Yuk, Ngariung Ngaramen di Tenno Ramen



ri.ung[Sd]Verba (kata kerja)
me.ri.ungVerba (kata kerja) (duduk) berkumpul: mereka riung di bawah pohon yang rindang sambil menikmati bekal yang mereka bawa

Ternyata kata “riung”tercantum dalam dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ya? Mungkin sudah melalui pertimbangan para pakar bahasa,  kata ini mencerminkan kultur bangsa Indonesia yang gemar ngariung, berkumpul bersama kerabat kemudian makan bersama.

Sedangkan ngaramen pastinya makan ramen. Ngariung makan ramen di hari berhujan memang terasa ideal banget. Sejumput ramen nan kenyal,  dengan irisan chicken katsu yang gurih, bergantian memenuhi perut. Disusul slurrppp  .... kuah kental ramen mengusir dingin, menggantinya dengan kehangatan.  Ditambah obrolan ngalor ngidul, waduh serasa ada di surga dunia. ^_^

Terlebih jika lokasi ngaramennya strategis sehingga bisa dijangkau semua teman maupun kerabat. Destinasi yang dimaksud adalah Tenno Ramen di Paskal Food Market jalan Pasir Kaliki 23 Bandung.

Baca juga:

Bisa diakses dari jalan Kebon Jati, Paskal Food Market menjadi tempat makan favorit keluarga.  Setiap anggota keluarga pingin makan bareng, pastinya Paskal Food Market recommended banget. Demikian  juga untuk acara arisan atau reunian.

Nggak  hanya strategis yang membuat Paskal Food Market jadi pilihan favorit,  juga penataan taman yang mengelilingi 50 stand dengan sekitar 1100 jenis kuliner. Selain gazebo,  terdapat kolam air mancur ala Fontana di Trevi Italia, tempat kamu bisa melempar koin sambil menyebutkan satu permintaan.

Nah, dari arah datang,  Tenno Ramen terletak di sayap kanan. Sebelum menyantap, kamu harus memesan menu, membayar ke kasir, sesudah itu baru menikmati laziznya ramen.
Ada 3 pilihan, ramen dengan beragam jenisnya, udon dan nasi. Menu nasi mungkin disiapkan bagi merek yang belum merasa makan jika ngga bertemu nasi ya?  :D


Sedangkan ramennya ada beberapa pilihan, tergantung topping:
Tori Karaage Ramen
Terdiri atas: ramen, kuah, sayuran, nori, daun bawang, bakso ikan,  daging ayam goreng tepung
Beef Teriyaki Ramen
Terdiri dari: ramen, kuah, sayuran, nori,  daun bawang, bakso ikan, daging sapi saus teriyaki
Chicken Katsu Ramen
Terdiri dari: ramen, kuah, sayuran, nori, daun bawang, bakso ikan, daging ayam goreng tepung. Apa bedanya dengan karaage? Karaage merupakan potongan ayam kecil yang dibumbui dibalut tepung, kemudian baru digoreng.
Sedangkan katsu baru dipotong setelah digoreng, karena  terbuat dari potongan besar fillet ayam yang dibumbui, dibalut tepung kemudian digoreng.  
Spicy Chicken Ramen
Terdiri dari: ramen, kuah, sayuran, nori, daun bawang bakso ikan,  daging ayam cincang pedas.
Mapo Tofu Ramen
Terdiri dari: ramen, kuah pedas kental dengan tahu dan ayam cincang, daun bawang.
Special Combo Ramen
Terdiri atas; ramen, kuah, sayuran, nori, bakso ikan, daun bawang, telur, daging ayam goreng tepung (chicken katsu) dan kulit ayam goreng tepung yang crispy.(torinokawa karaage).
Milky Cheesy Black Ramen
Terdiri dari: black ramen, kuah hasil perpaduan susu dengan keju, sayuran, nori, daun bawang.

Memesan plain ramen juga bisa, isinya tetap sama yaitu ramen, kuah, sayuran, nori, daun bawang, bakso ikan. Sebagai pendamping bisa dipilih chicken katsu, torinokawa karaage, spicy chicken dan tori karaage . Termasuk untuk mereka yanmg memilih nasi atau milky cheesy black ramen. Pilihan ramen dan side dishnya agar penikmat ramen bisa leluasa memilih sesuai selera,


Demikian juga untuk  kuah atau soup based, tersedia banyak pilihan. Soup based akan menentukan harga, misalnya untuk Tori Karaage Ramen:
  • kuah soyu             IDR 30K
  • kuah miso             IDR 30 K
  • kuah hot chilli       IDR 31K
  • kuah curry             IDR 34K
  • kuah tomyum        IDR 32K
  • kuah kimchi           IDR 31K
  • kuah milky cheesy  IDR 34 K
Selain ramen,  Tenno Ramen juga menyediakan udon. Nah, apa bedanya udon dengan ramen?



