Wonderful World, Balas Dendam Ternyata tak Seindah Angan

    
maria-g-soemitro.com

Wonderful World, Balas Dendam Ternyata tak Seindah Angan

Pernah dengar kalimat: “Mata dibayar mata, nyawa dibayar nyawa”? Biasanya muncul akibat kemarahan yang menyebabkan dendam. Seperti pembunuhan pada orang yang kita sayangi maka kita berharap pembunuhnya bisa dihukum mati pula.

Gak semua sih. Pada beberapa kasus, salah satunya kasus pembunuhan terhadap Ade Sara Angelina oleh mantan pacarnya Hafitd. Bersama sang pacar barunya, Hafitd menyiksa dan membunuh Ade Sara,

Alih-alih dendam, orangtua Ade Sara malah mengampuni kedua pelaku yang telah merenggut nyawa anak semata wayang mereka. Bahkan sang ibu beberapa kali menjenguk Hafitd di Lapas Klas I Salemba, Jakarta.

Banyak studi menjelaskan bahwa balas dendam, baik sekadar diucapkan atau dilakukan sendiri, sebetulnya merupakan perwujudan yang bersangkutan “belum selesai dengan dirinya”.

Dia melakukan balas dendam untuk mengimbangi diri mereka sendiri. Daripada menderita, dia melakukan balas dendam agar perasaannya menjadi baik kembali.

Dalam drama Korea “Wonderful World” dikisahkan Kwon Seon-Yul (diperankan oleh Cha Eun-Woo) melakukan balas dendam atas kematian ayahnya. Dia melakukan berbagai cara agar pembunuh ayahnya merasakan kesakitan dan tak pernah hidup bahagia lagi.

Balas dendam yang kemudian hari disesalinya. 

Baca juga

Misty, Terbongkarnya Rahasia Sang Suami

Oh My Baby, Pilih Anak Atau Suami?

  

maria-g-soemitro.com

Kim Nam-Joo sebagai Eun Soo-Hyun

Hidup Eun Soo-Hyun nampak sempurna. Suaminya Kang Soo-Ho, tidak hanya tampan dan popular,  juga merupakan news anchor televisi ternama. Eun Soo-Hyun  punya anak semata wayang, yang diperoleh setelah beberapa kali keguguran, sangat cerdas dan menggemaskan. 

Ibu kandung Eun Soo-Hyun, seorang pemilik rumah makan, sangat mencintai Eun Soo-Hyun, bahkan mungkin siap mati demi sang anak tercinta. Seolah belum cukup, Eun Soo-Hyun punya adik angkat yang sangat menyayanginya.

Karir Eun Soo-Hyun pun cemerlang. Dia seorang professor di perguruan tinggi ternama yang sangat disegani. Buku-buku yang ditulis Eun Soo-Hyun selalu menjadi best seller.

Namun Tuhan ingin mengujinya, dalam suatu hari kehidupan indahnya runtuh. Dia jatuh ke titik nadir. Dia harus berjalan dalam kegelapan agar bisa tetap hidup.

maria-g-soemitro.com

Kim Kang-Woo sebagai Kang Soo-Ho

Sebagai news anchor ABS, suatu televisi ternama, Kang Soo-Ho mendapat banyak julukan: wajah ABS, suami rakyat dan wartawan adil dan banyak sanjungan lainnya yang menandakan kepopulerannya.

Lahir dari keluarga terpandang, Kang Soo-Ho memilih Eun Soo-Hyun sebagai istrinya, perempuan cantik dan cerdas yang berasal dari keluarga sederhana, namun sangat dicintainya.

Kang Soo-Ho sangat idealis. Akibatnya karirnya sebagai jurnalis terancam. Pada suatu titik  Kang Soo-Ho berhadapan dengan penguasa, sehingga dia harus memilih: Kompromi atau mengundurkan diri.

 

maria-g-soemitro.com

Cha Eun-Woo sebagai Kwon Seon-Yul

Mengidap penyakit jantung, Kwon Seon-Yul pernah diambang kematian. Tak terduga keberuntungan memihaknya, mendadak dia mendapat transplantasi jantung yang dibutuhkan untuk mengembalikan kehidupannya.

Kwon Seon-Yul tak tahu, keberuntungan itu berasal dari pengorbanan ayahnya mengakui pembunuhan yang dilakukan Kim Joon, seorang anggota konggres yang sedang berambisi menjadi presiden.

Tidak hanya ayahnya yang menjadi tumbal, ibu Kwon Seon-Yul yang mengetahui fakta sesungguhnya, ditabrak mobil hingga koma.

