Doctor Prisoner, Saat Dokter Bermain -main Dengan Obat



Doctor Prisoner, Saat Dokter Bermain-main Dengan Obat


"Pastinya tahu manisan kolang-kaling bukan?" 

Di Jawa Barat dikenal dengan cangkaleng, airnya mengandung getah yang bikin gatal. Dulu, di pekarangan belakang rumah saya di Sukabumi, tumbuh pohon enau/aren penghasil kolang kaling. 

Nah, air buah kolang kaling sering digunakan oleh ababil (ABG labil) untuk tawuran. Air kolang kaling dimasukkan dalam kantung plastik kecil, diikat, kemudian dilempar ke lawan. Ketika pecah dan mengenai tubuh, lawan akan gatel-gatel sambil berlari kocar-kacir. 

Hahaha .... aya-aya wae ya? 

Menengok lagi lebih jauh ke zaman baheula, buah bintaro yang merah cantik ternyata berbahaya. Getahnya acap digunakan untuk bunuh diri atau membunuh. 

Khasiat buah/getah/bagian tanaman lainnya memang bermacam-macam. Bisa umtuk mengobati, bisa untuk menyakiti termasuk untuk membunuh. Praktik yang telah berlangsung ribuan tahun. Tumbuh dan berkembang seiring peradaban manusia. 

Obat digunakan untuk memanipulasi hukum, muncul dalam drama Korea "Doctor Prisoner". Pemeran utama, dr Na Yi Je membantu tahanan lepas dari jerat hukum dengan menggunakan obat-obatan. 

Serem pastinya. Pasien kelojotan/kejang-kejang setelah diberi obat tertentu. Juga ada yang mengalami serangan jantung. Lha kalau mati beneran gimana?
 

Salah satu kehebatan sineas Korea emang nggak kepalang dalam menghasilkan karya. Gagasan awalnya, setiap penyakit pasti memiliki gejala. Kemudian dicari obat  yang cocok, yang bila diminum akan memunculkan gejala.
Beberapa aktivitas juga dilakukan agar tahanan nampak benar-benar mengidap suatu penyakit.  

Contoh kasus psikopat Kim Seok Woo yang dihajar berulang kali agar tubuhnya memar. Dia juga harus minum beberapa macam obat agar dokter yang memeriksa Kim Seok Woo akan mendiagnosa dengan penyakit Wilson. Kemudian diapun bebas dari jerat hukum.

Obat-obatan bak senjata bermata dua, bermanfaat jika digunakan dengan benar. Berlaku sebaliknya jika disalah-gunakan.  

Kisah unik lain penggunaan obat, diramu para sineas Korea dalam "Doctor John". Drama yang berkisah tentang seorang dokter dengan kelainan tidak mampu merasa sakit.

Baca juga: Doctor John, KIsah Penderita Tanpa Rasa Sakit

 

Namkoong Min  sebagai dokter Na Yi Je

Dokter cerdas, berjiwa sosial dengan masa depan gemilang di Rumah Sakit Taekang.
Dia sedang menunggu kesempatan memasukkan ibunya yang sakit ke rumah sakit, ketika petaka menimpa.

Lee Jae Hwan, anak presdir Taekang Group yang arogan berbuat ulah. Dia menghalangi Na Yi Je  melakukan operasi pada korban yang ditabrak mobil Lee Jae Hwan.Perjuangan Na Yi Je gagal, korban tewas. 

Seolah bertubi kemalangan menimpanya. Ibunya tak tertolong.  Na Yi Je masuk penjara akibat tuduhan palsu. 

Selama di penjara, mata Na Yi Je terbuka lebar. Biang keroknya bukan sesederhana anak konglomerat yang sombong. Ada kejahatan yang jauh lebih besar yang menjebloskannya ke penjara.

Kejahatan yang bak gurita memaksa setiap orang tunduk, tak mampu melawan.
Hanya dengan cara licik, Na Yi Je berkesempatan memenangi peperangan.



Kwon Na-Ra  sebagai Han So Geum

Psikiater jujur, rekan kerja Na Yi Je di Rumah Sakit Taekang. 

