Banana Bread ala Meghan Markle, Camilan Ampuh Terhindar Virus Corona


Meghan Markle, siapa yang tak kenal dia. Cinderella berdarah Afro – Kaukasia yang berhasil menaklukan pangeran Harry, salah satu pewaris kerajaan Inggris.

Seabad yang lalu, keinginan Pangeran Harry mempersunting Meghan, yang pernah bercerai,  mungkin akan ditentang. Pasangan ini akan diasingkan seperti Raja Edward VIII yang menikah dengan Wallis Simpson seorang janda warganegara Amerika Serikat. Karena pada waktu itu Gereja Inggris, Anglikan, tidak mengakui perceraian dengan pasangan yang masih hidup.

Namun kini, justru merekalah yang mengundurkan diri sebagai anggota senior keluarga kerajaan, dan hidup bahagia di Pulau Vancouver, Kanada.

Diantara berita populer mengenai Meghan, yang juga pernah menjadi pemeran Rachel Zane dalam serial televisi Amerika, Suits, adalah kepeduliannya pada pola hidup sehat. Mungkin karena ibunya, Doria Ragland, adalah seorang  instruktur yoga ya?

Hal tersebut ditunjukkan dengan membuat banana bread dengan tambahan rempah jahe dan kayu manis. Yep, nampaknya orang asing sangat menyukai rempah yang banyak manfaatnya.

Sementara bangsa Indonesia, pemilik rempah-rempah tersebut, malah mengekspor rempahnya, dan memilih seblak serta cilok untuk kudapan sehari-hari. :D

Baca juga:

 BananaBread ala 2 Pesohor, Meghan Markle dan Farah Quinn

Ini Dia BedaCilok, Cimol, Cilor, Ciwang, Cireng, Pentol dan Bakso Aci

Padahal seperti diketahui  jahe dan kayu manis berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu cara preventif di masa pandemi Covid-19. Tentunya harus dibarengi pola hidup sehat, sebagai berikut:

  • Disiplin mencuci tangan dengan air dan sabun.
  • Selalu menyiapkan hand sanitizer untuk keadaan darurat
  • Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku bagian dalam.
  • Gunakan disinfektan untuk membersihkan handphone, laptop, meja serta barang-barang yang sering digunakan lainnya.
  • Tingkatkan kekebalan tubuh dengan pola makan sehat  dan pastikan minum air putih takaran yang dianjurkan.
  • Disiplin berolah raga dan hindari bergadang.


Manfaat Jahe dan Kayu Manis

Pernahkah terbayang betapa kayanya negara Indonesia? Saking kayanya Koes Ploes pun mencipta lirik lagu “tongkat kayupun jadi tanaman”.

Nggak percaya? Simpan rimpang jahe di wadah terbuka dan terbuka, maka tak lama kemudian akan timbul tunas, pertanda jahe siap ditanam. Bahkan seorang teman juga mendapati tunas pada jahe yang disimpan di lemari es.

Sedangkan kayu manis melimpah di hutan Indonesia, seperti Kalimantan dan Sumatera.

Nah, mari kita lihat  khasiat jahe dan kayu manis, agar berpikir ulang jika mau mengekspornya. Minimal digunakan dulu sendiri, sisanya barulah dijual.

Dilansir dari womenshealthmag.com, berikut manfaat jahe:

  1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Gingerol mengatasi peradangan serta memiliki sifat antimikroba dan antijamur untuk membantu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan Anda.
  2. Mengurangi rasa sakit. Jahe mengandung zat yang mampu  meredakan peradangan dan mematikan senyawa penyebab rasa sakit di dalam tubuh.
  3. Menyembuhkan kulit yang teriritasi. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit yang merah dan teriritasi.
  4. Melindungi terhadap kanker. Jahe sarat dengan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kanker.
  5. Berfungsi sebagai anti aging. Jahe mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas, yang mempercepat kerusakan kolagen dan merusak kulit. Kandungan antioksidan jahe dapat membantu menjaga produksi kolagen kulit  dan meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit.
  6. Membantu proses pencernaan makanan. Jahe juga membantu menenangkan perut Anda serta mencegah kembung dan gas.
  7. Mengurangi mual
  8. Mengurangi kadar kolesterol LDL (kerap disebut kolesterol jahat), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.
  9. Menangkal penyakit kardiovaskular
  10. Meringankan kram perut yang kerap terjadi pada saat menstruasi.

