Skip to main content

3 Bekal ke Tanah Suci, Yuk Persiapkan Sejak Dini

sumber: icfal.com.au

Pingin ibadah ke tanah suci?

Mayoritas pasti menjawab “pingin”, Justru rada aneh jika ada yang  bilang: “ga mau!”

Tapi jujur deh, selain bilang pingin, udah punya persiapan belum?  Hehehe walau malu, saya akui belum.  Padahal mau berpergian jarak dekat seperti Bandung – Jakarta aja pastinya bikin persiapan seabrek. Mau naik apa, mau bawa baju berapa, jangan lupa bawa ini, itu ... isi listpun panjang berderet-deret.

Bagaimana isi list berhaji?  Jangan  cuma titip doa lewat  teman yang mau berangkat ke tanah suci, kemudian mengira bisa sim salabim  .... sampai!

Allah pasti akan bilang: “Ta’uuk ye, usaha dong, usaha”.

Hehehehe ..... iya Allah,  maapin saya atuh.   #tutupmuka

Jika ngga ada usaha, ya jelas bakal ditegur. Udah mah jauh, kuotanyapun terbatas,  harus menunggu  10 – 15 tahun sebelum saatnya berangkat.

Nah, waktu tunggu yang lama ini juga bikin saya ragu. Duh, nyampe ngga ya? Jangan-jangan udah tutup mata selamanya sebelum berangkat. Beruntung ada tausiah  ustaz Aam Amirudin yang menyunting ayat berikut:

وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allâh dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allâh. dan adalah Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [An-Nisa’/4:100]
Baru niat dan memulai persiapan aja udah dicatat malaikat, buat apa meragu?  Terlebih sebagai muslim kita diwajibkan untuk berusaha dengan keras, cerdas, tuntas dan ikhlas.
Jadi, hayuk ah kita mulai menimbun bekal. Apa aja? 

Bekal fisik

sumber: ummah.co.ke

Jika ada yang saya sesali di masa lalu, itu adalah tidak menggunakan usia muda  untuk berangkat ke Tanah Suci. Di saat tubuh masih bugar. Jarang sakit. Alasannya selalu karena anak-anak masih kecil. Padahal ada orang tua dan kerabat  bisa dimintai tolong untuk menjaga mereka.

Sesal kemudian tidak berguna. Saya tetapkan untuk tidak menunggu lagi. Saatnya berhaji, saatnya membuat serangkaian persiapan. Saya mulai menerapkan pola hidup sehat. Menghindari gorengan, hanya mengonsumsi  makanan sehat, tinggi protein, serat dan vitamin. Setiap hari 30 menit berolah raga, agar stamina terjaga dan mampu melontar jumroh jika saatnya tiba.

Bekal mental

sumber:  crcc.usc.edu

Banyak sekali muslim yang bertubuh bugar dan cukup materinya, tapi tak tergerak hatinya untuk berangkat ke Tanah Suci. Merasa belum terpanggil? Jawaban klise ini sering saya dengar.

Buah dari ketekunan saya mengikuti pengajian demi pengajian dan mendengarkan siaran streaming ustaz  Aam Amirudin adalah “Menunaikan ibadah haji itu hukumnya wajib bagi yang mampu. Kedudukannya sama dengan syahadat, salat, zakat dan puasa. Tidak melaksanakannya berarti berbuat dosa”.

Dan saya termasuk mampu dong ya. Tidak lagi merisaukan besok makan apa. Baju, walaupun sederhana, cukuplah sebagai busana muslimah sehari-hari.
Juga papan, saya ngga lagi kehujanan dan kepanasan.
Asalkan mau berhemat, dan ngga tergoda sepatu serta baju baru :D  :D ..., maka insyaallah bakal terkumpul.

Aih, semangat!

Bekal harta

Berapa sih biaya yang dibutuhkan un tuk menunaikan ibadah haji reguler?  Hasil searching menjawab, ternyata tergantung embarkasinya.  Pada tahun 2018, BPIH yang terendah berlaku untuk embarkasi Aceh, yakni Rp31,09 juta. Sedangkan yang tertinggi berlaku untuk embarkasi Lombok, yakni Rp38,79 juta. 

