Kamu Cinta Indonesia? Kok Nggak Pakai Masker sih?





Judulnya memprovokasi banget ya?

Atuda kesel, banyak banget yang nggak pakai masker. Sementara pandemi Covid 19 yang mulai masuk Indonesia per 2 Maret 2020, dan kini di akhir bulan Oktober, belum ada tanda-tanda mau pergi dari bumi Indonesia, masih meraja-lela.

Agar bisa hidup berdamai dengan Covid 19, Universitas Indonesia melakukan penelitian, dan diperoleh data, memakai masker kain menurunkan risiko penularan sebanyak 45% lho. Data lainnya, mencuci tangan dengan sabun menurunkan risiko penularan 35%, sedangkan menjaga jarak minimal 1 meter bisa menurunkan penularan 85%.

Data ilmiah ini mendukung protokol 3 M yang dianjurkan pemerintah. Bahwa pemerintah bukan sekadar “kacung WHO” seperti yang dituduhkan seorang seleb yang kini meringkuk di dalam bui karena ucapannya yang bikin masyarakat resah.

Seleb tersebut seolah tak mau tahu pandemi Covid 19 telah meluluh lantakan sendi-sendi perekonomian Indonesia. Pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen pada kuartal kedua tahun 2020, membuat pemerintah harus mengucurkan triliunan rupiah melalui program jaring pengaman sosial.

Tanpa ucapan sang selebpun, adalah fakta warga masyarakat enggan pakai masker. Sewaktu komunitas Blogger Crony membuat challenge foto penjual makanan bermasker, saya gagal dong. Penjual makanan di sekitar rumah saya nggak ada yang pakai masker. Kalaupun ada, maskernya ditarik ke dagu hingga membentuk janggut.

Nyebelin kan?

Nah, menyadari bahwa nggak mudah mengubah perilaku, sekelompok anggota masyarakat membentuk gerakan “Masker Untuk Indonesia” dengan tekad:

Satu langkah bersama untuk membantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus corona. Konsepnya sederhana, pakai masker di luar rumah untuk jaga diri dan lindungi yang lain.

Mereka menggandeng sejumlah selebriti seperti Najwa Shihab, Julie Estelle, Uya Kuya, Andy F. Noya, Armand Maulana serta masih banyak lagi, untuk campaign mengajak masyarakat menggunakan masker dengan sukarela, dengan fun, tanpa keterpaksaan.

sumber: maskeruntuk.id


Masker Untuk Indonesia Dalam Fun Talk #AyoMajuBersama

Rabu, 21 Oktober, saya beruntung mengikuti fun talk #AyoMajuBersama yang digelar Home Credit Indonesia dengan nara sumber Patricia Hidris, salah seorang volunteer “Masker Untuk Indonesia”.

Talk show yang diadakan Home Credit Indonesia emang selalu mengundang sosok inspiratif seperti William Gozali, Erix Soekamti, saya juga pernah menulis tentang Mohamad Takdis yang menjadi  milyuner di usia muda.

Baca juga: Ingin Kaya Raya di Usia Muda? Ini 7 Cara Cerdasnya!

Gerakan sosial perlu diaspirasi mengingat susah banget mengajak masyarakat Indonesia memakai masker.

Pada kunjungan kerja saya ke Cilegon, Banten pada Agustus 2020, saya mendapati tak satupun personil kantor kelurahan yang memakai masker. Termasuk pak Lurah!

Pak Lurahnya aja nggak pakai masker, jangan ngarep penduduk setempat bermasker. Sehingga saya bak manusia dari luar angkasa karena hanya satu-satunya yang menggunakan masker. Uh, sedihnya.

Sementara kita tahu hampir 80 persen kasus Covid 19 tak bergejala. Selalu ada kemungkinan Orang Tanpa Gejala (OTG) wara wiri masuk kawasan mereka dan menulari kelompok masyarakat yang rentan.

Andaikan masuk wilayah provinsi Jabar, udah kena sanksi tuh mereka.

Cara lain mengajak mereka memakai masker, seperti dijelaskan Patricia, adalah dengan mengkampanyekan bahwa pakai masker itu asyik, malah banyak manfaat didapat jika memakai masker dari “Masker Untuk Indonesia”.

