My Fellow Citizens, Suamiku Seorang Penipu



Percaya ngga, banyak orang berbohong demi mempersunting pria/perempuan pujaan?

Mungkin, mereka pikir  kalo udah nikah kan ya  apa boleh buat. Harus terima apa adanya

Mereka nggak peduli  bahwa kebohongan bakal nyakitin pasangannya. Bahkan berakibat fatal.
Seperti kasus perempuan cantik yang dibunuh suaminya. Si perempuan pegawai BNN yang pastinya hidup mapan. Sedangkan si suami adalah pengangguran. (sumber)

Sewaktu si pria ditangkap dan ditahan, keluarganya nggak terima. Mereka  bilang bahwa si perempuan (korban pembunuhan)lah  yang bersalah.  Semasa hidupnya korban materialistis,  kerap merengek minta barang mewah pada suaminya. Semua perangai jelek nempel di korban. Tukang morotin uang suami, suka bentak suami,  apalah ...apalah...

Secara nalar, nggak ada asap tanpa api. Jika benar si perempuan ternyata nyebelin banget, ya cerai aja. Iya kan? Masa malah ngebunuh. nggak logis banget.

Kemungkinan terbesar,  pra pernikahan si calon suami berbohong ke calon istri. Dia sesumbar,  dirinya businessman yang punya ini itu dan berjanji  membelikan ini itu. Paska pernikahan baru ketahuan,  si suami ternyata pengangguran.

Ketika si suami beralasan dirinya bangkrut, pastinya si istri akan bantu. Si istri  cukup cerdas, pegawai BNN lho.  Pastinya mampu membantu suaminya untuk bangkit lagi. Asalkan si suami terlihat usaha ke arah perbaikan. Jangan malah minta uang ke ibu kandungnya.

Bikin istri kesel. Sewaktu si istri minta cerai, eh ditolak.

Nggak heran, si istri  memberi ultimatum: cerai atau belikan semua barang yang dijanjikan!
Masuk akal kan ya? Nggak ada seorangpun yang mau dibohongi. Terlebih dibohongi agar bisa dinikahi.

Anehnya, udah tau salah, suami bukannya menceraikan istri, malah  membunuh istrinya!
Konyol banget!

Dalam drama Korea “My Fellow Citizens” , saling membohongi, terjadi pada pasangan suami istri  Yang Jung-Kook dan Kim Mi-Young. Yang Jung Kook adalah penipu ulung yang lahir dari keluarga penipu. Sedangkan Kim Mi-Young seorang anggota kepolisian dan bertugas menangkap penipu.

Akibat dikhianati pacar yang beralasan “takut punya pacar polisi”, Kim Mi Young tidak mengaku bahwa dirinya polisi. Sedangkan Yang Jung Kook pastinya nggak bakal mengakui profesinya  sebagai penipu.

Akhirnya, di hari pernikahan, Kim Mi Young  baru mengaku.   Alamak, pengakuan yang bikin  posisi suaminya  dilematis banget.  Antara sayang istri dan profesinya sebagai penipu.

Namun yang lebih epik tatkala sang suami,  Yang Jung Kook memutuskan berlaga menuju kursi anggota parlemen. Penipu jadi anggota DPR? Ah, sungguh sindiran tajam untuk para anggota parlemen.

Biasanya mereka kan menipu konstituen, menjanjikan angin surga. Setelah terpilih mereka ternyata boong. Tega mengkhianati kepercayaan konstituen. Lupa akan janji –janji. 

Ups, ngga semua lho ya.😺😺

“My Fellow Citizens” punya ide sama dengan  “The Great Show”, yaitu tentang penipuan yang dilakukan calon legislatif, namun perolehan rating  “My Fellow Citizens” jauh lebih unggul.

Penyebabnya mungkin  faktor Choi Si Won dan Lee Yoo Young yang sedang jadi pujaan pecinta drama Korea. Atau karena konflik lain yang muncul, yaitu tentang si jahat (penipu) yang dibenturkan  dengan si baik (polisi) membuat drama “My Fellow Citizens” lebih disukai.




