Brain Academy, Agar Potensi Ananda Berkembang Maksimal

   
freepik.com


Brain Academy, Agar Potensi Ananda Berkembang Maksimal


“Nyerah Mbak, kayanya Andin kesulitan belajar online”.

 Andin adalah keponakan saya. Di tulisan ini, saya berkisah tentang sepupu saya Wida yang risau. Dulu, sebelum Andin, anak sulung Wida naik ke jenjang SMP, selalu didampingi saat belajar. Guru-gurunya bilang, Andin mengalami kesulitan belajar karena “konsentrasi pendek”, sehingga mudah bosan dan beralih minat. 

Yang bikin jengkel Wida, saat merasa jemu, Andin kerap mengganggu adik-adiknya. Kalau sudah begitu, jangan heran jika tiba-tiba ada paduan suara tangisan dari kamar mereka. Andin si kakak sih cengar cengir aja. 

Kasus Andin mirip anak saya nomor 2, konsentrasinya pendek. Kata dokter sih seharusnya setiap anak mempunyai periode mampu fokus pada tugas yang diberikan. untuk anak usia 2 tahun, rentang konsentrasi idealnya adalah 4 hingga 6 menit, sedangkan 4 tahun delapan hingga 12 menit, 6 tahun 12 hingga 18 menit, dan 8 tahun di 16 hingga 24 menit. (sumber

Agar bisa berlatih konsentrasi, dulu saya memasukkan anak saya ke berbagai macam kursus seperti piano, menggambar, berenang, kumon dan bimbingan belajar intensif, satu kelas hanya terdiri 3-4 siswa. Hasilnya lumayan, walau tak pernah meraih 5 besar di sekolah, perjalanan akademisnya mulus, dan tahun ini anak saya berhasil menamatkan S3 dari Ehime University, Matsuyama Jepang.

 Baca juga:
Sekolahmu Cara Hebat Belajar "Sampahku Tanggung Jawabku"
Mendobrak Sterotype Perempuan Indonesia Bersama Stellar Women Entrepreneurship Academy
Belajar dari Atta Halilintar, Milyader yang Gak Lulus SMA

Daftar Isi

  • Brain Academy, Untuk Orang Tua yang Peduli
  • Brain Academy, Agar Potensi Anak Berkembang Maksimal
  • Fitur Pendukung Proses Belajar di Brand Academy Online

Apa yang saya terapkan, pastinya belum tentu cocok untuk Andin. Cara saya mendidik berbeda dengan Wida. Era dan sistem pendidikan juga mengalami perubahan. Malah kini pandemi Covid-19 sedang menerjang Indonesia.  

“Mengapa enggak coba Brain Academy, Wid?” kata saya mencoba memberi solusi. 

Saya memberi saran pada Wida karena tim Ruangguru sangat paham bahwa setiap anak/orang mempunyai keunikan. Agar bisa memaksimalkan potensi, Ruangguru menyediakan banyak pilihan produk: roboguru, ruangbaca, ruangbelajar, ruangbelajar Plus, ruangkelas, ruangles, ruanglesonline, dan Brain Academy. 

Khusus untuk Brain Academy, tim Ruangguru menyediakan fasilitas online dan offline (konvensional) yang dapat dipilih sesuai kecenderungan belajar siswa.

 

Ruangguru


Brain Academy, Agar Potensi Anak Berkembang Maksimal

Fleksibel menjadi ciri cara belajar di Ruangguru. Tujuannya untuk menyesuaikan kebutuhan dan potensi setiap anak. Tidak ada anak yang bodoh, yang ada adalah ketidaksesuaian minat dan potensi anak dengan lingkungannya. Karena itu jangan menghakimi anak yang harus mengulang kelas, dia hanya tidak beruntung belajar di lingkungan yang tidak cocok  dengan minat dan kebutuhannya.

Agar potensi anak tergali maksimal, selain pendidikan formal sebaiknya dia mengikuti bimbingan belajar (bimbel), tempat anak bisa leluasa melakukan dialog interaktif dengan guru. Para guru juga bisa memberi bimbingan personal, hal yang tak mungkin dilakukan di kelas dengan 30-40 murid. 

Sebagai bimbel online terbaik di Indonesia, Ruangguru menyediakan fasilitas belajar Brain Academy, suatu kombinasi layanan belajar offline dan online untuk siswa. Menarik bukan?
Apa bedanya?

