Yuk Bikin Banana Muffin, Camilan Lezat yang Mudah dan Praktis

     
resep masakan


Yuk Bikin Banana Muffin, Camilan Lezat yang Mudah dan Praktis  

Camilan apa yang  paling mudah dibuat?

Saya akan menjawab: muffin!  Gampang banget. Semua bahan cemplugin ke mangkuk blender, operasikan blender hingga semua bahan tercampur rata. Tuang adonan kental ke dalam cetakan yang sudah dipasang cup kertas. Kemudian panggang/kukus deh. Matang deh. Disantap sebagai teman kopi deh.

Nggak punya blender?

Gampang, gunakan mangkuk besar untuk mencampur semua bahan hingga tercampur rata. Andai menambah pisang ke dalamnya, lumatkan dulu pisang dengan garpu, baru campur rata dengan bahan lain.

Gak punya loyang muffin? Sayapun nggak punya loyang muffin kok. Jadi hanya bermodalkan cetakan bolu kukus yang harganya Rp 6,000 - 10.000/lusin. Sedangkan cup kertas sekitar Rp 20.000/500 pcs. Cukup murah kan?

Baca juga:
Banana Oatmeal Muffin (Resep Farah Quinn), Kudapan Sehat di Hari Lebaran
Resep Lumpia Kulit Singkong, Camilan Lokal yang Endeus Endolita

Daftar Isi
  • Muffin, Sajian Paling Mudah dan Praktis
  • Jangan Salah, Ini Beda Cupcake dan Muffin
  • Banana Muffin, Resep dari Luvita Ho
  • Banana Muffin, Resep dari Preppy Kitchen

Saking gampangnya, sering banget ketika sedang ngetik tugas yang dikejar deadline, tiba-tiba lapar, saya pun bikin muffin. Kerjaan beres, perut terisi.
Hasil tambahan: ….. perut bertambah buncit πŸ˜€πŸ˜€

Tapi sungguhan gampang banget bikin muffin. Coba bandingkan dengan pembuatan roti yang harus diuleni dan diresting kurang lebih 1-1,5 jam. Cake yang harus dikocok mentega serta gulanya hingga putih mengembang.

Bahkan bikin gorengan lebih ribet dibanding muffin lho. Sewaktu menggoreng kan harus ditunggu. Jangan sampai gosong. Api kompor harus pas agar gorengan tidak mengandung terlalu banyak minyak. Dan sebagainya. Dan sebagainya......😧😧

Sedangkan muffin cukup campur-campur, adonan masuk cetakan, kemudian bakar/kukus. Anti gagal sebab baking powder mempermudah urusan. Kemungkinan terburuk bentuknya jelek. Seperti banana muffin hasil eksekusi resep Luvita Ho di bawah ini. Maklum pikiran terbelah dua, antara bikin muffin dan tulisan deadline.😒😒😒

Kelebihan muffin lainnya, yaitu mudah disimpan dalam lemari es. Keluarkan sewaktu hendak disajikan, kukus sebentar. Atau jika punya microwave bisa banget digunakan.

Gak pakai lama .. muffin siap dihidangkan untuk sarapan, teman minum kopi, suguhan tamu atau sekadar ganjel perut seperti yang kerap saya lakukan.

Malas menghangatkan muffin? Keluarkan dari lemari es dan biarkan kembali ke suhu ruang, karena gak ada perubahan rasa dan bentuk.

Muffin memang luwes, jauh lebih mudah dibanding cupcake. Padahal dulu saya lebih sering membuat cupcake yang nampak lebih indah dan lebih njlimet.

Cupcake? Apa bedanya dengan muffin?

Ini dia:

 

cup cake or muffin?
hayo tebak, mana cupcake dan mana muffin?  (sumber: cakesdecor.com)


Jangan Salah, ini Beda Cupcake dan Muffin

Sederhananya, “cupcake” adalah miniatur dari seloyang cake yang umumnya berdiameter 20 cm. Dinamakan cupcake karena dulu, sebelum ada penemuan cup pan, cangkir digunakan untuk mencetak dan memanggang.cup cake.

Cara mengukur bahan pun menggunakan cup/cangkir, bukan ditimbang. Mirip kebiasaan nenek kita yang mengukur bahan kue dengan gelas belimbing. πŸ˜€πŸ˜€

Amelia Simms menulis dalam American Cookery tentang resep cupcake yang mulai diperkenalkan pada tahun 1796. Belum mendapat nama “cupcake”, masih “kue yang dipanggang di dalam cangkir kecil”
Istilah cupcake baru diperkenalkan Eliza Leslie melalui buku masaknya yang terbit tahun 1828.