Media yang sama, womenshealthmag.com, juga memuat faedah mengonsumsi kayu manis:

  • Aroma khas kayu manis berasal dari minyak esensial yang terkandung dalam kulit kayu, yang disebut cinnamaldehyde. Cinnamaldehyde berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur.
  • Kayu manis juga mengandung antioksidan polifenol dalam jumlah besar. Antioksidan dalam kayu manis memiliki efek anti-inflamasi.
  • Kayu manis memiliki sifat prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dan membantu menekan pertumbuhan bakteri patogen. Mengonsumsi kayu manis secara teratur akan membantu meningkatkan kesehatan usus.
  • Kayu manis mengandung mangan, kalsium dan serat, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Memngonsumsi konsumsi kayu manis secara teratur membantu menurunkan  tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.
  • Kayu manis memiliki efek sedang dalam meningkatkan kontrol glikemik dan mendukung manajemen diabetes tipe 2.
  • Ekstrak kayu manis membantu meringankan masalah pencernaan baik dalam pengobatan Timur dan Barat selama bertahun-tahun. Dalam pengobatan tradisional Ayurvedic, minyak kayu manis digunakan untuk mengobati perut kembung dan ketidakseimbangan pencernaan.

 

Cara Mudah Konsumsi Jahe dan Kayu Manis

Ngeyel pada orang tua, namun nurut sewaktu dikasi tau teman, itulah saya.

Mungkin karena sejak kecil sudah kenyang dengan segala macam jamu, baik dalam bentuk rimpang/empon-empon, maupun dedaunan,bunga, buah serta semua yang berkhasiat, tapi rasanya ya ampun, nggak enak! suer!

Hingga suatu hari, seorang teman memposting di media sosialnya mengenai minuman panas yang sedang dinikmatinya. Yaitu campuran coklat bubuk, gula merah, jahe, cengkeh, kayu manis dan sereh/serai.

Anehnya saya kok tiba-tiba pingin, dan ikut memembuat. Padahal ramuan yang sama biasa banget dibuat eyang putri saya. Ya begitulah hidupku sebagai cucu. Nggak mantep kalo nggak melawan. :D

Sekarang ramuan tersebut mewarnai kehidupan saya.

Hasilnya? Abra kadabra, saya jarang sakit. Padahal sebelumnya tiap bulan pasti batuk. Malah pernah batuk hebat ketika sedang ngeliput Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Ridwan Kamil di gedung Pendopo Kota Bandung. Aduh, ya malu ya kesel, campur aduk.

Alhamdulilah sesudah rutin minum rebusan jahe, cengkeh, kayu manis dan lain-lain, flu/batuk/pilek malas mendekat. Dulu? Wuih, menderita batuk hanya gara-gara menyantap ice cream  dan gorengan. Batuk yang nggak pakai jeda.

Mau ikutan coba?

Dalam sebuah panci/teko, apapun sesuka hati, sesuai yang dimiliki. Masukkan bahan-bahan berikut:

  • 1 potong gula aren, kurang lebih 5 cm
  • 1 rimpang jahe ukuran 5 – 10 cm, boleh diiris atau diparut menggunakan parutan keju.
  • 3 butir bunga cengkeh kering
  • 1 cm kayu manis
  • 1 buah sereh, ambil bagian akarnya saja, geprek.

Rebus dengan 1 liter air. Sesudah mendidih, air ramuan siap digunakan menyeduh minuman kesukaan. Bisa kopi, teh, coklat atau susu.

penampakan asli banana bread buatan Meghan Markle (source: mirror.co.uk)

Resep Banana Bread ala Meghan Markle

Keunggulan banana bread Meghan Markle terletak pada komposisi pisang,  jahe dan kayu manis , yang membuat rasanya lezat sekaligus berkhasiat bagi kesehatan.

Bisa banget dijadikan kudapan di masa pandemi Covid-19. Terlebih setelah anak-anak diberi tahu manfaat menyantap kudapan yang memiliki rasa khas ini.

Bahan- bahan:

  • 125 gram mentega, lelehkan.
  • 220 gram gula palem (saya hanya 200 gram)
  • 1 sendok teh vanila extract
  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • 400 gram pisang tanpa kulit, lumatkan dengan garpu.
  • 60 ml sirup maple  (saya mengganti dengan 30 ml madu)
  • 250 gram tepung serbaguna
  •  1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 sendok teh jahe bubuk
  • 25 gram kenari panggang/kacang almond iris yang telah dipanggang/bisa diskip
  • cup dark chocolate chips/bisa diskip

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dan alasi loyang loaf dengan kertas roti atau olesi dengan margarin dan selapis tipis tepung terigu.
  2. Campur adonan cair: pisang yang telah dilumatkan, sirup/madu, telur yang dikocok asal rata, mentega cair, gula palem, dan vanila. Aduk hingga rata.
  3. Pada wadah lain, campur adonan kering: tepung terigu, baking powder, baking soda, kayu manis bubuk, jahe bubuk dan garam. Aduk rata, kemudian saring.
  4. Campur adonan cair dan adonan kering hingga tercampur rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang. Taburi kenari/kacang almond panggang dan chocolate chips.
  6. Panggang selama kurang lebih 45 menit, tergantung oven masing-masing. Atau lebih pastinya lakukan test tusuk.
  7. Dinginkan banana bread yang telah matang sebelum diiris.

Saya sudah beberapa kali membuat resep “Banana Bread ala Meghan Markle” ini. Terkadang dengan taburan kacang mete, kacang almond, sering juga tanpa topping. Semua enak.