Ada 4 manfaat yang diperoleh pengguna masker dari Masker Untuk Indonesia, yaitu:

  • Bisa memilih masker dari ribuan desain yang tersedia
  • Fashionable
  • Mendukung UMKM di Indonesia yang memproduksi masker.
  • Berpartisipasi dalam menyediakan masker bagi masyarakat Indonesia, sebab setiap pembelian masker seharga Rp 39.900 berarti telah mendonasikan 3 masker dengan kualitas sama.

Dari website “Masker Untuk Indonesia” tercatat ada 208.341 masker yang terjual, dan 627.388 masker tersalurkan per tanggal 20 Oktober 2020.

sumber: maskeruntuk.id


Masker Kain Keren Dari dan Untuk Masyarakat Indonesia yang Hebat

Setuju ya, bahwa hanya masyarakat hebat yang bergerak membantu pemerintah yang kelimpungan menghadapi pandemi Covid 19. Mereka adalah:

  • Local artist yang  mendesain masker
  • Institusi yang berkolaborasi seperti Home Credit Indonesia
  • UMKM yang memproduksi masker
  • Relawan Masker Untuk Industri
  • Serta pastinya semua anggota masyarakat yang dengan senang hati memakai masker untuk mengurangi penyebaran virus Corona.

Apa sih kelebihan masker “Masker Untuk Indonesia”? Ternyata berbeda dengan masker kain yang kita kenal, masker kain buatan “Masker Untuk Indonesia” terdiri dari 3 lapisan, yaitu:

  • Lapisan luar: Polyester 95%
  • Lapisan tengah: Filter Spunbond 50 gsm
  • Lapisan dalam: Cotton 100%

Sedangkan penggunaannya sesuai anjuran WHO, agar efektif dan untuk menghindari peningkatan penularan sebagai berikut:

  • Pasang masker dengan hati-hati, pastikan masker menutup mulut dan hidung
  • Kaitkan dengan kuat untuk meminimalisasi jarak antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat sedang digunakan.
  • Lepas masker dengan teknik yang benar: jangan menyentuh bagian depan masker, melainkan lepaskan masker dari belakang.
  • Setelah melepas atau setiap kali tidak sengaja menyentuh masker yang terpakai, bersihkan tangan dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol atau sabun dan air mengalir jika tangan terlihat kotor.

Secara spesifik Patricia menjelaskan bahwa penggunaan masker hanya 4 jam, lebih dari waktu itu gunakan masker baru. Cara mencucinya pun mudah, cukup memakai deterjen.

sumber: maskeruntuk.id


Cara Memesan “Masker Untuk Indonesia”

Sungguh mupeng banget lihat desain nan kece dari para local artist, dan rasanya mau semuaaaa ….. 😀😀

Karena nggak hanya kece, harganyapun murah. Masker 3 lapis hanya seharga Rp 39.900, dapat 4 buah. Sedangkan kemarin saya beli masker scuba harganya Rp 10.000.

Eh malah sekarang masker scuba dilarang. Mulai 21 September 2020 PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mewajibkan penggunaan masker seperti yang dirancang “Masker Untuk Indonesia”

Penyebabnya masker scuba terlalu tipis. Masker scuba juga hanya terdiri satu lapis sehingga kemampuan filtrasi masker scuba sangat rendah, tidak bisa memberikan proteksi terhadap droplet penyebab Covid 19. Selain itu pori-pori masker scuba juga sangat lebar, sama seperti tidak pakai masker. (sumber: health.detik.com)

Ingin memesan masker yang keren seperti gambar? Berikut step-stepnya.

