Mie Glosor, Kuliner yang Lahir di Sukabumi Beken di Bogor



Pernah mendengar mie glosor?

Glosor dalam Bahasa Sunda berarti ngegelosor atau meluncur turun. Seperti papan luncur/perosotan anak-anak, kurang lebih begitulah proses ngegelosor yang dimaksud mie glosor.

Penyebab disebut mie glosor karena bahan bakunya tepung aci/tepung tapioka. Sehingga kenyal dan licin, tidak seperti mie berbahan baku lain yang kesat. Jika tidak dibubuhi pewarna kunyit, mie glosor akan terlihat seperti kaca yang berwarna kusam.

Awal berkenalan (lagi)  dengan mie glosor sewaktu tukang sayur langganan yang setia memanggil setiap lewat depan rumah ☻☻ , membawa mie berwarna kuning yang khas tersebut.

Saya tulis (lagi) karena paska searching, ternyata awalnya mie glosor merupakan makanan khas  Sukabumi, kota tempat saya dilahirkan. Dan sayup-sayup ingatan saya kembali. Tentang mie glosor yang kerap dijual Bik Mimin penjual pisang goreng.

Berjualan di depan rumah, dengan bangunan ala kadarnya, Bik Mimin berjualan aneka gorengan, rujak dan mie glosor. Setiap pembeli akan mendapat pincuk daun berisikan mie  glosor yang disiram saos kacang encer.

Sayang almarhum ibunda melarang saya jajan mie tersebut. Juga dilarang jajan rujak buah nan sedap. Alasannya kedua macam jajanan tersebut bikin sakit perut.

Terlebih mie glosor yang terbuat dari tepung aci dipandang sebelah mata. Maklum sisa-sisa inlander ☻☻ ....  makanan terbuat dari singkong cuma buat wong cilik. Strata menengah ke atas, makan roti dong ... ☻☻

Untung, zaman tersebut sudah lewat. Kini, makanan terbuat dari aci/tapioka/singkong naik kelas. Bahkan presiden Amerika Serikat ke 44, Barack Obama menyantapnya.

mie glosor Bandung

Mie Glosor vs Mie Lethek
Tahun 2017,  dunia kuliner Indonesia dikejutkan dengan pilihan keluarga Barack Obama yang memilih mie lethek dalam kunjungan ke kawasan Imogiri, Yogyakarta. Disebut mie lethek, karena mie yang terbuat dari tepung tapioka dan gaplek ini berwarna putih kusam.

Konon, saking lezatnya, rombongan Barack Obama bolak balik menyantap mie lethek. Membuat media asing dan media nusantara meliput, sehingga makanan berbahan baku singkong ini jadi beken.

Sama-sama terbuat dari tepung tapioka, membuat mie lethek bersaudara dengan mie glosor. Bedanya mie lethek hasil inovasi Suku Jawa yang memberi nama sesuai penampakannya, putih keabu-abuan, hingga nampak kotor.

Sedangkan mie glosor hasil karya Suku Sunda yang berkreasi dengan kunyit agar mie terlihat bagus, nggak lethek seperti hasil buatan Suku Jawa. Selain itu, ada perbedaan lainnya:
  • Mie lethek dijual dalam keadaan kering, sedangkan mie glosor masih dalam keadaan basah.
  • Mie lethek bisa dibeli dengan mudah di marketplace, harganya pun murah, hanya Rp 8K/250 gram. Sedangkan mie glosor hanya bisa dibeli di pasar tradisional.
  • Mie lethek bisa diperoleh setiap saat. Sedangkan di Bogor, mie glosor dikaitkan dengan bulan Ramadan sebagai kudapan berbuka puasa (takjil). Di Bandung, hanya beberapa lokasi yang menjual mie glosor, yang ngetrend berbareng dengan boomingnya jajanan seblak.

mie glosor di Bogor sumber: instagram.com/@oliventure

Mie Glosor yang Booming di Bogor
Sekitar tahun 1966, salah seorang pembuat mie glosor pindah dari kota Sukabumi  ke daerah Pancasan Bogor. Namun baru pada tahun 1970 mulai berproduksi dan mengenalkannya pada masyarakat Bogor.

Sungguh beruntung nasib mie glosor di kota hujan ini. Jarak yang dekat dengan kota metropolitan, Jakarta, membuat kuliner apapun akan laris manis tanjung kimpul.

Terlebih, paradigma mie glosor sebagai makanan orang melarat karena terbuat dari singkong, sudah tidak ada lagi. Trend kuliner beralih ke makanan sehat, seperti yang dimiliki mie glosor si kaya serat.