Namun yang terpenting, camilan ini bermanfaat  meningkatkan kekebalan tubuh.

Ya, daripada minum jamu yang ngga enak, mending banana bread dong ya?

 


13 comments

  1. Di toko bakery punya papaku, sbnrnya banana bread itu produk andalan toko. Tp seingetku ga pake rempah dlm nya. Baguuus nih ,bisa aku bilang ke chef di toko supaya dibikin versi bananA bread yg pake rempah kayumanis dan jahe :). Aku lgs pgn sih.

    Kayu manis sbnrnya fav ku banget mba. Dibikin jd cinnamon Rolls bisa habis banyaaak hahahaha. Tp kalo jahe, aku LBH suka dijadiin minuman. Kalo makanan aku ga terlalu doyan. Kec rasanya ga overpower ngalahin ingredients yg lain yaaa :D. Intinya rada jahenya jgn kuat banget kalo dijadiin makanan hahahah

    ReplyDelete
  2. Jahe memang banyak manfaatnya ya mbak. Kalau aku suka bikin cookies dari jahe kalau buat ngeteh enak banget tuh.

    ReplyDelete
  3. Tergantung sih, Ambu. Kalau lagi haus mendingan minum jahe :D
    Tapi aku sih memang suka jahe. Kalau pakai es...pura-puranya limun jahe ala Lima Sekawan.

    ReplyDelete
  4. Duh ketampol saya, nggak kenal kayu manis, tapi malah kenalnya cilok yang penuh micin.

    Urusan masak pakai cengkeh dan kayu manis, suami saya lebih pinter. Bahkan dia serng ngambil kulit kayu manis dari pohon yang ada di depan kantor, dan saya baru tahu kalau itu pohon kayu manis. Dan sepertinya bukan cuma saya nggak tahu, buktinya selama ini nggak ada yang ngambili kulit pohonnya selain suami saya hehehe....

    ReplyDelete
  5. Dari kecil udah biasa sih minum jamu2an seperti wedang jahe sebagai pengganti teh manis di pagi hari, bandrek pas musim hujan. Awalnya dipaksa juga ketika masih kecil, lama2 beranjak dewasa berasa juga manfaatnya jadi malah nyari hihihi kayak kunyit diminum pas mens itu enak bange, bikin lancar sampai tuntas. Belakangan ngetren ikutan resep dr zaidul akbar, jadi makin beragam deh resep2nya. Enak2 semuanyaaa ����

    ReplyDelete
  6. Saya suka minuman jaesu alias jahe susu yang masih hangat. Aroma rempahnya enaaak banget. Cocok dengan udara dingin di kampung saya. Kalau untuk dibuat kue, jujur kurang suka dan untuk kue memilih rasa coklat saja.

    Bahkan selain rasa coklat saya pun kurang suka sebenarnya, jadi bukan hanya jahe saja.

    Di kebun juga saya tanami jahe di sela tanaman pohon cengkeh dengan sistem tumpang sari, dua tahun bisa dipanen. Kata tengkulaknya sih buat diekspor.

    Rempah-rempah memang menggiurkan, termasuk bagi 'mereka' yang dulu betah sampai 350 tahun menjajah kita. Hehe

    ReplyDelete
  7. Hehehe ya ampun aku banget ambu, setiap hari memilih seblak dan cilok :D. Eh jahe ternyata bisa untuk anti aging ya dan kayu manis kalau dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan darah tinggi. Aih ke mana aja aku teh baru tahu, makasih ambu, nanti mau nyobain ah di rumah resepnya termasuk banana bread ala megan markhelnya. Tapi harus nabung dulu sih buat beli ovennya ehehe.

    ReplyDelete
  8. Minuman berkhasiat banget ya untuk menambah daya tahan tubuh aku pun Punya menu tersendiri sehingga badanku lebih Fit

    ReplyDelete
  9. Biasanya kalau bikin banana cake suka dibanyakin bubuk kayu manisnya biar wangii, tapi kalau tambahan bubuk jahe belum pernah sama sekali. Gimana ya rasanya? Kayaknya hangat dan enak nih. Di rumah kebetulan yang ada hanya bubuk kayu manis, harus nyari dulu bubuk jahenya :D

    ReplyDelete
  10. Aku suka masak kak tapi masakan yang asin-asin terus yang bisa dijadiin lauk untuk makan nasi. Kalau yang manis-manis malah sekali nyoba gagal. Tapi aku mau dong someday nyoba lagi pakai resep kakak ini.

    ReplyDelete
  11. suka mau bikin kue tapi selalu takut gagal saja, jd cuma jadi penikmat saja

    ReplyDelete
  12. Kayaknya aku tertarik untuk buat ramuan jahe itu dech kak. Kebetulan bahan-bahannya ready di rumah

    ReplyDelete
  13. Banana bread ini kesukaan papaku, kalau aku sih kurang begitu suka.

    ReplyDelete