Missing Crown Prince, Biang Keroknya Pasangan Tua-tua Keladi yang Mabuk Kepayang

   
maria-g-soemitro.com

Missing Crown Prince, Biang Keroknya Pasangan Tua-tua Keladi yang Mabuk Kepayang

Beberapa tahun silam, penggemar infotainment dihebohkan dengan kisah cinta selebriti Venna Melinda dan Ferry Irawan. Disebut heboh, tidak saja karena pasangan paruh baya yang kasmaran ini menggelar pesta pernikahan mewah di Bali, juga ada curhatan wedding organizer yang tidak dibayar.

Semakin heboh ketika belum genap setahun pasangan ini bercerai. Alasannya KDRT!

Andai terjadi pada pasangan muda usia sih, bisa dipahami ya? Gejolak darah muda membuat mereka tak memikirkan bahwa pernikahan adalah ibadah seumur hidup, alias tak mudah. Harus dipikir berulangkali sebelum memutuskan untuk menikah.

Lha usia Venna dan Ferry udah 40 tahunan, menjelang 50 tahun. Udah pernah menikah dan udah pantas jadi kakek dan nenek. Masa sih gak menelusuri penyebab perceraian dari pernikahan terdahulu?

Bukan berarti menyesalkan pasangan yang menikah (baru menikah) di usia senior. Biasanya pasangan di usia ini menikah untuk mencari “teman”, yang tak bisa digantikan oleh kehadiran anak dan cucu. 

Seperti pasangan budayawan dan sastrawan Ajip Rosidi (79 tahun) yang menikah lagi dengan aktris senior, Nani Wijaya (72 tahun). Pernikahan keduanya langgeng hingga maut memisahkan.

Kisah pasangan merpati berusia senior muncul di drama Korea Missing Crown Prince. Sebalnya pasangan ini bukan membawa aroma manis dan hangat seperti pasangan Ajip-Nani, namun justru jadi biang kerok kekacauan.

Bahkan gara-gara mereka, kisah cinta pasangan muda nan menggemaskan, yang diperankan Suho dan Hong Ye-Ji, berakhir tragis.

Setragis apa kisah cinta mereka? Yuk kita bongkar.

Baca juga:

Perfect Marriage Revenge, Kisah Cinderella yang Terbebas dari Cowok Mokondo

My Demon, Ketika Iblis Jatuh Cinta

 

maria-g-soemitro.com

Suho sebagai Crown Prince Yi Gun

Sampai kelopak bunga yang gugur, menggunung sendiri

Aku akan mengingatmu selamanya

Sungguh tepat Raja Haejong Kerajaan Joseon mengangkat Yi Gun sebagai putra mahkota. Anak sulungnya ini sangat cerdas,  bijak sekaligus tegas dalam mengambil keputusan.

Yi Gun juga gemar blusukan untuk mengetahui kondisi rakyat Joseon. Dia tak mau percaya begitu saja pada laporan pejabat yang kerap berniat menjilat raja.

Yi Gun tak menyangka, dalam salah satu kunjungan incognito-nya dia terjebak dalam penculikan, tanpa si penculik mengetahui bahwa Yi Gun adalah putra mahkota.

 

maria-g-soemitro.com

Hong Ye-Ji sebagai Choi Myeong-Yoon

Bukan tanpa sebab Choi Myeong-Yoon ahli dalam pengobatan. Kakeknya merupakan tabib Kerajaan, dan ayahnya juga tabib kerajaan yang handal.

Walaupun anak tunggal, Choi Myeong-Yoon bukan anak yang manja. Dia mendirikan klinik pengobatan untuk rakyat kebanyakan. Dia juga ahli bela diri. Berkat kemampuannya, preman yang mengganggu aktivitasnya berbalik menjadi pendukungnya.

  

maria-g-soemitro.com

Kim Min-Kyu  sebagai Prince Dosung.

Mempunyai karakter temperamental dan naif,  Pangeran Dosung merupakan putra kedua dari King Haejong, sejak awal dia mengetahui kekurangannya sehingga tidak berharap menjadi Putra Mahkota.

Terlebih dia menyadari kakaknya, Crown Prince Yi Gun, memiliki semua kriteria sebagai putra mahkota yang kelak meneruskan tampuk pimpinan raja.

Keputusannya berubah ketika Prince Dosung mengetahui gadis yang disukainya ternyata menjalin kasih dengan kakaknya. Terlebih kakeknya berulangkali membujuk agar dia mau menggantikan kedudukan sang kakak.