Termasuk baru jika dibandingkan muffin yang telah dikenal sekitar abad ke 10  dan ke -11 di Wales. Menurut FooodReference, pada saat itu muffin banyak dijajakan pedagang tradisional yang menggunakan keranjang dan ditaruh di atas kepala.

Sampai ada lagunya nih gaes:


 


Merupakan makanan khas Inggris dan Amerika, banyak kontroversi mengiringi asal kata “muffin”. Ada yang bilang berasal kata “Moofin” yang merujuk kata “Muffen”atau “Muffe” (bahasa Jerman), yang artinya kue kecil.

Yang lainnya bilang, “Muffin” berasal dari kata Moufflet  (bahasa Perancis), sebutan untuk roti dan makanan lembut yang dipanggang.

Awalnya pembuatan muffin memang mirip roti, yaitu menggunakan ragi kimia (pearlash) yang dicampur ke adonan untuk menghasilkan karbon dioksida. Seiring perkembangan zaman, ragi diganti baking powder dan atau baking soda sebagai pengembang adonan.

Uniknya, di Amerika Serikat ada 3 negara bagian yang mempunyai muffin resmi. Muffin blueberry untuk Minnesota, muffin jagung di Massachusetts,  dan New York dengan muffin apel.

Berbeda dengan cupcake yang rasanya pasti manis, muffin memiliki varian rasa yang kaya. Bisa asin (keju), gurih (sayuran) serta berbagai campuran seperti walnut, kismis, dan tentu saja pisang yang resepnya saya tulis di bawah.

Panjang lebar tentang perbedaan cupcake dan muffin, sebetulnya mudah. Tampilan cupcake selalu cantik karena ada frosting dengan atau tanpa taburan warna warni. Sedangkan muffin polos saja, nggak ada frosting, tapi kaya rasa.

resep Luvita Ho


Banana Muffin, Resep Luvita Ho

Salah satu channel YouTube yang selalu saya kunjungi adalah milik Luvita Ho. Pemenang Master Chef Indonesia session 4 ini gemar berbagi resep andalannya. Cara penyampaiannya lugas, jelas dan mudah dimengerti. 

Selain menulis resep di kolom description, Luvita menjelaskan setiap bahan yang digunakan,  saran penggantian bahan/alat memasak dan koreksinya jika ada.

Jadi kebangetan banget jika gagal mengeksekusi resepnya. 😊😊😊
Gak percaya? Saya mengeksekusi  resep Banana Muffin berikut ini di tengah deadline tulisan.

Resep Banana Muffin (Luvita Ho)

Bahan-bahan:

  • 300 gr pisang, sangat matang dan sudah dikupas
  • 95 gr mentega tawar, lelehkan
  • 25 gr minyak sayur
  • 75 gr gula pasir
  • 75 gr brown sugar/gula aren
  • 100 gr telur (2 buah telur)
  • 230 tepung serba guna
  • 1 sdt baking powder
  • ¼ sdt baking soda
  • 2 gr cinnamon powder (kayu manis bubuk)
  • 2 jumput garam (skip jika menggunakan salted butter atau margarine)
  • ½  sdt vanilla extract
  • 100 gr chocolate chip (saya mengganti dengan muisjes, karena stock habis. Bisa juga dengan kismis)

Cara Membuat:

  1. Siapkan oven pada suhu 170°C, siapkan juga loyang muffin/bolu kukus dengan cup kertas di atasnya.
  2. Ambil mangkuk besar, masukkan pisang dan cincang dengan garpu. Jangan terlalu halus, agar tekstur pisang masih terasa.
  3. Masukkan semua bahan cair (mentega, minyak sayur) ke dalam adonan pisang, campur rata. Lanjutkan dengan memasukkan semua bahan yang tersisa (tepung, telur, gula, baking powder, baking soda, kayu manis bubuk dan vanila extract). Aduk rata.
  4. Terakhir tambahkan setengah dari chocolate chip, aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah dilapisi cup kertas. Hati-hati jangan melewati ketinggian ¾ nya karena adonan akan mengembang.
  6. Taburi permukaan adonan muffin dengan chocolate chip.
  7. Panggang dengan suhu 170°C selama 20 -25 menit, tergantung oven yang digunakan.
  8. Angkat muffin jika telah matang, lakukan test dengan tusuk gigi untuk mengetahui matang/tidaknya muffin.
  9. Sajikan. Muffin paling enak jika dikudap selagi hangat.

    
resep masakan


Banana Muffin, Resep Preppy Kitchen

Preppy Kitchen, channel YouTube lainnya yang selalu saya ikuti. Resep-resepnya mudah dipraktikkan. Namun John Kanell pemilik channel Preppy Kitchen punya gaya yang khas. Dia  tidak mencantumkan resep di description video YouTubenya.

