Good Casting, Charlie's Angel Rasa Drama Korea

 

Good Casting, Charlie’s Angel Rasa Drama Korea

Pada masanya Charlie's Angels sangat ngetop. Tiga perempuan cantik: Kate Jackson, Farrah Fawcett serta Jaclyn Smith  wara wiri di layar kaca menemui penggemarnya, melalui besutan  ABC Television Network dari 1976 sampai 1981.

Tiga perempuan cantik yang ahli menyamar, berkelahi, memainkan senjata dan menaklukan rintangan sulit, pastinya sangat mengharu biru. Sehingga kisah 3 angel yang bekerja untuk Charles Townsend atau Charlie (John Forsythe) tersebut diangkat ke layar lebar.

“Charlie’s Angel” teranyar yang rilis 15 November 2019, konon mengalami nasib buruk. Film Elizabeth Banks  yang dibintangi Kristen Stewart, Naomi Scott dan Ella Balinska ini , gagal menembus box office. Impian untuk meraup pendapatan kotor 2 digit pun turut ambyar. (sumber: liputan6.com)

Sineas Korea Selatan, selain gemar mengadaptasi serial dari USA dan Eropa seperti “Suit”, “The World of Married Couple”, “Designated Survivor” yang plek dan diakui,  juga kerap mengambil ide mereka.

Baca juga : Designated Survivor, (Bukan) Presiden Karbitan

Bisa dilihat dari serial “My Secret, Terrius” yang mirip agen 007, juga “Where Stars Land”yang nampaknya mendapat ide dari “The Six Million Dollar Man”.

Dikatakan mengambil ide karena tokoh utama mirip banget, namun diolah lagi agar sesuai rasa Korea Selatan. Seperti spaghetti yang dimasak dengan bumbu mie nyemek Jawa Tengah. Rasanya sih mie nyemek, tapi bentuk pasta Italianya nggak hilang.

Demikian juga dengan “Good Casting” yang rupanya terinspirasi 3 sosok angel dalam Charlie's Angels. Penulis scenario drama Korea Park Ji Ha menulis kisah tentang 3 perempuan cantik  yang direkrut dan disatukan dalam satu team.

Mereka mendapat tugas khusus dari badan intelejen nasional, atau BINnya Korea Selatan.

Kerja bareng Park Ji Ha dengan sutradara Choi Hyeong Hun rupanya berbuah manis. Raihan rating per episodenya cukup tinggi, bahkan beberapa kali mencapai 2 digit.


Hasil memuaskan tak terlepas dari pemilihan Choi Gang Hee sebagai pemeran utama. Aktris kelahiran 1977 ini tak pernah mengecewakan penggemarnya. Selalu total dalam berakting dan memberi kesan mendalam. Salah satunya ketika berperan sebagai ibu rumah tangga yang gemar membongkar kasus kejahatan dalam “Queen of Mystery”.

Begitu suksesnya “Queen of Mystery”hingga dibuat sequelnya setahun kemudian.

Choi Gang Hee mengingatkan saya pada aktris Renee Zellweger.

Mirip Renee, Choi Gang Hee nggak pernah takut nampak jelek saat berperan. Terlihat saat menjadi sekretaris sexy dalam “Protect The Boss”kemudian berubah menjadi perempuan kumuh yang takut sinar matahari dalam “Heart to Heart”.

Sosok kerennya tampil prima dalam “Good Casting”, walau spoilernya nih, secara keseluruhan drama ini agak kedodoran.

Ups sorry …. :D

 Baca juga: The World of The Married, Selingkuh Dibayar Selingkuh


Choi Gang Hee sebagai Baek Chan-Mi. Agen legendaris yang piawai menyelesaikan kasus berat. Seluruh tubuhnya penuh bekas luka perkelahian.

Tiga tahun yang lalu Baek Chan Mi mendapat pukulan berat. Kwon Min Seok, anak buahnya anakbuahnya  mendapat luka tembak dan tewas.

Baek Chan Mi tahu persis Kwon Min-Seok akan mempersunting gadis pujaannya paska operasi mengejar buronan. Kegagalan Baek Chan Mi mengakibatkan anak yang dikandung kekasih Kwon Min-Seok,  lahir tanpa ayah.

Nasib Baek Chan Mi tambah apes saat dituduh menjadi penyebab kematian Kwon Min Seok dan mendapat sanksi.

Kini, Baek Chan Mi mendapat kesempatan menangkap Michael Lee, penyebab kematian Kwon Min Seok. Kesempatan yang sangat ditunggunya.


Yu In Young sebagai Im Ye Eun.  Tiga tahun yang lalu Im Ye Eun kehilangan calon suami, ayah anak yang dikandungnya.

Kwon Min Seok, nama sang kekasih bekerja bareng Baek Chan Mi mengejar Michael Lee dan harus menghembuskan nafas karena luka tembak.