BPIH [biaya] jemaah haji reguler yang digunakan untuk biaya penerbangan, sebagian biaya pemondokan di Mekah, dan biaya hidup (selama ibadah haji), ini bukan mirip nilai paket wisata. Sekarang bayar kemudian langsung bisa berangkat. Tergantung kuota.

Mereka yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini sudah menyetor bertahun-tahun yang lalu untuk mendapatkan Nomor Porsi Haji. Tahun ini, mereka yang ingin menunaikan ibadah haji harus membayar setoran awal sebesar Rp25 juta. Sisanya? Ditentukan kemudian oleh Pemerintah Indonesia. Yang pasti lebih tinggi dari nilai BPIH sekarang. Sesuai kurs dollar dan perubahan lainnya. Dengan kata lain, semakin ditunda, BPIH yang harus saya setor semakin tinggi. 

Sekitar 10 tahun lalu, saya mendapat penawaran pembiayaan  berhaji. Kalo ngga salah dari Bank Syariah Mandiri (BSM). Caranya sangat mudah. Sesudah mengisi sejumlah persyaratan, bisa  berangkat waktu itu juga, bayar kemudian.

Ihik tergiur banget. Tapi ... saya ngga berani. Takut nggak mampu bayar karena anggaran biaya pindidikan anak-anak lumayan besar.
Sekarang BSM ternyata nggak membiayai lagi ibadah haji. Mungkin terlalu ribet. Mereka hanya menyediakan fasilitas umroh. Customer servicenya menyarankan  tabungan berjangka jika mau menabung untuk biaya ke tanah suci.

Sementara oke dulu, tapi bukan tabungan berjangka, hanya tabungan biasa, karena saya masih penasaran mencari lembaga keuangan yang bisa membiayai ibadah haji. Dari hasil searching, sementara ini ada 2 yaitu Danamon Syariah dan Pegadaian Syariah.

Danamon Syariah

Berbeda dengan BSM yang memiliki management terpisah dengan Bank Mandiri, Danamon syariah bersatu dengan Danamon konvensional. Seperti yang saya kunjungi,  mereka beroperasi dalam satu gedung heritage yang terletak  di seberang Balai Kota Bandung.

Sayangnya, customer service Bank Danamon Syariah sedang tidak berada di tempat, tugasnya diganti petugas Danamon konvensional. Namun dia menjelaskan secara rinci kok. Walau harus bolak balik masuk untuk bertanya ke leadernya (mungkin). J
Ngga papa sih, yang penting ramah dan informatif ya?

Ternyata ada 2 jenis rekening tabungan jemaah haji, yaitu:
1.       Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH)
Merupakan tabungan dengan prinsip Syariah titipan (Wadiah) dengan minimum setoran awal Rp 25.000.000 yang akan memberikan  kepastian Nomor Porsi Haji karena terkoneksi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kemeterian Agama RI.
Nasabah kemudian menabung untuk memenuhi selisih antara BPIH dan setoran awal.  Asyiknya layanan ini memiliki banyak kelebihan:
·         Gratis biaya administrasi bulanan.
·         Gratis biaya penutupan rekening.
·         Kemudahan melakukan pendaftaran haji di seluruh cabang Danamon berlogo iB,  sesuai wilayah domisili.
·         Gratis biaya tarik tunai ATM melalui jaringan Mastercard Electronic di Arab Saudi.

Selain semua manfaat tersebut,  yang lainnya sama seperti tabungan konvensional lain. Yaitu bisa digunakan tarik tunai di jaringan ATM Danamon dan ATM Bersama. Serta  berfungsi sebagai kartu debit untuk pembelanjaan di merchant berlogo Mastercard Electronic.

2.      Tabungan Rencana Haji iB
Bagaimana jika belum memiliki dana sebesar Rp 25 juta? Tabungan Rencana Haji iB jawabannya. Merupakan tabungan dengan prinsip Syariah bagi hasil (Mudharabah) dalam mata uang Rupiah.

Mirip dengan tabungan berjangka yang ditawarkan oleh Bank Syariah mandiri, serta banyak ditemukan pada bank konvensional, Tabungan Rencana Haji iB mengajak kita untuk berhitung.

