kentang yang telah dicuci tapi tanpa dikupas. Ditiriskan dan disimpan di refrigerator sebelum akhirnya digoreng. 

Channel @recipe30 punya  Chef Joel Mielle lebih asyik ditonton. Selain backsound dan visualisasi yang indah, step by step dijelaskan tanpa bicara langsung. Mirip channel Nino’s Home yang resepnya saya tulis di bawah ini. 

Pemilik channel Nino’s Home sangat unik. Pemuda bertubuh atletis yang nampaknya berasal dari Vietnam ini selalu berlindung di belakang topeng kucing. Kucing kesayangannya juga ikut tampil, menemani pemilik channel meracik bumbu, memasak dan menyantap hasil masakan. Tambah unik karena semua video yang diunggah Nino’s Home menggunakan teknik ASMR. 

Merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response atau kerap disebut head tingles, video ASMR berkonten masak memasak menimbulkan sensasi tersendiri saat pemilik Nino’s Home memecah telur, mencuci dan menggoreng kentang, serta suara kres …kres kentang goreng digigit dan dikunyah. 

Saya sering membuat french fries berdasar resep Nino’s Home, sebab kentang bagian luar lebih crunchy dan bisa disimpan di freezer.
Langsung aja kita buat yuk.

 

resep masakan


Resep Kentang Goreng (Nino’s Home)

Bahan-bahan:

  • 800g kentang 
  • air secukupnya
  • 20 gram tepung jagung (tepung maizena)
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

  1. Kupas kentang, kemudian cuci bersih. Potong-potong ukuran 1 cm, rendam 30 menit.
  2. Tiriskan kentang dan rebus setengah matang, kurang lebih 5 menit. 
  3. Angkat kentang, buang airnya, kemudian keringkan dengan tisu hingga benar-benar kering.
  4. Taburi kentang dengan tepung maizena. 
  5. Panaskan minyak goreng, goreng minyak selama 5 menit. Angkat. Di step ini kentang bisa masuk freezer agar sewaktu-waktu bisa digoreng.
  6. Atau langsung goreng dengan minyak panas hingga kuning keemasan.

 
resep masakan


Resep Saus Keju Yuda Bustara

Bisa dilihat dari resepnya Nino’s Home, kentang tidak dibubuhi garam atau bumbu lain. Sambal botolan sebagai cocolan keentang goreng rasanya sudah sangat asin. Untuk penyeimbang biasanya disajikan dengan saus keju. Sayang, resep saus keju Nino’s Home tidak bisa saya praktekan. Dia memakai keju slices berwarna orange yang sekarang sulit ditemukan di Indonesia. 

Resep saus kejunya Yuda Bustara lebih mudah karena dia tahu banget situasi bahan pangan di Indonesia. Dia menggunakan bumbu kentang goreng rasa keju yang mudah dan banyak ditemukan di supermarket/minimarket. 

Khusus saus keju pada gambar di atas, maaf banget penampilannya tidak cantik. Saya kehabisan keju easy melt, sementara kentang goreng udah siap santap. Gak sabar deh nunggu kejunya meleleh. Kesalahan lainnya, saya tidak menakar tepung maizena. Hasilnya menjadi terlalu kental. Sebetulnya bisa ditambah susu sih agar lebih cair. Sayang, stock susu habis juga. ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

Jadi resep di bawah ini jangan ditambah dan dikurangi ya? Udah pas banget kekentalannya. Juga jangan ditambah bumbu lain karena sudah cukup asin. Apalagi ditambah saus sambal yang asin juga.

Bahan-bahan Saus Keju

  • 250 cc susu full cream
  • 150 gram keju parut (easy melt)
  • 1 bungkus bumbu kentang goreng rasa keju
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdm bubuk cabai
  • 1 kuning telur

Cara Membuat

  1. Rebus susu dan keju parut denga api kecil sampai keju larut dan saus agak mengental.
  2. Tambahkan bubuk cabai ke dalam saus keju
  3. Kocok telur dan tepung maizena dalam piring/mangkuk kecil.
  4. Gunakan teknik pancing untuk memasukkan kocokan telur ke dalam saus keju. Caranya dengan mencampur 1-2 sendok saus keju dengan kocokan telur. Sesudah tercampur rata barulah memasukkan semuanya ke dalam saus keju.
  5. Koreksi rasa. Jika terlalu asin bisa menambah susu.
  6. Sajikan kentang goreng dengan saus keju dan sambal

 Baca juga:

Yuk Bikin Banana Muffin, Camilan Lezat yang Mudah dan Praktis   

Roti Susu Kental Manis, Gampang Bikinnya Legit Rasanya

34 comments

  1. Aku bisa pake style mana aja deh Ambu apalagi kalo laper nyuapin anak lama hahahha wah ternyata dari Belgia yah. Enak nih kentang goreng nya emang aku juga suka pake maizena terus sausnya mayo keju gitu mantabs

    ReplyDelete
  2. wow, kentang yang enak dan saya suka dicocol pakai tangan, masuk kelompok samakan dengan orang Amerika yang mendapat sindiran “Americans eat like animals" nggak apa apa, yang penting enak he..he..he....