Pihak NIS tak pernah terbuka pada Im Ye Eun mengenai penyebab kematian Kwon Min Seok, sehingga Im Ye Eun sempat salah paham.

Im Ye Eun bertekad membongkar rahasia kematian Kwon Min Seok, walau harus meninggalkan tempat kerjanya yang nyaman, di belakang computer.


Kim Ji Young sebagai Hwang Mi-Soon. Rekan satu team Baek Chan Mi. Mengikuti aturan NIS,  Hwang Mi Soon tak pernah memberitahu suami dan anaknya bahwa dia sebetulnya adalah agen NIS.

Keluarganya hanya tahu bahwa Hwang Mi Soon bekerja sebagai penjual polis asuransi.

Tak pelak suaminya curiga Hwang Mi Soon selingkuh karena kerap bepergian atau tiba-tiba menghilang, saat harus menghadiri pertemuan darurat.


Lee Sang Yeob sebagai Yoon Seok Ho, CEO perusahaan ll Kwang Hitech  yang 15 tahun silam pernah menjadi  murid les Baek Chan Mi.

Sejak masih berstatus murid les,  Yoon Seok Ho diam-diam naksir berat pada gurunya tersebut. Sehingga dia segera meloloskan saat melihat ada gadis pelamar kerja yang mirip idolanya.

Baek Chan Mi melamar kerja ke perusahaan ll Kwang Hitech dalam rangka penyamaran melindungi soft ware yang diperebutkan, sekaligus mencari jejak Michael Lee. Sebagai agen, Baek Chan Mi menggunakan nama dan latar belakang samaran.

Penyamaran Baek Chan Mi terkuak. Namun dia tetap sulit membuka hati pada Yoon Seok Ho karena dunia mereka sangat berbeda.


 Sinopsis Good Casting

Kisah dimulai dengan pencarian Michael Lee, penjahat kelas kakap yang diburu Interpol. Tiga tahun sebelumnya, gara-gara ulah Michael, salah seorang rekan Baek Chan Mi tewas dalam baku tembak.

Baek Chan Mi merupakan sosok andalan NIS ( Badan Intelejen Nasional).  Dalam operasi menangkap Michael kali ini, Baek Chan Mi mendapat 2 rekan, Hwang Mi-Soon rekan lamanya, serta  Im Ye-Eun, agen yang biasanya hanya di belakang layar computer untuk memandu teman-temannya yang sedang berlaga di lapangan.

Kasus yang mereka tangani adalah mengawal soft ware yang sedang dikerjakan perusahaan ll Kwang Hitech, agar tidak jatuh pada kelompok yang akan menyalah gunakan, dan menyelundupkannya ke luar negeri. Mereka menduga Michael Lee ikut berperan dalam kejahatan ini.

Mereka bertiga menyamar agar bisa diterima di perusahaan ll Kwang Hitech. Baek Chan Mi diloloskan presdir Yoon Seok-Ho, karena Baek Chan Mi mengingatkan sang presdir pada wajah guru idolanya.

Im Ye Eun juga berhasil lolos berkat CV abal-abal. Sedangkan Hwang Mi Soon menyamar sebagai karyawan outsourcing bagian kebersihan di perusahaan ll Kwang Hitech.

Persekongkolan jahat ternyata tidak hanya terjadi antar pemimpin di perusahaan ll Kwang Hitech,  juga melibatkan pejabat NIS. Bahkan seorang seleb/foto model mereka yang bernama Kang Woo-Won diduga ikut bermain.

Dalam perjalanan membongkar kejahatan, ketiga angels tidak hanya harus menyelesaikan kasus NIS, juga masalah pribadi. Baek Chan Mi harus mencari solusi untuk kisah kasihnya bareng direktur Yoon Seok Ho.

Im Ye Eun harus mencari jalan keluar atas kisah cintanya dengan sang seleb, Kang Woo Won yang semula mengerjai Im Ye Eun. Juga harus berkutat  merawat buah hatinya yang baru berusia 3 tahun.

Problem Hwang Mi-Soon tak kalah pelik. Suaminya curiga Hwang Mi-Soon selingkuh.  Di pihak lain, anak perempuannya menggunakan menggunakan uang SPP untuk membeli tiket nonton Kang Woo Won. Klimaks terjadi saat  sang anak perempuan tak berdaya dibully dan dirisak teman-temannya.


Review Good Casting

Kedodoran! Menjadi kritik tajam untuk “Good Casting.

Sang penulis scenario, Park Ji-Ha, nampaknya mendapat  banyak titipan. Agar membuat kisah yang serba misterius, tapi harus mengundang tawa.

Tambahkan juga adegan romantis tentang seleb kaya raya yang jatuh cinta pada janda beranak satu. Serta seorang presdir nan tampan pada sekretarisnya yang juga mantan gurunya.

