Pancake Korea dan Risol Sosis Sunny Gold, Camilan Bergizi yang Nagih!

 

Yachaejeon, Pancake Korea dan Risol Sosis Sunny Gold, Camilan Bergizi yang Nagih!


“Ma, lapeeerrrr….”

Sering mendengar anak-anak tercinta berkata demikian? Terkadang bukan karena benar-benar lapar lho. Mereka cuma ingin ngemil atau mengunyah sesuatu.

Nah, mumpung mereka yang minta, alih-alih kripik atau biskuit, gimana jika kita membuat camilan bergizi? Untuk mematuhi ajuran Kemenkes RI tentang “isi piringku”, yaitu harus memastikan 12 hingga 15 persen dari porsi makanan hariannya merupakan sumber protein.

Ya apa salahnya mengikuti anjuran? Agar anak-anak tercinta terpenuhi kebutuhan  pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan tubuhnya.  Juga memaksimalkan perkembangan otak mereka.

Baca juga: Anak Susah Makan? Pahami 7 Pedoman Berikut!

Isi
Camilan Bergizi Untuk Keluarga Tercinta
Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan
Mengapa Memilih Frozen Foods Sunny Gold?
Resep Yachaejeon, Pancake Korea Isi Sosis Sunny Gold
Resep Risol Isi Sosis Sunny Gold

Tapi pan ribet, apalagi sedang pandemi!

Eits demi anak nggak boleh bilang ribet lho, daripada nanti menyesal. Terlebih sekarang banyak frozen food yang bisa mengisi stok makanan.  Jangan lupa sayuran tahan lama seperti kol dan wortel, agar siap membuat sajian untuk ananda tercinta.



5 Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

Khusus frozen food, saya biasanya memilih daging ayam karena masuk kategori  daging putih, atau mengandung asam lemak tidak jenuh. Saya kan harus menjaga keluarga dari penyakit degeneratif dan overweight.

Kasihan banget jika mereka gemuk, ya? Gerak mereka jadi lamban. Ditambah bullyan teman-temannya, duh.

Padahal maanfaat daging ayam nggak kalah dengan daging merah lho (sumber ) yaitu:

  1. Mengandung beberapa vitamin penting dan mineral seperti zat besi. Vitamin B yang terkandung dalam daging ayam berkhasiat mencegah katarak dan masalah kulit, vitamin D untuk penguatan tulang dan penyerapan kalsium secara maksimal. Sedangkan zat besi dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin dan meningkatkan aktivitas otot.
  2. Vitamin B juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Mengonsumsi vitamin B secara rutin dapat menghindari dari rasa khawatir dan stress.  Mereka yang mengonsumsi Vitamin B secara rutin dapat  terhindar dari penyakit kehilangan memori seperti Alzheimer.
  3. Lawan anemia dengan mengonsumsi daging ayam. Karena selain zat besi, daging ayam mengandung Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin K dan zat besi. Rutin mengonsumsi daging ayam akan meningkatkan produksi sel darah merah dan tubuh terselamatkan dari anemia.
  4. Daging ayam mengandung banyak protein yang bermanfaat melindungi tubuh dari ancaman kanker usus besar.
  5. Daging ayam menjaga kesehatan jantung. Daging ayam mengandung lemak tak jenuh sehingga konsumen akan terhindar dari penyakit kardiovaskular seperti stroke. Juga  mengandung mineral seperti fosfor dan magnesium yang ramah bagi kesehatan jantung.

Walau daging ayam mengandung banyak gizi, diperlukan kejelian dan kehati-hatian dalam memilihnya. Jangan asal beli, terlebih jangan tergiur harga murah.

Beberapa tahun lalu, sewaktu masih bisnis kue, saya sering ke pasar untuk belanja bahan, dan …..  ya ampun, saya melihat sendiri dong daging ayam dibubuhi serbuk putih. Entah apa, yang pasti tujuannya agar daging ayam awet/tahan lama.

