Roti Kasur Empuk Menul Menul dan Anti Gagal, Yuk Bikin!

 

Resep Roti Kasur Empuk Menul Menul dan Anti Gagal, Yuk Bikin …

Punya teman favorit untuk minum kopi? 

Jawabannya bisa beragam ya? Ada gorengan, kripik, atau roti bakar. Tentang roti bakar, pandemi covid 19 membuat saya kehilangan penjual roti yang selalu lewat depan rumah. Kepaksa deh bikin sendiri. 😢😢

Ternyata nagih lho. Apalagi jika baru keluar dari oven, duh! Kulit roti masih crunchy. Harum mentega menguar di setiap lapisan, pokoknya juara deh!
Hasilnya nggak selalu oke sih. Tapi masih mengembang bagus. Karena ragi (yeast) bertemu dengan tepung terigu dan air, pasti jadi roti kan? 

Konon, zaman dahulu kala, panganan  yang berasal dari Mesir dan Mesopotamia ini emang hanya mencampur gandum dan air. Kemudian dimasak di atas api, hasil akhirnya seperti roti kebab yang kita kenal. 

Enak dan empuk karena tepung terigu mengandung protein jenis glutenin dan gliadin. Pada kondisi tertentu, air bertemu tepung terigu maka terbentuk massa yang elastis dan dapat mengembang,  yang disebut gluten.

Isi
Awal Mula Roti, si Sahabat Minum Kopi
5 Metode Pembuatan Roti Empuk Menul Menul
Bread Improver, Enzim Ajaib Pengempuk Roti
Resep Roti Kasur Anti Gagal
Penemuan ragi berawal dari bencana yang berbuah manis. Seorang pembuat roti lalai menyimpan adonan roti hingga terfermentasi oleh kapang. Setelah dibakar, ternyata rasanya enak dan empuk. Sejak saat itu para pembuat roti memasukkan ragi dalam adonannya.

Selain penambahan ragi, beberapa eksperimen dilakukan. Seperti menguleni dengan cara menginjak-injak kemudian membakarnya di dalam tungku primitif. 

Suatu evolusi yang panjang. Termasuk penemuan ragi instan yang sekarang umum digunakan. Dulu harus membuat larutan ragi dan gula kemudian menunggu proses fermentasi kurang lebih satu jam. 

Proses bertambah ribet sesudah para pembuat roti menginginkan roti yang lebih bergizi, lebih empuk dan lebih gurih. Sehingga telur, mentega, dan susu ditambahkan ke dalam adonan.  

Keberadaan berbagai macam protein tentu saja nggak boleh ngasal. Harus paham karakter setiap bahan dan reaksi yang timbul jika bertemu bahan lainnya.  

Selain bahan baku, para pembuat roti juga wajib menjaga 2 proses utama yaitu pembentukan gluten dan fermentasi. Gak heran, muncul berbagai metode pembuatan roti.  Berikut ini 5 diantaranya:



5 Metode Pembuatan Roti Agar Empuk Menul Menul

(sumber: pustakapanganku)

No Time Dough Process

Maknanya kurang lebih pembuatan roti metode cepat. Dalam metode ini semua bahan (tepung terigu, air/susu, ragi, telur, mentega) dicampur dan diaduk menjadi satu kemudian difermentasikan. 

Agar roti yang dihasilkan lembut dan kokoh, metode ini membutuhkan bahan tambahan (additive) yang bersifat membantu/ memperbaiki tekstur roti. Salah satu pakar kuliner yang menggunakan metode ini adalah Fatmah Bahalwan.


Baca juga: Curry Puff dan Kisah Pengajar Kue Sejuta Umat 

Straight Dough Method

Mirip dengan metode time dough process, semua bahan dicampur jadi satu, diaduk rata dan difermentasikan. 

Perbedaan terletak di waktu fermentasi. Straight dough method mensyaratkan fermentasi selama 2- 3 jam. Saat mencapai 80 % waktu fermentasi, adonan dikempeskan, dibulatkan, kemudian fermentasi dilanjutkan. Setelah proses fermentasi, adonan dikempeskan dan dibentuk sesuai selera.

