Cantik, Sehat dan Hidup Berkualitas Bersama Lineation

doc. pinterest.com



Setiap perempuan pastilah mendamba kecantikan. Tapi kecantikan yang bagaimana? Kulit putih, langsing, rambut terurai namun sakit-sakitan? Atau wajah dan tubuh standar tapi sehat?

Ternyata jawabannya ngga sesederhana itu. Bukan sekedar hitam dan putih karena banyak varian menuju  hidup berkualitas. Saya mengambil kesimpulan bahwa yang masuk kategori cantik adalah mereka yang memiliki hidup berkualitas. Khususnya  sesudah mengikuti seminar sehari bersama Lineation, suatu pusat kecantikan yang menitikberatkan pada gaya hidup sehat dan seimbang.

Bertempat di jalan Lemah Neundeut nomor 10, peserta seminar berkesempatan mendapat materi dari para pakarnya, yaitu:

Pentingnya vitamin D

doc. news.medical.com


Sebagaimana diketahui fungsi Vitamin D adalah membantu penyerapan kalsium dalam tulang dan otot. Selain itu berfungsi immuno modulator, untuk menjaga kekebalan tubuh, meremajakan kulit serta mencegah osteoporosis pada manula.

Nah kebayang kan kalo si cantik bertubuh langsing kulit putih bak Song Hye Kyo, namun sering meringis akibat kekurangan vitamin D atau lebih parahnya kehilangan imunitas?

Bagan berikut ini bisa menjelaskan jika kita kekurangan vitamin D:

doc. maria-g-soemitro.com



Secara terperinci manfaat Vitamin D yang sering diabaikan adalah sebagai berikut:
  • Dapat mengaktivasi lebih dari 1.000 gen di tubuh kita.
  • Terlibat dalam proliferasi, diferensiasi sel di tubuh kita. 
  • Berperan dalam penggantian 30 – 40.000 sel kulit kita setiap menitnya. 
  • Berperan dalam imunitas yang optimal. 
  • Menjaga kulit kita lebih sehat.
Dalam penjelasannya, dokter Avi mengatakan waktu efektif berjemur untuk kulit sawo matang adalah sejak pukul 11.00 hingga pukul 15.00. Tentunya jangan terlalu lama. Sementara itu kita pemahaman berjemur yang kita ketahui adalah sejak pukul 07.00 – pukul 10.00 pagi.   Mungkin alasannya karena takut kulit hitam ya?  Padahal seperti kata dokter Avi,  saat tersebut matahari belum bersinar penuh.
Solusi kekurangan vitamin D ditawarkan lineation setelah kita melalui rangkaian pemeriksaan. Jika hasilnya positif kurang vitamin D,  maka pasien akan mendapat suntikan vitamin D.

Vitamin D sendiri seperti kata dokter David Budi Wartono dihimpun oleh tubuh hingga usia 20 tahun dalam bentuk cadangan. Sesudah itu tubuh menggunakannya hingga usia tua. Suntikan Vitamin D diberikan untuk menutupi kekurangan.

Manfaatnya sebagai berikut:

doc.maria-g-soemitro.com


Postural deconditioning
Sehat adalah bebas bergerak dan “ beraktifitas” tanpa hambatan
mikian kata pemateri kedua, Furqon Jaya Wicaksono, ahli physiotherapy. Emang sih ya, kita sering bilang sakit jika terkena flu, diare atau penyakit berat seperti kanker dan jantung. Sedangkan sakit-sakit di persendian jarang dihiraukan padahal pastinya mengganggu mobilitas.

Faktor yang mempengaruhi keseimbangan tubuh:
·        Status kesehatan
·         Kondisi kesehatan seseorang akan berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh sehingga aktivitasnya terganggu.
·         Nutrisi.
·         Pemenuhan kebutuhan tubuh akan nutrisi sangat penting karena mempengaruhi produksi energi yang digunakan untuk mobilisasi.
·         Emosi.
·         Situasi dan kebiasaan.
·         Gaya hidup.
·         Pengetahuan.

Gaya hidup membuat perubahan yang signifikan pada keseimbangan tubuh. Contohnya berikut ini, posisi tubuh seseorang ketika asyik menggunakan ponsel:



Posisi melihat ponsel pada sudut 60 derajat dapat memberi bobot kepala hingga 27kg pada tulang belakang (mirip dengan membawa anak kecil di pundak kita). Jika berlangsung terus-menerus akan menimbulkan “text neck”. Yaitu kondisi yang disebabkan beratnya tekanan pada tulang belakang akibat postur tubuh yang buruk, khususnya pada saat menggunakan ponsel/tablet.

Pengguna telepon seluler (ponsel) di tanah air mencapai 371,4 juta pengguna atau 142 persen dari total populasi sebanyak 262 juta jiwa. Artinya, rata-rata setiap penduduk memakai 1,4 telepon seluler karena satu orang terkadang menggunakan 2-3 kartu telepon seluler. Sementara kaum urban Indonesia mencapai 55 persen dari total populasi.

