Stranger 2, Misteri Hilangnya Seorang Jaksa Oportunis

 


Stranger 2, Misteri Hilangnya Seorang Jaksa Oportunis

Jangan kepo urusan orang lain!

Karena gara-gara kepo, Jaksa Seo Dong Jae tiba-tiba hilang dari muka bumi.

Hihihi kejadian di atas cuma ada di drama Korea “Stranger 2” sih. Tapi, kena kepo (akronim “Knowing Every Particular Object”) rasanya emang nyebelin ya?

Ada yang tanya “gaji kamu berapa?” “mengapa kamu belum menikah? “kapan punya anak?” “mobil kamu  kreditan atau cash?” dan semacamnyalah.

Kepo yang seperti ini sangat mengganggu privasi. Andai dia tahu bahwa seseorang gajinya sekian, trus mau apa? Mau nambahin?

Kemudian, jika dia tahu seseorang belum menikah karena belum dapat jodoh, trus apa urusannya? Mau nyariin jodoh?

Kurang lebihnya seperti Bu Tejo dalam drama “ Tilik”. Sosok yang tidak saja mau tahu urusan orang lain, juga menggosipkannya.

Baca juga: 5 Cara Menghadapi “Bu Tejo”, Pribadi Toksik Yang Bikin Gak Nyaman

Dalam drama Korea “Stranger 2” dikisahkan ada jaksa bernama Seo Dong Jae yang suka kepo. Kepandaian dan kewenangannya digunakan untuk mengutak utik kasus. Tujuannya bukan untuk mencari keadilan, melainkan untuk mencari celah. Apakah kasus berpotensi  digunakan untuk kepentingan pribadi?

Merupakan sequel dari drama Korea “Stranger” atau “Secret Forest”, drama Stranger 2 setia menampilkan konflik korupsi, pertikaian kepolisian dan kejaksaan serta betapa dingin serta kakunya sang tokoh utama, Jaksa Hwang Si Mok.

Bahkan partner Jaksa Hwang Si Mok tetap sama. Dia adalah si cantik Han Yeo Jin yang tidak lagi berdinas di kepolisian Yongsan.

Dan tentu saja Jaksa Seo Dong Jae, sosok flamboyan yang kerap bikin ulah. Sungguh sial, ulahnya kali ini membuat jaksa ganteng ini raib. Hilangnya Jaksa Seo Dong Jae menjadi titik sentral kisah drama Korea “Stranger 2”.



Cho Seung-Woo sebagai Jaksa Hwang Si Mok

Selalu tampil tanpa emosi, Hwang Si-Mok pernah menjalani operasi otak ketika masih kecil. Namun sangat cerdas. Kecerdasannya dalam menginvestigasi kasus, membuat Hwang Si Mok selalu berhasil menuntaskan kasus.

Dilain pihak,  pribadinya yang lurus dan menolak korupsi membuatnya tidak disukai dan berlanjut dengan mutasi ke pelosok.



Bae Doo-Na sebagai Inspektur Polisi Han Yeo-Jin

Ekspresif, tangkas, cerdas, dan sangat berdedikasi membuat  Han Yeo Jin disukai pimpinan. Tidak demikian dengan rekan-rekannya di kepolisian pusat. Han Yeo Jin dianggap mencuri hasil kerja mereka.

Sebelum bekerja di kepolisian pusat, Han Yeo Jin bertugas di Kepolisian Yongsan, menyelesaikan kasus bersama Jaksa Hwang Si Mok.

Walau kemudian keduanya ditempatkan pada lokasi yang berjauhan, Han Yeo Jin tetap rajin berbagi informasi bareng Jaksa Hwang Si Mok.



Sinopsis Stranger 2        

Belum sempat bekerja di tempat dinasnya yang baru, tiba-tiba Jaksa Hwang Si Mok dipanggil ke Seoul. Dia terpilih sebagai salah satu anggota tim reformasi yang baru dibentuk. Mirip KPK di Indonesia yang bertujuan memperkuat sistem pengadilan, tidak tumpang tindih kebijakan antar lembaga kejaksaan dan kepolisian.

Tim reformasi terdiri dari para petinggi dan petugas lapangan. Diantaranya  Hwang Si Mok dari kejaksaan dan Han Yeo-Jin dari kepolisian. Keduanya akrab setelah bersama menyelesaikan kasus (Drama Korea: Stranger/Secret Forest).

Termasuk sewaktu rekan mereka, Jaksa Seo Dong Jae tiba-tiba raib. Tanpa petunjuk. Hanya ada bercak darah yang diduga berasal dari luka di kepala akibat dipukul menggunakan batu bata.