Nasib mempertemukakan kembali keduanya di Penjara Seoul Selatan. Han So Geum mencari jejak adiknya yang hilang. Sedangkan Na Yi Je menggunakan Penjara Seoul Selatan sebagai  markas untuk balas dendam.

Na Yi Je mengajak Han So Geum  bergabung. Tugas yang tidak mudah, Han So Geum harus membebaskan psikopat yang melakukan serangkaian penyiksaan pada korbannya.



Kim Byung-Chul sebagai Sun Min Sik   

Direktur Medis Penjara Seoul Selatan dan secara tak langsung penguasa Rumah Sakit Haeun.

Selama 20 tahun Sun Min Sik mengisi pundi-pundi uangnya dengan jual beli obat dan suplemen untuk konsumsi para tahanan. Sun Min Sik juga melakukan nepotisme agar keluarga konglomerat yang ditahan, dikirim ke penjaranya kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Haeun.

Ketika Na Yi Je datang dan membongkar kejahatannya,  Sun Min Sik menghadapi 2 pilihan. Membantu Na Yi Je menuntaskan dendam, atau minta bantuan  Lee Jae Joon, calon pemimpin Taekang Grup, dengan senjata rekaman yang bisa menjatuhkan Lee Jae Joon.



Choi Won-Young  sebagai Lee Jae Joon

Anak sulung pemilik  Taekang Group yang merasa bernasib malang. Ibu kandungnya gantung diri saat  ayahnya berasyik masyuk dengan istri kedua dan anak-anak mereka. 

Agar sang ayah mengakui kehebatannya sebagai penerus, Lee Jae Joon menghalalkan segala cara. Dia menutupi fakta cemaran Taekang Chemicals telah meracuni pegawai perempuan. Dia juga  menginstruksikan seorang pecandu narkoba untuk membawa mobil dan menabrak pegawai yang berunjuk rasa.

Ketika ayahnya tak juga bereaksi positif, malah merencanakan pengalihan saham pada istri kedua serta kedua anak lain, Lee Jae Joo kalap. Dia menyuntik ayahnya hingga koma. 

Kejahatannya dilihat Han Bit, analis keuangan sang ayah. Namun bukan pebisnis handal jika ayahnya nggak mampu memilih analis terpercaya. Han Bit sengaja melakukan pelanggaran agar dijebloskan ke penjara, menunggu waktunya rapat pemegang saham.
 



Sinopsis Drama Korea Doctor Prisoner

"Kau membuat tangan orang lain berdarah"
Sedangkan aku membuat tanganku berdarah untuk memenangkan pertarungan"
Hampir putus asa dan harus mendekam di penjara, Oh Jung Hee, perempuan kaya yang didakwa membunuh selingkuhan suaminya, mendapat tawaran menggiurkan dari dokter Na Yi Je.

Dokter Na Yi Je bisa membuat Oh Jung Hee seakan-akan mengidap anemia fanconi, agar mendapat penundaan eksekusi (sesuai hukum yang berlaku di Korea) kemudian bebas dari penjara.

Oh Jung Hee menyanggupi walau berarti harus merusak tubuh dan wajahnya yang cantik Dimulai dengan  membuang semua suplemen kesehatan, berjemur khusus agar muncul bercak-bercak hitam, hingga minum sejumlah obat yang membuat Oh Jung Hee mimisan 7-8 kali sehari, dada sesak dan serangan jantung

Hasilnya? Oh Jung Hee bebas!

Atas hasil usahanya, dokter Na Yi Je mendapat rekomendasi menjadi Direktur Medis Penjara Seoul Selatan. Posisi yang diincarnya agar bisa membalas dendam.

Tiga tahun lalu, dokter Na Yi Je mengalami fase kelam gara-gara tak mau tunduk pada instruksi kekuasaan. Pasiennya tewas di meja bedah. Ibu kandungnya meninggal akibat tak mendapat pertolongan tepat waktu, dan Na Yi Je dijebloskan di penjara dengan tuduhan palsu.

Paska bebas, Na Yi Je merancang serangkaian balas dendam. Tak mudah, karena targetnya pemilik gurita kekuasaan. Na Yi Je harus berstrategi, merangkul pemilik kekuasaan yang membutuhkan bantuannya, kepala preman serta teman sejawat, psikiater Han So Geum.

