Rujak Skippy; Jajanan Maknyuz di Hari nan Fitri



Ada fenomena aneh yang saya lihat di setiap hari Lebaran, yaitu membludaknya pembeli mi bakso dan rujak. Yang bikin saya bingung, di rumah pembeli kan banyak makanan. Makanan spesial yang umumnya hanya ada di hari nan fitri, seperti ketupat, opor, sambel goreng.

Sedangkan untuk si penjual, dia nggak berLebaran gitu? Nggak mudik?

Jawabannya ternyata sederhana. Ada  sebab  akibat yang berujung pada proses hubungan  simbiose mutualisme. Pembeli yang jenuh berkutat makanan serba berlemak, ingin menyantap masakan yang menyegarkan seperti mi bakso dan rujak.

Sedangkan penjual mi bakso dan rujak mengetahui kebutuhan pembeli. Mereka sengaja nggak mudik di hari H, memilih berjualan, pulangnya entar aja di H+10.

Keputusan penjual teramat jitu. Terbukti di hari H Lebaran, omzet meningkat beberapa kali lipat. 

Mungkin suasana Lebaran membuat pembeli tergoda untuk  royal merogoh koceknya. Sehingga banyak pedagang lain ikutan nggak mudik dan turut bergabung  membantu menjual 2 jenis jajanan yang laris manis tanjung kimpul ini.

Apakah kamu termasuk orang yang suka jajan mi bakso dan rujak di hari Lebaran?

Jika ya, mengapa nggak bikin aja sendiri? Selain rasanya dijamin lebih enak, juga lebih higienis. Serem lah melihat para pedagang mencuci bekas mangkok.

Kali ini saya mengajak bikin rujak sendiri.  Mengapa? Ada penjelasan di akhir tulisan.

Juga ada penjelasan menarik nih terkait rujak.
Mbak Dee, seorang teman blogger bercerita bahwa dalam beberapa minggu, berat badannya menyusut dengan  cepat! Apa penyebabnya? Dia mengonsumsi rujak, 3 x sehari! Hanya rujak!

Kok bisa? Ya bisa atuhlah. Rujak kan bikin perut kenyang. Hanya sugesti yang bilang belum makan jika belum ketemu nasi.

Sementara nasi putih miskin serat, hanya ada karbohidrat, sedikit vitamin serta mineral.

Tertarik? Mungkin nggak seekstrim mbak Dee yang hanya mengonsumsi rujak. Minimal pilih rujak dibanding mi bakso. Karena selain mengenyangkan, membuat langsing, juga menyehatkan.
source: eatthis.com

Kita bahas satu persatu yuk ...

Rujak melangsingkan tubuh
Ada 2  komponen dalam rujak, yaitu sayuran/buah-buahan dan bumbu. Khusus bumbu, bisa diintip di tulisan berikut, bagaimana kacang dan asam mampu memperlancar  metabolisme tubuh:


Sedangkan buah-buahan/ sayuran ? .... uh hampir semua sayuran dan buah-buahan melangsingkan tubuh.  Mengapa? Yuk kita bongkar.

Bengkuang/jicama
Dianggap persilangan lobak dan apel, dr Axe  menjelaskan bahwa sebuah bengkuang mengandung  86 persen - 90 persen air, sehingga secara alami rendah kalori dan gula alami.

Secara terperinci, 1 (satu)  cup bengkuang yang telah diiris tipis  mengandung:
  • 49 kalori
  • 0 lemak
  • 6 gram serat
  • 1 gram protein
  • 11 gram karbohidrat
  • 2 gram gula
  • 2 miligram vitamin C (40 persen DV)
  • 180 miligram kalium (5 persen DV)
  • 1 miligram mangan (4 persen DV)
  • 7 miligram zat besi (4 persen DV)
  • 4 miligram magnesium (4 persen DV)
  • 4 mikrogram folat (4 persen DV)

Bengkuang mempunyai kadar pati, gula, dan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan sayuran lain seperti kentang, lobak,  dan bit. Satu cup irisan bengkuang juga memiliki 25 persen dari kebutuhan serat harian.

Sebagai sayuran yang kaya serat,  jicama juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga merupakan pilihan terbaik untuk penderita diabetes dalam menyeimbangkan gula darah.

Bengkuang merupakan pilihan tepat bagi mereka yang sedang melakukan diet tinggi serat untuk mengatur berat badan, nafsu makan, dan hormon seperti insulin. Saat dicerna, makanan berserat tinggi  akan mengembang di perut  dan menyerap air, menimbulkan rasa kenyang dan mencegah mengemil atau makan berlebihan.