Semula hanya menjadi makanan favorit di pada bulan puasa, berpenampilan sederhana dengan saos kacang. Kini banyak resto menyajikan mie glosor dengan tambahan sayuran dan protein seperti telur, daging, bakso dan udang.

Bahkan dalam memperingati hari jadinya yang ke -534, Kota Bogor menyelenggarakan Festival Mie Glosor. Tak kurang dari 100 kg mie glosor dimasak, melibatkan kader Posyandu Kota Bogor. 


Resep Mie Glosor Penuh Gizi               
Berapa nilai gizi mie lethek dan mie glosor? Hasil browsing gagal mendapatkan datanya. Mungkin pihak akademisi belum tertarik membuat penelitian. Berbeda dengan beras singkong (rasi), makanan khas masyarakat adat Cireundeu yang juga terbuat dari singkong.  Banyak perguruan tinggi di Jawa Barat melakukan riset di kampung Cireundeu.


Namun yang pasti, menambah protein dan sayuran harus dilakukan jika ingin mengonsumsi mie glosor yang kaya nutrisi. Agar tidak sekedar kenyang perut.

Sedangkan dalam pemberian bumbu, mie glosor termasuk mudah. Bisa dimasak dengan bumbu Jawa, bumbu seblak, bumbu Sunda maupun Chinese Food. Suka-suka deh.

Kali ini saya akan berbagi resep mie glosor ala Chinese Food ya?

Bahan
  • 500 gram mie glosor
  • 150  gram fillet ayam, potong dadu
  • 5 pcs bakso sapi/ayam/ikan, iris sesuai selera
  • 2 buah telur ayam
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 1- 2 genggam taoge, cuci bersih
  • 1 ikat chaisim/pokchoy, potong 3-5 cm
  • ¼ daun kol (ukuran sedang), iris halus
  • 5 buah cabai rawit, iris tipis
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap ikan
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • lada secukupnya

Cara Membuat
  1. Masukkan mie glosor dalam air panas selama 10 detik, angkat, tiriskan.
  2. Dalam satu mangkok, masukkan minyak wijen, saus tiram, kecap ikan, kecap manis, kecap asin, aduk rata, sisihkan.
  3. Tumis ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan, tambahkan irisan bakso, aduk-aduk hingga kecoklatan juga. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang. Kemudian bawang daun dan cabai rawit. Aduk kembali hingga tercium aroma harum.
  4. Buat ruang dengan menyisihkan tumisan dalam wajan, pecahkan telur dan masukkan satu persatu. Aduk hingga rata. Tambahkan sayuran dan tomat. Aduk hingga sayuran layu.
  5. Jika telah layu, masukkan mie glosor, disusul siramkan semua saus dan bubuhi lada. Aduk perlahan dan rata, agar semua mie glosor terbumbui.
  6. Koreksi rasa. Jika kurang asin/manis, jangan diberi garam/gula. Tapi gunakan kecap asin/kecap manis.

Yup jadi deh. Mie glosor siap menjadi hidangan keluarga tanpa takut kekurangan nutrisi.

Jika ingin ditambah saus kacang seperti mie glosor Bogor, bisa membuatnya dengan mengencerkan bumbu pecel/bumbu gado-gado yang dengan mudah kita temui di supermarket.

Yang terakhir ini, gak usah dibuat ribet gaes.  ☻☻


5 Comments

  1. Waduhh klo baca ulasan soal mi, selalu sukses bikin ngiler Ambu 😀😀

    Tapi baru kali ini saya dengar mie glosor terbuat dari tapioka. Saya jadi membayangkan mie licin yang di soto eh itu soun ya.. betul gak Mbu, mirip gak?

    ReplyDelete
  2. Wah, saya baru tahu soal mie glosor dan mie lethek. Terima kasih infonya, ya

    ReplyDelete
  3. Kuliner yang bernama mie glosor ini menarik karena cara buatnya simple,bisa untuk santapan lezat bareng keluarga

    ReplyDelete
  4. Uadah kebayang nikmatnya makan mie glosor ini pas musim penghujan gini. Sayangnya saya baru dengar nama mie glosor ini Ambu, hiks.
    Di tempat saya tinggal kabupaten Bogor kenapa ga ada yg dengar jual mie glosor udah dalam bentuk jajanan ya. Sepertinya sy kurang jauh mainnya. Penasaran. Ntar ngider nyari mie ini ahh.

    ReplyDelete
  5. Mie glosor mah kesukaan aku buat bikin seblak hehehe... enak kenyal kalo dimakan emang glosor-glosor jadinya seru heboh pedes hahaha... tapi sekarang agak susah katanya berpormalin. Entahlah...😃

    ReplyDelete