Terlalu banyak pesan yang tak mampu disatukan dengan apik sehingga terasa melebar kemana-mana, dan tak berujung.

Bandingkan dengan plot “Charlie’s Angel” yang focus mengejar buronan kelas kakap, melakukan penyamaran demi bisa masuk sarang musuh. Melakukan perkelahian. Menggunakan senjata canggih. Serta mempertontonkan seabrek kemahiran agen special lainnya.

Kisah cinta? Hanya sekilas saat sang pacar ditinggal begitu saja di kamar atau di yacht.

Lika liku pengejaran Michael Lee yang maunya misterius, malah ngga jelas hingga akhir episode. Hanya  ada dugaan sederetan oknum di atas Michael yang memegang peranan, namun sulit disentuh.

Siapa? Sekilas disebut white collar, tapi nggak jelas juga.

Apakah memang dibungkus demikian agar bisa dibuat sequelnya?

Mungkin berhasil jika sang penulis bisa mengemas kisah seperti Lee Sung-Min yang berhasil menyusun dan mengemas “Queen of Mystery1” dan “Queen of Mystery 2”. Sama-sama diperankan Choi Gang Hee, namun “Queen of Mystery” sanggup menawan penonton. Bahkan hingga saat episode terakhir. 

Baca juga: Designated Survivor: 60 Days, (Bukan) Presiden Boneka 


 

Profile

Drama: Good Casting

Revised romanization: Gootkaeseuting

Hangul: 굿캐스팅

Director: Choi Hyeong-Hun

Writer: Park Ji-Ha

Network: SBS

Episodes: 16

Release Date: April 27 - June 16, 2020

Runtime: Monday & Tuesday 22:00-23:10

Language: Korean

Country: South Korea

(Source: AsianWiki)


13 comments

  1. Wah dah ada spoilernya kedodoran... hmm.. nonton ga ya? kalau lihat reviewnya menarik sih. Ntar coba cari-cari potongan2 filmnya ah

    ReplyDelete
  2. Wah klo baca dari tulisan ini, emang sepertinya mirip charli angels ya
    Drama baru ya ini,

    ReplyDelete
  3. Sebagai penonton Charlis Angle serial dan film, sepertinya saya penasaran ingin ikut nonton versi Korea ini.

    ReplyDelete
  4. Cerita mungkin dibuat khas drama Korea yang ga pernah lepas dari romantis me. Kalau Charlie's Angels versi Hollywood kan memang fokus mengungkapkan segala misteri

    ReplyDelete
  5. Saya pengen nonton ini tapi tertunda karena ada drama yang saat ditonton episode 1nya menarik.
    Baca review Ambu jadi terpikir nanti nanti saja nontonnya kalau kehabisan drakor bagus.
    Zaman sekolah dulu, Charlie's Angels tuh tontonan favorit, jangan sampai dilewatkan.

    ReplyDelete
  6. Suaminya Hwang Mi Soon itu yg main jd jaksa jg di While You Were Sleeping kan ya Ambu... guantenge pol tp sering jd antagonis hihi... Btw saya juga fansnya Charlie's Angel lho, sampe sekarang penafsiran eh penasaran dg muka bos Charlie itu spt apa. Good Castingnya versi Korea ya, noted

    ReplyDelete
  7. Suka banget drama Korea bergenre seperti ini, mirip-mirip dengan Vagabond ya, Mbak. Masuk list dulu, walaupun banyak dapat kritik sepertinya cukup entertaning 🥰

    ReplyDelete
  8. Aku ini penggemar drama korea dari jamannya endless love haha, tapi makin ke sink jarang nonton, boleh lah nonton ini nanti :)

    ReplyDelete
  9. Dari ulasan filmnya disini kelihatannya menarik mbak, secara aku juga suka film charlies angels

    ReplyDelete
  10. Charlies angel film wanita strong kesukaanku. Seru aja melihat aksi 3 wanita yang ahli dibidangnya.
    Nah ini ada versi koreanya. Jadi penasaran nontonnya ya teteh.

    ReplyDelete
  11. Kalau saya sepertinya masih memilih yang versi amriknya. Entah kenapa belum ada niatan untuk menonton film korea. Pdhl banyak yang bilang bagus. Mungkin karena saya kesulitan menghafal nama-nama tokohnya..he2..

    ReplyDelete
  12. Film charlies Angel pernah berjaya dimasanya, aku pernah nonton film ini waktu tayang ditelevisi. Tapi lupa tahun berapa ya.

    3 perempuan strong yang disatukan dalam 1 team dengan karakter yang berbeda,wihhhh keren pokoknya deh. Tapi versi korea aku belum pernah nonton sih

    ReplyDelete
  13. Aaahhh, gumush gumush gumusshhh! Suka nggak kuku akutu kalau baca review drakor-drakor ginian. Eh, ini film ya? Masuk list buat nonton ah!

    ReplyDelete