Resep Pisang Bolen Sejuta Umat Yang Mudah, Enak dan Bikin Ketagihan!

 

Resep Pisang Bolen Sejuta Umat yang Mudah, Enak dan Bikin Ketagihan!


Sering mengudap pisang bolen? Atau malah baru dengar?

Dipopulerkan pertama kali oleh Kartika Sari Bandung, pisang bolen adalah camilan berbalut kulit pastry yang dipanggang. Jadi ada lapisan gurih berwarna kuning emas, berpadu isian pisang dan keju/coklat yang manis.

Nama bolen kemungkinan besar dari kata ‘molen’ , alat pengaduk semen yang berputar. Berasal dari Bahasa Belanda, molen yang artinya kincir/peralatan yang berputar, contohnya windmollens (kincir angin). Juga ada oliemolen (pengepresan minyak) korenmolen (penggilingan biji-bijian), zaagmolen (pabrik gergaji), poldermolen (turbin air).

Uniknya ada 2 jenis camilan yang bernama mirip namun beda,  yaitu pisang bolen dan pisang molen.

Pisang molen merupakan camilan pisang yang digoreng. Dililit lembaran adonan tepung terigu yang tipis hingga mirip alat pengaduk semen. Penipisan dilakukan dengan alat pembuat mie. Karena digoreng, pisang molen teksturnya crunchy, kriuk-kriuk. Rasanya gurih.

Sedangkan pisang bolen yang lebih mirip gundukan segi-4, diproses dengan cara dipanggang. Cara membuatnya lebih ribet. Pisang dibungkus kulit pastry sebelum dipanggang. Hasilnya lapisan kuning keemasan yang gurih dan empuk.

Termasuk jajanan pinggir jalan (street food), harga pisang molen lebih murah, sekitar Rp 1.000/buah. Sedangkan pisang bolen bervariasi, tergantung penjual dan  besar/kecil ukurannya. Penjual pisang bolen Kartika Sari mematok harga Rp 50.000-Rp 80.000/10 buah.

Sekitar tahun 1984, sebelum dijual di toko kue yang megah dan berlokasi di jalan utama kota Bandung, pembeli harus mlipir ke Jalan H. Iskat, jalan setapak tempat Ratnawati Purnomo membuat dan menjual pisang bolennya. Lokasinya di sekitar stasiun kereta api Kota Bandung.

Isi

  • Apa Beda Pisang Bolen Dengan Pisang Molen?
  • 5 Jenis Pisang Yang Cocok Digoreng/Dikukus Sebelum Disantap
  • Resep Pisang Bolen Sejuta Umat Yang Mudah dan Anti Gagal

Pandemi COVID-19 yang memaksa harus work from home, ditambah akses internet lancar nan berlimpah ruah, membuat saya kerap mantengin channel masak memasak. 

Dannnn …..ternyata para food YouTuber membuat terobosan dalam membuat pisang bolen. Tidak lagi menggunakan shortening dan cara-cara ribet. Lebih simple. Bahan utamanya cuma tepung terigu, margarin, dan air. Ada gula dan garam yang jika dihilangkan nggak ngaruh di penampilan. 

Agar rasanya enak,  pemilihan pisang untuk pisang bolen nggak boleh ngasal. Isian bisa diganti sih, dengan keju, tapai singkong, ubi manis serta apapun yang disukai. Namanya tentu berubah menjadi bolen keju, bolen tapai, atau bolen ubi. 

Pisang yang digunakan untuk pisang bolen biasanya khusus pisang olahan (digoreng, dikukus atau dibuat kolak) Jenis pisang lainnya, misal pisang ambon akan menjadi lembek jika dimasak.

pisang nangka, salah satu jenis pisang untuk isian pisang bolen


5 Jenis Pisang Yang Cocok Digoreng/Dikukus Sebelum Disantap

“Nyakrek”, dalam Bahasa Sunda, berarti sensasi keras suatu makanan saat disantap. Demikian juga pisang untuk isian pisang bolen. Harus nyakrek, mempunyai tekstur padat dan agak keras. 