  • Buka website maskeruntuk.id
  • Pilih desain yang diinginkan, seperti yang saya pilih yaitu masker hasil kolaborasi Home Credit Indonesiaby Kathrin Honesta
  • Klik kolom pesan sekarang, atau bisa juga memesan melalui tokopedia dan bibli.com
  • Andai pesan via website, jangan lupa isi jumlah pesanan. Selain memesan masker hasil kolaborasi Home Credit Indonesia yang kebetulan ready stock, kamu dapat memesan desain lain yang preorder.
  • Sebelum melanjutkan pembayaran, calon pembeli masuk halaman instansi penerima masker donasi, seperti BenihBaik.com, GP Ansor, Indonesia Kuat, Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah dan masih banyak lagi.
  • Sesudah memilih kolom donasi, muncul kolom alamat pengiriman dan pembayaran.

sumber: maskeruntuk.id


Konsep Berkorban Dalam Memakai Masker Selama Pandemi Covid 19

Ustaz dokter Tauhid Nur Azhar, salah seorang pengajar di pengajian kami pernah memberi penjelasan mengenai berkorban. Bahwa berkorban tidaklah sekedar memotong hewan sapi atau kambing di setiap Idulkurban, tetapi implementasi sehari-hari.

Harus mau menaati anjuran pemerintah demi kemaslahatan bersama merupakan salah satu cara berkorban. Walau mungkin memakai masker terasa nggak nyaman, mencuci tangan terasa ribet dan menjaga jarak terasa tidak menyenangkan.

Sebagai mahluk tertinggi ciptaanNya, sekaligus bagian dari masyarakat, sudah seharusnya tunduk pada aturan yang berlaku. Lebih baik lagi jika bisa berkiprah lebih banyak, salah satunya menjadi volunteer dalam pandemi Covid 19.

Gerakan “Masker Untuk Indonesia” membuka peluang lho. Bagaimana caranya? Ternyata gampang. Seperti yang dikatakan Patricia, bisa banget melalui website atau DM melalui Instagram @maskeruntuk.id.

Ada 2 posisi yang bisa dipilih:

Sebagai Pendukung

  • Mendukung dengan memesan Masker hasil kolaborasi Local Artist & Brand (UMKM)
  • Mendukung dengan memesan Masker untuk sepenuhnya disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan
  • Mendukung dengan menciptakan lebih banyak kesadaran akan gerakan Masker Untuk Indonesia

Sebagai Relawan

  • Membantu membuat konten kreatif: tulisan, gambar atau video
  • Membantu menjalani kolaborasi dengan seluruh mitra
  • Membantu dalam mendistribusikan masker donasi ke masyarakat yang membutuhkan


Bagaimana? Siap berkiprah sebagai salah seorang anggota masyarakat yang hebat?  

44 comments

  1. Masker sangat penting jangan mengabaikan masker. Kalau masih bandel tidak mau pakai masker Jangan menyesal ya. Pasti masuk wisma atlet.

    Pakai masker sebagai tanda cinta Indonesia dan bisa mengusir cantik COVID-19

    ReplyDelete
  2. Maskernya lucu banget 😁. Saya juga sebal dengan orang-orang yang masih enggan memakai masker. Jadi saya suka kalau ada gerakan seperti ini.

    Keren ini programnya, pastinya bisa berdampak positif buat banyak orang. Mantap.

    Semoga kita bisa semakin disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan, aamiin

    ReplyDelete
  3. Mantuulll banget ini social movement-nyaaa
    aku setuju dgn semangat berbagi yg ditularkan oleh tim relawan MaskerUntukID
    dan sangat BANGGA karena Homecredit support program ini.
    KEREN!

    ReplyDelete
  4. mudah-mudahan dengan masker ini, banyak warga kita terpanggil untuk selalu menjaga kesehatan dengan menggunakan masker

    ReplyDelete
  5. Gambarnya lucu-lucu, saya jadi pengen beli juga.
    eh, saya kadang melepas masker dari bagian depan, ternyata itu cara yang salah ya. Baiklah, akan saya perbaiki kebiasaan jelek itu

    ReplyDelete
  6. Desain maskernya bagus bagus banget ambu. Ga pasaran kalau pake ini sekaligus menunjukkan kecintaan Indonesia 😍

    ReplyDelete
  7. Saya pun kesel sama yang masih gak mau pakai masker. Padahal sekarang semakin banyak masker yang bagus. Gak bikin napas sesak.

    ReplyDelete
  8. Semoga dengan gerakan masker untuk Indonesia ini tidak ada lagi masyarakat yg enggan menggunakan masker, sehingga pandemi ini segera usai.

