Be With You (Drama China), Kisah Cinta Semanis Sayur Bening

 


Be With You (2020) ; Cinta Semanis Sayur Bening

Suka sayur bening?

Disebut sayur bening tentunya karena penampilannya bening. Hanya nampak kuah dengan sayuran hijau, bisa daun bayam, daun katuk. Bumbunya cuma bawang merah, garam dan gula.

Mungkin karena mudah banget, resep pertama yang biasanya diturunkan para ibu pada anaknya, adalah sayur bening. Cukup rebus air hingga mendidih, masukkan bawang merah iris, tunggu hingga bau langu bawang merah hilang.

Baru kemudian ditambahkan daun sayuran yang telah disiangi dan dicuci bersih. Juga gula, dan garam secukupnya. Koreksi rasa. Angkat deh.

Duh, jadi ngomongin resep sayur bening.

Tapi itulah yang saya rasa ketika menonton drama China “Be With You”. Manis, sedikit gurih dan mantap karena bertaburan eye candy. ganteng dan cantik.

Sesudah itu ya sudah. Tidak ada kesan.

Bandingkan dengan drama Korea “Start Up” yang bikin penonton terbaper-baper, bahkan sesudah seluruh episode usai. Sticker para pemainnya, Kim Sun-Ho  dan Nam Joo-Hyuk ramai digunakan untuk chatting di WhatsApp.

Saya sengaja membandingkan dua drama ini karena keduanya berkisah tentang anak muda yang berjuang meraih impian. Sayang, hasil akhirnya berbeda jauh. Ingin tau apa penyebabnya? Yuk kita review.

Baca juga: Start Up, Drama Korea Berating Rendah Tapi Disukai Netizen Indonesia

 


Ji Xiao Bing sebagai Ji Yan Xin

Dosen jurusan arsitektur Universitas ChunMing,  yang juga pemilik perusahaan Yiyan.

Sangat terkenal diantara kaum hawa karena kegantengannya, Ji Yan Xin juga populer dengan sifatnya yang sulit, dingin dan asosial.

Dia tak pernah mengingat nama mahasiswanya, baginya mahasiswa bahkan asistennya hanyalah sekumpulan angka (nomor induk mahasiswa).

Didikan ayahnya yang keras yang membuat Ji Yan Xin demikian. Bertambah parah sesudah orangtuanya bercerai, dan Yan Xin bertengkar dengan adik laki-laki semata wayang.

Sebetulnya Yan Xin sangat sayang pada adiknya. Dia bersikap kejam agar adiknya berhasil. Pendapat yang keliru yang membuat adiknya melarikan diri.


Zhang Ya Qin sebagai Qi Nian

Gadis cerdas ceria dan tomboy yang merintis karir sebagai komikus.

Semasa masih SMA, Qi Nian sempat memproduksi komik bersama partnernya. Dengan nama alias Qiyue Qingwu, komik berjudul “Di Ujung Awang” meledak di pasaran.

Namun Qi Nian harus kecewa. Partnernya, Lu Qing Wu berkhianat. Lu Qing Wu mengakui komik “Di Ujung Awan” sebagai hasil karyanya sendiri bukan bareng Qi Nian.

Tak mau putus asa, Qi Nian melupakan peristiwa tersebut. Dia menetapkan niat berkarir sebagai  komikus sukses, untuk membuktikan kemampuannya.


Marcus Li sebagai Ji Si Qi

Adik Ji Yan Xin yang melarikan diri dari rumah setelah koleksi action figure -nya dihancurkan sang kakak. Dia bersumpah bisa berhasil sukses sebagai komikus tanpa minta bantuan.

Tanpa terduga, Ji Si Qi mengontrak rumah bareng Qi Nian, komikus yang karyanya “Di Ujung Awan” sangat disukai Si Qi.



Sinopsis Be With You (2020)

Sakit hati atas pengkhianatan rekannya, Qi Nian bertekad bersolo karir sebagai komikus sukses.

Untuk itu Qi Nian harus banting stir, membuat komik remaja, genre yang sama sekali tak dikuasainya. Sehingga hasil karyanya tak pernah masuk daftar favorit, bahkan sering menjadi bahan cemoohan.

Qi Nian punya kelemahan. Dia belum pernah jatuh cinta. Akibatnya tak ada unsur romantis dalam komik Qi Nian. Para tokoh utama hanya berkelahi.

Mengetahui kelemahan Qi Nian, editornya menyuruh Qi Nian banyak-banyak membaca komik drama romantis dan mencari purwa rupa. Seorang pria yang sanggup membuat Qi Nian jatuh cinta, minimal tertarik padanya.

Dan berhasil!

Di suatu sore, Qi Nian bertemu dengan seorang pria tampan, pemilik anjing golden retriever bernama Qi Bao. Bahkan tanpa sengaja mereka beradu bibir.