    Gaya bercerita yang enak dibaca dan alur yang mengalir. Keren.

    ReplyDelete
  3. Kentang ini camilan kesukaan di rumah cuman tidak dipola ala chef, menarik Ambu kulinernya. Saya tidak suka saos, suka keringan.

    ReplyDelete
  4. wahh panjang juga sejarah kentang goreng ini ya Ambu
    anak anak suka banget makan kentang goreng
    aku biasanya beli yg frozen, hihi
    next mau coba resep ini ah

    ReplyDelete
  5. Duh, apa kabar juga dengan makan baselo ala urang Minang, Ambu. Sudahlah makan pakai tangan, duduknya ga di meja makan lagi, tapi di lantai yg digelar tikar.

    Kentang goreng boleh dicontek juga nih resepnya, saya pikir bikin saus keju untuk kentang itu lumayan ribet, seringnya beli jadi. Setelah membaca ini, mending bikin sendiri. Semangat memasak.

    ReplyDelete
  6. Thank youuu, ada info menarik tentang kentang goreng sama garpu hihi. Fakta menarik yang jarang orang tahu nih. Anyway, aku makan kentang goreng dari dulu selalu pake tangan langsung tp sejak pandemi ini memang bener apa-apa harus pake garpu

    Resep kentang gorengnya menarik mbak, besok mau aku praktekin. Biasanya selalu beli yang udah frozen food gitu

    ReplyDelete
  7. ternyata rahasianya ada pada tepung maizena itu ya, makanya jadi garing di luardan lembut di dalam. Perendamannya tidak ditambahi apa-apa Mbak? Jadi pengen eksekusi segera. Besok ke pasar aaaah

    ReplyDelete
  8. Aku sih biasanya pake tangan, ambil lalu di cocok ke saus-nya. Itu resep kentang goreng dan saus-nya perlu dicoba nih... Untuk camilan dirumah

    ReplyDelete
  9. Ambuuuu,

    Inilah kenapa aku betahhh banget main2 ke blog ini.
    Banyak cerita, insight menarik yg bikin aku terkedjoeettt
    termasuk hal ihwal kentang dan garpu eniih :D

    Btw, aku sukaaa Nino's Home, walo penisirin juga lihat wujud muka doi :D Selama ini, meongnya doang yg eksis di YT :D

    ReplyDelete
  10. Ambu, kayakknya saya tertarik bikin saus kejunya deh. Soalnya saya makan kentang goreng biasanya dicocol sambal botol aja. Saus keju jadi bikin nagih nih buat cocolannya. Btw resepnya boleh nih saya coba di rumah

    ReplyDelete
  11. Ahh kentang goreng ini kesukaan suamiku banget, dulu malah hampir tiap hari makan ini huehehe.. Enak hangat2 sambil dicocol saos ya, nemenin nonton tv malam hari.

    ReplyDelete
  12. Adakalanya sih pakai garpu, karena malas kalau tangan jadi kotor kena minyak atau rimah makanan misalnya sambil kerja. Tapi juga langsung dengan tangan, kalau udah laper hehe

    ReplyDelete
  13. Hahaha, kita mah ngambil makan bahkan makan lebih enak nyocolnya pakai tangan ya kak dan ini yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

    Btw, saya juga suka makan kentang goreng, apalagi dimakan bareng tempoyak Lampung, uenake poolll :D

    Terimakasih kak Maria artikel yang gurih dan segurih resep kentang goreng yang disajikan.

    ReplyDelete
  14. Kalau saya bikin kentang goreng direndem sama kaldu bubuk jamur yang dikasih air trus di masukkan freezer dulu hehehe emang bnayk cara ya ketika mengolah kentang goreng ini yang penting rasanya sedap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sedap rasanya belum sampai ditata cantik udah habis duluan ya kak Bayu hihi. Karena memang rasa tidak akan membohongi selera, eh apa dah haha

      Delete
  15. Wah ternyata begini ya hikayat si kentang goreng, lengkap juga dengan resepnya duh jadi pengen nyobain nih buat sendiri

    ReplyDelete
  16. Ternyata artikel ini membantu banyak pengetahuan, peradaban sampai kuliner menggunakan sendok garpu dalam penggunaan.

    ReplyDelete
  17. Gila sih. Aku penganut makan kentang goreng pake tangan. Dicocol pake saus nikmat. Ketimbang harus repot-repot ngambil garpu.

    Lagian di desa mah kadang kala orang kagak punya garpu. Astaga.. Hahaha....

    ReplyDelete
  18. Kalo aku sih makan kentang goreng pake tangan trus di cocol ke saus sambal, nah kentang goreng nih salah satu cemilan favorit keluarga. Makasih Ambu resepnya, ntar mlm mau di eksekusi nih ๐Ÿ˜‰

    ReplyDelete
  19. Berliku sejarah kentang goreng ternyata.
    Kalau lagi megang mouse sembari BW nyolek kentang goreng dan nyocol ke saus pakai garpu, krn malas tangannya berminyak membuat mouse licin.
    Kalau lagi laper, tentu menikmati kentang goreng ya dicocol menggunakan tangan.

