Oh! My Sweet Liar! Kisah Pelukis Yang Jenaka

 

maria-g-soemitro.com

Oh! My Sweet Liar! Kisah Pelukis yang Jenaka

 

Penasaran Ingin nonton episode berikutnya, menjadi syarat untuk saya mau mantengin suatu drama hingga tuntas.

Karena toh nonton drama untuk hiburan. Jadi lupakan perpaduan casting aktor dan aktris yang mumpuni, ide cerita menarik, dan sinematografi ciamik.

Namun drama  “Oh! My Sweet Liar!” memberi lebih. Dimulai dari ide yang menarik, seorang perempuan pelukis yang mampu menuangkan dengan detail, apa yang lihat, dalam satu lukisan.

Si perempuan pun bukan berasal dari strata tinggi, malah “hanya” anak angkat pemilik rumah hiburan, yang jangankan era monarchy, di zaman milenial yang “sok beradab” pasti akan dianggap aib.

Ide ini kemudian dimasukkan ke masa kerajaan, ke polemik perjodohan, intrik perebutan kekuasaan, maka “Oh! My Sweet Liar!” menjelma menjadi tontonan menarik.

Terlebih sesudah searching ke mydramalist.com, ternyata “Oh! My Sweet Liar!” diadaptasi dari novel Wangfei Bukaopu written by author Wan Xia. Ya iyalah, penulis novel pastinya sudah riset agar bisa menyusun latar belakang kisah dengan detail.

Seperti diketahui seni Tiongkok kuno merupakan warisan dunia tertua yang berkelanjutan. Berasal dari 10.000 SM,  periode Neolitikum, saat tembikar sederhana dan seni patung mulai dikenal luas. Ketika itu pulalah seni melukis tumbuh dan berkembang.

Sehingga selama menikmati “Oh! My Sweet Liar!, penonton akan terpuaskan dengan pernak pernik kekayaan Tiongkok kuno, upacara pernikahan semewah kekaisaran,  ditingkah gebyar busana menyilaukan mata, paras rupawan aktor dan aktrisnya, serta kisah yang mengalir.

maria-g-soemitro.com


Xi Zi sebagai  Xiong Xi Ruo

Anak angkat pemilik rumah hiburan yang sangat gemar menggambar. Xiong Xi Ruo mempunyai nama alias Happy Fairy dan mampu menggambar secara detail apapun yang pernah dilihatnya.

Anggota Petaled Lotus, kawanan  penjahat, yang tahu kemampuan Xiong Xi Ruo mengancamnya untuk  masuk Manor Li (rumah bangsawan Li) dan menggambar 4 arhats.

Malang, Xiong Xi Ruo mengira dia harus melukis 4 pemuda telanjang, anak dari Duke Lean/ ketua marga Li yang berkuasa. Dia nekad melakukan, karena keselamatan ibu dan saudara-saudara angkat menjadi taruhan.

maria-g-soemitro.com


Xia Ning Jun sebagai  Li Hong Bin

Putra sulung bangsawan Li penguasa kawasan Yunyao yang kaya sumber daya alam. Saking kayanya, banyak yang berharap menjalin perjodohan dengan Li Hong Bin. Diantaranya keluarga Song dan sepupu ibu kandung Li Hong Bin.

Hong Bin tak menyukai keduanya. Bahkan tak ingin menikah. Dia hanya ingin berkarir sebagai jendral yang maju di medan perang.

Agar terhindar dari paksaan perjodohan, Hong Bin berpura-pura mencintai  Xiong Xi Ruo dan berniat menikahinya dengan alasan Xiong Xi Ruo sedang mengandung janin dari Hong Bin.

maria-g-soemitro.com


Lan Bo sebagai  Li Hong Yu

Adik Li Hong Bin yang tampan dan berjiwa bebas. Dia enggan tinggal di dalam Manor Li yang penuh aturan, walau statusnya adalah anak laki-laki kedua yang setiap saat harus menggantikan tugas kakaknya.

Li Hong Yu seorang seniman. Dia piawai menari dan menggambar. Xiong Xi Ruo terpikat pada hasil karyanya sehingga memutuskan berguru dan memanggilnya guru. Pelan tapi pasti Li Hong jatuh cinta pada Xiong Xi Ruo yang mempunyai kepribadian menarik.

maria-g-soemitro.com


Andy Huang sebagai  Li Jing You

Adik bungsu Duke Lean atau paman Li Hong Bin dan Li Hong Yu yang sejak awal menentang pernikahan Li Hong Bin dan Xiong Xi Ruo. Untuk menggagalkan pernikahan mereka, dia berkomplot dengan Song Qin dan Dai Ru Er, 2 perempuan yang patah hati karena gagal menikahi Li Hong Bin.