    ReplyDelete
  9. Aku juga nonton acaranya, keren banget sangat menginspirasi, jadi mau beli maskernya hehe

    ReplyDelete
  10. Kebetulan aku langsung beli 1 masker kolaborasi ini setelah nonton live fun talk-nya. Memang bagus desain motifnya. Apalagi ada warna merahnya yg jadi favoritku.

    ReplyDelete
  11. Saling menjaga satu sama lain agar tetap terhindar dari virus nih. Saya pun suka memprovokasi teman-teman agar tetap memakai masker. Punya desain yang menggemaskan begini pastinya makin cakep deh penampilannya. Gerakan ini bermanfaat sekali ya untuk warga Indonesia,harus kita dukung nih biar seluruh lapisan masyarakat bisa bermasker.

    ReplyDelete
  12. Di tempat daku juga masih ada yang nggak pakai masker, jadi bikin geregetan dan mikir pada kenapa sih kok susah banget ya buat pakai masker. Padahal sering ada pengumuman 3M

    ReplyDelete
  13. Memang menganggu liat mereka yang tidak peduli dengan pandemi. Padahal simpel banget. Tinggal pake masker salah satunya.

    Home Credit bikin eventnya bagus dan inspiratif ya Mbak. Gak cuma presentasi tapi juga melakukan real step setelahnya. Berbincang tentang masker lalu menghadirkan sebuah tautan untuk membeli maskernya. Keren lah

    ReplyDelete
  14. Desain maskernya kece, klo masker se unyu ini pasti banyak yg mau disiplin pake masker ya...

    Salut dgn program home credit ini

    ReplyDelete
  15. Keren-keren ya ambu motif maskernya. Aku kepengen punya deh. Semoga ya yang ikut program ini banyak. Biar bisa banyak kalangan yang terbantu. Cus ke websitenya :)

    ReplyDelete
  16. Cakep cakep tuh maskernya. Hari gini tuh nggak hanya butuh pakai masker, tapi harus yang berlapis dan memenuhi standar protocol kesehatan yg berlaku. Bukan begitu, Ambu?

    ReplyDelete
  17. Masker akan membawa perubahan kehidupan kita dimasa depan. Untuk inilah yang akan membuat kita happy. Semoga kita lekas sadar bahwa COVID-19 itu bahaya banget

    ReplyDelete
  18. Masker diperlukan banget sih saat ini, program ini cukup bagus merangkul semua kalangan agar aware tentang pakai masker

    ReplyDelete
  19. Bener banget, seringkali kesadaran masyarakat untuk pakai masker masih kurang. Kadang suka kesel sendiri ya. Padahal pakai masker itu bentuk peduli pada diri sendiri dan orang lain..

    ReplyDelete
  20. Aq juga mupeng banget pengen langsung order masker di masker untuk Indonesia ini ambu, desain maskernya lucu plus kita bisa sekalian donasi

    ReplyDelete
  21. Program yg sangat menarik dan bermanfaat, semoga dgn begini makin banyak yg selalu disiplin pakai masker ya mbak

    ReplyDelete
  22. Kami sekeluarga kalau bepergian tetap pakai masker kak. tapi memang belum punya masker untuk Indonesia iu. Duhh unyu-unyu banget ya maskernya. Bikin makin semangat cinta Indonesia hehe

    ReplyDelete
  23. Aselik, mupeng bangettt pas udah buka website-nya!
    Karena memang didesain oleh seniman berkelas, produknya keceee banget ya Mba
    Pake masker, tapi teteupp kliatan ciamiik!

    ReplyDelete
  24. Di lingkungan sekitarku pun begitu. Kaya udah lupa kalau masih ada Corona. Aku pribadi ya tetap pakai masker, bawa hand sanitizer kalau bepergian. Perkara orang lain tidak, ya terserah mereka. Btw, aku suka desain masker untuk Indonesianya

    ReplyDelete
  25. Itu maskernya kece syekalii,jadi pengen punyaaa.
    Iya,aku masih liat kalo lagi ke minimarket suka ada yg ga pakai masker diluar sana.