Akibat ketidak tahuan, Kang Soo-Ho meninggalkan bangku kuliah dan menyusun rencana balas dendam terhadap Eun Soo-Hyun, perempuan yang dianggapnya telah menyebabkan ayahnya tewas dan ibunya koma.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Wonderful World

Aku belum bisa memaafkan suamimu

Yang merenggut Enwoo dariku

Sejak dia membunuh putraku hari itu

Hidupku terombang-ambing 

Seolah aku sudah mati

Demikian ratap Eun Soo-Hyun di depan tubuh perempuan yang sedang koma. Perempuan itu istri dari Kwon Ji-Woong, orang yang mengaku sebagai pembunuh anak Eun Soo-Hyun.

Pembunuh sesungguhnya adalah Kim Joon. Dalam keadaan mabuk, anggota konggres ini tak sengaja menabrak anak Eun Soo-Hyun. Tak mau peluangnya menuju kursi presiden jadi lenyap, dia menumbalkan Kwon Ji-Woong sebagai pelaku. Imbalannya sejumlah uang untuk membantu transplantasi jantung anak laki-laki Kwon Ji-Woong.

Kim Joon juga menyuap jaksa dan hakim sehingga Kwon Ji-Woong dihukum ringan. Hanya 2 tahun 6 bulan, itu pun ditangguhkan selama 4 tahun.

Marah atas ketidak adilan yang menimpanya, Eun Soo-Hyun ngotot meminta Kwon Ji-Woong mohon ampun pada almarhum anaknya. Kwon Ji-Woong ngeyel. Dibutakan kesedihan dan kemarahan Eun Soo-Hyun menabrak pria tersebut. Kwon Ji-Woong pun tewas.

Akibatnya Eun Soo-Hyun harus mendekam dibalik jeruji besi selama 7 tahun. Tidak hanya itu, karirnya sebagai professor dan penulis hancur. Pernikahannya dengan Kang Soo-Ho, seorang news anchor ternama, berantakan.

Selepas dari penjara, kemalangan lainnya menunggu Eun Soo-Hyun. Kwon Seon-Yul, anak dari Kwon Ji-Woong, pria yang ditabrak Eun Soo-Hyun hingga tewas, bersiap balas dendam.

Kwon Seon-Yul mengirim foto pada Eun Soo-Hyun dan ibunya. Foto tersebut berisi perselingkuhan suami Eun Soo-Hyun dengan adik angkat yang sangat disayanginya.

Dalam keadaan luluh lantak, Eun Soo-Hyun fokus mencari pembunuh anaknya. Karena dari beberapa petunjuk yang didapatnya, Eun Soo-Hyun menduga pembunuh anaknya adalah orang yang berkuasa.

   

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Wonderful World

Mulut adalah pintu kemarahan

Lidah adalah pedang yang bisa membunuh

Banyak penonton dan reviewers memuji akting Cha Eun-Woo dalam drama Korea “Wonderful World”, dan saya setuju. 

Cha Eun-Woo berani keluar dari peran cowok baik hati nan imut. Belum sepenuhnya jadi sosok villain yang menyebalkan sih. Cha Eun-Woo berperan sebagai sosok abu-abu yang melakukan balas dendam, kemudian menyesalinya.

Selain faktor Cha Eun-Woo, saya menonton drama Korea Wonderful World karena kangen berat pada akting Kim Nam-Joo. Aktris yang saya ikuti sejak memerankan Kyeong-rin Song dalam drama Korea “Model” (1997), dan nampaknya selektif karena sangat jarang mengambil peran dalam drama/film, namun punya seabrek penghargaan. Salah satunya sebagai Go Hye-Ran dalam drama Korea Misty (2018), berhasil menggondol 2018 (54th) BaekSang Arts Awards

Tandem antara aktris berusia 53 tahun ini dengan Cha Eun-Woo (27 tahun) serta Kim Kang-Woo sebagai Kang Soo-Ho, ditambah kisah yang lumayan bagus, berhasil menangguk rating hingga 2 digit atau 11.4% pada episode 9 dan episode 13, walau harus menurun menjadi 9.2% saja pada episode akhir.

Apa sebab? 

Mungkin banyaknya faktor kebetulan yang “too good to be true" dalam drama ini.

Seperti ketika Kwon Seon-Yul (Cha Eun-Woo) berhasil memotret perselingkuhan Kang Soo-Ho dan adik angkat istrinya. Padahal selingkuhnya cuma sekali lho. Kok ya kebetulan bisa dipotret. Kebetulannya lagi jendelanya terbuka. Serta kebetulan pasangan tersebut berselingkuh (berhubungan intim) sambil berdiri, sehingga hasil bidikannya terlihat jelas.

