Beautiful Gong Shim, Nasib Anak Kedua yang Berwajah Kurang Cantik


 
source; asianwiki.com

“Esensi cantik adalah happiness” kata Raisa Andriana, pelantun "Could It Be Love", yang perkawinannya dengan Hamish Daud diperingati sebagai #haripatahhatinasional oleh warga Twitter.

Ibu satu anak ini menambahkan bahwa “Cantik itu tidak sekadar fisik yang menarik dipandang. Kecantikan bisa terpancar melalui perasaan bahagia. Secantik apapun wajah seorang perempuan, jika tanpa dihiasi senyum, maka tak ada gunanya”. (sumber)

Pendapat Raisa bisa saja dipertentangkan.

Coba bayangkan Raisa sedang cemberut, bersebelahan dengan seorang perempuan yang berparas “biasa-biasa” saja.

Raisa tetap lebih cantik bukan?

Apalagi jika ternyata si kurang cantik ternyata adalah adik kandungnya. Bakalan tambah amburadul deh nasib si kurang cantik.

Mungkin sudah hukum alam, ketika sebuah keluarga memiliki anak pertama, maka perhatian keluarga akan melimpah pada si sulung.

“Tragedi” terjadi sewaktu anak kedua lahir. Kelaminnya sama dengan sang kakak, sama-sama perempuan.

Keluarga sudah tidak lagi  merasa surprising. Sudah merasa tahu dan siap  mengurus  anak kedua.

Beda halnya,  jika anak kedua atau ketiga berkelamin laki-laki. Khususnya pada keluarga penganut patriarkat.

Tentu saja ini pengamatan acak, melihat fenomena anak kedua yang berkelamin perempuan seperti kakaknya. Anak pertama menjadi sosok pengganti ibunya. Anak kedua kerap disuruh mengalah pada kakaknya. Dan seterusnya.

Awalnya berjudul “The Beast and The Beauty", drama Korea  “Beautiful Gong Shim” berkisah mengenai kakak beradik berkelamin perempuan. 

Apes, si adik kurang beruntung.
Sang kakak, Gong Mi, berparas jelita, mirip ibunya yang mantan ratu kecantikan. Sedangkan si adik, Gong Shim,  harus puas dengan wajah mirip ayah.

Bertujuan mengeksplorasi kelucuan dan mengajak penonton tertawa terbahak-bahak, posisi anak kedua yang kurang beruntung, sebetulnya banyak terjadi di masyarakat.

Walau tak boleh dilupakan bahwa sebagai anak sulung, Gong Mi mengemban tanggung jawab yang tidak mudah. Dia harus sukses agar adiknya ikut sukses.

Dia juga harus memenuhi kebutuhan finansial orang tuanya yang sedang bangkrut.

Sangat khas dengan budaya timur. Meski tidak setiap keluarga di dunia timur mempraktekkannya.


Namgung Min sebagai Ahn Dan Tae
Pengacara HAM yang jorok dan miskin. Ahn Dan Tae tak segan makan makanan yang sudah jatuh ke lantai, tapi hatinya seluas samudera. Dia tak pernah membebani kliennya dengan biaya yang mahal malah sering digratiskan.

Ahn Dan Tae sebetulnya bernama Seok Joon Pyo, cucu seorang konglomerat yang diculik ketika masih kecil. Walau tebusan telah dibayar, Joon Pyo tidak dikembalikan pada keluarganya.

Anehnya, paska kecelakaan lalin yang merenggut nyawa ibunya, Ahn Dan Tae  memiliki indra penglihatan yang mampu membaca gerakan lawan. Membuatnya tangguh jika harus berkelahi. Serta membantu siapapun terhindar dari kecelakaan.

source: aminoapps.com

Minah sebagai Gong Shim.
Berpenampilan slordig. Mengenakan wig aneh karena rambutnya botak, wajah Gong Shim sungguh jauh berbeda dibanding kakaknya, Gong Mi.
Berkat penampilan anehnya, Gong Shim mendapat kesempatan bekerja sebagai sekretaris direktur pada perusahaan.