Jaksa Seo Dong Jae sebetulnya dikenal sebagai rekan yang kurang menyenangkan. Suka menjilat atasan dan petinggi pemimpin perusahaan/konglomerat. Serta gemar mengutak-utik kasus yang sudah ditutup. Tujuannya tentu saja bukan untuk mencari keadilan.

Saat tiba-tiba menghilang, Jaksa Seo Dong Jae sedang membongkar kasus yang telah dianggap selesai. Diantaranya kematian mantan hakim Park Gwang-Su yang juga lawyer Hanjo Global Corporation. Kasus bunuh diri Sersan Song dari Kepolisian Segok. Serta hilangnya 2 remaja yang diduga akibat air pasang di pantai Tongyeong.

Kasus misterius yang diselidiki Seo Dong Jae melibatkan petinggi kepolisian dan kejaksaan. Tak heran, walau Hwang Si Mok dan Han Yeo-Jin begitu ulet mencari, petunjuk hilangnya jaksa aktif ini tak juga muncul.

Apakah diculik? Kok nggak ada pernyataan dari penculik. Jika dibunuh, tidak mudah membuang jasadnya, karena padatnya pemukiman di Seoul.

Tiba-tiba muncul saksi. Dia mengaku ada di tempat kejadian, malah sempat melihat pelaku, yaitu kapten Baek Jung Gi, Kepala Kepolisian Segok.

Tuduhan yang dianggap aneh oleh duo Hwang Si Mok dan Han Yeo-Jin. Sudah menjadi rahasia umum, terjadi perang dingin antara pejabat kepolisian dan kejaksaan. Masing-masing pihak berusaha menunjukkan pada publik bahwa mereka “clean”, yang lain “dirty”.

Setelah reka ulang, dugaan pasangan solid ini ternyata benar. Saksi berbohong. Dia menggunakan aplikasi pengubah navigasi agar terlihat di tempat kejadian.

Titik terang muncul saat seorang rekan Jaksa Seo Dong Jae curhat pada Hwang Si Mok. Jung Min Ha, nama jaksa tersebut, bersama Seo Dong Jae sedang menangani kasus bullying. Dia menduga ada keterkaitan dengan kasus hilangnya Seo Dong Jae.

Ternyata betul. Ada benang merah antara kasus bullying, kasus matinya 2 orang remaja yang diduga akibat pasang air laut, serta kasus hilangnya Jaksa Seo Dong Jae.

Kedua remaja  tidak tewas akibat kecelakaan, melainkan dibunuh. Pembunuhnya kalap ketika Jaksa Seo Dong Jae membongkar kasus yang dipikirnya telah usai.




Review Stranger 2

Waktu

Semuanya akan berhenti saat aku lulus

Bullying akan berhenti bila memutus hubungan dengan mereka

Aku menunggu saat itu

Jangan menganggap enteng bullying. Akibat depresi, korban perundungan bisa melakukan hal tak terduga. Bunuh diri atau malah membunuh.

Pesan moral ini tersirat dalam Drama Korea “Stranger 2”. Kim Hu-Jeong, seorang korban bullying, bukannya dilindungi, oleh guru pembimbing malah disatukan dengan 2 orang perundungnya. Mereka disuruh berteman.

Bisa diduga, pelaku perundungan semakin sewenang-wenang. Lulus SMA pun Kim Hu-Jeong tetap dibully. Pelaku menyatroni kamar kost Kim Hu-Jeong. Dijadikan tempat pesta miras dan bermain perempuan.

Beberapa kali Kim Hu-Jeong diam-diam melarikan diri, berpindah kamar sewa. Namun malang, perundung selalu berhasil menemukan. Bahkan perisakan semakin menggila.

Titik kulminasi terjadi sewaktu perundung mengambil komputer dan peralatan musik Kim Hu-Jeong. Peralatan kesayangan Kim Hu-Jeong yang berisi lagu-lagu ciptaannya.

Kim Hu-Jeong gelap mata, dia mengajak perundung bermain ke pantai dan membunuhnya.  Kasus ditutup karena dianggap kecelakaan remaja labil yang tidak menghiraukan bahaya.

Baru terkuak setelah muncul kasus hilangnya Jaksa Seo Dong Jae. Jaksa yang suka kepo membongkar kasus lama ini menemukan kejanggalan. Kekepoan yang membuat Kim Hu Jeong gelap mata.