Rata-rata mereka menghabiskan dua sampai empat jam sehari untuk membaca kiriman, mengirim teks dan memeriksa situs media sosial di perangkat mobile mereka. Meskipun era digital hadir dengan banyak manfaat namun juga menghadirkan serangkaian masalah kesehatan baru, seperti “text neck”.

Posisi  text neck  sering menyebabkan perubahan pada tulang belakang servikal, mendukung ligamen, tendon, dan otot-otot, dan segmen tulang, biasanya menyebabkan perubahan postural. Ini juga dikaitkan dengan masalah sakit kepala, neurologis, depresi dan penyakit jantung.

Parahnya, jika tidak diobati bisa mengakibatkan kerusakan permanen, termasuk perataan kurva tulang belakang, onset arthritis dini, degenerasi tulang belakang, hilangnya kapasitas volume paru-paru dan bahkan masalah gastrointestinal.

Nah kan pastinya kita akan bilang sehat-sehat saja. Padahal tidak demikian adanya.

Selain masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat posisi yang salah dalam menggunakan ponsel juga ketika duduk di depan komputer, mengangkat beban seperti ember, serta menggunakan alas kaki.

Apa yang harus dilakukan?

·         Olah raga teratur
·         Latihan otot-otot postural
·         Latihan pernafasan
·         Peningkatan otot-otot yang lemah
·         Memperhatikan posisi ergonomis
·         Dll  

Pilih Sehat - Cantik – Produktif

doc. acuityorthodontics.com


Sebagai pimpinan Lianeation, dokter David Budi Wartono sungguh informatif. Materi yang dibawakan membuat peserta terpana. Atau mungkin juga karena penjelasannya termasuk baru untuk saya yang kudet ya?

Setelah  materi sebelumnya tentang cantik dari dalam melalui vitamin C dan perbaikan posisi tubuh, dokter David memberi penjelasan mengenai filler. Lebih tepatnya derma filler, ART untuk memberi tampilan 3 dimensi sehingga nampak awet muda.

#waduh, jadi inget Titik Puspa, penyanyi senior yang tetep kinclong di usia 80 tahun.

proses menua (doc. maria-g-soemitro.com)


Kelebihan  derma filler:

·         Mengisi volume
·         Hyaluronic acid, bahan pelembab alami.
·         Halal, non hewani.

Derma filler dibutuhkan pada kulit wajah yang telah kehilangan elastisitas dan masanya. Yang menyebabkan:

·         Hilangnya lemak di bawah kulit
·         Perubahan akibat gravitasi yang disebabkan kurangnya elastisitas kulit.
·         Perubahan bentuk tulang dan tulang rawan.
·         Pembentukan kerut akibat gerak otot yang diulang-ulang pada wajah.
·         Radiasi sinar UV dan merokok mempercepat kerusakan ini. Radiasi sinar UV merupakan pemicu kerusakan kulit yang menimbulkan pigmentasi.

Derma filler  diaplikasikan pada:

·         Perbaikan batang hidung
·         Perbaikan volume bibir.
·         Perbaikan volume tulang pipi.
·         Perbaikan volume dagu.
·         Perbaikan volume pipi.
·         Perbaikan volume rahang
·         Perbaikan hipotropi box scar.

Menarik bukan? Sayangnya karena ini bukan bedah plastik maka pengguna derma filler harus mengulang setahun kemudian.

Namun seperti yang dikatakan dokter David, cantik/jelek adalah pilihan. Pemilih opsi cantik bisa datang ke lineation center karena ada pelayanan  lengkap, mulai dari salon kecantikan, trauma healing, hingga spa bagi bayi.

Sip, sesuai semangat Lineation:

“Life is beautiful! Yes you must! You have to! You have to be happy. Happy is yours, your right.”

Siap untuk memperbaiki posisi tubuh dan memperhatikan asupan vitamin D? 

Atau bersiap untuk membentuk kembali wajah dengan derma filler?

Hmmm ......yang terakhir ini harus mengintip juga isi kocek ya?  ^_^

Comments

Sandra Hamidah said…
Wah jadi saya harus jemur sekitar jam segitu ya baru tahu lho makasih Bu informasi nya sangat bermanfaat 😇
Ida said…
Wah mantaps nih. Bener juga, kadang suka ga kerasa posisi duduk yg salah saat main hape .. deuh kudu hati2 ya :)
Tian lustiana said…
Bener bu harus liat koceknya dulu hehehe , ngintip dompet dulu ah
iya mbak Sandra, ternyata anggapan kita selama ini salah :D
saya juga baru tahu teh Ida, kemajuan teknologi ngga bisa digunakan mentah2 ya?

harus dilihat dari banyak sisi
kalo ngga liat kocek, bisa-bisa jebol deh :D :D