Berkat ketulusan hatinya, Gong Shim mendapat banyak cinta. Tidak hanya dari teman dekatnya, Shin Goo-Nam, juga dari 2 orang pewaris Star Grup,  Ahn Dan Tae dan Suk Joon Soo

Namun, berkat penampilan anehnya pula, beberapa kali  Gong Shim mengalami bullying.


Seo Hyo-Rim sebagai Gong Mi
Cantik. Modis. Berbusana serba branded. Serta berprofesi sebagai pengacara, Gong Mi bak bumi dan langit dengan Gong Shim. Tak heran banyak yang tak percaya ketika mengetahui keduanya bersaudara kandung. Satu ibu, satu bapak.

Selalu diistimewakan, Gong Mi kerap memperlakukan adiknya, Gong Shim secara tak adil. Bahkan tega berlaku curang/licik.


On Joo-Wan sebagai Suk Joon Soo
Pria baik hati yang jatuh cinta pada Gong Shim, sayang terkendala posisinya sebagai anak direktur Star Group menghalanginya melangkah lebih jauh.

Joon Soo yang humble bersahabat dengan Ahn Dan Tae, dan mempekerjakannya sebagai supir neneknya. Joon Soo tak mengetahui bahwa Ahn Dan Tae adalah sepupunya, atau  cucu kesayangan yang selama ini dicari neneknya.

source: gfycat.com

Sinopsis:
Dibuka dengan kisah perkenalan Gong Shim yang terpaksa harus menyewakan kamar atapnya pada Ahn Dan Tae, petualangan sarat komedi yang mengundang derai tawapun terjadi.

Ahn Dan Tae pengacara miskin namun pengasih. Dibantu adik ibunya, dia memiliki kantor bantuan hukum untuk mereka yang termarjinalkan. Gratis. Termasuk ketika Gong Shim terbelit kasus hukum.

Gong Shim mengalami perisakan. Pelakunya seorang sosialita, istri pemilik firma hukum tempat kakaknya, Gong Mi berkarir. Demi sang kakak, Gong Shim terpaksa menutup kasus. beruntung ada Ahn Dan Tae yang menyelesaikan kasus dengan caranya tersendiri.

Melegakan hati Gong Shim, karena win-win solution.

Tidak hanya kasus tersebut. Beberapa peristiwa membuat dekat hubungan Gong Shim – Ahn Dan Te. Salah satu penyebabnya, mereka menempati bangunan yang sama.

Bahkan di awal kisah, gara-gara Ahn Dan Te malas mengubah password pintu masuk. Gong Shim nyelonong masuk dan tertidur di kamar Ahn Dan Te.

Perilaku Gong Shim memikat hati Ahn Dan Te. Terlebih sewaktu mengetahui diskriminasi sikap orang tua Gong Shim. Serta kelicikan-kelicikan yang dilakukan kakak Gong Shim, Gong Mi.

Hubungan keduanya semakin dekat, ketika Gong Shim membantu Ahn Dan Te membuka tabir kelam yang selama ini menutupi hidup Ahn Dan Te.

Nama asli Ahn Dan Te adalah Suk Joon Pyo, pewaris pertama Star Grup yang diculik dan dititipkan pada keluarga “Ahn”. Karena penculik tak juga datang, sementara isri keluarga Ahn mengalami depresi hebat usai kematian anak kandungnya. Suk Joon Pyo pun diangkat anak, dan diberi nama baru: Ahn Dan Te.

Awalnya Ahn Dan Te tidak menyadari bahwa Suk Joon Soo, sahabatnya, dan juga sahabat Gong Shim, adalah sepupunya.

Suk Joon Soo berulangkali minta bantuan Ahn Dan Te, yang juga bekerja sebagai supir panggilan,  mengantar neneknya bepergian.

Panggilan sedarah, membuat sang nenek komisaris Star Grup, memberi mandat pada Ahn Dan Te untuk menemukan cucunya.

Akhir yang manis bisa ditebak, berkat kegigihan duet Gong Shim – Ahn Dan Te, biang kerok penyebab nenek dan cucu berkisah selama puluhan tahun, bisa terungkap.

source: forums.soompi.com

Review:
Menikmati ketidak beruntungan, mungkin layak disematkan pada sosok Gong Shim.