Peristiwa yang membuat Qi Nian mendapat ide dan segera membuat draft. Draft tak biasa yang membuat editor terpukau. Dia mendorong Qi Nian mencari cara bertemu lagi dengan sang pangeran. Agar bisa mengejarnya, minimal mendapat bayangan romansa percintaan.

Hasil browsing membawa Qi Nian bertemu dengan sang pria. Seorang dosen Universitas Chun Ming bernama Ji Yan Xin, dan dia bukan sosok yang mudah didekati. Perilaku asosialnya membuat banyak mahasiswa baru patah hati. Malah asisten mengajarnya tak pernah bertahan lama.

Challenge yang diberikan Ji Yan Xin pada asisten baru memang unik. Jika selama 7 hari pertama berhasil membuat Ji Yan Xin mengingat namanya, maka sang asisten akan direkrut sebagai asisten tetap.

Demi bisa berdekatan dengan sang purwarupa komiknya, Qi Nian berusaha untuk menjadi asisten Ji Yan Xin, kemudian berjuang agar Ji Yan Xin mengingat namanya.

Berhasil. Qi Nian berhasil menjadikan dirinya tangan kanan Qi Nian. Sehingga satu masalah terselesaikan, plot cerita berhasil disusun Qi Nian dengan gemilang.

Yang dibutuhkan berikutnya adalah orang yang bisa memperhalus/finishing karyanya.

Tak terduga, teman kontrak rumahnya, yang semula dikira perempuan, ternyata adalah pria yang dibutuhkan Qi Nian. Key Jiang sangat piawai memoles komik, membuat komik mereka sukses dipasaran. Bahkan menjadi trending topic.

Sukses dalam karya, masalah rumit menanti Qi Nian. Hubungan yang intens dengan Ji Yan Xin membuat Qi Nian  jatuh cinta, tanpa dia tahu perasaan sesungguhnya laki-laki dingin itu.

Kenyataan lain, Key Jiang ternyata adalah adik dari Ji Yan Xin. Key Jiang yang mempunyai nama asli Ji Si Qi, lari dari rumah gara-gara sang kakak tidak merestui jalur karir sebagai komikus.

Sementara Qi Nian, komikus yang semula mendekati Ji Yan Xin hanya demi menjadikannya sebagai purwarupa. Apa yang akan diperbuat Ji Yan Xin jika mengetahui kebenarannya?



Review Be With You (2020)

Penasaran, ingin mengetahui dunia komikus di negara tirai bambu, membuat saya memutuskan menonton drama China, Be With You.

Agak bingung memang. Karena tidak semudah drama Korea yang ratingnya dimuat asianwiki.com. Situs ini memuat episode rating berdasar laporan AC Nielsen, perusahaan yang melayani informasi marketing. Berdiri sejak tahun 1923, pastinya bukan layanan ecek-ecek ya?  (sumber: wikipedia)

Tidak demikian dengan drama China. Saya kesulitan menemukan situs yang menyajikan laporan AC Nielsen untuk drama Cina. Sehingga saya kerap meraba-raba dengan membaca review-nya di mydramalist.com. Termasuk sewaktu menentukan “Be With You”.

Drama ini mendapat rating 8.0 dari para pembaca dan reviewers. Tentu saja tidak bisa dijadikan patokan. AC Nielsen memperoleh data dari seluruh penonton Korea Selatan. Sedangkan rating mydramalist hanya dari penonton yang bersedia memberi vote.

Jauh pisan bedanya ya?

Tapi okelah, drama “Be With You” unggul karena merupakan adaptasi dari novel "I Really Want To Be With You" by Bei Qing.

Penulis novel biasanya membangun karakter tokoh dengan apik, menyusun plot cerita dengan runtut dan seterusnya.

Sayang, penonton nampaknya harus kecewa.  Ibarat sekelompok pemuda pemudi ganteng/cantik mau bepergian dari Bandung ke Jakarta. Semua tampak bagus dan rapi, dari persiapan hingga waktu keberangkatan.

Eh di tengah jalan mereka berpencar. Ada yang ke Ciwidey dulu. Ada yang ke Tasik. Akhirnya semua personil sampai ke Jakarta sih, tapi kebayang kan capenya?

Lama. Berputar-putar. Ngobrol dengan orang yang nggak ada urusannya. Ambyar deh.

Demikian pula drama “Be With You”, mengungkap banyak kisah. Salah satunya tentang sepupu tokoh utama. Sebalnya kisah tersebut nggak ada kaitannya dengan plot. Atau dengan kata lain, dibuangpun nggak ngaruh.

Padahal cuma 24 episode lho.