Choi Si-Won sebagai Yang Jung-Kook. Lahir sebagai anggota keluarga penipu (ayah dan adiknya berprofesi sebagai penipu) membuat Yang Jung Kook  berprofesi sebagai penipu ulung.          

Bertamengkan pimpinan perusahaan, segala jenis tipuan sudah dilakukan Jung Kook.  Mulai dari penipuan money game hingga real estate.

Jalan  hidupnya berubah ketika seorang rentenir kelas kakap memaksanya berlaga sebagai anggota parlemen. Membuat keluarga istrinya mengetahui kedok Jung Kook sesungguhnya.


Lee Yoo-Young sebagai  Kim Mi-Young, anak angkat  Kim Kyung-Ae seorang pejabat kepolisian. Posisinya sungguh dilematis, antara profesi sebagai polisi dan cintanya pada suami yang berprofesi sebagai penipu.

Kim Min-Jung  sebagai Park Hoo-Ja, anak rentenir kelas kakap yang meneruskan pekerjaan ayah kandungnya.  Dia berprinsip  mata harus dibalas mata, kepala dibalas kepala. Paska ayahnya ditipu habis-habisan oleh Yang Jung-Kook, dia menetapkan target operasinya nggak boleh lolos.

Keadaan baru berubah sewaktu Park Hoo Ja membutuhkan pion untuk mengubah regulasi tingkat suku bunga pinjaman.

Tae In-Ho  sebagai Han Sang-Jin, kakak angkat Kim Mi Young yang turut bertarung dalam gelanggang pemilu legislatif, berhadapan dengan adik iparnya, Yang Jung-Kook.

Situasi menjadi rumit ketika perolehan suara sementara menunjukkan bahwa dia bakal kalah, sementara ditangannya ada kartu truf,  yaitu jati diri Yang Jung-Kook yang penipu dan hanya lulusan SMA.


Gil Hae-Yeon sebagai  sebagai Kim Kyung-Ae,  ibu angkat Kim Mi Young, yang berkepribadian hangat dan selalu optimis.

Walaupun berprofesi sebagai pejabat kepolisian. kasih sayangnya yang sangat besar pada Kim Mi Young,  membuatnya sanggup  menafikan  jati diri menantunya.

Jung Kook dan team sukses nya

 
Sinopsis Plot oleh Staf AsianWiki ©
Yang Jung-Kook (Choi Si-Won), seorang  penipu veteran yang licin,  tidak pernah ditangkap. Suatu hari, pacarnya tiba-tiba kabur dengan uang yang akan mereka gunakan untuk pernikahan mereka. Yang Jung-Kook sangat kesal dan keluar untuk minum.

Kebetulan dia  bertemu Kim Mi-Young (Lee Yoo-Young)  yang sedang  mengalami masa sulit karena pacarnya selingkuh.

Dalam pertemuan tersebut,  Yang Jung-Kook mengaku sebagai businessman sedangkan Kim Mi-Young mengaku bekerja untuk sebuah perusahaan kecil. Padahal Kim Mi-Young sebenarnya adalah seorang detektif polisi.

Pasangan ini menemukan kenyamanan satu sama lain dan setuju memulai  hubungan romantis. Pada hari pernikahan mereka, Kim Mi-Young mengaku kepada Yang Jung-Kook bahwa dia sebenarnya seorang detektif.

Sementara itu, Park Hoo-Ja (Kim Min-Jung),  seorang perempuan misterius yang menjalankan bisnis rentenir , warisan dari ayahnya.  Ketika tahu ayahnya ditipu Yang Jung-Kook, Park Hoo-Ja memburu  Yang Jung-Kook dan memaksanya mencalonkan diri untuk kursi majelis nasional.
 
di Korea Selatan, anggota parlemennya juga gemar berantem 😲😲
 

Review My Fellow Citizens

Paska didaulat sebagai Duta Unicef, rupanya Choi Si Won sangat berhati-hati dalam menerima peran.  Lihat saja perannya sebagai Byun Hyuk dalam  drama “ Revolutionary Love”,  sosok anak konglomerat  yang merevolusi sistem korup dalam perusahaan ayah kandungnya.