Kadar air yang dimiliki pisang juga relatif rendah. Tidak boleh lembut dan lembab seperti pisang ambon sebab pisang harus digoreng/dikukus dulu sebelum dicetak menjadi pisang bolen. 

Apa saja jenis pisang tersebut?

Pisang Raja

Mudah ditemui di Indonesia. Harganya relatif murah karena ketersediaannya melimpah. 

Pisang raja bisa disantap tanpa diolah. Warna kulitnya kuning, rasanya manis dan aromanya harum. Anehnya bukan termasuk pisang olahan favorit di kawasan Jawa Barat. Penyebabnya mungkin kulit buahnya tebal, sementara daging buahnya tidak setebal pisang olahan lain.

Pisang Kepok    

Duh pisang favorit nih. Sayang sulit ditemui di Jawa Barat. Karena itu pulang dari Jogja biasanya saya memilih menggembol pisang kepok dibanding oleh-oleh lain.🙂🙂

Bisa dikukus, tapi biasanya saya goreng tanpa tepung. Hasilnya daging buah pisang yang kenyal,  tidak mudah hancur dan tidak menyerap terlalu banyak minyak. Disajikan dengan taburan muisjes dan serutan keju. Wuih sedappp.

Sulit ditemukan, saya harus ekstra hati-hati saat berbelanja pisang kepok di Jawa Barat. Bisa salah membeli pisang jimbluk atau pisang awak. Rasanya sama-sama manis dan bisa dikukus. 

Juga jangan salah pilih pisang kepok putih yang kurang manis dibanding kepok kuning. Biasanya saya minta garansi pada penjual bahwa dia menjual pisang kepok kuning. 😀😀

Pisang Tanduk

Bentuknya yang melengkung mirip tanduk membuat pisang ini disebut pisang tanduk. Terkadang namanya bertambah menjadi pisang raja tanduk. Mungkin karena masuk kelompok pisang raja.

Diantara ke-5 pisang olahan, pisang tanduk mempunyai ukuran paling besar, bisa mencampai 25-35 cm. Jika sudah diolah rasanya enak banget. 11-12 lah dengan pisang kepok. 

Harus hati-hati saat membeli pisang tanduk. Sebab ada varian pisang yang mirip, tapi daging buahnya putih dan rasanya tak seenak pisang tanduk. Di Jawa Barat disebut dengan pisang kapas, harganya lebih murah dibanding pisang tanduk.

Pisang Nangka

Saya pernah terkecoh oleh pisang nangka. Tumbuh di halaman rumah kontrakan, warnanya kuning emas, harum dan gemuk-gemuk mirip pisang ambon. Ketika dikupas dan disantap, ternyata: gak enak! Rupanya varian dari pisang nangka.

Pisang nangka yang umum di pasaran berkulit hijau dan beraroma harum, mirip buah nangka. Tekstur dagingnya agak keras yang berubah empuk saat digoreng.

Pisang nangka menjadi idola penjual gorengan di Jawa Barat. Selain rasanya enak dan harum, harganya pun relatif lebih murah dibanding pisang raja tanduk.

Pisang Uli

Disebut juga pisang muli, pisang emas, serta sebutan lain. Warnanya kuning terang sehingga disebut pisang emas. Selain pisang raja, pisang uli bisa disantap tanpa diolah lebih dulu karena rasanya sangat manis, dengan tekstur daging buah yang empuk, lembut dan lembek ketika telah matang.



Resep Pisang Bolen yang Mudah dan Anti Gagal

Seperti telah disebut di atas, alih-alih terbuat dari korsvet dan diolah secara ribet, cara membuat pisang bolen kini menjadi mudah banget. Hanya terdiri dari 3 bahan utama, yaitu tepung, margarine dan air. Bahan lain boleh ditiadakan jika kepepet gak ada. 