Delayed Salt Method

Merupakan modifikasi dari straight dough method. Semua bahan dicampur jadi satu kecuali garam dan fat (butter/shortening/oil) yang dapat mengganggu proses gluten dan  fermentasi. Setelah gluten terbentuk barulah garam dan fat ditambahkan.

Sponge and Dough Method

Disebut demikian karena metode ini terdiri dari 2 kali pencampuran dan 2 kali fermentasi. Percampuran bahan pertama ditujukan untuk membuat biang (sponge) yang membutuhkan fermentasi selama 3-6 jam. 

Dough (adonan) dibuat dengan membuat campuran bahan sponge (biang) dengan bahan kedua. Hasilnya akan terbentuk adonan kalis yang siap difermentasikan dengan waktu yang lebih pendek (20-30 menit). 

Sponge and dough method menghasilkan roti bertekstur halus dan harum karena proses gluten dan fermentasi terjadi maksimal.
Devina Hermawan dalam salah satu tayangan di channel Youtubenya membuat roti dengan sponge and method. 

Baca juga: Korean Garlic Cheese Bread, Resep Laziz Devina Hermawan

Autolyse Method
Variasi dari sponge and dough method. Proses gluten didulukan dengan mencampur air dan tepung kemudian didiamkan 20-60 menit, bahkan semalam, agar ikatan gluten terbentuk tanpa menguleni terlalu lama. 

Adonan yang telah membentuk gluten ini dicampur bareng ragi, telur, mentega, baru kemudian difermentasi. Hasil akhirnya roti akan membentuk tekstur berserat panjang, empuk dan halus. 

Selain autolyse method, variasi lain spone and dough method adalah tang zhong (water roux) method,sour dough method dan masih banyak lagi. 

Lain kali kita bahas ya, karena ada bahan tambahan (additive) pada No Time Dough Process (metode pertama dalam list),  yang hendak dibahas khusus yaitu bread improver.



Bread Improver, Enzym Ajaib Pengempuk Roti

Setelah gluten dan ragi, penemuan berikutnya adalah bread improver. Inovasi yang muncul untuk memenuhi kebutuhan manusia yang ingin serba cepat dan praktis. 

Metode sourdough dan sponge and dough membutuhkan waktu 12-24 jam untuk fermentasi. Mungkin masih oke untuk ibu rumah tangga tempo dulu. Tidak demikian halnya dengan IRT di era milenial yang harus multi tasking, agar semua urusan selesai pada waktunya. 

Demikian pula dalam dunia industri, makin pendek waktu fermentasi makin baik. Malah ada istilah no time dough untuk memperjelas kebutuhan akan bread improver yang mengandung enzyme amylase (bekerja terhadap karbohidrat ) dan enzym protease (bekerja terhadap protein atau gluten).  

Paling tidak ada 4 manfaat bread improver dalam pembuatan roti:

  1. Membantu proses fermentasi agar roti lebih mengembang. Karena bread improver berperan sebagai suplemen yang ditambahkan ke dalam adonan roti agar proses berlangsung maksimal.
  2. Membantu gluten menahan kerangka roti yang mengembang. Secara kimiawi bread improver menguatkan gluten yang terbentuk saat pengadukan. Fungsinya terlihat pada proses oven spring, yaitu volume roti akan meningkat cepat pada tahap awal proses pembakaran atau pada saat roti mulai masuk di oven.
  3. Melembutkan tekstur roti. Kandungan emulsifier dalam bread improver berfungsi menyatukan bahan-bahan yang secara alami sulit bercampur, seperti air dan minyak (mentega/margarin). Sehingga roti yang dihasilkan empuk dan lezat.
  4. Mempersingkat waktu fermentasi. Kandungan enzym protease dan enzym amylase berfungsi  memotong pati menjadi gula sederhana yang merupakan sumber makanan bagi yeast, waktu fermentasipun menjadi lebih singkat. 

Bread improver merupakan campuran enzim dan tepung soya, jadi merupakan bahan alami. Bread improver Novran PG MS yang saya pakai sudah terdaftar di MUI dan BPOM.

cek Instagramnya di sini
Penggunaannya sesuai yang tertera dalam kemasan. Porsinya memang sedikit, namun memberikan hasil signifikan seperti tertera di atas.



