Rengginang, Kudapan Ngetop yang Miskin Referensi

resepharian.com


Siapa yang tau nama kudapan di atas? Hihihi …..  dilemparsandal  ….ngasih pertanyaan kok mudah.  Memang sih banyak yang tau kalo nama cemilan di atas adalah rengginang.
Tapi selebihnya? Ternyata ngga banyak artikel yang berkaitan dengan kudapan yang amat sangat populer ini.  Padahal ada anekdot kaleng Khong Guan yang mungkin sudah basi. Pernah dengar seseorang ngomel ketika mau ngambil suguhan dari kaleng Khong Guan ternyata isinya rengginang, bukan cookies?
Karena miskin referensi, saya jadi penasaran mengenai kudapan ngetop nan lezat ini. Mas Wiki yang guantenge poll bilang begini:
“Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang”.
Kurang lebih maksudnya mas Wiki, rengginang adalah kerupuk berbentuk bulat dengan bahan baku yang masih terlihat nyata karena tidak dihaluskan lazimnya keripuk.
Hasil blusukan lainnya dari rimba belantaranya mbah Gugel, kurang lebih sebagai berikut:
1. Bukan nasi yang digoreng
dok. Maria G Soemitro

Suatu hari, anak saya yang sedang makan rengginang ditelpon budenya. Rupanya sang bude bertanya: “Sedang makan apa?” Dan si sulung yang kala itu masih berusia 5 tahunan menjawab polos:  “Lagi makan nasi yang digoreng”. Walahhhh ……  :D  :D
Ngga salah juga sih, dia mau menekankan bukan sedang makan nasi goreng tapi nasi yang digoreng. Mungkin karena bentuknya seperti nasi ya?
Nah senada dan seirama dengan mas Wiki yang mengatakan intip goreng (nasi) sebagai rengginang. Perdebatannya bukan bahan baku karena bahan baku bisa apa saja. Namun cara pembuatan intip goreng beda banget dengan rengginang berbahan nasi atau singkong.
Cara membuat rengginang mudah banget, beras ketan yang sudah dicuci/dibersihkan dikukus hingga setengah matang. Angkat untuk dibumbui sesuai selera, bisa gurih, plain (asin saja) atau manis. Kemudian kukus lagi hingga matang. Setelah beras ketan dingin, bentuk sesuai selera dan jemur hingga kering kurang lebih 2 hari.
Jangan terkena hujan ya. Sebelum disajikan, harus digoreng dalam minyak panas agar merekah sempurna dan hmmmm….crispy with ngeprossss ^_^

2. Kuliner asli

kaskus.com

Jiahhhh…..siapapun tahu bahwa rengginang merupakan kuliner asli Indonesia. Tapi asli darimana? Jika mengutak-utik mas Wiki, kembali jawaban standar yang didapat yaitu makanan asli masyarakat pulau Jawa, selebihnya tidak ada yang spesifik. Mungkin hanya soal penamaan, etnis Jawa menyebutnya rengginang, sebutan yang akhirnya milik balarea. Sementara etnis Sunda menyebutnya ranginang. 
Jika merunut kebiasaan masyarakat pedesaan yang masih berpegang teguh pada tradisi, maka akan terlihat bahan baku kudapan yang hampir sama yaitu ubi kayu (singkong) dan beras ketan. Penyebabnya tentu saja berdasarkan hasil bumi petani yang dominan.
Nastar dan cookies lainnya? Huuuu……,itu mah bawaan Amrik yang membujuk Indonesia supaya mau beli hasil gandumnya yang surplus. Cara pertamanya ngasih gratis dengan tagline #hibah tentunya. Kesininya sih kita harus beli dong. Emangnya aku mbahmu, kata si Amrik  :D :D
Oke, kembali ke beras ketan, salah satu bahan baku sajian ‘kariaan’/pesta, selain dibuat rengginang, beras ketan dibuat peuyem/tape ketan yaitu beras ketan yang diproses dengan fermentasi, ulen/jadah (beras ketan dikukus kemudian ditumbuk), atau disajikan hangat dengan parutan kelapa. Yummm….sedapppp. ^_^
Oh iya ada satu lagi yaitu madu mongso, peuyeum ketan dibumbui  dan diolah lagi hingga manis dan berbentuk mirip dodol,  kemudian dibungkus warna-warni. 