Bagaimana dengan nanas?
Dikutip dari boldsky.com, dalam 100 gram nanas terkandung:
  • 50 kalori
  • 86,00 gram air
  • 0,12 gram total lipid (lemak)
  • 13,12 gram karbohidrat
  • 1,4 gram total serat makanan
  • 9,85 gram gula
  • 0,54 gram protein
  • 13 miligram kalsium
  • 0,29 miligram zat besi
  • 12 miligram magnesium
  • 8 miligram fosfor
  • 109 miligram kalium
  • 1 miligram natrium
  • 0,12 miligram seng
  • 47,8 miligram vitamin C
  • 0,079 miligram thiamin
  • 0,032 miligram riboflavin
  • 0,500 miligram niacin
  • 0,112 miligram vitamin B6
  • 18 μg folat
  • 58 IU vitamin A
  •  0,02 miligram vitamin E
  • 0,7 μg vitamin

Selain mengandung serat, nanas juga kaya enzim bromelain . Menurut American Cancer Society,  enzim bromelain  membantu proses pencernaan. dengan cara memecah molekul protein ke dalam blok bangunan mereka, seperti peptida kecil dan asam amino.

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas membantu metabolisme, yang pada gilirannya membakar lemak perut yang berlebih. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak  lemak yang terbakar.

Selain tinggi serat, nanas juga mengandung banyak air yang membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu lama, sehingga bisa terhindar dari keinginan ngemil.

source: healthline.com

Rujak Menyehatkan Tubuh
Jicama/ bengkuang  juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Ini dia:
  • Bagus untuk Pencernaan. Jicama mampu menghidrasi, menyediakan serat, elektrolit esensial dan nutrisi yang mendukung kesehatan usus dan usus. Kandungan serat pada jicama secara alami dapat meringankan sembelit dan  mengobati diare.
  • Anti Inflamasi. Jicama merupakan makanan anti-inflamasi yang dapat mengurangi flare-up di saluran GI yang terkait dengan IBS, borok, sindrom usus bocor, dan gangguan pencernaan autoimun.
  • Menyehatkan Jantung. Oligofructose inulin  yang terkandung dalam jicama berfungsi meningkatkan  kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol secara alami.
  • Mengandung Antioksidan Tinggi.  Satu cup  jicama mampu memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan setiap orang.  Vitamin C  merupakan  antioksidan penting yang bekerja  membersihkan kerusakan akibat radikal bebas dan mengendalikan peradangan.
  •  Mendukung Kesehatan Tulang. Inulin oligofructose  yang terkandung dalam jicama membantu menjaga tulang tetap kuat karena meningkatkan retensi mineral, menekan tingkat pergantian kehilangan tulang dan membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Juga memasok nutrisi penting seperti potasium, magnesium dan mangan yang diperlukan untuk mineralisasi tulang  dan melindungi terhadap keropos tulang atau osteoporosis.  

Waw  ternyata banyak sekali manfaat si bengkuang ini ya? Nggak nyangka!
Bagaimana dengan nanas?
Nanas pun tak mau kalah. Khasiatnya antara lain:                                                   
  • Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh. Kandungan vitamin C dalam nanas merupakan antioksidan yang  meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan enzim bromelain  memperkuat kekebalan yang mampu menangkal pilek dan infeksi umum.
  • Memperkuat Tulang.  Nanas mengandung sejumlah besar kalsium dan sejumlah kecil mangan, kedua mineral yang berperan dalam menjaga  tulang yang kuat dan jaringan ikat yang sehat. Kalsium  juga mencegah osteoporosis dengan cara meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan.
  • Mencegah kanker. Enzim bromelain  dapat mencegah  kanker, terutama kanker payudara dengan membantu memproduksi  sel-sel darah putih yang berfungsi  menghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Mengobati Radang Sendi. Enzim bromelain pada nanas memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan rasa sakit pada orang-orang rematik.
  • Meningkatkan Kesehatan Mata. Antioksidan dalam vitamin C dan betakaroten yang dimiliki nanas dapat membantu menurunkan risiko degenerasi makula.  Vitamin C yang terkandung dalam nanas membantu menjaga cairan mata dan melindunginya dari katarak.
  • Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi. Enzim bromelain yang dimiliki nanas mampu  memecah plak. Plak terjadi akibat sekumpulan bakteri yang menumpuk di gigi,  menghasilkan  asam yang mengikis enamel, penyebab karies gigi.
  • Meredakan Bronkitis. Lagi-lagi enzim  bromelain yang memiliki sifat antiinflamasi  membantu masalah pernapasan yang berhubungan dengan bronkitis dan asma. Enzim bromelain memiliki sifat mukolitik yang membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir. Juga membantu mengurangi gejala asma bronkial.
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung. Adanya vitamin C dan vitamin antioksidan lain dalam nanas membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol dalam tubuh. Serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi. Tingginya jumlah kalium tinggi pada nanas  membantu mengendurkan pembuluh darah dan membantu menjaga tekanan darah yang sehat.
  • Menjaga kesehatan kulit. Jika ingin bebas keriput dan menunda penuaan, konsumsilah nanas.  Vitamin C dan beta-karoten yang dimilikinya merupakan antioksidan kuat yang melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan polutan lainnya. Kerusakan oksidatif menyebabkan keriput dan membuat proses penuaan lebih cepat

Walah si nanas malah lebih banyak khasiatnya  ya? 