Sasaran awal yang harus dikuasai adalah kursi Direktur Medis Penjara Seoul Selatan, tempat anak-anak konglomerat dipenjara. Mereka melakukan berbagai tindakan kriminal, seperti  menyiksa orang (psikopat)  dan pemakai narkoba, salah satunya Lee  Jae Hwan, anak kedua Taekang Group.

Sasaran berikutnya adalah menjerat si biang kerok, Lee Jae Joon, anak sulung pemimpin Taekang Group yang sedang mencari saham almarhum ayahnya, agar bisa menduduki tampuk pimpinan Taekang Group

Han Bit, adik kandung psikiater Han So Geum lah yang menyembunyikan saham tersebut.  Langkah Na Yi Je membongkar kejahatan Lee Jae Joon bukan sekadar balas dendam. Juga agar Han Bit bisa hidup normal kembali.



Review Drama Korea Doctor Prisoner

"Hanya karena seseorang membunuh katak dengan melempar batu
Bukan berarti dia harus tahu nama katak itu"

Drama juara! Saya menyesal kok baru menonton drama "Doctor Prisoner".  Penyebabnya sepele: cover drama ini jelek banget, nggak ada perempuannya .... hahaha

Atuda gimana, saya penggemar aktris cantik. Terlebih jika dia mendapat peran yang mumpuni,  atau perempuan yang nggak menye-menye.

Sementara Doctor Prisoner diperankan aktor Namkoong Min  yang kebetulan bukan idola saya. Jadi nggak maksain menonton. Padahal keren lho aktingnya. Nggak heran aktor kelahiran 1978 ini jadi langganan award, khususnya dari SBS Drama Awards.

Penghargaan pertama dari SBS Drama Awards diperoleh Namkoong Min untuk aktingnya yang ciamik sebagai  psikopat dalam A Girl Who Sees Smells. Kemudian, seakan tak tertahankan, penghargaan beruntun diterima, diantaranya sebagai pengacara kere yang berjiwa sosial dalam Beautiful Gong Shim. Terakhir tahun 2020, Namkoong Min mendapat Grand Prizes daei SBS Drama Awards

Baca juga: Beautiful Gong Shim, Nasib Anak Kedua yang Berwajah Kurang Cantik

Dalam Doctor Prisoner, Namkoong Min berduet dengan aktor gaek Kim Byung Chul. Ups usia Kim Byung Chul cuma lebih tua  4 tahun lho. Namun selisih mereka nampak jauh karena wajah Kim Byung Chul penuh dengan garis-garis wajah yang tegas dan nyeremin.

Nggak heran Kim Byung Chul kerap mendapat peran antagonis. Selain dalam Doctor Prisoner, Kim Byung Chul muncul sebagai ayah yang galak bukan kepalang dalam SKY Castle. Peran yang membawa berkah beberapa penghargaan bagi Kim Byung Chul. (cek disini)

Tandem antara Namkoong Min , si pemilik wajah penuh senyum, dengan Kim Byung Chul, si pemilik wajah menakutkan ternyata menghasilkan drama yang luar biasa. Sulit dicari tandingannya deh.Sama-sama dingin dalam menjalankan strategi, licik saat mengecoh lawan. 

Nampak belum cukup, pasangan Namkoong Min dan Kim Byung Chul mendapat tambahan amunisi dari Choi Won Young, aktor gaek lainnya  (lahir tahun 1976) yang juga langganan award.
Tiga aktor senior adu akting dalam plot yang rapat, visualisasi yang keren, bikin penonton enggan beranjak dari kursi. hffttt!

Ketiga karakter bermain-main dengan obat, membuat orang sehat menjadi sakit parah. Pasien menjadi koma. Atau, pasien menandatangani polis asuransi dulu sebelum ajal.

Visualisasi obat masuk dan menghancurkan organ tubuh, sungguh bikin bergidik. Untung ada sosok psikiater cantik Han So Geum yang menunjukkan sisi manusiawi. Atas penampilannya, aktris Kwon Na Ra, pemeran Han So Geum mendapat penghargaan Best New Actress dari KBS Awards tahun 2019.