Berapa rupiah per bulannya bisa kita sisihkan untuk memenuhi setoran rutin yang berkisar Rp 300.000 – Rp 5.000.000.?  Tentunya semakin besar jumlah setoran rutin, pastinya akan semakin dekat mendapat Nomor Porsi Haji.

Yang menarik dari tabungan ini,  nasabah akan mendapat SMS notifikasi jika saldo tabungan telah cukup untuk melakukan setoran awal Rp 25.000.000. Kelebihan lain dari Tabungan Rencana Haji iB:
·         Gratis biaya administrasi bulanan.
·         Gratis biaya gagal debit.
·         Gratis biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo
·         Gratis asuransi jiwa syariah bersama PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.
·         Mudah. Setoran rutin bulanan didebet otomatis dari rekening sumber ke rekening Tabungan Rencana Haji iB.

Bagaimana jika nasabah meninggal dunia sebelum berangkat ke tanah suci? Pastinya tabungan akan diberikan pada ahli waris. Tapi tidak dalam bentuk Nomor Porsi Haji. Jika si ahli waris akan menggunakan uang tersebut untuk ibadah haji, dia harus mendaftar dan mendapatkan Nomor Porsi Haji yang baru.

Pegadaian Syariah
Pegadaian Syariah sebagai  Lembaga Keuangan Syariah memiliki  produk Arrum Haji bagi mereka yang membutuhkan pembiayaan ke Tanah Suci Mekah.
Penjelasan tentang Arrum Haji menyusul ya?                                                                                                      



Comments

Dari Jateng untuk tahun ini biayanya sekitar 35juta.
Dari Jateng untuk tahun ini biayanya sekitar 35juta.
Nathalia DP said…
Wah, makasih infonya... Dulu orang tua saya kalau ga salah nabungnya di bjb...
duniamasak said…
wah semoga bisa segera dimudahkan, mau kesanaa..aminn
Gita said…
InsyaAllah kalo ada rejekinya pengen banget bisa pergi haji selagi muda (fisik masih kuat dan niat sdh mantap)..aamiin
Salah satu cita cita yg blm bisa adalah mengajak ibu naik haji...
diane said…
3 bekal yang penyiapannya butuh waktu.. semoga bisa kesampaian ke tanah suci
sari widiarti said…
Loh pegadaian juga ada untuk haji, aku masih pakai pegadaian buat tabungan emas 😂
Bayu Haryanto said…
Semoga ketiga bekal itu dapat segera dilengkapi agar bisa ke tanah suci dan membayar orang tua ke sana. Aamiin
Jeanette Agatha said…
Ambu, terima kasih untuk informasinya :)
Efi Fitriyyah said…
Aku juga dari dulu cuma niat doang, nabungnya enggak. Mulai sekarang udah nabung, minimal buat umrah dulu hehehe semoga ga tergoda buat dipake yang lain-lain. Ayo Bu semangat, karena Allah akan memampukan yang niat, bukan ngundang yang mampu aja :)
vika said…
lengkap mbak infonya, thank you. mantul pokoknya
Evi Sri Rezeki said…
Pengin banget bisa naik haji, Teh. Semoga kita semua bisa ya. Amin ya Rabb
Impian banget pergi ke tanah suci buat berhaji. Semoga kita semua sampai ke sana. Amiiin....
Renidwiastuti said…
Alhamdulillah ya, sekarang meski biaya umroh atau haji semakin mahal tapi ada bank yang bisa membantu terwujudnya ibadah di tanah suci
Ikrom Zain said…
impian berhaji juga jadi keinginan besar
semoga bisa tercapai dengan tabungan haji danamon
amin...
Sri Untari said…
sebenernya ga ribet ya untuk mempersiapkan tabungan haji, makin cepat makin baik
Triani Retno A said…
Pengennya siiiih berhaji di usia muda, Ambuuuu....tapi nabungnya lama, tau-tau udah umur segini belum cukup juga tabungannya....#curcol
Riana Dewie said…
Wah, ini solusi bagus mbak. Danamon Syariah bisa membantu umat untuk mempersiapkan ibadah hajinya dengan lebih mudah ya mbak. Rekomended nih 👍👍
Semakin termotivasi untuk berhaji nih...semoga dimudahkan..aamiin...
Nyonya Wijaya said…
Wah,iya nih,aku malah belum ada persiapan apa2. Merasa tersentil banget nih ambu. Makasih ya inspirasinya😊.