Kepribadian Xiong Xi Ruo serta keberaniannya berhadapan dengan penjahat yang berusaha membunuh Duke Lean, membuat Li Jing You berubah.

maria-g-soemitro.com


Kang Keren sebagai Dai Ru Er

Sepupu jauh Li Hong Bin yang dijodohkan dengannya oleh  ibu Li Hong Bin. Sayang, sejak semula Li Hong Bin hanya mengakui sebagai sepupu, tidak ada perasaan spesial.

Dai Ru Er berang karena tidak saja wajahnya lebih cantik dari Xiong Xi Ruo, derajatnya pun lebih tinggi. Xiong Xi Ruo hanya anak angkat pemilik rumah hiburan, sedangkan Dai Ru Er seorang bangsawan, walau hanya bangsawan pedesaan.

maria-g-soemitro.com


Sinopsis Oh! My Sweet Liar! (China Drama 2020)

Penduduk kawasan Yunyao hidup sejahtera karena dipimpin Li Jing Tong, Duke Lean yang bijaksana. Sebagai pemimpin yang menguasai daerah kaya, termasuk pertambangan emas,  Jing Tong berlaku adil pada warga setempat, sekaligus patuh pada pemerintahan pusat.

Namun tidak demikian desas-desus yang beredar, yang kemudian digambar Happy Fairy dalam buku komik. Happy Fairy melukiskan Duke Lean sebagai sosok yang hobinya bersenang-senang. Duke Lean juga sangat rakus, setiap hari menghabiskan 80 babi panggang.

Istri dan gundik Duke Lean berjumlah puluhan orang, Tersebar di seantero kawasan Yunyao. Keturunannya tak kalah banyak, seperti jumlah janggutnya.

Namun yang paling menarik adalah anak sulungnya. Dilukiskan sebagai  seorang iblis yang gemar membunuh. Sosoknya mengerikan karena anak sulung Duke Lean ini punya penyakit langka.

Karuan saja Duke Lean penasaran, ingin bertemu Happy Fairy yang bercerita diluar jalur.

Happy Fairy ternyata seorang gadis bernama Xiong Xi Ruo. Dia terpaksa masuk rumah Duke lean/Manor Li demi menyelamatkan ibu angkat dan saudara-saudara angkatnya.

Tugas Xiong Xi Ruo adalah melukis 4 arhats yang disangkanya 4 pemuda telanjang. Dia bingung kala mendapati fakta Duke Lean hanya punya 2 anak laki-laki.

Sementara itu Li Jing Rui, kakak dari Duke Lean, diam-diam melakukan gerakan bawah tanah. Gara-gara dihasut Song Zhi, dari keluarga Song. Li Jing Rui berniat merebut gelar Duke Lean dan menguasai kekayaan keluarga Li.

Selain cara kotor, Song Zhi juga menyodorkan adik perempuannya, Song Qin untuk dinikahi putra tertua Duke Lean, Li Hong Bin.

Song Qin yang berwatak kekanak-kanakan dan semau gue, tentu saja tidak disukai istri Duke Lean, atau ibu Li Hong Bin. Dia cenderung menjodohkan anaknya dengan Dai Ru Er, salah seorang keponakan jauh.

Tidak hanya Duke Lean dan istrinya yang tidak menyukai Song Qin, Li Hong Bin pun demikian. Untuk menghindari pernikahan Li Hong Bin berkilah hanya akan punya 1 istri, dan itu adalah Xiong Xi Ruo yang diakuinya sudah mengandung anaknya.

Sebenarnya  Xiong Xi Ruo pura-pura hamil agar terhindar dari hukum penggal. Saat  Xiong Xi Ruo diam-diam masuk ke Manor Li untuk melukis Hong Bin, tanpa sengaja Xi Ruo menghirup serbuk obat bius dan tertidur di samping Li Hong Bin yang telanjang.

Situasi menjadi crowded sesudah pernikahan. Tidak saja kehamilan pura-pura yang harus dipertanggung jawabkan pada orang tua Li Hong Bin, juga kecurigaan banyak pihak akibat kecemburuan, khususnya Dai Ru Er , Song Qin dan paman Li Hong Bin, Li Jing You.

Juga fakta bahwa Xiong Xi Ruo sebetulnya bukan anak hakim dari pedesaan, seperti yang diakui Li Hong Bin. Xiong Xi Ruo hanya anak angkat pemilik rumah hiburan, status yang  sangat rendah, aib dan  memalukan.

maria-g-soemitro.com


Review Oh! My Sweet Liar! (Chinese Drama 2020)

Happy banget nonton drama Cina “Oh! My Sweet Liar!”

Sejak awal episode tersenyum geli melihat tingkah polah Xi Zi sebagai  Xiong Xi Ruo. Dari “sono”nya Xi Zi yang bertubuh mungil menjanjikan kejenakaan. Mimik dan gesturenya hampir mendominasi sepanjang drama, membuat penonton terhibur.

Tepat dalam casting pemain, menjadi keunggulan “Oh! My Sweet Liar!, sehingga penonton remuk redam melihat sosok antagonis, Dai Ru Er lebih cantik dibanding Xiong Xi Ruo.