Resep Chocolate Cheese Bread

Judul asli resepnya mbak Ninik Becker ini adalah Chocolate Vanilla Sweet Bread, karena saya gak mau semua manis, sebagian coklat sisanya keju, maka judul dan beberapa bahan lain saya modifikasi. 

Khusus roti kasur yang ini saya bikin sambil nonton drama Korea Uncanny Counter, jadi hasilnya agak kacau. Topping white cooking chocolatenya meleleh gak karuan. Harusnya pakai topping muisjes atau dark cooking chocolate ya? 

Tapi rasanya tetap top markotop lho. Bikin deh, dijamin anti gagal karena menggunakan bread improver. Silakan ke instagramnya ya.

  • 300 gram tepung terigu
  • 25 gram bread improver Novran PG MS
  • 2 sendok the ragi instant
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 telur ukuran besar
  • 3 sendok makan mentega/margarin
  • 125ml susu hangat
Filling:
  • 25 gram Chocolate chips/muisjes
  • 25 gram keju parut
  • Cocoa butter: (for chocolate dough)
  • 2 sdm cocoa powder + 1 sdm butter + 1 sdt air, campur hingga berbentuk pasta.

Cara membuat:

  1. Campur 125 ml susu, gula dan ragi, aduk rata untuk mengetahui apakah masih bagus atau tidak.
  2. Siapkan loyang ukuran 18x18x4 cm, alasi kertas baking atau carlo (campuran margarin, minyak sayur, tepung terigu 1:1:1)
  3. Ambil wadah, buat adonan roti dari tepung terigu, telur, garam, bread improver, mentega dan larutan ragi, aduk rata. Tutup dengan serbet bersih, diamkan hingga mengembang 2 kali lipat.
  4. Kempeskan adonan yang sudah mengembang 2 kali lipat, kemudian bagi 2. Satu bagian dicampur dengan pasta coklat, bagi 4. Sedangkan sisanya, adonan putih bagi 5. Atau sebaliknya, sesuai selera.
  5. Adonan putih dan adonan coklat yang dibagi dibuat bulatan-bulatan. Isi adonan putih dengan keju parut, chocolate chips/muisjes untuk adonan coklat.
  6. Tata bulatan adonan yang telah diberi isian ke dalam loyang, tutup serbet dan diamkan kurang lebih 15 menit. Siapkan oven agar siap untuk memanggang.
  7. Setelah 15 menit, atau adonan mengembang lagi, olesi permukaan roti dengan kuning telur, beri taburan sesuai selera.
  8. Panggang dalam oven 180°C selama 20-25 menit, atau hingga permukaan roti berwarna kuning keemasan.
  9. Angkat roti. Diamkan sebentar,kurang lebih 5 menit agar set, baru kemudian pindahkan roti harum, empuk nan menul-menul.
  10. Siap disantap, yummy.

Baca juga: Roti Susu Kental Manis, Gampang Bikinnya Legit Rasanya

Bread Improver bisa diperoleh di Instagram di sini




63 comments

  1. Tidak perlu lagi beli tinggal bikin sendiri aja di rumah dengan toping yang disesuaikan sama kesukaan suami dan anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mpo
      klo bikin sendiri, topingnya bisa suka suka ya
      bikin roti di rumah juga bisa jadi kegiatan bersama keluarga yg menyenangkan

      Delete
  2. Aaak, insyaALLAH aku juga mau bikin, Ambuuu
    Metode bikin roti ternyata beragam ya.
    Baru tauuu.

    Bismillah, aku mau contek plek ketiplek resep di sini ah
    Semoga berhasiiillll

    ReplyDelete
  3. wah enak sekali ya, membuat roti sederhana dan bisa dibuat sendiri. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan, oh ya enaknya disantap sore hari bersama teh manis hangat

    ReplyDelete
  4. Mau coba aaaah...Aku seneng nyoba-nyoba resep roti. Bread improver kebetulan udah punya. Adonannya dicampur gitu aja, atau pakai mixer Ambu? Soalnya ga punya mixer roti. Jadi beberapa kali nyoba, pakai metode autolisis, biar engga cape nguleni...
    Makasih resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mbak, daku juga nggak punya mixer roti. Palingan kocok manual atau pakai mixer biasa aja kali ya hehe

      Delete
  5. Mamah mertuaku suka sekali beli roti kasur ambu, tapi gak pernah bikin sendiri. Hehehe. Kalo gak baca coretan ambu, aku gak tahu tuh ada item untuk membuat kue yang namanya bread improver. Aku tahunya cuma ragi dan soda kue doang.