Untuk pembanding, bisa dilihat drama China “Love Designer” dan “Dating in The Kitchen” yang juga mengembangkan kisah namun tetap fokus tokoh utama dan rangkaian cerita. Sehingga penonton setia menonton episode demi episode. Enggak kepikiran untuk men-skipnya.

Namun yang paling mengusik adalah adegan nggak masuk akal. Seperti tanpa sengaja pemeran utama pria dan perempuan beradu bibir di awal pertemuan. Baru bertemu lho. Masa sih nggak marah atau jijay?

Seganteng apa kek sang cowok, aneh pisan itu sih.

Adegan lainnya adalah saat pemeran pria membawa kekasihnya ke suatu gedung, begitu keluar udah bawa buku nikah! Please deh, menikah kan bukan perkara serius, bukan main "rumah-rumahan".

Tapi ya sudahlah ....

Baca juga:

Dating in the Kitchen,  Saat Paman Jatuh Cinta Pada Keponakan

Love Designer, Kisah Tentang si Cantik dan si Cowok Alfa

 

 

Profil

Drama: Be With You

Native Title: 好想和你在一起

Also Known As: I Really Want to be With You , Hao Xiang He Ni Zaiyiqi , Hao Xiang He Ni Zai Yi Qi

Screenwriter: Zhou Miao

Genres: Comedy, Romance, Life, Drama

Country: China

Episodes: 24

Aired: Nov 19, 2020 - Dec 3, 2020

Aired On: Thursday, Friday

Original Network: Tencent Video

Duration: 45 min.

Content Rating: 13+ - Teens 13 or older

13 comments

  1. Wah wah wah salah satu referensi ceritanya menarik untuk disimak...

    ReplyDelete
  2. Ini bukan drakor ya? Aku masih bingung kalo liat nama-nama dan penampilan aktor-aktrisnya, ternyata film Chinese. Kisahnya sepertinya seru, ada pasti di dunia nyata yg kayak gitu, masih meremehkan kerja kreatif. Apalagi sebagai komikus...

    ReplyDelete
  3. sebenernya karakter di DraChin ini udah cukup kuat ya Ambu.
    Hanya saja, kayaknya penulis skenario dan sutradara kebingungan buat bikin plot yg cihuy, agar penonton betah ngikuti seluruh episodenya.

    ReplyDelete
  4. Duh paling nyebelin tuh kalo plot ceritanya hore-hore dari kanan kiri dan jadi tambalan plot utama. Kita juga nontonnya jadi ga fokus ya Mbak.

    ReplyDelete
  5. Tertawa sendiri saya pas di bagian terakhir, keluar gedung udah bawa buku nikah aja. Deuh, bisa jadi contoh yg salah tuh ya. Anak muda entar ngiranya nikah itu sekilatan doang. Tanpa prosesi apapun...
    Pantas kalau rating yg Korea sama yg China beda jauh. Feel nya juga emang beda ya

    ReplyDelete
  6. As always aku kan ngecek di youtube trailernya, eeeh malah ketemunya yang Korea! Dan aku malah suka dengan pembukaan di trailernya, Ambu!

    Nah ituuu aku setuju, masak iya baru ketemu udah beradu bibir? Biar pun belom nonton pastilah gemoy banget pen jitak sutradaranya!

    ReplyDelete
  7. Nah, kalau sampai disandingkan dengan Dating in the Kitchen dan Love Designer, berarti plot drama ini emang kemana-mana. Biasanya aku langsung kehilangan feel buat lanjut nonton kalau modelnya gini :D

    ReplyDelete
  8. Runut, tuntas, mengesankan dan menyenangkan jika membaca tulisan beliau, amazing

    ReplyDelete
  9. Baca review nya Ambu jadi bukan rekomen yang asik nih dramanya buat ditonton, apalagi ada hal yang janggal dan nggak nyambung malah di ada-adain ya 😁

    ReplyDelete
  10. Penasaran deh, ambu nonton-nonton film/ drama yang direview di aplikasi apa sih ambu? We TV atau apa ambu? Aku pernah lihat drama Be With You ini di mana ya? Hihihi.

    ReplyDelete
  11. nah itu aneh sih ya ambu scene awalnya masa iya ada stranger terus entah krn ga sengaja terus ciuman bibir itu awkward banget sih mau ganteng kaya pangeran Arab pun hahahha, langsung bogem sih kalo di daily life mah, kalo di drama seri mah bebas mereun ambu hihihi

    ReplyDelete
  12. Agak genggeus emang Drachin satu ini :D
    Mana sering banget nongol di explore IG

    ReplyDelete
  13. Para pemainnya juga bening-bening sepertinya, hehehe. Jadi enak dan semangat menontonnya, ditambah dengan alur cerita yang bagus pasti betah deh nonton drama ini.😁

    ReplyDelete