    ReplyDelete
  26. Desain maskernya bagus ya. Bisa mempromosikan ke masyarakat juga biar hidup sehat

    ReplyDelete
  27. Sedih emangan liat masih banyak yang nggak peduli dengan mamakai masker ini. Apalagi kalau ke pasar. Sebagian besar penjual nggak pake masker. Padahal masker dengan motif lucu, kan, bisa tetep bergaya.

    ReplyDelete
  28. waaah kak maskernya keren sekali
    aku baru tau ada masker untuk indonesia ini
    jd pengen pesen apalagi desainnya sangat cantik

    ReplyDelete
  29. Masker kini jadi barang wajib. Dan ini maskernya keren sekali, Mbak Maria. Desainnya bagus, sesuai standar juga. terus harganya pas di hati dan kantong. 4 masker, harganya kurang 40 ribu.
    Kerennya lagi, ada program berbagi. Beli 1 masker berbagi 3 masker.

    ReplyDelete
  30. Selain disiplin menggunakan masker, kita juga perlu tahu jenis masker yg kita pakai. Kayak masker skuba yg ternyata tdk/kurang efektif utk melindungi kita dari virus. Sayangnya, banyak orang yg sudah mau pakai masker tapi jenis maskernya yg scuba ini
    Trimakasih utk sharingnya yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  31. Saya mau gerak sebagai pendukung saja dengan memesan masker hasil kolaborasinya. Semenjak pandemi kebutuhan masker jadi meningkat soalnya.

    ReplyDelete
  32. Memang kayaknya semakin ke sini kesadaran memakai masker semakin berkurang, ya, mbak. Tapi kalau saya pribadi sekarang malah kebiasaan banget pakai masker kemana-mana. Jadinya suka beli masker gitu yang motifnya lucu

    ReplyDelete
  33. Nyebelin emang, Mbu huhu

    Btw salut dengan gerakan Masker Untuk Indonesia ini. Semoga makin tinggi angka pengguna dan konsisten pakai masker d Indonesia yaa. Maskernya lucuuuu haha

    ReplyDelete
  34. keren banget ambu maskernyaa. kalo kaya gini yakin deh makin banyak yg make masker hihi

    ReplyDelete
  35. maskernya bagus banget. programnya juga, 1 masker untuk berbagi 3 masker.
    di rumah aku jahit masker sendiri. sudah bikin 100 kayaknya. sebagian besar dibagi2kan, 10% dijual :D

    ReplyDelete
  36. Emang suka sebel yaa sama mereka yg bandel tidak bermasker. Oya programnya sangat keren harus beli nih motifnya bagus-bagus..

    ReplyDelete
  37. Wah keren nih programnya , maskernya juga motifnya cakep-cakep, aku sangat berharap banget dengan adanya program ini , yang bandel ngga pakai masker jadi makin sedikit.

    ReplyDelete
  38. Dengan desain seperti ini, harga maskernya cukup terjangkau ya kak

    ReplyDelete
  39. ada yg kurang mbak. yg mampu coba belikan banyak, utk didonasikan ke yg kurang mampu. sebab di byk tempat, alih2 beli masker yg sesuai standar, makan aja susah

    ReplyDelete
  40. Patuh konsisten pakai masker bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, melainkan juga cara kita melindungi orang lain agar tetap sehat. Semoga makin banyak yang paham dan peduli untuk konsisten pakai masker.

    ReplyDelete
  41. Pakai masker sekarang memang penting ya. Sayangnya masih banyak aja yang ga pake. pas ikutan acara ini jadi tahu tentang masker untuk Indonesia dan bisa berdoanasi juga ya.

    ReplyDelete
  42. Lucu ya desain dan motif Masker untuk Indonesia. Aku selalu pakai masker yang kesehatan atau yang 3 lapis, Mbak :)

    ReplyDelete
  43. Mari saling menjaga memakai masker untuk Indonesia dan kita.
    Bagus banget ini desainnya mba, gemes ya. Aku selama ini bikin sendiri alhamdulillah maskernya.

    ReplyDelete
  44. Ulasan yang edukatif mbak Maria. Persis, saya merasa gak sesak nafas saat pake masker scuba. Eh ternyata karena pori2nya gede ya. Hehe...

    ReplyDelete