Resep, penjelasan resep, cara membuat dan pernak pernik lainnya tercantum di blog preppykitchen.com. Tentu saja saya suka, karena nggak harus mencatat.πŸ˜€πŸ˜€

Contohnya agar banana muffin sukses dan empuk, Luvita menambahkan minyak ke dalam komposisi bahan, sedangkan  John memberi 6 tips sekaligus, yaitu:

  1. Tambahkan yogurt atau krim asam ke dalam adonan.
  2. Ganti gula putih dengan brown sugar.
  3. Tambahkan setengah pisang ekstra.
  4. Jangan terlalu lama memanggang.
  5. Timbang tepung dengan seksama. Tepung yang berlebihan akan menghasilkan muffin yang padat.
  6. Tambahkan minyak kelapa/minyak sayur

John juga mencantumkan jumlah kalori setiap resep masakannya. Ini sangat penting, karena setiap resep mempunyai komposisi bahan yang berbeda. Jenis bahan juga  kerap berbeda. Untuk resep banana muffin miliknya, John mengkalkulasi kalori sebesar 165.56kcal per pcs muffin.

Ada beberapa modifikasi yang saya lakukan sewaktu mengeksekusi resep Preppy Kitchen, yaitu

  • Menghilangkan cardamom (kapulaga). Saya belum pernah coba untuk membuat kue, takut rasanya gak enak
  • Mengganti all spice dengan cinnamon bubuk
  • Mengganti gula pasir dengan gula palem. Penyebabnya beberapa kali mencoba resep John Kanell, rasanya terlalu manis. Kali ini tetap kemanisan, harusnya takaran gula dikurangi sekitar 25 gram.
  • Menambahkan 100 gram kismis untuk campuran bahan dan topping.

Resep Asli Banana Muffin (Preppy Kitchen)

Bahan bahan:

  • 1 ½  cups all purpose flour (180g)
  • 1 tsp baking powder (4g)
  • 1 tsp baking soda (6g)
  • 1 tsp salt (6g)
  • 1 tsp ground cinnamon (3g)
  • ½  tsp allspice (1g)
  • ¼ tsp cardamom (0.5g)
  • ¾  cup granulated sugar (150g)
  • 5 ½  tbsp unsalted butter (78g), melted
  • ¼  cup yogurt (60mL), plain full fat
  • 2 eggs large
  • 3 bananas Very ripe (1,5 cup)
  • 1 sdt vanilla
  • 100 gram raisin (saya tambahkan)

Cara Membuat

  1. Siapkan oven dengan suhu 170°C. Pasang cup kertas pada loyang/cetakan.
  2. Panggang pisang dengan kulitnya kurang lebih 10 menit agar pisang benar-benar matang dan moist.
  3. Rendam kismis dengan air hangat kurang lebih 30-60 menit, kemudian buang airnya. Tiriskan kismis.
  4. Ambil mangkuk, masukkan pisang matang yang telah dikupas kulitnya. Lumatkan. Tambahkan telur,  yogurt dan mentega leleh, campur rata.
  5. Lanjutkan dengan menambah tepung, gula, baking powder, baking soda, garam, vanilla dan cinnamon bubuk. Aduk hingga adonan menjadi  kental.
  6. Terakhir tambahkan kismis, sisakan sedikit untuk topping. Aduk rata.
  7. Isi cup kertas dengan adonan sampai mencapai ketinggian ¾ , karena adonan akan mengembang.
  8. Panggang dengan suhu 170°C  selama kurang lebih 20 -25 menit.
  9. Test menggunakan tusuk gigi. Angkat jika telah matang.
  10. Sajikan. Yummy πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹


Baca juga:
Resep Pisang Bolen Sejuta Umat yang Mudah, Enak dan Bikin Ketagihan
Roti Susu Kental Manis, Gampang Bikinnya, Legit Rasanya

38 comments

  1. Wah, tampak enak dan menggoda nih Muffin. Saya itu engga pernah bikin kue, paling bantuin ibu cetak kue lebaran pas zaman sebelum nikah. Habis nikah, yang rajin buat kue malah suami. Boleh ya saya save resepnya Ambu, siapa tahu nanti mau bikin muffin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dimulai say, gampang pisan.