    ReplyDelete
  20. kalo makan kentang goreng, saya lebih suka pakai tangan, hehehe. Beda kalo makan buah yang udah dikupas, saya lebih suka pake garpu

    ReplyDelete
  21. Mpo suka makan kentang rebus daripada kentang goreng. Mpo makan pakai tangan maklum Indonesia banget

    ReplyDelete
  22. Wadduh cemana pula orang Medan ini yang makan pake tangan dan kaki naik 1 ke atas kursi sambil ngonrol pula?? wwkwkkw

    Tapi kaki naik itu hanya berlaku di rumah deng ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  23. Lengkap jadi tahu cerita seputar table manner dan sejarah french fires dan pizza. Makasih, Ambu. Saya pernah tinggal di America, memang nyantai makannya seperti orang Indonesia.., makan pakai tangan dah biasa. Tapi memang lebih nikmat sih ya kalau pakai tangan. Apalagi kalau makan kentang goreng yang kres kres trus dicocolin ke saus keju ..mantaap! Makasih sharing resepnya

    ReplyDelete
  24. Baru tahu nih kalau ditaburi tepung maizena, Mbak. Pantesan nggak sekriuk kayak di luar๐Ÿ˜†. Makasih resepnya mbak. Lebih nikmat langsung dicocol saus sih daripada pake garpu, hehe

    ReplyDelete
  25. kasusnya sama kayak saya kadang agak ribet makan mie ayam pakai sumpit...hehe, tinggal make garpu dan sendok beres tuh semua urusan makan....kalo saya senyamannya aja sih kalo makan.

    ReplyDelete
  26. Aku penyuka kentang goreng. Tapi kl makan ya paling enak sih pake tangan. Langsung hap cocol saos. Kl pake garpu sih ribet menurutku, kecuali kl tanganku gak pengen kotor sih. Hehehe

    ReplyDelete
  27. Mau ikutan jawab. Kalau aku tim cocok pakai garpu karena males kalau tangannya kotor. Tapi kadang kadang juga langsung pakai tangan sih. Jadi kondisional aja.

    ReplyDelete
  28. Aku sih pake tangan aja, lebih dengan dengan sunnah. hehe. Resep kentangnya bisa nih dicoba, kebetulan anak-anak suka banget makanan yang satu ini. Pastinya rebutan

    ReplyDelete
  29. MashaAllah~
    Aku selama ini mengandalkan saus beli, ternyata kalau bikin sendiri pasti jauh lebih enak yaa.. Dan kentang goreng yang enak adalah yang pakai tepung maizena.
    Lezat kriuukks~

    ReplyDelete
  30. Eropa memang begitu ya, merasa rasnya paling tinggi di dunia. Saya mah ikut sunnah nabi aja, makan pakai tangan. Pakai sendok garpu cuma pas di kondangan aja, atau acara-acara resmi. Wkwkwkwk.

    Ngomong-ngomong soal kentang goreng. Kenapa sih buat saya pribadi kentang cuma enak pas baru aja digoreng? Kalau udah letoy, gak suka lagi ambu. Hihihi.

    ReplyDelete
  31. Saya termasuk orang yang gak bisa makan pakai tangan, maksudnya ya apa-apa pakai bantuan sendok/garpu. Makan nasi padang aja, pakai sendok..hihihi. Tapi kalau kentang goreng gini sih, ya langsung aja comotin pake tangan.. ribetlah kalau pakai garpu lagi. Eh ternyata orang Amerika sana pakai garpu toh..

    ReplyDelete
  32. Aku makan kentang pake tangan. Tapi bakal pakai garpu tergantung makannya di mana. Misal, di resto yang memang menerapkan makan apapun serba pakai alat makan sendok+garpu+pisau+sumpit.

    Nah aku pernah nyoba bikin kentang goreng dari nol. Gara-gara anakku yang cewek dapat tugas prakarya masak-masak. Ngikutin petunjuk satu-persatu, ternyata panjang juga ya prosesnya. Ada proses merendam, menyimpan di lemari es, pakai durasi beberapa puluh menit hingga berjam-jam, baru digoreng. hahaha. kalau butuh cepet dimakan ya kelamaan, beli aja udah paling praktis.
    Tapi tentu tujuan tugas itu diberikan guru anakku biar belajar untuk jadi bisa.

    Dari tulisan ambu ini aja aku jadi dapat ilmu cara bikin sausnya. Siap dicatet, dan nanti praktek.

    ReplyDelete
  33. Kalau kita orang Indonesia bisa makan pakai tangan dan pakai sendok garpu juga ya.tergantung makanannya. Hihi..yang penting baca doa. Jadi gemes deh, dengan klaim mereka kl pakai tangan seperti binatang. Tapi memang adatnya beda-beda ya. Btw resep kentangnya bisa nih dicoba. Gampang buatnya

    ReplyDelete