My Husband Oh Jak Doo, Dari Gayageum Turun ke Hati

sumber : wowkerem.com


Duh ini ngasih judul kok lebay banget ya?  Penyebabnya drama komedi (drakor) atau romantic comedy (romcom) nya Korea kan gitu. Plot cerita hampir sama semua, yaitu tentang kisah kasih sepasang manusia. Bedanya cuma latar belakang. Bisa kedokteran, dunia gaib, dunia kuliner, dunia kantor seperti jurnalis, televisi dan masih banyak lagi. Nah drakor My Husband Oh Jak Do, bercerita tentang pembuatan gayageum, alat musik Korea yang terkenal.

Sebetulnya alasan  nonton “My Huysband, Oh Jak Doo” karena sedang jatuh cinta setengah mati pada Uee. Artis yang wajahnya unik. Seperti Shin Se Kyung yang juga berwajah unik. Padahal awal “kenalan” Uee di “Marriage Contract” ngga banget kataku sih, seperti Shin Se Kyung di “When A Man Loves”. Anehnya makin lama makin suka keduanya, gregetan pingin lihat aksinya dik drakor yang lain.

Selain wajahnya unik, bodynya Uee keren banget. Proporsional dengan tinggi 170 cm. Kelihatan keren banget di “High Society” sedangkan di drakor “My Husband Oh Jak Doo” , model bajunya ngga neko-neko., sesuai sosok produser yang dilakoninya.

Uee sebagai Seung Joo (sumber : kdramazone.com)

Dalam “My Husband Oh Jak Doo, Uee berperan sebagai produser bernama Han Seung-Joo yang mandiri. Punya rumah dengan kamar-kamar yang dikontrakkan. Suatu hari Seung Joo menemukan salah seorang penyewa mati terbunuh. Kuat dugaan, Seung Joo lah yang dituju.

Dalam kepanikannya Seung Joo menawarkan posisi suami pada Oh Jak Doo yang mendatangi Seung Joo agar kawasan gunung yang dimiliki Seung Joo tidak dijual. Jadi tawaran saling menguntungkan. Seung Joo punya suami  gadungan yang akan  melindunginya dari pembunuh. Oh Jak Do bisa tetap tinggal di gunung, tempat dia membuat Gayageum, keahlian yang diwariskan dari kakeknya.

Disini cerita berkembang. Diawali kisah Oh Jak Do yang  tinggal di gunung bersama 3 (tiga) nenek lincah (neli) yang cerewetnya minta ampun. Mereka saling membantu. Bersama 3 neli, Oh Jak Do kerap membawa hasil hutan ke pasar untuk dijual. Dalam salah satu perjalanan keempatnya bertemu dengan Seung Joo yang ke gunung untuk untuk mencari pembuat Gayageum yang tersohor, namun sudah lama ngga mau turun gunung. Seung Joo ngga tahu bahwa Oh Jak Do lah sosok yang dia cari.

Oh Jak Doo setelah dicukur klimis (sumber: dramabanget.com)

Tiga neli jugalah yang membuat  Oh jak Doo sulit dikenali. Nama aslinya hilang diganti Oh Jak Do yang artinya pemotong jerami yang handal.   Oh Jak Doo diperankan oleh Kim Kang Woo, penonton akan kehilangan wajah tampannya di episode-episode awal. Sebagai laki-laki yang hidup di gunung, Oh Jak Doo berpenampilan kampungan, berewokan dan beraksen aneh. Setelah tinggal di Seoul dan beradaptasi, barulah Oh Jak Doo berpenampilan menawan. Kumis dan janggutnya dicukur klimis. Bahkan setelah mau membuka diri, Oh Jak Doo memakai setelan jas yang bikin perempuan termehek-mehek.
Jung Sang Hoon (sumber : petelagi.com)

Muncul dua  second lead yang meramaikan drakor ini. Eric Jo, dipoerankan Jung Sang Hoon, sosok kaya raya yang  terobsesi membuat gayageum dan film dokumenter tentang Gayageum. Dalam suatu kesempatan Eric bertemu dengan Seung Joo yang tomboy dan memarkirkan mobilnya. Sesudah itu, dia cinta mati pada Seung Joo, ngga peduli hati Seung Joo untuk Oh Jak Do seorang.

Han Sun Hwa (sumber: dramabeans.com)

Second lead perempuan dimainkan oleh Han Sun Hwa sebagai jang Eun Jo, cinta pertama Oh Jak Do. Ingin meninggalkan gunung dan mengejar cinta pertamanyalah yang membuat Oh Jak Do menyesal berkepanjangan. Karena tanpa sengaja  kakeknya meninggal tertabrak ketika sang kakek mengejar Oh Jak Do.

Karena berlatar belakang gayageum, penonton akan bertambah wawasan mengenai pembuatannya.  Tentang kayu yang sebaiknya dipilih, bagaimana menyerut kayu yang bakal digunakan hingga memeriksa nada yang keluar dari kayu maupun gayageum. Menarik bukan? Lumayan ngga lebay menurut saya sih, mengingat di beberapa drakor saya nonton sambil ngerjain yang lain karena boring banget.




 Profile

Drama: My Husband Oh Jak-Doo (literal title)
Revised romanization: Derilnampyun Ohjakdoo
Hangul: 데릴남편 오작두
Director: Baek Ho-Min
Writer: Yoo Yoon-Kyung
Network: MBC
Episodes: 24
Release Date: March 3 - May 19, 2018
Runtime: Saturdays 20:50 (70 minutes each / 2 episodes per day)
Language: Korean
Country: South Korea


Comments