      Bisa sambil merem :D

      Delete
  2. Kalo baca review per-baking-an ala Ambu nih, kayaknya ganciiill cincay-lah bikin muffin :D
    Tapi entah pd praktiknya, apakah muffin-ku bakal gagal total atau sakseis :D
    InsyaALLAH siap buat recook!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha emang gampang,karena itu ibu rumah tangga disana biasa bikin muffin untuk breakfast

      Delete
  3. Nanyaaa, pisangnya jenis apa nih kalo untuk muffin? Kali aja pisang talas atau kepok hehe. Krn dua jenis itu yg biasanya u.bahan bikin kue/gorengan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang ambon say, karena mudah dilumat

      kalo pisang lain, seperti pisang kepok, harus direbus dulu

      juga kurang harum

      Delete
    2. Pas banget nih ada pisang ambon di rumah, sudah sangat matang dan anak-anak nggak suka kalau sudah terlalu matang gitu. Bisa nih di eksekusi resepnya. Semoga beneran nggak gagal

      Delete
  4. Pisang diracik menjadi masakan dan sajian kreatif ketemunya pas dikonsumsi keluarga, bedanya suatu saat bisa mengkonsumsi bareng-bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, hayuk bikin Mas Ferry

      sekarang urusan memasak bukan dominasi perempuan lho

      Delete
  5. Keluarga saya paling suka semua yang berbahan pisang. Entah itu bolu pisang, godog pisang, atau banana muffin ini. Adik ipar saya yang perempuan suka bikin sendiri dan bawain kami kalo kebetulan weekend main ke rumah. Selalu jadi rebutan. Yummy.

    Ini ambu recook dari resep Luvita Ho yang Master Chef Indonesia itu kah? Keren bangettt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya, resep Luvita mudah dipraktikkan

      sekarang, kalo beranjang sana ke kerabat, saya selalu membawa kue buatan sendiri. lebih mudah dan murah.

      juga terasa "sentuhan"nya

      Delete
  6. Banan mufin bisa buat sarapan nih atau cemilan minum kopi. Mending bikin jadi banyak daripada beli di toko kue. Mahal

    ReplyDelete
  7. Ada perbedaannya ya, daku hanya engeh untuk bagian makannya aja, hihi. Eh tapi ada resepnya nih, boleh juga biar bisa membuatnya nanti

    ReplyDelete
  8. Saya menitipkan tetesan air liur aja ngeliat fotonya hahahaha. Secara kalau bikin sendiri rasanya gak mungkin. Apalagi gak punya oven. BTW, cake yang mengandung pisang tuh memang enak menurut saya. Dulu almarhumah mertua sering banget bikinin kita. Dan selalu enak. Apalagi jika dinikmati dengan segelas juice murni, kopi atau teh. Nikmatnya komplit deh.

    ReplyDelete
  9. Wah trims mbak gara-gara artikel ini Saya baru tahu kalau cup cake Dan muffin ini beda.padahal sebelumnya kukira sama. Hihihi resepnya super simple ntar eksekusi ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kita memang harus toss virtual kak Aisyah, karena kita se-frekuensi haha. Cuss lah kita coba resepnya Ambu

      Delete
  10. aku sering bikin, tapi pake cetakan bolu biasa. Aku bikinnya versi ekonomis, ga pake mentega tawar, cuma pakai minyak sayur. Gulanya pun gula pasir biasa dan ga pake kayu manis, rasanya tetep enak... tapi kalau bahannya lebih lengkap seperti ini rasanya jadi lebih enak sih ihihihi

    ReplyDelete
  11. Nyam nyam jadi kepengen bikin deh.
    Ooo beda ya dengan cupcake, selama ini kirain cupcake nama kerennya hehe
    Yoghurtnya pilih yang kemasan yang kyk krim gtu ya bun? Bukan yang yoghurt cair kan ya?

    ReplyDelete
  12. betuuul, aku juga nggak punya blender nih mbak karena yang terakhir blendernya rusak hiks. Aku butuh blender buat bikin bumbu kilat sebenarnya. Dan begitu baca postingan ini jadi pingin beli blender juga.

    dan pas banget bisa buat bikin muffin juga akrena Julio juga suka banget sama muffin, apalagi yang coklat. Kapan kapan mau bikin yang banana juga, save duluresepnya ya Mba

    ReplyDelete
  13. Mantap banget ini berbagi 2 resep banana muffin. Kalau berdasarkan hasilnya, enakan mana ya versi Preppy atau versi Luvita Ho mba?