Belum termasuk keampuhan nanas dalam membantu pemulihan proses operasi karena memiliki sifat anti-inflamasi. Juga manfaat enzim bromelain dalam mengurangi sakit, sehingga dianjurkan dikonsumsi sebelum operasi gigi. Dan seterusnya ...

Mengapa Rujak  Skippy?
Karena menyikapi lingkungan hidup yang semakin tercemar,  sudah seharusnya memilih makanan baik dan sehat, terlebih di hari Lebaran. Manfaat rujak nggak hanya menyehatkan juga bisa melangsingkan tubuh.  Double manfaat  ya? 

Skippy saya tambahkan juga disebabkan  khasiatnya. Panjang lebar tentang peanut butter Skippy ada disini: 


Ada 2 jenis Peanut Butter Skippy, chunky dan creamy. Untuk membuat rujak nan sedap ini bisa keduanya. Saya menggunakan Peanut Butter Skippy creamy karena tersisa  100 gram, sesudah kemarin membuat  2 adonan cookies.

Hasilnya? Hmmm ... harum dan laziz.

Jika nggak ada pindekaas Skippy, bisa gunakan selai kacang lainnya, atau kacang tanah goreng yang diblender. Sama - sama endeus kacida kok.  ^_^

Cuz aja yuk, biar nggak kelamaan.

Bahan sayuran/buah:
  • 250 gram taoge, buang ekornya, cuci bersih.
  • 250 gram mentimun, kupas, porong  kotak-kotak kecil.
  • 250 gram bengkuang, kupas, serut.
  • 1 buah nanas, kupas, potong kotak-kotak kecil

Bahan saus kacang:
  • 5 buah cabai merah, buang bijinya
  • 10 buah cabai rawit, boleh tambah atau kurangi, sesuai selera
  • 150 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram selai kacang Skippy
  • 100 ml air asam jawa, terbuat dari asam jawa yang direndam dengan air panas.
  • 1 sdm garam
  • 500 ml air

Cara membuat:
  • Blender cabai merah dan cabai rawit. Kemudian rebus bersama peanut butter Skippy,  gula pasir, gula jawa, air asam, garam, dan air dalam sebuah panci hingga mendidih.
  • Koreksi rasa. Saring.
  • Dalam wadah bersih, susun sayuran taoge, bengkuang, dan nanas. Siram saus kacang dalam keadaan panas .
  • Sesudah rujak/asinan dingin, barulah masukkan potongan mentimun, agar tetap crunchy ketika disantap.


Taraaa ..... rujak Skippy siap disantap di hari nan fitri.  










Comments

Novya Ekawati said…
yummmy...seger banget mbak lihat gambar rujaknya. tambah mantap dengan tambahan gurih dari skippy. Komposisi rujak yang sarat akan buah-buahan layak niy dikonsumsi asal jangan terlalu pedas khawatir perut langsung protes.
Larasatinesa said…
Ya ampun nelen ludah bacanya. Dimakan siang-siang gini enak banget rujaknya. Nggak perlu lengkap buahnya yang penting ada bengkuang sama timun aku udah bahagia pisan. Bikin ah buat lebaran hihi
Laela Awalia said…
waaahhh jadi pengen coba rujak skippy ini lho mba. Tapi skippy nya sudah habis lagi haha.
Oooh skippynya jadi buat perisa kacangnya yaa... Terjawab sudah penasaranku, ahahha... Jadi mirip2 asinan gitu ya, dan aku suka banget asinan.
Armita said…
Pengeeeen skippy dan rujak emang enak banget
lendyagasshi said…
Ambu bisaan ide bikin Rujak bareng Skippy.
Karena di rumah ada skippy nganggur, kan anak-anak bosen dimakan bareng roti terus, Ambu...
Haturnuhun idenya, Ambu.
Ida said…
Wah kebayang enaknya ih..skippy itu digado aja udah suka..apalagi jd rujak kayak gini...
wuidih, nggak pernah kepikiran bikin rujak pakai Skippy. Cobain, ah :)