Puzzle penentu diletakkan di episode ke-13. Penonton hanya melihat clue, kematian 2 orang perundung di episode awal. Kemudian penonton diajak berputar-putar seolah melalui labirin tak berujung.

Labirin yang berisi kasus, pertengkaran petinggi kepolisian dan kejaksaan, serta pengusaha yang risau dengan turunnya harga saham.

Sehingga tanpa kesabaran tingkat  tinggi, penonton bakal boring di awal kisah. Mirip pertama kali merangkai puzzle yang tidak beraturan. Rasanya ingin berhenti.

Padahal bukan tanpa maksud. Yang terlihat di permukaan, petinggi kepolisian dan kejaksaan berantem. Yang tak terlihat, mereka bergandengan tangan berkolusi, korupsi dan nepotisme. Saling menutupi jejak “dosa”.

Puzzle-puzzle inilah yang nampak disebar oleh penulis naskah. Penonton diajak menyusun puzzle. Sehingga merasa exciting menjelang kisah berakhir. Puzzle semakin terbentuk, menunjukkan keseluruhan dan inti masalah.

Merupakan sequel dari drama Korea Stranger/ Secret Forest, penonton Stranger 2 tidak hanya mendapat sajian kisah yang runtut, karya writer Lee Soo Yeon. Juga akting Cho Seung Woo sebagai Jaksa Hwang Si Mok yang dingin dan tanpa emosi.

Sangat menarik melihat cara Hwang Si Mok mereka ulang kejadian dengan angannya. Serta mempermainkan emosi terdakwa untuk memancing jawaban. Saat terdakwa gelisah, Hwang Si Mok dengan pelan berkata:

Bila darah terlalu banyak dipompa

Kau akan merasa kebas di ujung tangan, hidung dan bagian lain

Otak dan jantungmu sedang bekerja keras, untuk memompa darah ke seluruh tubuh

Tanpa sadar kau menggunakan banyak energi untuk berbohong

Penampilan kompak Cho Seung-Woo dan Bae Doo Na menambah poin drama ini. Sewaktu Han Yeo Jin (Bae Doo Na) meloncati tembok pemisah, Hwang Si Mok (Cho Seung Wo) dengan wajahnya yang kaku nan lempeng, bilang: “Kau bisa keluar lewat pintu depan”.

Akting Bae Doo Na memang tak pernah mengecewakan. Termasuk saat berpasangan dengan Joo Ji Hoon dalam Kingdom. (Insyaallah saya segera tulis reviewnya ya)

Saya suka tipe wajah Bae Doo Na yang unik. Chemistrynya bareng Cho Seung Woo bikin Stranger 2 jadi hidup dan menarik. Nggak heran penonton Korea Selatan merespon positif drama ini. Berikut hasil episode ratingnya yang diambil dari asianwiki.com:

Akting Lee Joon Hyuk, pemeran Seo Dong Jae dapat dilihat di:

Designated Survivor: 60 Days, (Bukan) Presiden Boneka

 


Profile

Drama: Stranger 2

Revised romanization: Bimilui Soop 2

Hangul: 비밀의 2

Director: Park Hyun-Suk

Writer: Lee Soo-Yeon

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: August 15 - October 4, 2020

Runtime: Sat. & Sun. 21:00

Language: Korean

Country: South Korea

 

 


26 comments

  1. Aku belum pernah nonton drakor yg bercerita soal dunia jaksa.
    Padahal, bapak mertuaku pensiunan jaksa, wkwkwk
    Sepertinya daku kudu nonton drakor iniii

    ReplyDelete
  2. Serinya kayaknya seru banget. Ada kisah misteri, pembunuhan, dan detektif ya. Walaupun aku engga pernah nge-drakor nih. Banyak yang bisa ditarik pelajaran ya dari sebuah film. Met ngedrakor lagi Ambu...

    ReplyDelete
  3. Hihihi, kebanyakan gitu ya, karena kepo jadinya dapat masalah sendiri, ibarat nyari-nyari masalah dah kalau kepo dengan urusan orang lain, padahal ngurusin urusan sendiri jauh lebih asyik hahaha.

    Btw menarik nih dramanya, bikin pengen nonton, tapi kayaknya jadi wishlist dulu deh :D

    ReplyDelete
  4. Wuih, jalan ceritanya kereeeen!
    Saya demen nih drakor yang ga melulu cinta-cintaan, bahkan di sini ga ada romance ya, mba?
    Harus runut nonton dari Stranger 1 kah? Saya belum nonton yang 1 soalnya

    ReplyDelete
  5. saya sudah pernah baca reviewnya teh
    tapi kurang lengkap
    terima kasih infonya komplit banget
    jadi pingin nonton

    ReplyDelete
  6. Aku udah lama gak nonton drama tema kaya gini. Mana Stranger ada sekuelnya kan. Katanya season 2 masih ada hubungan sama Season 1. Nunggu nanti longgar deh

    ReplyDelete
  7. Dari kemarin mau nonton STRANGER ini kok lupa2 muluuu
    ah, untunglah baca blogpost Ambu
    Siaapp pantengin ntar malam ahhh!