Serem ya? Lha jika mengonsumsi daging ayam seperti itu, jangan-jangan daging dalam tubuh  kita bakal “awet” juga. 😢😢


sumber gambar sausage sunny gold: sunnygoldnugget.com

Mengapa Memilih Frozen Food Sunny Gold?

Apalagi memilih frozen food, harus lebih ekstra hati-hati. Sebagai konsumen, kita kan nggak tau kualitas daging ayam yang menjadi bahan pembuat frozen food tersebut. Jangan-jangan daging ayam yang gak laku dijual.

Duh, untuk santapan keluarga lho. Jika nggak hati-hati bisa berefek jangka panjang pada kesehatan. Karena itu saya hanya memilih frozen food Sunny Gold yang terjamin dan mempunyai beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Produk lebih juicy. Frozen food Sunny Gold diolah dari daging ayam pilihan, sehingga rasanya lezat, lembut di mulut dan bikin ketagihan.
  • Punya banyak varian, seperti nugget ayam, sosis ayam, karage, tempura, furai, bahkan kulit ayam nan crispy.
  • Warna breadcrumbs lebih cerah. Indikasi rendahnya proses frozen food Sunny Gold. Produk yang mengalami proses kimia tinggi akan menyebabkan karbonasi (gosong) dan memicu sel kanker.
  • Penyerapan minyak (sampai dengan) 40 % lebih sedikit. Penting banget ya, karena pemakaian minyak yang berulang-ulang dapat berakibat terbentuknya radikal bebas, senyawa penyebab kanker.
  • Golden quality. Produk berkualitas premium karena terbuat dari bahan baku terbaik, dengan menggunakan teknologi mutakhir dan sudah melalui pengawasan ketat berstandar internasional.

Sunny Gold menjamin hanya  bahan baku premium yang digunakan, dan termasuk golden quality, sesuai aspek:

  • Hanya dari bibit terbaik, yaitu indukan bersertifikasi tinggi
  • Peternakan bersih dan nyaman. Berdasarkan kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh & Halal)
  • Pakan tepat untuk ayam sehat, yaitu terakreditasi ISO 9001 & ISO 22000
  • Pabrik berteknologi canggih. Hanya SDM standar internasional yang memroses frozen food Sunny Gold.

 

Resep Yachaejeon, Pancake Korea Isi Sosis Sunny Gold

Demam K-pop dan K-drama membuat nama masakan kita berubah. Padahal nggak jauh beda dengan kuliner yang kita miliki lho. Salah satunya yachaejeon atau pancake Korea.
Yachaejeon mirip bakwan di Jawa Tengah, ote-ote di Jawa Timur atau bala-bala di Jawa Barat. Sama-sama terbuat dari beragam sayuran, telur dan tepung.

Bedanya yachaejeon nggak digoreng dengan banyak minyak. Hanya dipanggang di atas pan dengan sedikit minyak. Karena itu disebut pancake. Yang pasti hasil akhirnya lebih menyehatkan.

Bikin yachaejeon asyiknya bareng anak-anak. Mereka bisa mengupas wortel/kentang, mengiris daun kol dan memotong sosis.  Worth it lah hasil irisan/potongan nggak beraturan, yang penting tercipta bonding yang mesra, yang akan mereka ingat hingga dewasa kelak.

Saya biasa menggunakan resep yachaejeonnya Devina Hermawan. Tapi saya modifikasi. Bentuk pancake sebesar loyang saya ubah menjadi kecil-kecil agar mudah dibalik, lebih cepat matang, juga lebih mudah disantap.

Baca juga : Devina Hermawan dan Resep Tempe Katsu nan Laziz

Selain itu, agar rasanya lebih lezat,  saya mengganti irisan cabai Irisan yang digunakan sebagai topping oleh Devina, dengan potongan sosis yang banyak.