Bandingkan dengan The Heiress yang memasang sosok antagonis di bawah level Una You, pemeran utama, yang cantiknya kebangetan.

Baca juga: “The Heiress, Kisah Mulan Lainnya”

Casting tepat lainnya adalah He Ling Chang, pemeran Song Qin. Penonton akan merasa geli campur kesal melihat tingkah polah Song Qin yang labil,  berputar, ingin menikahi Li Hong Bin, eh pindah ke adiknya, Li Hong Yu, dan terakhir ke paman mereka, Li Jing You.

Andy Huang sebagai Li Jing You tentu saja pas banget memerankan paman berusia 18 tahun, karena dia baru  berumur 16 tahun saat drama ini dibuat.

Namun, yang patut diacungi jempol adalah pesan moral yang ingin disampaikan “Oh! My Sweet Liar!”. Bahwa seorang penguasa kawasan bisa bijak, nggak poligami dan menghargai prestasi warganya.

Ibu angkat Xiong Xi Ruo dianggap berjasa. Walau “hanya” pemilik tempat hiburan, sang ibu mau mengangkat anak terlantar. Anak-anaknya pun dibebaskan. Boleh menjadi perempuan penghibur atau pelukis penuh angan seperti  Xiong Xi Ruo.

Di lain pihak, Xiong Xi Ruo tidak malu mengakui ibu angkatnya. Dia mau berbuat apa saja demi keselamatan ibu dan saudara-saudara angkatnya. Yang paling menyentuh adalah kedekatan hubungan Xiong Xi Ruo dengan ibunya yang tercermin dalam pujian: masakan sup ikan buatan ibu sebagai “terenak di dunia”. So sweet.😊😊💗💗💗

Banyak value yang dipunyai drama “Oh! My Sweet Liar!”, seperti  tontonan yang menghibur, humanis dan elok dipandang mata. 

Jadi butuh apa lagi?

Baca juga: The Legend of Jin Yan, Putri Kok Oon?

 

maria-g-soemitro.com

Profile Oh! My Sweet Liar! Chinese Drama(2020)

Adapted from the novel Wangfei Bukaopu written by author Wan Xia

Native Title:  偷心画师

Also known as: Tou Xin Hua Shi , Heart-Stealing Painter

Genre:  HistoricalComedyRomance

Country: China

Director: Cheng Ming Ko

Episodes: 29

Aired: Sep 16, 2020 - Oct 10, 2020

Aired On: Wednesday, Thursday, Friday

Original Network: Youku

Duration: 45 min.

Content Rating: G - All Ages


8 comments

  1. Menarik ... saya masih sulit mengingat nama tokoh-tokohnya tapi menangkap keseruan film, di mana gadis sederhana yang bersifat baik, masuk ke dalam kawasan monarki yang di dalamnya penuh intrik lalu dia un terseret di dalamnya, pakai drama pura-pura hamil segala hihi. Sepertinya happy ending ya, Ambu dan value dari ceritanya bisa dipetik oleh penonton dengan baik.

    ReplyDelete
  2. Ambu, aku selalu suka dengan review-review drama yang ambu tulis. Sudah beberapa yang aku tonton karena "teracuni" oleh tulisan ambu. Yang waktu itu, Dating in The Kitchen, udah katam haha. Ok aku simak dulu yang ini ya, nanti abis nonton Perfect and Casual, mungkin mau ganti ke Oh My Sweet Liar. Sepertinya happy ending ya? :D

    ReplyDelete
  3. Seru banget ceritanya. Selalu kagum dengan dracin tuh begitu. Sangat variatif tema yang dihadirkan. Penokohannya pun beragam. Jadi kebayang ada kombinasi frontal dalam rangkaian cerita.

    ReplyDelete
  4. Wiiiw, serem amat nih horor kayaknya hihihi..Ada isteri, dundik banyak dan anak sulung yang bagaikan iblis. Drama kayak begini seru banget ya sampai diulas jalan ceritanya sama mbak Maria. Pembaca jadi tertarik menontonnya deh.

    ReplyDelete
  5. Setelah kehabisan stok drama Korea, aku lagi beralih ke drama China, baru nonton 1 sih, hehe. Cerita ini bisa deh dimasukin list

    ReplyDelete
  6. Sejak kecil tuh aku suka nonton film drama China klasik karena bajunya cantik-cantiiiik dan anggun. Bahkan baju dayang-dayangnya pun cantik :D

    ReplyDelete
  7. misteri sebuah keluarga yang menjadi sebuah renungan, ada ambisi, ada strategi, ada perilaku dan semacamnya yang tergambarkan.

    ReplyDelete
  8. hiya, masakan ibu memang terenak di dunia. Walaupun ibu angkat, pemilik tempat hiburan yang konotasinya negatif, tapi bisa memberikan kasih sayang pada anak-anak angkatnya

    ReplyDelete