Bimbingan Belajar Offline

Proses Belajar Dilakukan Intensif Secara Tatap Muka dan Terjadwal

Seperti proses bimbingan belajar konvensional lainnya, Brain Academy Offline dilakukan secara tatap muka di ruang belajar. Sehingga sangat cocok untuk siswa yang menyukai proses belajar dengan tatap muka. Dia juga akan merasa nyaman bertanya langsung dengan tutor pada jadwal belajar yang telah ditentukan. 

Bukan Brain Academy jika tak memiliki keunggulan. Dengan memanfaatkan teknologi, tim Brain Academy menyajikan berbagai materi pelajaran dalam bentuk animasi interaktif yang dapat membantu proses pembelajaran.

Diskusi Interaktif Dengan Tutor

Kasus Andin di atas merupakan contoh bahwa setiap siswa unik. Daya serap mereka berbeda. Pendekatan personal atau diskusi langsung akan sangat membantu siswa memahami materi. Kelebihan ini yang kerap menjadi pembeda seorang siswa memilih bimbingan belajar offline.

Berkenalan dengan Teman Baru

Manusia adalah mahluk sosial. Mereka membutuhkan teman untuk berinteraksi dan membentuk networking yang manfaatnya sangat besar di kemudian hari. Dengan mengikuti bimbingan belajar offline, kebutuhan ini terpenuhi.

Bimbingan Belajar Online

Meniadakan Jarak

Bimbingan Belajar Online menjadi solusi tepat bagi siswa yang tempat tinggalnya sangat jauh dari lokasi bimbingan belajar. Terlebih saat pandemi Covid-19, belajar dari rumah menjadi cara paling tepat memutus rantai penyebaran virus Covid-19.  

Untuk memenuhi kebutuhan belajar, siswa dapat mengunggah aplikasi Ruangguru melalui perangkat gadget yang dimiliki, toh proses belajar online tidak jauh berbeda dengan offline.

Fitur “Riwayat Live” Untuk Menonton Ulang

Enggak usah takut kurang memahami materi, siswa Brain Academy Online dapat menggunakan fitur ‘riwayat live’ untuk mengakses video kelas live teaching dari sesi sebelumnya.

Praktis, Fleksibel dan Irit

Teknologi berkembang untuk memudahkan aktivitas manusia, termasuk proses belajar. Siswa Brain Academy Online dapat melakukan aktivitas belajar seperti siswa Brain Academy Offline, termasuk  komunikasi dengan tutor. Serangkaian fitur juga disediakan bagi siswa Brain Academy Online yaitu Klinik PR dan konseling yang bermanfaat untuk melakukan konsultasi dengan Star Master Teacher tentang topik-topik pembelajaran.

  

Ruangguru


Fitur Pendukung Proses Belajar di Brand Academy Online

Suatu keniscayaan, ketika teknologi berkembang pesat maka proses belajar online menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Ruangguru yang digawangi Adamas Belva Syah Devara, M.P.A., M.B.A bersama tim yang ekspert di bidangnya menyusun fitur-fitur pendukung  agar siswa semangat dalam belajar:

Kelas Live Interaktif dengan Star Master Teacher

Bagaimana rasanya mengikuti live teaching bersama guru-guru yang sudah terlatih di bidangnya? Tentu saja sangat menyenangkan, karena guru-guru yang mendapat sebutan Star Master Teacher ini sangat menguasai bidangnya, sehingga bisa menyampaikan materi dengan cara mudah. Juga disediakan sesi tanya jawab langsung agar para siswa bisa memahami materi dengan utuh. 

Proses pembelajaran bersama Star Master Teacher berlangsung selama 90 menit melalui Aplikasi Ruangguru. Jika kebetulan terpaksa absen, tidak bisa mengikuti live teaching, siswa tetap dapat mengakses live teaching melalui rekaman.

Ruangguru


Full Modul Belajar Dikirim ke Rumah

Melalui aplikasi Ruangguru, setiap siswa Brain Academy Online bisa mengakses ratusan ribu video materi belajar, bank soal, infografis, dan quiz. Siswa juga akan mendapat modul untuk 1 tahun lengkap yang akan dicetak dan dikirimkan langsung ke rumah siswa.  

Dengan cara ini siswa dapat belajar dari rumah secara maksimal. Tidak harus keluar rumah sehingga rentan terpapar Covid-19. Juga kelak saat pandemi reda, siswa tak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mengikuti bimbingan belajar.