Walau disebut juara, bukan berarti nggak ada plot yang bolong pada drama Korea Doctor Prisoner. Tapi tak ada gading yang tak retak bukan? Penyuka thriller wajib menonton drama ini, dijamin puas. Terbukti ratingnya menanjak terus hingga 2 digit di akhir episode.
   

sumber: asianwiki.com

Profile Drama: Doctor Prisoner
    Revised romanization: Doctor Peurizeuneo
    Hangul: 닥터 프리즈너
    Director: Hwang In-Hyuk, Song Min-Yeop
    Writer: Park Kye-Ok
    Network: KBS2
    Episodes: 32
    Release Date: March 20 - May 15, 2019
    Runtime: Weds. & Thurs. 22:00
    Language: Korean
    Country: South Korea




11 comments

  1. genre yang ciamik utk sebuah film korea...pasti ini menarik krn karakter si dokter, mau kumasukin list,,,pengen nton mo tau endingnya kek apa

    ReplyDelete
  2. Saya jadi penasaran juga Bu. Ternyata cover dengan gambar yg menurut kita jelek, tidak menarik, tapi isinya cukup bagus dan menarik ya. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Ada ya cerita semacam ini, penuh strategi menghadapi sesuatu untuk menggapai tujuan. Sepanjang cerita tidak mudah melakoni tindakan rapi demikian dan mengelabui fakta yang terjadi, padahal itu skenario api dari sutradara film

    ReplyDelete
  4. Ngomongin kolang-kaling di awal jadi keinget setup pisang. Ngomongin obat, jadi keinget papaku yang barusan sempat rawat inap, konsumsi obat minum & suntik rutin. Sifat obat ternyata seperti pisau bermata dua ya..serem ah..

    ReplyDelete
  5. AKu malah lari ke tulisan satunya yang Dr JOHN nih ambu, iya masalah dokter dan eksperimen menarik banget ya!
    Dulu punya bukunya tentang eksperimen para ilmuwan jenius - tokohnya cewek yang di usia 8 tahun sudah berhasil memecahkan rumus rumus fisika nuklir!

    Katanya ini emang based on true story, bacanya antara pengen nangis, bangga, seneng (pas dia berhasil) - dan intrik saat di pemenang NOBEL prize bikin geregetan dan deg degan.

    ReplyDelete
  6. Oh, ternyata cai cangkaleng itu bikin areteul nya? hihihi... pantesan pada kolojotan :D Btw pemeran drakor yang berkacamata kelihatan banget sadisnya deh. Pas dapat peran itu dan mimiknya memang cocok jadi penjahat :D

    ReplyDelete
  7. Baru tahu kalau air buah kolang-kaling dipakai ABG labil saat tawuran, kalau bikin gatal sih memang pernah dengar...ada aja ya
    Dan memang obat selain bermanfaat untuk kesehatan juga digunakan untuk kejahatan. Dan ide memakai obat untuk memanipulasi hukum, dalam drama Korea "Doctor Prisoner" ini beneran keren enggak heran jika diiringi akting bagus, plot yang oke, rating pun naik terus

    ReplyDelete
  8. Ada Kwon Na Ra, ini kalo ga kliru yg main di Itaewon Class juga kan yaaa.

    Daku kayaknya bakal nonton drakor ini nih

    seru bangettt

    ReplyDelete
  9. Wah tampaknya cukup menegangkan dramanya yo Mbak. Banyak karakter cowok yang biasanya berperan antagonis atau jadi seseorang dengan karakter dan posisi yang kuat dalam drama. Keknya wajib tonton nih. Kebetulan nih lagi nyari drakor yang pengen tak tonton

    ReplyDelete
  10. Cerita dan aktor pemeran film doctor prisoner itu profesional sehingga tidak menjemukan ketika membacanya apalagi melihat filmnya. Melewati sineas film Korea cukup menyenangkan umpama ada thriller filmnya menjadi booming malahan.

    ReplyDelete
  11. Wah seru nih kayaknya ya. Ada si cantik Kwon Nara. Kepengen nonton jadinya. Suka deh sama drama bertema dokter begini.

    ReplyDelete