Selain sarat pesan moral, drama “ Revolutionary Love”   penuh kelucuan.


Demikian juga dalam   “My Fellow Citizens” sebagai Yang Jung-Kook, anak dari penipu ulung Yang Shi-Cheol, Choi Si Won berakting prima.

Hanya bisa  bekerja sebagai penipu, suatu hari  Yang Jung-Kook dihadapkan pada pilihan yang dilematis. Park Hoo-Ja, anak rentenir kelas kakap yang pernah ditipunya, memaksanya mengembalikan uang yang ditilep atau mengikuti pemilihan anggota legislatif. Dan pastinya harus goal sebagai anggota majelis nasional.

Bukan tanpa alasan Park Hoo Ja menyuruh Jung Kook berlaga. Dia tahu Jung Kook memiliki banyak penggemar yang akan memilihnya. Penyebabnya kesalah pahaman yang menguntungkan Jung Kook.  
Dalam suatu peristiwa adu jotos, tanpa sengaja Jung Kook mengalahkan pembunuh berantai  yang sedang diburu armada polisi.

Sehingga Jung Kook diangkat sebagai “warganegara pemberani” . Bahkan kepolisian mengangkatnya sebagai “anggota polisi kehormatan”, membuat Jung Kook sangat populer, kemanapun melangkah banyak orang ingin berpotret dengan Jung Kook.   

Posisi ini tentunya menguntungkan Park Hoo-Ja, yang membutuhkan suara di parlemen untuk mengubah regulasi suku bunga pinjaman.

Sebetulnya, sebelum mengambil keputusan memanfaatkan posisi Jung Kook, Park Hoo Ja mendekati Han Sang-Jin, kakak ipar Jung Kook. Sayang, yang bersangkutan menolak.

Apakah akhirnya Jung Kook berhasil menjadi anggota legislatif? Adegan di episode-episode akhir sangat seru. Tak terduga,  sekaligus penuh kekonyolan. Berbeda jauh dengan scene “The Great Show” yang penuh linangan air mata dan bikin termehek-mehek.

Namun ada benang merah antara kedua drama, yaitu kejujuran akhirnya menang. Manusia tidak bisa selamanya menyimpan kebohongan. Karena suatu kebohongan akan memunculkan kebohongan lainnya.  

Nilai plus lain  dari drama “My Fellow Citizens”, selain chemistry pasangan Choi Si Won dan Lee Yoo Young yang bikin hati penonton remuk redam. Juga musik yang nendang dan akting keren Kim Min-Jung  sebagai Park Hoo-Ja, tokoh antagonis yang membuat penonton sebel dan pingin ketawa pada  saat bersamaan. 

Profile
Drama: My Fellow Citizens (English title) / Fellow Citizens (literal title)
Revised romanization: Kookmin Yeoreoboon
Hangul: 국민 여러분
Director: Kim Jung-Hyun
Writer: Han Jung-Hoon
Network: KBS2
Episodes: 36
Release Date: April 1 - May 28, 2019
Runtime: Mon & Tue 22:00
Language: Korean
Country: South Korea (Sumber : asianwiki.com)

21 comments

  1. Kalau aku suka nya drakor yang tradisional ambu, soalnya suka dengan hanbok spt queen seon deok, Dae jang geum, Dong yi dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. latar belakang kerajaan? saya juga suka. Saya pelahap semua. :D :D

      Delete
  2. Pas banget bisa mampir baca review drakor dari Ambu di saat sedang kangen nonton tontonan yang agak berat. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini sih ringan banget. malah cenderung banyak tawa :D

      Delete
  3. Salfok dengan ganteng Si Won. Suka benget nonton drakor apalagi yang memerankan idola saya, yaitu Choi Si Won