Udon merupakan mie Jepang yang berukuran lebih besar dibanding ramen. Bahan bakunya sama sih dengan ramen,  tepung terigu. Bentuk udon tebal dan berwarna putih. Penyajiannya bisa dalam kondisi panas atau pun dingin dengan kuah kaldu bening atau kuah kaldu keruh.

Sedangkan ramen, lebih terkenal dibanding udon. Bertekstur kenyal, panjang dan tipis. Baik ramen maupun udon  terbuat dari tepung terigu.  Hidangan ini selalu disuguhkan dalam kondisi masih panas karena kenikmatan mi ramen terletak pada kuah panasnya yang kaya akan cita rasa.


Walaupun dikenal sebagai masakan Jepang, ternyata ramen berasal dari Negara China. Konon orang Jepang kesulitan melafalkan “lamian”, nama asli makanan berbahan baku tepung terigu yang diolah dengan mengandalkan kekuatan tangan. Gerakan tangan selama pembuatan mie ramen inilah yang menjadi kunci kenikmatannya.

Di negara asalnya, ramen disajikan dengan kaldu panas dan topping potongan Chasiu (daging babi panggang merah)  yang kerap disebut daging barbekyu manis atau daging barbekyu China. Yang tentu saja tidak dapat kamu temukan di Tenno Ramen karena disini hanya menyajikan masakan halal.


Selain menjadi perantara mempererat silaturahmi, ramen juga punya banyak khasiat lho. Karena ramen selalu disajikan dengan sayuran, bawang daun dan daging ayam/sapi yang mengandung protein tinggi. Terlebih jika yang kamu pilih adalah kuah milky cheesy, wah nambah deh proteinnya.

Jangan dilupakan juga adanya bawang putih di setiap olahan ramen. Seperti diketahui, bawang putih mengandung banyak khasiat karena mengandung allicin yang bermanfaat sebagai antimikroba, membunuh sel kanker dan mengurangi kolesterol. Bahkan bawang putih dalam dosis tertentu mampu mencegah pikun.

Wah banyak banget manfaat yang bisa diambil dari ngariung ngaramen di Tenno Ramen ya? Selain untuk mempererat silaturahmi, menikmati hidangan yang mengenyangkan dan menghangatkan tubuh, juga mendapat manfaat dari topping serta bumbunya.

Buka sejak jam 11.00 pagi hingga jam 23.00 malam hari, ada banyak spot cantik yang bisa banget digunakan sebagai area welfie maupun selfie di Paskal  Food Market. Baik sambil menunggu hidangan, atau sesudah kenyang menyantap ramen nan laziz. Terlebih di malam hari di waktu weekend, ada live music yang memanjakan telinga.

Kota Bandung memang melenakan. Ngga hanya bagi penduduknya, juga pengunjung dari luar kota. Bikin betah. Setuju?



Comments

Isyka syukriya said…
Malem2 baca artikel ini, mendadak langsung laper 😋
Tira Soekardi said…
hore bisa dicoba nih, anak2 suka pastinya
aku masih blm bisa move on ama kuliner jepang yg enak2 :D. trutama rameeeen :p. duuh kmrn di jkt aja, tiap kali ngemall yg aku cari resto ramen mba :D.blm nemu yg sama enak sih, tp lumayanlah, sedikit mengobati kangen ama ramen :D.

kapan2 kalo ke bandung aku coba deh resto ramennya ;). penasaran ama kuah milky cheese
Yayu Arundina said…
Wah enak bangets nih. Banyak pilihannya. Aku mah mau yang kuah tomyam. Segeeer
Novya Ekawati said…
salah satu makanan favorit aku niy mbak...ramen yummmyyy..habis baca langsung mupeng hehehehe
Nia Haryanto said…
Aduh Ambu, ngabibita ih. Aku jadi kepengen ngaramen juga inih. Tampak lezaaaat. Komo mun ditambahi sambel yang banyak. Maknyooos :D
Lumayan banget buat pengusir lapar di siang bolong, hihi.. Pilihannya banyak pula, jd mau pesen semua wahahahahh
Evi Sri Rezeki said…
Aku suka bermacam mi termasuk juga ramen. Jadi pengin nyobain deh di sini
Zia said…
Makanan Jepang ini salah satu favirit aku banget loh, Ambu. Apalagi sushi dan juga ramen. Wah, ini bisa jadi rekokendasi kalo pengen ngeramen. Makasih infonya ya, Ambu.