Kisah berbeda jika perselingkuhannya normal, seperti di kamar tertutup dan sambil berbaring.  Tapi kan konfliknya jadi gak seru ya? 😀😀

Namun selebihnya oke banget. Penonton seperti diberi satu puzzle yang ketika dirangkai akan menjadi beberapa kisah komplit. Setiap kisah terhubung dengan benang merah bernama “kasih sayang”. Kasih sayang antar saudara angkat. Kasih sayang antar suami istri, dan tentu saja antar ibu dan anaknya.

Kasih sayang yang mampu meruntuhkan kezaliman. 

Jadi, jika pingin menonton keindahan cinta (dan menguras air mata), drama Korea Wonderful World recommended banget untuk ditonton. Suer. 😊😊

Baca juga:

Beautiful World, Pelakunya Bukan Sang Anak

My Name (Drama Korea) Manisnya Balas Dendam


Profile


    Drama: Wonderful World

    Revised romanization: Wonderful World

    Hangul: 원더풀월드

    Director: Lee Seung-Young

    Writer: Kim Ji-Eun

    Network: MBC

    Episodes: 14

    Release Date: March 1 - April 13, 2024

    Runtime: Friday & Saturday 21:50

    Genre: Mystery

    Language: Korean

    Country: South Korea


11 comments

  1. Nggak banyak drama yang bisa tembus rating 2 digit ya Ambu. Dan aku baru tahu kalau Wonderful World ini juga berhasil menarik minat para penonton sebesar itu. Ikut seneng sebab dari segi premis cerita juga emang bagus. Walaupun jujur pemainnya aku banyak yang belom ngeh karena belom liat akting mereka sebelumnya di drama lain.

    ReplyDelete
  2. Wuah mengandung bawang rupanya huhu.
    Daku keknya belum sanggup nontonnya, soalnya lagi mencari drama yang kocak dan ada actionnya biar gak terlalu emosional

    ReplyDelete
  3. Sepertinya saya akan mengeluarkan air mata kalau nonton drama wonderful world ini
    Tapi kalau bicara soal dendam, isi hati manusia siapa tahu ya
    Mungkin bisa memaafkan, tapi tidak mudah untuk melupakan
    Sebagai manusia saya kira itu biasa...

    Beneran diperlukan hati yg seluas samudra untuk bisa mengikhlaskan atas kesedihan dan kekecewaan yg sudah kita terima itu

    ReplyDelete
  4. Baca sinopsisnya jadi tertarik buat nonton. Apalagi pas nyari pembunuh anaknya, kayak ikut menerka-nerka juga.

    ReplyDelete
  5. Hm..jadi siapa ya yang sebenarnya yang membunuh anak Eun Soo-Hyun...menarik ini kisahnya, penonton dibikin penasaran, ending-nya sad atau happy ya, jadi pengin nonton juga.Apalagi lihat rating-nya, dua digit euy!!

    ReplyDelete
  6. Ya ampun wonderful world ini konfliknya rumit juga ya ambu, dan penyebabnya gara-gara bapaknya dari Cha Eun Woo di film ini ditumbalkan oleh anggota kongres sebagai pelaku yang nabrak anaknya Kim Nam Joo. Tapi menarik sih tentang balas dendam ini

    ReplyDelete
  7. Aku setuju sama pernyataan, orang yang balas dendam itu belum selesai dengan dirinya. Hmmm, tapi sebenernya memaafkan seseorang yang menyebabkan luka sangat dalam itu memang gak mudah, karena ada perang batin di sana. Penasaran sama filmnya nih

    ReplyDelete
  8. Syaap~
    Aku mandek nontonnya, tapi karena uda dapet bocoran pelaku dan siapa villainnya, key.. mantep lanjuutt..
    Yang keren dari mas Uwu selain out of the box untuk aktingnya juga untuk penampilannya. Jadi bener-bener konsep yang sempurna untuk karakter yang dimainkannya di drama ini. Juara!

    ReplyDelete
  9. Dari sekian banyak aktor drakor, Cha Eun Woo ini jadi salah satu aktor favorit saya, hihi. Jujur saya jadi penasaran juga sama aktingnya di film ini secara biasanya dia selalu meranin cowo imut baik hati nan gemesin. Catet ah judulnya buat to be watch nanti

    ReplyDelete
  10. Woh, apakah ini debutan Cha Eun-woo memerankan karakter seperti ini? Kalau iya, aku pun salut.

    ReplyDelete
  11. Lho keenter wkwk. Soalnya pembawaan dia di Astro sama peran-peran sebelumnya memang cowok kalem dan baik-baik.

    ReplyDelete