    ReplyDelete
  14. bikin banana mufin sendiri ternyata gampang ya Ambu.
    enak banget dinikmati saat sore hari sambil ngeteh

    ReplyDelete
  15. Ambuu.. makasih banyak resep banana mauffinnya. Patut dicoba nih ambu. Dan memang iya sih ya.. muffin dan cupcake itu sekayak mirip ya. Dari sejarahnya juga beda.. dan baru tau sejarah cup cake dari artikel ini

    ReplyDelete
  16. Ambuuuuu..pengen nyomot dua aja atulaah banana muffinnya.
    Ini favorit banget, sering bikin juga karena gampang dan olahan banana anakku sukaa,kalo banana aja ga sukaeun. jadi mau ga mauu emaknya mesti rajin bikin olahan banana salah satunya muffin.
    Dan sama juga aku lebih suka pake brown sugaar, yummy.

    Nanti mau nyobain resep ambu ini ahh..

    ReplyDelete
  17. Enak juga ya kak nyantap ini banana muffin. Kalo di Lampung ada Banana Foster Lampung, jadi bahan rotinya dari pisang. Lampung terkenal dengan pisang. Jadi banyak bisnis makanan berbahan pisang.

    Btw, melihat Banana Muffin di atas jadi pengen...hehe :)

    ReplyDelete
  18. kesukaanku nih bolu berbau banana gini, muffin ini kalau dibahasa indonesiakan masuk tekstur bolu kan, Ambu?

    ngebaca catatannya ambu nih kayaknya gampil banget cara membuat bananan muffin nih. Bahkan lebh simpel dri buat gorengan yaa, hihi. sayang ga punya kukusan dan oven, kalau dibuat di atas rice cooker kira-kira jadi ga ya, Ambu?

    ReplyDelete
  19. Kebetulan kemarin saya juga belajar coba bikin muffin milo bareng ibu saya cuman hasilnya gagal karena bubuk milonya kelebihan ^^ jadinya ya muffinnya malah meluber ke bawah.


    Boleh nih jadi mau praktekin juga :)

    ReplyDelete
  20. wow jadi ngiler pengin buat muffin. Dalam pikiran saya, sulit loh buat muffin. Thanks komplit banget pembahasan tentang muffin, dari histori hingga resep dan caranya.

    ReplyDelete
  21. Wah Ambu resepnya mantul ya bisa paket blender. Aku baru tahu bedanya muffin sama cupcake itu. Baru aja ank2 makan cupcake pas lebaran dg hiasan Pondan yg menggoda. Muffin lebih gurih dan variatif ya isinya.

    ReplyDelete
  22. Ngeliatnya aja udah bikin ngiler, hehe. Di rumah ga ada oven :( Jadi sejauh ini kalo pengen mesti beli..

    ReplyDelete
  23. Mau coba bikin ah, kebetulan aku ada pisang juga di rumah. Tapi aku panggangnya pakai oven tangkring.

    ReplyDelete
  24. Muffin ini memang lebih kaya rasa ya, gak cuman manis seperti cupcake. Pantesan anakku doyan banget. Aku mau coba praktekin nih, sekalian udah lama ga pake oven :)))

    ReplyDelete
  25. Wah iya yah kalo cupcake itu miniatur dari cake yang besar. Baru tau nih, nambah pengetahuan per-kue-an hihi

    ReplyDelete
  26. Wah ternyata bikin muffin gampang bgt ya. Aku gak pernah kepikiran bikin muffin sebelumnya, tapi mau coba nih. Makasi resepnya haha

    ReplyDelete
  27. Emang sekilas cupcake dan muffin hampir gaak terlalu jauh berbeda ya dari segi bentuknya.
    Tapi sama sama enak kok, apalagi resep Banana Muffin nya mudah banget untuk kita coba didapur, bakalan nyoba buat juga nih.

    ReplyDelete
  28. Ambu udah coba kedua resep di atas kah?

    Btw kalo ngga punya oven ngga bisa yah? πŸ˜‚

    ReplyDelete
  29. Makasih mbak resepnya... Jadi pingin nyobain. Sepertinya gampang ya, tanpa mixer pun bisa, praktis.

    ReplyDelete
  30. Dulu pernah belajar bikin muffin, tapi suka gagal terus sampai sekarang. Tapi pengen banget nih cobain resepnya.

    ReplyDelete
  31. Aaaah banana muffin itu juara banget buat saya Ambu

    Dulu punya art almarhum yang suka banget buatin banana muffin. Lezatnya masih keinget sampe sekarang. Sukaaaa pake banget!

    ReplyDelete