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak hanya ganteng, Si Won juga selektif memilih peran. Keren emang dia. Ngga heran jadi duta Unicef

      Delete
  4. duh..duh..duh godaan lagi ni. Padahal belum selesai namatin judul drakor yang lain ya soalnya masih on going semua. Tapi lumayan ada 3 judul. Xixi... btw Thanks for sharing ya mbak, kayaknya bakal jadi next target buat ku tonton nih. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah udah lama ngga nonton ongoing, Terakhir ini banyak kecewa :D

      Delete
  5. Wah, aku sempat nonton nih beberapa episode mba, soalnya mamah mertua yg nonton malahan. Hahaha. Komedi romantis ala Korea emang manis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh mamah mertua nonton? Mungkin karena lebih banyak pilihan dibanding sinetron Indonesia ya?

      Delete
  6. Aduh sudah tau salah tapi nggak berubah amit-amit deh jangan sampe ketemu orang model gini ya....bisa kita petik hikmahnya buang jeleknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak tuh. karena itu saya sering mewanti wanti teman yang belum menikah, hati hati pilih jodoh. Jangan sampai terperosok :D

      Delete
  7. Kangen sama aktingnya Si Won. Semenjak dia ikutan wamil daku nggak ngikutin dramanya

    ReplyDelete
  8. Dah lama ga nge-drakor sejak VIP 😂 ini ceritanya recommended 😍 rating nya juga tinggi.. masuk list wajib tonton nih ❤️

    ReplyDelete
  9. Duh ini mah kebetulan banget. Tadi siang lagi searching soal rekomendasi drakor. Udah 1 tahun lebih nggak nonton drakor. Kangen juga. Nice reccomendation nih mbak.

    ReplyDelete
  10. Alurnya unik ya, gak menyangka kok ujung ujungnya malah sang istri dibunuh. Jadi penasaran sama filmnya

    ReplyDelete
  11. Nuadzubillah ya ketemu penipu begini, meski dulu di kantor tempat kerja ada lho penipu macam ini. Pokoknya, pas dia resign banyak banget yang nyari dia dan gilanya semua diarahin ke kantor dan kos teman-teman kantor.

    Serem banget ini kalau menikah dengan banyak tipuan, harusnya kan menikah itu saling terbuka dan ga boleh ada yang dirahasiakan. Tapi, sepertinya apa sudah menjadi adat orang Korea sana di dalam hampir semua Kdrama saling menyembunyikan rahasia. Benar, semua orang memiliki masa lalu tapi ga lantas nipu juga kan?

    Pembahasannya jadi panjang, hehehe.
    Aslinya aku selain Thriller, RomCom, aku suka genre Keluarga untuk Drakor.

    ReplyDelete
  12. Ah siwonnn...

    Ini jadi pelajaran ya, hati hati klo pilih jodoh

    Klo kata orang jawa harus dilihat bibit, bobot dan bebetnya, hehe

    ReplyDelete
  13. Polisi nikah sama penipu yang tertipu dan enggak tahu kalau dia sedang kena tipi. Penipu kena batu..wah, bagus ini. Klau ada lucu-lucunya bikin terhibur daripada drama yang nangis melulu sepanjang nontonnya :)

    ReplyDelete
  14. Ada drama jepang yang juga kyk gini, bedanya yang dari keluarga penipu/ pencuri tu yang cewek, sedangkan yang cowok keluarganya polisi semua hehe.
    Susah emang bersatu. Tapi apa sih yang gak mungkin di drama korea haha. Apalagi mencalonkan diri jd legislatif gak perlu skck, eh kek pernah denger ini di negara mana ya wkwkwk
    Setuju bun ma quotenya kebohongan pasti akan berakhir, cepat atau lambat yaa

    ReplyDelete
  15. Aku udah nonton. Syuka banget sama pesan moralnya apalagi ada Si Won hahaa

    ReplyDelete