Popular posts from this blog

The Third Charm, Akhir Yang Membuat Penonton Marah

Bagaimana jika tokoh utama yang ganteng bukan main menjalin kasih dengan second lead, gadis cantik, imut dan menggemaskan? Ternyata penonton memilih agar keduanya happy ending. Sementara tokoh perempuan di maki-maki karena dianggap meninggalkan kekasihnya.
Mungkin itu yang menjadi penyebab ending drama Korea “The Third Charm” dibiarkan cukup terbuka. Penonton boleh berkhayal semaunya. Apakah cukup sahabatan atau menikah?
Tokoh utama pria, Seo Kang-Joon dan tokohperempuan, Esom yang membuat saya kepincut untuk menonton drakor ini. Seo Kang-Joon, rupanya dianggap sukses dalam setiap perannya sehingga tahun 2018, saya menonton 2 dramanya. Marema ya?
Sedangkan Esom, saya jatuh cinta pada sosoknya di Because This Is My First Life. Berperan sebagai sahabat tokoh utama, Esom keren banget. Hihihi tentu saja yang dimaksud keren adalah postur tubuhnyayang tinggi dan penuh. Seksi, tanpa harus berbaju pendek. Bahkan balutan kostum hitam atau putih yang dikenakan, bikin Essom nampak berkelas. Sebetul…

Dewi Kentring Manik, Dewi Cantik Jelita Pelindung Kota Bandung

Kios Agro Datang, Penjual Senang, Emak-emak Happy

Ibu rumah tangga menjerit ..!! Iburumah tangga yang acap disebutemak-emak ini menjadi kelompok masyarakat yang pertama kali tersakiti ketika harga-harga melonjak naik.
Menjelangbulan puasa tahun 2019, harga bawang putih tiba- tiba membumbung tinggi hingga mencapai Rp 100K per kilo gram, padahal biasanya hanya berkisar Rp 25K per kilogram.
Sebelumnya akibat kacang kedelai melonjak tinggi, harga tempepun meroket. Produsen tempe dan penjual tempe mogok hingga pemerintah turun tangan. namun emak-emaklah yang terkena imbasnya. Setiap hari mereka harus menyediakan lauk pauk. Dan tempe merupakan sumber protein termurah.
Tiga tahun sebelumnya, harga cabai rawit yang melonjak naik, hingga mencapai harga Rp 100K/kg. Padahal harga normal hanya belasan ribu rupiah per kilogram.
Penyedia jajanan khususnya UMKM lebih terpukul.

Saya sebagai salah satu dari kaum emak, yang juga pelaku UMKM, sempat menangis kesal. Tidak hanya disebabkan keuntungan yang tergerus habis, juga pernyataan menteri pertanian yan…

Lipstik Untuk Emak

Tini
Tini berjinjit.  
Dia sedang mengintai.

Disana, dibalik pintu kaca, seorang perempuan cantik sedang tersenyum pada cermin.   Sang perempuan cantik mengambil  spon bedak, ditepuk-tepuknya  pipi, hidung dan kening. Kemudian dia meringis.  Memperhatikan deretan gigi putihnya dengan seksama. 
Nampak cukup puas.  Tidak ada potongan cabai diantara geligi.  Dari tas mungilnya, dia mengeluarkan lipstik, menyapu bibir penuhnya dengan warna merah.  Tersenyum kembali pada cermin.  Wajahnya berubah.  Semakin cantik.
Di mata Tini, kecantikan sang perempuan bak bidadari.
“Sssttt Tin, Tiniii ...” Teriakan seorang teman menyadarkannya.
Dia harus bergegas.  Rinai hujan adalah rupiah.
Semakin lama hujan turun  semakin banyak rupiah terkumpul.
Tini berlari, menuruni undakan mall, menuju kerumunan orang yang sedang berteduh. 
Lobby mall selalu menjadi tempat favorit kala hujan turun. “Ojek payung, bu?” tanya Tini pada sesosok perempuan berkaca mata.  Blazer ungunya terkena tempias.  Basah.  Dia menerima payung y…