    ReplyDelete
  6. Duh, kabita lihatnya. Di foto kelihatan itu rotinya empuk. Pengen bikin tapi nggak punya oven :(
    Selama ini kalo pengen roti yang fresh from the oven, ngesot dikit ke toko roti 20 meter dari rumah :)

    ReplyDelete
  7. Nggak sulit juga ya membuat roti, nggak seribet yang daku bayangkan, malah yang pernah daku buat hihi.

    Kalau begini, bikin roti bisa kapan aja karena menunggunya juga nggak lama

    ReplyDelete
  8. wah beneran menal menul rotinya mbak
    resep ini sangat membantu buat yg mau bikin dirumah
    klo bikin dirumah, bisa kasih toping bebas ya mbak

    ReplyDelete
  9. Berhubung ku males masak 🤭 teman minum tehnya beli ajalah mbak hahaha... Duh itu rotinya enak banget mbak, menggembang sempurna ya. Mata dan leher terpuaskan 👍

    ReplyDelete
  10. Bikin ngiler banget Mbak rotinya. Ternyata memang untuk membuat roti sebagus, seenak, dan selembut ini butuh effort yang tidak sedikit. Saya pribadi belum pernah bikin roti. Ternyata ada juga yang namanya bread improver ya sebagai "tambahan" agar bisa lebihmengembang dan lembut.

    ReplyDelete
  11. Aduhh baca step-stepnya aku dah keleyengan ambu... padahal jembreng bener yaa. emang dasar aku yang gak bakat baking ini mah. hehe.. kasih tau temenku deh yg suka bikin2 kue... biar pake tepung ini juga😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Fa.Kasih tau temen yang suka baking. Biar dia bikin, trus kita pesen :D

      Delete
  12. Adeku yang suka bikin roti dan kue. aku coba saranin deh. siapa tahu dia bisa bikin yang enak2.

    Resepnya memudahkan buat saya belajar nih. makasi ambu...

    ReplyDelete
  13. Memanglah ya baking itu tidak semudah yang dibayangkan. Ternyata banyak teknik-teknik agar rotinya ngembang dengan sempurna. No wonder kalau dunia ini butuh keahlian khusus.

    BTW, baca artikel ini kok ya pas lagi dingin, hujan, dan lapar hahahaha. Langsung ngiler pengen nge-roti sambil ngopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih Mbak Maria. Ngebuka lagi artikel ini jadi inget belum sarapan dan ngopi. Kebetulan ada persediaan roti tawar double soft yang enak banget kalo dipanggang dengan butter.

      Delete
  14. wah ternyata bread improver ini yaa ambu koentjinya biar bebikinan roti kita anti gagal anti bantet hihihi, nanti mau coba aaah secara aku suka banget makan roti dan kue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Teh, daku juga suka roti dan juga kue. Sekarang bikin roti jadi gampang yak, makin asik buat camilan enak ini

      Delete
  15. Ada testernya?bergizi lho masakannya hanya ingin memastikan, ada testerkah?cocok dibuat untuk hidangan di rumah

    ReplyDelete
  16. pake bread improver ini langsung montok ya rotinya mbak.
    Aku blom pernah cobain.. kayak perlu dicoba nih nambah bread improver ini

    ReplyDelete
  17. Wiih saya belum pernah bikin roti sendiri. Pengen banget coba bikin sendiri..apalagi sekarang ada bread improver yang bisa bikin proses bikin roti lebih mudah dan praktis. Harus diniatin nabung buat beli oven nih.

    ReplyDelete
  18. Waduh, Ambu, pagi-pagi lihat foto roti empuk gitu jadi lapar, pas belum sarapan hehe. Kalau di tempat saya disebut roti bantal, mirip-mirip ya. Eank sekali ya sekarang ada bread improver, pekerjaan bikin roti jadi ga ribet. Apalagi rasa keju dan cokelat, seneng banget anak-anak di rumah. Makasih ya resepnya, Ambu, kebetulan di rumah juga ada oven nganggur.