Saking mudahnya, resep sejuta umat ini bertaburan di YouTube. Saking mudah pula, kini saya sudah hafal resep pisang bolen, tapi malah lupa siapa pemilik resep yang dulu saya gunakan.  😢😢

Yang pasti bukan resep Fatmah Bahalwan yang masih menggunakan resep ori pastry. Juga bukan resep dari Luvita Ho dan Devina Hermawan. Dua nama jebolan Master Chef ini belum pernah sharing resep pisang bolen (hafal banget ya saya? 😀😀) 

Baca juga:    
Pancake Korea dan Risol Sosis, Camilan Lezat yang Nagih!
Korean Garlic Cheese Bread, Resep Laziz Devina Hermawan
Resep Pizza Anti Gagal, Mudah dan Cepat, Hanya 7 Menit!

Resep Pisang Bolen yang Mudah dan anti Gagal

Bahan yang Diperlukan

Bahan A

  • 100 gram tepung terigu serba guna
  • 75 gram margarin
  • 1 sdm minyak goreng

Bahan B

  • 200 gram tepung terigu serba guna
  • 50 gram gula pasir
  • 75 gram margarin
  • 80 ml air

Bahan isi:

  • 5-6 buah pisang raja tanduk (bisa diganti sesuai selera)
  • Potongan keju cheddar/muisjes/serutan dark cooking chocolate (DCC)/sesuai selera

Bahan olesan

  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdm susu cair/madu/sesuai selera

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang brownies, bisa juga loyang segi 4, lapisi dengan carlo/kertas baking.
  2. Kukus pisang, dinginkan. Kupas dan potong sesuai jumlah pisang bolen yang diinginkan, sekitar 14-20 buah. Semakin banyak, maka lapisan adonan akan semakin tipis.
  3. Campur bahan A, aduk hingga rata, tutup/bungkus plastik, sisihkan.
  4. Campur bahan B, aduk hingga rata, tutup/bungkus plastik, sisihkan.
  5. Ambil adonan A, bagi 14 (atau sesuai selera) kemudian bulatkan. Lanjutkan dengan adonan B, bagi 14 dan buat bulatan-bulatan juga.
  6. Pipihkan bulatan B, masukkan bulatan A, kemudian gilas tapi jangan terlalu tipis. Gulung. Tipiskan lagi. Gulung lagi. Sisihkan. Lanjut hingga semua adonan selesai digilas dan digulung.
  7. Ambil satu gulungan, pipihkan dengan rolling pin, tapi jangan terlalu tipis. Isi dengan potongan pisang dan keju/muisjes/DCC (sesuai selera), kemudian lipat bentuk amplop. Teruskan hingga semua gulungan adonan selesai diisi.
  8. Tata pisang bolen dalam loyang, olesi permukaan pisang bolen dengan kuning telur dan susu/madu.
  9. Panggang pisang bolen dalam oven yang telah dipanaskan kurang lebih selama 15 menit.
  10. Setelah kurang lebih 15 menit, angkat loyang berisi pisang bolen, olesi lagi dengan kuning telur dan susu/madu, beri topping keju/muisjes/DCC, panggang lagi hingga matang atau nampak kuning kecoklatan.
  11. Angkat pisang bolen yang telah matang. Dinginkan 5-15 menit sebelum diangkat dan disajikan.


18 comments

  1. Wah, iya nih kalau beli pisang boleh kan lumayan harganya seloyang dua loyang belum tentu cukup hahaha :) Mendingan bikin sendiri, kalau premium pilih pisang tanduk ya mbak :D Susunya cuma dibutuhkan sedikit aja yach? Kalau ditambah ga apa2 kan malah makin creamy wkwkwkw :D

    ReplyDelete
  2. Saya kalau ke Klaten, pasti balik ke Malang juga bawa pisang kepok. Soalnya di Malang adanya kepok putih.

    Pas banget di rumah ada pisang tanduk, biasanya digoreng aja. Bisa nih dicobain bikin bolen.
    Kapan cobainnya? Ntar nunggu punya oven hehehe....