Belajar via HP atau laptop

Belajar via HP atau laptop sama asyiknya karena semua fasilitas Brain Academy Online dapat diakses di kedua gadget.

  

Ruangguru


Kelas Pengembangan Soft Skill

Punya ketertarikan pada public speaking, kepemimpinan, fotografi, atau film? Nah, Brain Academy Online menyediakan Kelas Motivatif  agar siswa mendapat kesempatan memperoleh proses pembelajaran dan pengembangan diri. Brain Academy sangat paham bahwa minat dansiswa-siswi di Indonesia harus berkembang.

Ruangguru


Klinik PR

Ingin berdiskusi langsung dengan Star Master Teacher? Klinik PR Online merupakan fasilitas agar siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran, maupun tugas sekolah, dapat bertanya langsung pada Star Master Teacher melalui Zoom. Caranya dengan booking slot melalui Google Form atau Aplikasi Ruangguru. 

Fasilitas Klinik Ujian Khusus juga dapat digunakan saat persiapan menyambut ujian sekolah.

Paket Bimbel Sesuai Kebutuhan

Tersedia 3 paket yang tersedia di Brand Academy Online, yaitu Regular, Premium, Elite. Karena setiap siswa sangat unik, mereka memiliki kecenderungan dan cara belajar yang berbeda. Khusus Paket Regular untuk periode Juni 2021-Juni 2022 Paket senilai Rp2,875,000 untuk periode Juni 2021-Juni 2022 atau 144 sesi, calon siswa memperoleh diskon 61 % , sehingga cukup membayar Rp1,122,000 

Diskon 71% untuk paket Premium. Untuk periode Juli 2021-Juli2022 yang terdiri dari 480 sesi, calon siswa cukup membayar Rp 2.770.000 dari paket normal Rp9,550,000 

Bagaimana? Sangat murah untuk begitu banyak fasilitas yang mumpuni bukan? Bisa dipahami karena Brain Academy merupakan tempat les online terbaik dan termurah di Indonesia. 

Tim Ruangguru sangat concern pada kemajuan pendidikan generasi muda di Indonesia. Setiap anak berhak mendapat pendidikan yang terbaik dan paling sesuai dengan minat serta bakatnya.
 

Baca juga:
Ruangbelajar, Bimbingan Belajar Online Terbaik untuk Ananda
Ingin Umroh? Ingin Liburan? Yuk, Belajar Ilmu Trading Dulu Bareng Emak Trader!

Sumber 

Gambar: Freepik.com dan brainacademy.id


18 comments

  1. Belajar di rumah saya ini bukan pilihan lagi. Secara angka kenaikan terus meningkat. Bisa jadi tahun ajaran baru masih belajar di rumah saja. Belajar bersama Ruangguru bisa jadi solusi untuk belajar lebih baik dan terarah lagi ya... Panduannya lengkap.

    ReplyDelete
  2. Wih, wiihhh, kerennya RuangGuru iniii
    punya beragam produk yg bener2 menyesuaikan dgn kebutuhan siswa.

    BRAIN Academy ini ibaratnya "produk premium" RuangGuru ya Ambuuu

    Diampu oleh Super Master Teacher, ada sesi motivasi dan pengembangan soft skills pula.
    mantabbbb

    ReplyDelete
  3. Untuk menyesuaikan kebutuhan dan potensi setiap anak (sebaiknya sih seperti itu ya) maka Brain Academy membuatnya fleksibel. Brain Academy sudah disesuaikan ya dengan anak2 jaman now. Orang tuanya juga harus belajar fleksibel nih.

    ReplyDelete
  4. Di brain academy pembelajarannya blended ya, memadukan online dan offline. Untuk yang offline, apakah sudah tersedia di seluruh kota besar mbak, atau baru jabodetabek aja? Hihi... maklumlah kalau ada yang baru gini pengen banget, tapi sering jadi kecewa karena adanya baru di seputaran jakarta

    ReplyDelete
  5. Belajar jaman now dengan bimbel online asik memang, apalagi dengan pengajar andal dari Ruangguru. Maka bisa memanfaatkan brain academy agar anak-anak semangat belajarnya

    ReplyDelete
  6. Selamat untuk ananda ya Ambu yang berhasil berhasil menamatkan S3 dari Ehime University, Matsuyama Jepang.Barakallah...
    Saya setuju jika setiap anak itu unik maka cara menggali potensinya bisa disesuaikan dengan keunikannya.
    Benar jika Ruangguru punya banyak pilihan untuk optimalkan potensi anak. Seperti Brain Academy bimbel kombinasi offline dan online ini

    ReplyDelete
  7. Asyik juga nih Ruang Guru, tentunya ada Brain Academy membantu anak untuk lebih memahami pelajaran. Sip deh, semoga prestasi akademiknya meningkat ya.