    ReplyDelete
  19. aku gak punya oven, huhu... soale seumur2 blm pernah bikin kue, jadi buat apa beli oven. mungkin suatu saat, pas dapat hidayah. atau tunggu anakku gede ya, biar mereka aja yg bikin kue, ih!

    ReplyDelete
  20. Kayak namanya, penampakannya emang menul2 segitunya ya bu.
    Makasih resepnya buu...
    Selama ini sy bikin rotinya yg eggless gitu.
    Blom banyak nyoba resep2 yg beda

    ReplyDelete
  21. Wow, luar biasa sekali yach sekarang buat roti yang empuk itu sudah ada resepnya yang uptodate, yaitu Bread improver

    ReplyDelete
  22. menarik juga bread improver ini ya, lebih paten membuat roti , karena kaddang buat roti suka gagal, bantet, bikin kesal deh. Hahaha. Improvementt sekali buat yang suka buat roti

    ReplyDelete
  23. Wah baru tau ternyata ada metode khusus ya spay roti bisa empuk kirain hanya gunakan bahan2 sesuai tutorial..

    ReplyDelete
  24. Waah jadi lapar nih saya kalau liat makanan, hehehe. Bisa dimakan nih sebagai teman cemilan kecil dan pastinya sangat lembut jika dimakan

    ReplyDelete
  25. wah bonusnya bisa tau nih cara pembuatan roti kasur. ditambah dengan bread improver yang membantu memaksimalkan hasilnya yang bikin keliatan makin enak hihi

    ReplyDelete
  26. Salam kenal mbak maria. Kita sesama Maria nih, hehehe. Mba, saya masih belum pede kalau buat roti takut ga ngembang lah dan sebagainya. Resep ini sepertinya membuka cakrawala saya deh, hehehe. Makasih ya mbak

    ReplyDelete
  27. Boleh dicoba nih Bread Improver. Agar bikin roti nggak gagal mulu alias bantet.

    ReplyDelete
  28. mmg utk baking susah2 gampang ya, cmn hrsnya ditmbhkn bahan yg lain mislkn bread improver ada mengembang dan empuk scra nyata y gak bantet gtu lho

    ReplyDelete
  29. Jadi penasaran pengen coba buat roti lagi,biar menul menul kaya Ambu. Kemarin sukses Banten, hehe. Ternyata bisa juga pake bread improver ya aku pengen cobain juga. Untuk sukses buat roti memang butuh trick.

    ReplyDelete
  30. Duh, akhir pekan baca blognya kakak tentang roti kasur aku jadi laper, cocok banget untuk kudapan sore-sore yang syahdu ini kak. hihihi

    ReplyDelete
  31. Ternyata ada banyak gitu ya jenis roti. Biasanya aku nggak perhatiin sampai sejauh itu sih. Abis cuma bisa makan. Yang hobi baking dan bebikin roti tuh ibuku.

    ReplyDelete
  32. wah rahasianya bread improver ya mbak
    mau coba minta bikinin ama ibu mertua ah, mumpung beliau lagi di rumah
    hehe

    ReplyDelete
  33. Aku belum pernah bikin roti. Dan baru tau ternyata ada banyak metode ya dalam pembuatannya. Jadi tau sekarang, thanks for sharing mbak.

    ReplyDelete
  34. Aku bikin roti kasur liat ytube gagal mulu mba :(
    Next aku mau coba resepmu. Thanks ya.

    ReplyDelete
  35. wah ambu, jadi mupeng deh liat foto hasil rotinya, fluffy banget empuk banget deh itu kayanya, makasih resep dan tipsnya ya, nanti mau aku coba praktekkin yaa ambu

    ReplyDelete
  36. Aku lagi penasaran bikin sourdough, tapi hasilnya belom memuaskan aja. Kalo pake tambahan tepung ini denfan ragi alami bisa gaka ya kira2.

    ReplyDelete
  37. Pagi buta baca ini tulisan jadi kepengen makan donat. Saat peragian memang tercium aroma harum. Apalagi kalau sudah mengembang. Senang banget donatnya

    ReplyDelete
  38. Saya suka sekali makan roti tapi sekarang saya lagi mengurangi konsumsi tepung-tepungan, Ambu. Tapi membaca tulisan ini saya jadi tahu kalau membuat roti itu ada banyak cara atau metodenya. Roti yang menul dan empuk itu dihasilkan dari cara serta proses yang tidak mudah ya.