3. Renggining, cuma namanya yang mirip

tokomesin.com

Ketika gugling mengenai cara membuat rengginang, didapatlah satu resep rengginang berbahan baku singkong. What? Maksudnya renggining apa? Ternyata sesudah saya baca, yang dimaksud si pembuat resep adalah kecimpring atau enyek. Kerupuk singkong khas banget dengan bekas guratan garpu.
Mungkin hal ini pulalah yang menyebabkan intip goreng disebut rengginang. Selain itu ada renggining yaitu kerupuk berbentuk mirip rengginang namun terbuat dari beras nasi. Masyarakat adat Cireundeu yang membuat kerupuk terbuat dari rasi (beras nasi) juga menamakan renggining bukan rengginang.

4. Bukan makanan murahan

renggining (dok.oleholehjawatimur.com)

Walaupun termasuk makanan rakyat rengginang bukan makanan murahan. Mungkin karena bahan bakunya beras ketan yang harga per kilogramnya 2 kali lebih mahal dibanding beras biasa. Terlebih ketika sudah mendapat sentuhan kreasi.
Brand Rengginangaja yang digawangi 3 anak muda dari Malang membuat rengginang kekiniannya dan menjual dengan harga Rp- 12.000 per 120 gram, yang artinya kurang lebih Rp 100.000/ kilogram. Cukup lumayan menurut saya mah. J
Bandingkan dengan krupuk-krupukan berbahan tepung terigu yang dipatok harga belasan ribu rupiah saja per kilogramnya. Penyebabnya harga tepung terigu aka tepung gandum yang impor ternyata jauh lebih murah dibanding singkong. #tepokjidat deh.

5. Kreasi

tokopedia.com

Sebagai makanan jadul hasil warisan nenek moyang, rupanya rengginang mulai mendapat sentuhan. Tiga anak muda yang punya brand rangginangaja misalnya, membentuk rengginang mirip mangkok dengan banyak varian rasa, yaitu spicy, barbeque, rumput laut, cheese, balado dan pizza.
Bentuk mangkoknya sendiri merupakan sentuhan rengginang lorjuk asli Madura, Jawa Timur. Lorjuk merupakan  kerang bambu yang rasanya gurih yang biasa digunakan untuk campuran rengginang. Rupanya pembeda rasa sangat bergantung ketersediaan bahan pangan masyarakat setempat.  lorjuk untuk etnis Madura, sedangkan Urang Sunda menggunakan terasi untuk campuran rengginangnya.
 
rengginang rasa green tea (dok. BIAJI)
Mungkin ada yang nanya, kok rengginang aja diurusin?
Guys,  kalo kita abai dengan  kuliner warisan nenek moyang, jangan kaget kalo nanti dipatenkan bangsa lain lho. Kan ngga lucu ntar mau jualan rengginang harus bayar royalti?
Hehehe….begitulah ternyata cukup menarik membedah ‘rengginang’ ya? Bagaimana kalo kita kupas tuntas juga tentang gendar, borondong dan opak?