    ReplyDelete
  8. Menarik dan bikin penasaran jalan ceritanya, lama neh nggak nonton film misterius jadi bisa dimasukkan dalam whistlist. Makasih reviewnya Mbak.

    ReplyDelete
  9. Ambuuu, deuh ceritanya selalu seru yaa dan penulis naskah pinter menyusun puzzle2nya nih apalagi yang nonton diajak mencari puzzle hiii.
    Ambuu, rajin banget nonton, ku ga pernah nnton drakor, tapi suka kalo baca ripyu2 apalagi suka ada pesan yang tersirat dalam setiap cerita.

    ReplyDelete
  10. Aku tuh penggemar film serial tentang dunia hukum ya, namun belum pernah nyoba nonton yang drakor seperti ini. Sama gak ya feelnya dgn serial buatan holywood?

    ReplyDelete
  11. Sudah lama banget saya nggak nonton drama korea, entah krn saya sendiri nggak terlalu suka nonton drama korea gitu sih. Karena saya malas aja sih kalau ngelanjutin nonton korea per-episode apalagi marathon, belum lagi saya nggak terlalu suka drama korea romance.


    Tapi kalau drama korea genre misteri thriller, sepertinya seru nih ^^

    ReplyDelete
  12. Drakor ini gda abisnya ya acaranya emang seru-seru banget. Aku jadi kepo sama drama ini. Di ceritain aja udh seru apalagi nonton langsung ya. Hehe

    ReplyDelete
  13. Wow, Korea bukan ahli dalam drama korea saja . Ternyata ada cerita yang lebih menarik , sebenarnya saya suka sich dengan "crime" dengan cerita yang rumit. Semoga nanti bisa nonton dech....

    ReplyDelete
  14. Suka dengan tema kriminal seperti ini. Ditandai dulu bund, untuk list tontonan berikutnya.

    ReplyDelete
  15. oMenarik nih filmnya, ada referensi lagi buat nonton (belajar) dari film-film KOrea yang sering banyak kejutan jalan ceritanya.

    ReplyDelete
  16. wah ini drakor tahun 2020 ya? aku kok gak ngeh ya? kalah pamor sama drakor yang lagi hype kayanya. kebetulan nih aku lagi kehabisamn stok drakor buat nemenin nyetrika, hahaha. aku nonton stranger 2 nanti

    ReplyDelete
  17. Meski jarang nonton drakor. Setidaknya jadi taulhu sedikit deh ceritanya. Bisa jadi list deh kalo lagi gabut untuk cari film

    ReplyDelete
  18. Racun bertebaran di mana-mana. Aku belum nonton ini woe. Ih kenapa review-nya harus nongol sekarang sih Ambu, kan jadi membuatku ingin tapi belum mampu

    ReplyDelete
  19. Pengen bbgt nonton ini nih. Muka pemeran perempuannya innocent bgt cocok ya disitu perannya org yg polos dan anti korupsi..

    ReplyDelete
  20. Dari judulnya aku ngga expect ini berkaitan dengan perundungan Bu. Pesannya dapat banget :')

    ReplyDelete
  21. Kamu nonton di mana nih serial Stranger 2, kak? Aku penasaran sama drakor yang bukan cinta-cintaan :)))

    ReplyDelete
  22. Salut banget sama Stranger ini..
    Sukses dengan caranya sendiri. Genre yang gak biasa karena dibalut misteri, tapi sangat asik buat diikuti alurnya.

    Ambuuu...aku juga nonton doonk...Cho Seung Woo oppa.

    ReplyDelete
  23. Aku belum nonton drama ini nih. Nanti ah dah kelar counter sama True Beauty hehe

    ReplyDelete
  24. Waktu season 1 nya tayang saya sempat nyoba nonton sayang cuma bertahan 2 episode. Kayaknya waktu itu lagi nggak mood nonton padahal biasanya kalau drama Ratingnya bagus saya bela-belain nonton

    ReplyDelete
  25. saya belum nonton dramanya nih soalnya sekarang-sekarang ini belom ada mood lagi untuk nonton drama korea

    ReplyDelete