Resep Yachaejeon Sosis Sunny Gold (Resep Devina Hermawan)

Bahan-bahan yachaejeon :

  • 1 pak sosis ayam Sunny Gold isi 6 buah, potong kecil-kecil.
  • 5 lembar daun kol/  ¼ kol ukuran kecil, iris tipis
  • 1 buah kentang, iris memanjang, saya memarut dengan parutan sayur/buah.
  • 1 wortel besar, iris memanjang
  •  1-2 batang daun bawang, iris memanjang


Adonan tepung

  • 8 sdm tepung terigu
  • 4 sdm maizena
  • 1 butir telur
  • 200 ml air
  • 2 sdt kaldu ayam / penyedap
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica


Cara membuat:

  1. Campur irisan kol, kentang, wortel, bawang daun dan setengah bagian sosis Sunny Gold dalam sebuah mangkuk, aduk rata.
  2. Campur semua adonan basah (telur, tepung, air dan bumbu-bumbu), aduk hingga rata. Hasilnya, adonan tepung yang encer.
  3. Masukkan adonan tepung ke dalam campuran sayuran dan sosis Sunny Gold. Aduk rata.
  4. Panaskan pan anti lengket, beri sedikit minyak. Dengan bantuan sendok, buat pancake yachaejeon. Satu sendok satu cetakan. Beri topping sosis Sunny Gold diatasnya.
  5. Setelah bagian bawah kering, baru balikkan pancake, dan masak hingga matang.
  6. Angkat, sajikan.



Resep Risol Isi Sosis Sunny Gold

Jerry Andrean, peserta dan akhirnya menjadi pemenang Master Chef Indonesia session 7, sempat diketawain oleh team juri sewaktu menyebut gorengannya sebagai risol. Jerry dianggap nggak tahu bedanya risol (risoles), pastel dan kroket.

Padahal Jerry nggak salah. Di Bandung, yang dimaksud risol adalah camilan berisi bihun, dan sayuran yang dibungkus kulit lumpia, kemudian digoreng.

Selain yachaejeon saya juga sering membuat risol Bandung yang rasanya pecah di mulut. Karena selain mengisi dengan bihun dan sayuran, saya menambahkan sosis  lezat Sunny Gold.

Oh iya, saya menggunakan bihun siap pakai yang sudah ada bumbunya ya. Agar nggak ribet menakar. Jika nggak ada, silakan diganti. Sesuai selera.


Resep Risol Sosis Sunny Gold (resep modifikasi sendiri) 

  
Bahan-bahan:

  • 1 pak bihun siap pakai (merk apa saja)
  • ¼ kol ukuran kecil, iris tipis  
  •  1 wortel besar/2-3 ukuran sedang, iris memanjang
  • 1-2 batang daun bawang, iris memanjang
  • 1 pak sosis Sunny Gold isi 6, potong kotak-kotak kecil
  • 2 siung bawang putih, geprek dan cincang
  • 2-3 sdm minyak untuk menumis
  • 20 lembar kulit lumpia


Cara membuat:

  1. Rebus bihun sesuai petunjuk di kemasan, angkat, tiriskan. 
  2. Tumis bawang putih dan irisan daun bawang bagian putih hingga harum
  3. Selanjutnya masukkan irisan sayuran, bumbu bihun, bihun yang telah dimasak dan potongan sosis Sunny Gold. Aduk rata. Cicipi, koreksi rasa.
  4. Setelah sayuran matang, angkat isian risol, dinginkan.
  5. Siapkan kulit lumpia. Ambil selembar dan beri isian, bentuk amplop kemudian padatkan. Olesi ujung kulit lumpia dengan air atau putih telur, rapatkan. Lanjutkan hingga seluruh kulit lumpia terisi.
  6. Panaskan minyak dalam penggorengan. Api sedang. Goreng risol sampai matang/berwarna kuning keemasan. 
  7. Angkat. Sajikan.

15 comments

  1. Wah aku baru tahu mba ternyata kandungan daging ayam tu banyak bgt ya. Pikir ku sih cuma mengandung protein gitu aja.
    Ternyata mengandung vitamin A, E dan bisa mencegah penyakit jantung.
    Dapat banyak info & resep mampir di sini. Maaciiw mba 🤗

    ReplyDelete
  2. Makasih resep pancake koreanya, ambuuu...
    Beneran deh postingan ini jadi inspirasi bikin cemilan buat anakku, hihihi...