Aiihhhhh, jadi ngga sabar …
*buka jadwal kerja*
*sok sibuk* :D  :D

14 comments

  1. aku salah satu penyuka rengginang, tapi kok aku belum pernah nyoba rengginang green tea ya. itu nemu di mana ya mba? hehe

    ReplyDelete
  2. Ouwww, ternyata banyak rengginang kekinian yaaa, aku baru tahu lho, Ambu.
    Selama ini, aku suka rengginang gurih (warna putih) dan yg versi lorjuk dari sumenep. Biasanya nitip beli via mba Dian bloger Sumenep

    ReplyDelete
  3. Rangginang : Rangkaian gigi nangkring, hihi kidding
    Kl ga salah makanan dari sunda kan yaaa, tp emang udah menasional sih.. emak ku dulu sering beli, tp mentahnya, jd kita yg goreng gehehe

    ReplyDelete
  4. Rengginang.. really love it ❤️ ah sudah lama ga makan rengginang, tiba-tiba pas baca artikel ini jadi pengen banget makan rengginang, ah mau tak cari ntar buat cemilan ☺️ ngomong-ngomong sekarang rengginang udah berinovasi ya mbak? Tapi selama ini masih makan yang versi originalnya aja..

    ReplyDelete
  5. Rengginang cemilan favorit di rumah, kalo ada yg lagi mudik suka di bawain rengginang mentah. Renggining juga udah pernah makan, bahan dan rasa nya sama dengan rengginang cuma bentuknya ajh yg berbeda. Tapi sejauh ini makan rengginang yang gurih plus rasa bawang putih ajh ambu, blm pernah makan yg rasa manis.

    ReplyDelete
  6. Bener mbak.. Kalau bukan kita yang peduli, lantas siapa lagi? Jangan sampai kita marah ketika kuliner seperti rengginang diklaim negara lain seperti yang sudah-sudah. Selama ini kita ke mana aja? Hihi

    Siapa pun sukaa banget sama rengginang. Apalagi kalau dikreasikan jadi jajanan kekinian seperti itu.

    ReplyDelete
  7. Rengginang - rengining (dari beras) - gendar, borondong dan opak - aneka keripik dan kerupuk khas Indo banget.

    boleh juga tuh kita bahas mbake, aku mau bahas ah satu satu

    ReplyDelete
  8. wah makanan favoritku ini.. ayah suka bawa klo pulang dari kampungnya di jkt. kriuk-kriuk. ternyata ad bnyk jenis y rengginang ini.

    ReplyDelete
  9. Klo aku paling senang rengginang yg ada lorjuknya, spt ikan teri kecil kecil itu..
    Oleh oleh khas madura

    ReplyDelete
  10. Wah, rengginang naik kelas.... @_@
    Ini makanan kesukaanku, lho. Apalagi yang diguyur ro*co sedikit. Eh.
    Wkwkwk.
    Ini cara khas orang Demak saat masak rengginang. Mereka memang suka yang gurih.

    Rengginang yang dibuat kekinian ini, membuat saya jadi punya ide usaha, nih.
    Kebetulan mau lebaran.

    ReplyDelete
  11. Makanan favprit aku rengginang ketan rasa terasi. Ughhh...aku sih bisa anteng dikasih beginian 😄😄😄. Tapi baca artokelnya kak maria aku jadi melek inovasi. Baru tau loh ada varian rengginang dipaduu coklat, greentea and the gank begitu. Oalahhh... wajib nyoba akutuh 😋

    ReplyDelete
  12. Aaduh Ambu, ranginangnya meni pikabitaeun ih. Udah lama deh aku gak makan ranginang. Eh ya, kalo di Pagaden, ada raginang ketan hitam yang manis. Dibentuk roll gitu. Enaaaak banget.

    ReplyDelete
  13. Aku nih fans berat rengginang. Paling suka sama rengginang dari Madura. Meski nggak pakai lorjuk rasanya tetap gurih sedap. Dulu masih ada Mbah Putri selalu bikin sendiri. Sellau jadi rebutan. Sekarang kalau kangen rengginang terpaksa beli. Dan emang sih harganya mahal.

    ReplyDelete
  14. Aduh ambu, aku sama adekku tuh paling suka makan rengginang pake kecap manis, duh nikmat euy apalagi yang ada aroma terasinya

    ReplyDelete