Tangis dan tawa berkelindan meriah dalam drama seri “Beautiful Gong Shim. Membuat emosi penonton bagai naik roller coaster. Terkadang tertawa terbahak-bahak. 

Kali lainnya larut dalam derai tangis Gong Shim.
Walau ditujukan sebagai tontonan yang menghibur, “Beautiful Gong Shim” ternyata sarat pesan.

Sekilas nampak mendiskriminasi anak keduanya yang kurang cantik, kenyataannya orang tua Gong Shim ngga segitunya kok. Bagaimanapun kasih orang tua sepanjang jalan.

Chemistry Namgung Min sebagai Ahn dan Te dengan Minah sebagai Gong Shim, patut diacungi jempol, mengingat selisih usia keduanya 15 tahun. Namgung Min ketika drama ini dibuat, berusia 38 tahun, sedangkan Minah 23 tahun.


Drama “Beautiful Gong Shim” memang produk lawas, tahun 2016. Namun sangat diperhitungkan, terlihat dari perolehan ratingnya yang mencapai 2 digit.

Tidak banyak drama Korea yang berhasil menangguk kepuasan penonton setinggi itu. Walau Namgung Min, sebagai pemeran utama papan atas, selalu berakting ciamik.

Drama televisi/film serta produk sineas lainnya, membutuhkan kerja sama banyak pihak. Bagaimana mengolah Gong Shim menjadi lucu tanpa terpeleset terlihat seperti “badut”, merupakan kerja sama  hebat antara sutradara, penulis skenario, penata rias, cameraman, serta puluhan crew di balik layar.


Profile
Drama: Beautiful Gong Shim (literal title)
Revised romanization: Minyeo Gongshimi
Hangul: 미녀 공심이
Director: Baek Soo-Chan
Writer: Lee Hee-Myung
Network: SBS
Episodes: 20
Release Date: May 14 - July 17, 2016
Runtime: Saturday & Sunday 22:00
Language: Korean
Country: South Korea


Comments

  1. Wahhh, kece banget ini DraKornya
    Komplet cerita ttg bullying, anxiety juga ya Mbaa
    Kok value cerita rada mirip dgn IMPERFECT-nya Ernest yak?

    ReplyDelete
  2. Biasanya emang yg dianggap tidak cantik selalu lucu dan menyenangkan..
    Ceritanya spt yg juga ada di masyarakat ni..
    Harusnya tiap org itu istimewa, yg penting sikapnya baik..
    Ya kan ambu?

    ReplyDelete
  3. Kisah yang berliku. Saya tidak sekali mengerti hingga harus baca ulang Hehehe... Banyak nama yg asing dan saya masih susah mencerna tokoh ini namanya siapa tokoh itu namanya yang ini bukan ya? Hehehe...
    Ceritanya sendiri emang seru sih Bu.

    ReplyDelete
  4. Ternyata udah lama ya, aku kira drama Korea terbaru. Duh jadi referensi tontonan buat waktu luang nih. Noted. Penasaran sama filmya, tema nya cukup berhubungan sama kejadian sekarang.

    ReplyDelete
  5. Wah...bagus banget ini, kayanya menghibur plus banyak ksh pelajaran.
    Cuma krg suka ini dengan Gong Mi. Dulu UI pernah ada drama juga keknyabya hampir-hampir mirip ini, tapi entah apa ya judulnya....di KBS kalau ga salah.

    ReplyDelete
  6. Namgung min diapain juga cantik ya, saya melihat dibeberapa movie yang dia bintangi

    ReplyDelete
  7. Aku kebetulan udah nonton ini Ambu, dan bener di satu sisi bikin sedih, di sisi lain bikin ketawa-tawa terbahak-bahak. Seru dengan perjalanan hidupnya Beautiful Gong Shim dan cowok-cowok yang suka dia hahaha. Banyak hikmah yang bisa dipetik juga dari kisah dalam drama ini. Ku suka setiap episodenya :)

    ReplyDelete
  8. Wah, sepertinya ceritanya bagus. Sarat akan nilai-nilai kehidupan yang kerap terjadi di masyarakat. Wajib nonton nih, dari ulasannya aku suka.

    ReplyDelete

Post a Comment