    ReplyDelete
  3. Ulalaaaa, makasii resepnya Ambuuu
    aku di rumah ada microwave oven.
    moga2 bisa nih buat baking pisang bolen

    ReplyDelete
  4. Mbak aku tuh saking sukanya bolen kartika sampai bela-belain pakai jastip mbak. Tapi ternyata ada resep yang super simple ya, bertaburan pula di YouTube wkwkwk aduh newsfeed YouTube ku kalau nggak drakor ya drachin sih ...

    ReplyDelete
  5. Baru tahu aku ada pisang bolen, bisanya sih pisang molen. Namun, walau keduanya terbuat dari pisang, harganya jauh berbeda ya.😄

    ReplyDelete
  6. Wah asyiik noted mba. Karena pisang tu paling favorit di rumahku. Jajanan pisang yang sering kubuat pisang coklat.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah Ambu enak banget sepertinya. Aku nggak kepikiran bisa bikin pisang bolen sendiri. Selama ini selalu beli jadi. Tapi sepertinya nggak gitu sulit ya? Jadi pengen nyoba. Eh tepatnya mau nyuruh anak yang hobi masak buatin. Mamanya bagian nyobain. Ha...ha...

    ReplyDelete
  8. Kalau makan pisang bolen, cukup satu aja udah kenyang, ukurannya lumayan. Kalau molen biasanya beli yg mini, murah dapat banyak. Ternyata bahannya gampang dicari

    ReplyDelete
  9. Saudaraku ada yang jualan Pisang Bolen. Kalau lagi pengen, beli di sana soalnya gak pinter baking. Sebenarnya sih aku lebih suka pisang Molen dengan size sedang. Yang mini juga enak ding

    ReplyDelete
  10. Suka deh dengan pisang bolen. Walopun krucil ada yang gak suka. Kepengen bisa bikin sendiri. Selama ini selalu beli. Nanti nyoba aaah. Walopun untuk hasil, pasti gak bisa bagus. :D

    ReplyDelete
  11. Wowww... Bolen Pisang Ambon, legit banget ini mah. Makasih banyak ya mbak resepnya, nanti cuss bikin ah. Kmrn pernah bikin 2x tapi masih ambyar soalnya. Hahaha

    ReplyDelete
  12. lama juga nggak pernah makan pisang bolen versi yang seperti ini
    yang masih sering aku beli yang versi molen mini mbak
    biasanya kalau beli pisang bolen, aku pesen ke temen, karena nggak jago juga kalau mau masak sendiri

    ReplyDelete
  13. ternyata membuat pisang bolen sendiri juga mudah ya mbak
    pasti klo buat sendiri bisa puas makannya, bisa jadi banyak daripada beli

    ReplyDelete
  14. Aku udah lama gak bikin pisang bolen, jadi ingat cemilan favorit anak-anakku. Dulu aku bikin pakai resep siapa juga lupa, tapi emang ribet karena pakai korsvet. Mau deh nyoba resep Ambu, yang praktis ini

    ReplyDelete
  15. Kalau saya sih lebih suka pisang kepok karena memang enak rasanya baik digoreng atau dikukus. Pisang tanduk juga lumayan enak.

    ReplyDelete
  16. Wah menarik banget, aku belum pernah bikin Pisang Bolen tapi jadi pengen nyoba resep yang diShare sama Ambu...apalagi sering dapet kiriman aneka macam pisang yang ditulis Ambu dari Mertua...biar anak-anak dna suami makin gembul

    ReplyDelete
  17. Dari dulu pingin banget bisa bikin pisang bolen sendiri. Nah sekarang dapat deh resepnya, makasih ya mbak

    ReplyDelete
  18. Tapi Ambu...kalau beli pisang bolen kartika sari tuh...pas digigit, pisangnya kaya ada madunya gitu..
    Meleleh dan maniiiss..
    HIhii...apa ada tambahan bahan agar pisangnya begitu?

    ReplyDelete