    ReplyDelete
  3. Yachaejeon, Pancake Korea dan Risol Sosis Sunny kulinernya menarik jadi pengen mencoba....

    ReplyDelete
  4. Makasih resepnya ya ambu, jadi pengen langsung praktik nih di dapur. Apalagi pancake koreanya itu looo waw bikin ngeces deh.

    ReplyDelete
  5. Ambuuu, aku juga ngeri kalo lagi ke pasar dan lihat divisi ayam, ikan, dll.
    Kentara banget ada zat2 pengawet yg dihambur2kan di sana :(((

    Btw, boljug nih resep Yachaejeon, Pancake Korea-nya. Bisa dimakan sambil nonton oppa2 drakor :D
    Hallyunisasi emang super FUN! wkwkwk, apalagi Isi Sosis Sunny Gold, makin maknyusss

    ReplyDelete
  6. Duh..duh..ambu, pagi-pagi buka blog ambu auto pengin kan ya, pengin gerak meracik juga makanan itu, emang untuk urusan kulit risol, ampuuun deh aku belum berhasil bikin kulitnya sampe sekarang, beli aja jadi lalu isiannya tinggal buat sendiri. Anyway aku belum tahu merk sunny gold ambu, apa baru ya? atau aku nya aja yang gak tahu, duh! thankiss infonya ambu...

    ReplyDelete
  7. Betul banget ambu, kalau sama anak pantang bilang ribet ya. Kalau aku malah seneng banget kalau anak-anak nanyain cemilan, malah buru-buru pingin kerjain apa yang mereka minta. Aku pun sering order frozen food, kalau anak minta tinggal masak/panasin, tapi tentu memilih yang sehat untuk mereka. Kebetulan di komplek ku ini banyak tetangga yang jualan online, produk2nya bagus2 buat dikonsumsi secara sehat. Termasuk makanan Korea :D

    ReplyDelete
  8. Saya pelanggan rutin jenama SUNNY GOLD. Tastenya jempolan dan isinya padat. Apalagi Sosisnya itu. Recommended dah pokoknya. Di rumah, sosis ini sering tak jadikan sumber protein untuk sop atau ditumis bareng mixed-vegetables. Kapan-kapan nyobain ah dijadikan risol seperti resep di atas.

    ReplyDelete
  9. produk sunny gold memang enak banget ambu.. Saya setiap belanja mingguan beli sosis, nugget atau chiken wing nya sunny gold buat stok di kulkas, biar kalau tengah malam lapar g ribet masaknya hihi.... btw sebagai orang yang g bisa makan ikan, aku senang banget membaca berbagai manfaat daging ayam diatas ambu.. maklum tiap harinya lauknya berputar di ayam atau telurnya ayam hihihiii

    ReplyDelete
  10. Yummy enaknya, langsung laper dan kepengen bikin juga. Praktis nih masaknya ya!

    ReplyDelete
  11. Yachaejeon mirip bakwan toooh! Iya aku sebutnya ote-ote - dari beragam sayuran, telur dan tepung, menarik juga buat dicoba secara keluarga penggemar bakwan dan kalo aku sebutnya tempura (Japanese) biar keren

    sekarang kalo disebut Yachaejeon pasti anak anak tambah semangat makannya

    ReplyDelete
  12. Waduh, enak-enak nih kayaknya ya produk Sunny Gold ini. Aku belom pernah nyoba deh Ambu. Nanti nyari ah. Anak-anak pasti suka deh. Digoreng biasa aja pasti enak.

    ReplyDelete
  13. Risolnya menggoda ambu, pengen cobain juga pakai sosis sunny gold yang udah terbukti dari bahan berkualitas :) Apalagi musim hujan gini bawaannya ngemil mulu :)

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah sih kak nyobain resep di atas. Seperti aku harus nyoba biar ada menu baru buat keluarga. Apalagi menggunakan produk sunny gold. Dengarnya aja baru kali ini. Nanti coba search dulu dech.😊

    ReplyDelete
  15. Wahh.. Enak nih mbak. Tapi aku ga yakin bisa membuatnya. Hikss

    ReplyDelete