    ReplyDelete
  39. Aku pengen banget suatu saat bisa baking. Semoga nanti aku bisa bikin roti kayak gini juga. Lihatnya ngiler banget hehehe

    ReplyDelete
  40. Aku pengen banget bisa baking. Semoga suatu saat bisa bikin roti kayak gini juga. Aamiin..

    ReplyDelete
  41. Roti kasur ini kesukaan mbah saya pas saya kecil, senangnya saya sering kebagian. Hihi

    Penemuan org2 jaman dulu suka amazed ya Ambu. Ragi aja awalnya dr hal kayak gitu, gmna gula, tepung, baking aida baking powder dll. selain suka makan, pntg jg buat tau hal2 kayak gitu..

    ReplyDelete
  42. Kece banget ambu rotinya. Akhirnya aq menemukan resep yang mudah di ikuti.

    ReplyDelete
  43. Auto ngiler kalo liat roti2 menul. Pengen ngunyah aja bawaannya. Sayangnya aku kurang pandai bikin roti sm kue. Cuma bisa masak makanan sehari2 hehe

    ReplyDelete
  44. Aku sering baking pakai metode autolisis. Lebih praktis sih menurutku dan hasil adonannya lebih halus dan empuk.

    ReplyDelete
  45. Hihi jadi ingat roti menul yang suka kubikin. Mungkin kalo aku punya oven bakal suka baking juga kayak dulu

    ReplyDelete
  46. Kayaknya minggu depan aku mau recook ahhh
    sekalian nyoba masak pakai microwave oven
    semoga berhasil dan endeusss

    ReplyDelete
  47. Tandain dulu, Insyaallah memang sudah berencana mencoba bebikinan cemilan seperti ini untuk anak-anak. Semoga begitu barang dan bahannya ready, langsung praktek dan baca lagi resep anti gagal ala Ambu ini. Makasih Ambu.

    ReplyDelete
  48. aku suka banget sama roti kasur
    hanya saja sampai saat ini masih jadi tim beli
    nggak bisa baking soalnya
    hehw

    ReplyDelete
  49. Ambu...
    Menul-menul ini yang dicari kalau makan roti. Aku pikir butuh teknik khusus, ternyata butuh bahan Bread improver Novran PG MS.

    Asiknyaa Ambu, alhamdulillah.

    ReplyDelete
  50. Beberapa metodenya punya karakter pembuatan yang berbeda menghasilkan roti yang pas. Membuat roti belum pernah, suatu waktu akan menyiapkan bahan dan perangkat untuk membuatnya.

    ReplyDelete
  51. Kalau lihat teman-teman bikin roti namaknya mudah ya. Hiks, tapi aku belum pernah lho bikin roti seperi ini, apalagi bisa menul-menul.

    ReplyDelete
  52. saya belum pernah pakai bread improver nih. biasanya pakai ragi aja kalau bikin roti. tapi saya sekarang jarang bikin roti soalnya hasilnya kadang nggak memuaskan akhirnya beli aja deh. heu

    ReplyDelete
  53. wuah pantas saja bisa ngembang sempurna, ternyata ditambahkan enzym pilihan

    btw di lumajang istilahnya bukan menul-menul, melainkan menal-menul, hoho

    ReplyDelete
  54. Pernah nyoba bikin tapi gak pake bread improver, hasilnya kurang begitu bagus kalo mnurut aku. MAu cobain buat juga ah tapi bikin yang pake bread improver siapa tau hasilnya bisa bagus juga

    ReplyDelete
  55. Wah cocok neh buat istri yang suka baking, pasti roti bikinannya makin empuk menul-menul kayak bantal hehehe

    ReplyDelete
  56. Pastiin enak banget ya makasih resepnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  57. yaampuun aku seneng banget liat gambarnya, jadi pengen ngunyah terus wkwk kalau aku beli aja mbaa aku gak telaten bikin dewe hahaha

    ReplyDelete
  58. Ya ampun jadi pengen banget ini, enak pasti ya mba. Pengen deh belajar bikin roti.

    ReplyDelete