7 Amalan Bagi Bumi; Yuk Kita Mulai di Bulan Ramadan

“We don’t  Inherit The Earth from our Ancestor, We Borrow it from our Children”Akrab dengan adagium di atas? Iya banget ya? Bumi ini kan nggak hanya dihuni kita sekarang, anak cucu kita nanti juga akan menginjaknya. Jadi sudah seharusnya kita pelihara.
Dan hanya Islam lho yang punya ayat-ayat suci agar umatNya memelihara bumi. Salah satunya: ظَهَرَالْفَسَادُفِيالْبَرِّوَالْبَحْرِبِمَاكَسَبَتْأَيْدِيالنَّاسِلِيُذِيقَهُمْبَعْضَالَّذِيعَمِلُوالَعَلَّهُمْيَرْجِعُونَ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm/30:41]
Sebagai muslim, bangga banget  ya punya kitab suci yang lengkap dan  sempurna. Nggak hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Juga manusia dengan alam.  
Karena jika manusia memelihara  alam, maka alam akan membalas kebaikan manusia dengan berlipat ganda. Kebutuhan oksigen yang …

3 Pilihan Investasi Sesuai Syariah Islam. Bisa Banget Dimulai Dari Uang THR

THR?
Yeay benar-benar kata yang menghinoptis. Kata yang mengumbar kebahagiaan. Baru denger kata THR udah bikin tersenyum. Apalagi jika sang THR sudah dalam genggaman. Karena itu berarti bisa beli baju, beli kue, beli hape baru, jalan-jalan, ngasih ke ortu, ngasih ke fakir miskin.
Sebentar, banyak banget yang mau dibeli? Mana buat investasi? Mumpung ada “uang kaget”, mengapa tidak berinvestasi?
Udah ada tabungan. Ngapain lagi harus berinvestasi?
Nah ini dia yang sering dilupakan masyarakat milenial. Terbuai rayuan angin surga,terlebih belanja online mempermudah segalanya, bisa –bisa dalam sekejap uang THR habis tak tersisa. Bahkan mungkin nombok.
Padahal hidup manusia di dunia rata-rata selama 60 tahun. Jika sejak dini nggak pernah berinvestasi, yakinkah bahwa kamu bisa mencari nafkah di usia tua? Jangan-jangan usia 50 tahun sakit-sakitan, bolak balik ke rumah sakit, tabungan habis, rumah terpaksa dijual. Ngenes banget.
Dan tabungan beda banget dengan investasi ya? Tabungan lebih mirip uang…

7 Bekal Wajib Agar Mudik Lancar dan Menyenangkan

Libur tlah tiba
Libur tlah tiba ... hore ... hore ...
Hihihilagu Tasya ini rasanya berkumandang di setiap liburan ya? Dan liburan berarti mudik. Lipat dua deh bahagianya.
Biasanya kami sekeluarga mudik ke Jawa Tengah. Naik kendaraan pribadi, mengular bersama kendaraan lain yang terjebak macet. Namun tetap happy. Macet adalah bunganya mudik. Bahkan kursi mobil sengaja dicopot, agar bisa tidur ketika macet.
Hingga .....
Berita itu tiba. Belasan orang meninggal gara-gara terjebak macet di Brebes Exit.Infrastruktur yang belum tuntas namun dipaksakan ,  dituduh sebagai penyebab. Namun, sejauh mana pemudik menyiapkan diri agar siap menghadapi situasi terburuk? 
Sudahkah pemudik menyiapkan bekal yang cukup dan sesuai?
Sebagai emak dengan 4 anak, menyiapkan bekal mudik menjadi story tersendiri. Nggak mudah. Jangan sampai  merasa bersalah jika ada yang tertinggal atau nggak dicatat untuk dibawa masuk koper/tas.
Selain baju, sepatu, pakaiandan pakaian dalam milik masing-masing anggota keluarga, paling…