    ReplyDelete
  8. Wah lagi ada diskon 61% di Brain Academy selama bukan Juni 2021 - Juli 2022. Buruan daftarkan segera. Aku infokan ahh di WA grup arisan siapa tahu ada yg berminat

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk yg konsentrasi pendek nih, cepat bosan hehe. Brand Academy Online banyak pilihan, tinggal ambil yang memang paling sesuai dengan kondisi anak dan keuangan kita. Sudah murah, banyak diakon juga.
    Sukses buat ruang guru

    ReplyDelete
  10. MashaAllah. Selamat ya Mbak. Berhasil membimbing anak menggapai S3. Di Jepang pulak. Kebanggaan banget itu. Doakan saya semoga anak-anak saya bisa mengikuti jejak kebaikan ini.

    Membaca rincian BRAIN ACADEMY di atas saya jadi melongo. Fasilitasnya bukan main. Memahami setiap sisi dan aspek yang dibutuhkan oleh para pembelajar. Mau saya kasih ke anak saya yang naik kelas 12 nih. Biar bisa join di aplikasi khusus ini.

    ReplyDelete
  11. Dengan banyak manfaat yang kita dapat dan harganya sangat murah, menurut saya sih ini benar-benar bisa menjadi solusi, apalagi di tengah PJJ yang makin membuat anak-anak bosan untuk belajar.

    ReplyDelete
  12. Brain academy membantu anak dan keluarga mendapatkan kursus pilihan berkualitas. Banyak berlatih kunci siap menerima tantangan.

    ReplyDelete
  13. Nah, kelas pengembangan skill ini nih favoritku.

    Selain bakal dapat ilmu baru, ada pilihan paket sesuai bakat loh 👍

    ReplyDelete
  14. Setiap anak memang punya ketertarikan dan gaya belajar yang berbeda. Anak sulung saya nih yang rasanya harus dipertemukan dengan Brain Academy ini. Sampai sekarang belum kelihatan minatnya itu di mana. Jadi wae, semua mata pelajaran dia lempengin. Beda dengan adiknya yang sudah bisa menentukan sukanya belajar apa dan gimana cara belajarnya.

    ReplyDelete
  15. Makasih sisipan informasinya ambu. Sekarang saya bisa ngerti kenapa si kakak (putri saya yg baru 5 tahun) itu kalo belajar, entah belajar membaca atau mengaji, baru 15 menit dia udah mulai gak fokus. Ternyata emang rentang fokus anak 4-8 tahun itu cuma 12 menit. Wkwkwk.

    Banyak sekali fitur Ruangguru ini ya ambu. Kemarin saya baru ngintip Ruangbelajar-nya. Sekarang ada lagi Brain Academy. Jadi, ini ada bimbingan personal antara anak dengan gurunya ya ambu. Lebih privat gitu jatuhnya. Ada kelas pengembangan softskill juga. Sempurna.

    Masya Allah ambu, bangga banget, punya anak lulusan S3 Jepang. Keren banget nget ngetttt.

    ReplyDelete
  16. Wah mantep juga ada bimbel yang bisa tatap muka ya di masa sekarang. Memang sih kalau bimbel lebih gampang mengaturnya karena pasti jauh lebih sepi dibandingkan kelas normal di sekolah-sekolah ya kak. Semoga terbantu buat anak-anak lainnya juga.

    ReplyDelete
  17. Wah dengan diskon 71% jadi Makin bisa berhemat ya mbak. Sudah dapat ilmu nya dapat juga murahnya. Keren banget nih brain academy

    ReplyDelete
  18. wah ruang guru ini makin inovatif ya Ambu, banyak pilihan yang sesuai sama kondisi anak khususnya masalah konsentrasi ini. Btw, makasih info tentang rentang konsentrasi ini, aku baru ngeh, hiks.

    Apalagi diajarin Super Master Teacher yang nggak diragukan lagi kualitasnya dalam mengajar, jadi anak makin bagus softskillnya. Brain Academy ini emang bisa jadi prioritas pilihan orangtua buat anak nih :) Apalagi lagi diskon nih, :D

    ReplyDelete