    

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Missing Crown Prince

Situasi telah menjadi kacau

Jika Putra Mahkota hidup, putri mati

Jika putrimu hidup, Putra Mahkota mati

Demikian kata peramal pada Choi Sang-Rok, tabib istana yang akan menjodohkan anak gadisnya dengan Putra Mahkota.

Mendengar ramalan tersebut, Choi Sang-Rok putar otak. Dia berusaha mencari jalan keluar untuk mematahkan ramalan. Caranya dengan menculik sembarang pemuda yang sedang mabuk untuk dinikahkan dengan anaknya, Choi Myeong-Yoon.

Tentu saja bukan pernikahan sungguhan. Di malam hari, pemuda yang tak sadarkan diri ditidurkan berdampingan dengan Choi Myeong-Yoon. Keesokan harinya si pemuda dilepas tanpa tahu apa yang terjadi.

Tak ada yang menduga, termasuk Choi Myeong-Yoon, bahwa pemuda yang diculik adalah Putra Mahkota Yi Gun yang sedang incognito/blusukan, seperti yang biasa dia kerjakan untuk mengetahui  kondisi aktual rakyatnya.

Yi Gun sendiri sedang mengalami yang sulit. Pasca memergoki ibu suri sedang bercinta dengan Choi Sang-Rok, dia difitnah meracuni ayahnya, King Haejong.

Rupanya ibu suri sedang mabuk kepayang. Bak dicokok hidungnya, manut saja pada siasat keji Choi Sang-Rok, kekasihnya yaitu meracuni King Haejong, namun hanya sampai koma, kemudian memakzulkan Putra Mahkota dan menggantinya dengan Pangeran Dosung.

Rencana yang tudak mudah. Putra Mahkota Yi Gun sangat menyayangi adiknya, Pangeran Dosung, demikian pula sebaliknya. Keduanya tak mungkin saling berkhianat.

Namun ada hal yang bisa memicu persaingan. Keduanya mencintai Choi Myeong-Yoon, gadis cantik yang telah terlebih dulu melabuhkan cintanya pada Putra Mahkota.

Cinta yang terlarang. Choi Myeong-Yoon adalah anak Choi Sang-Rok, pengkhianat kejam yang tega meracuni raja. Walaupun kemudian berkat gadis tersebut, raja bisa siuman dan berusaha memperbaiki kerusakan akibat ulah ibu suri dan Choi Sang-Rok, raja tidak bisa sembuh serratus persen. Tubuhnya dipenuhi racun, hasil cekokan Choi Sang-Rok.

Alam semesta itu kejam

Mengapa gadis sepertimu harus lahir dari Choi Sang Rok?

  

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Missing Crown Prince

Jadi paham alasan Hong Ye-Ji didapuk menjadi pemeran utama, tanpa melalui tangga bawah. Sebagai aktris baru, drama Korea Missing Crown Prince merupakan drama kedua Hong Ye-Ji, dan dua-duanya p Hong Ye-Ji dipercaya sebagai pemeran utama! 

Ternyata aktris berpipi chubby ini gak mengecewakan. Dia bisa mengimbangi Suho yang telah wara-wiri di depan layar kaca sejak 2012.

Ide cinta terlarang yang diusung drama Korea Missing Crown Prince sebetulnya klise, namun bikin gemes penonton karena ayah kandung Choi Myeong-Yoon (Hong Ye-Ji) yang meracuni ayah kandung Crown Prince Yi Gun (Suho). Diteropong dari sudut pandang mana pun keduanya tak mungkin bersatu.

Sayang alur cerita nya amburadul. Padahal episode-episode awal sangat mengasyikkan lho. Penuh greget kala Crown Prince Yi Gun (Suho) diculik untuk dinikahkan dengan Choi Myeong-Yoon (Hong Ye-Ji), tanpa mengetahui bahwa yang mereka culik adalah putra mahkota.

Juga kisah Choi Myeong-Yoon (Hong Ye-Ji) yang tidak saja jago mengobati pasiennya, juga jago berkelahi. Dia tak takut berhadapan dengan preman yang kemudian berbalik mendukungnya.

Setelah penuh greget, episode-episode berikutnya sangat menjengkelkan. Tidak saja dipenuhi intrik kerajaan, tapi juga kisah cinta yang memuakkan antara ibu suri dan tabib istana, ayah kandung Choi Myeong-Yoon (Hong Ye-Ji), malah ibu suri hamil gara-gara perzinaan tersebut.

Kisah tak masuk akal memperburuk ulasan drama Korea Missing Crown Prince, seperti ulah kakek Pangeran Dosung menggosok  Queen Yoon aka anaknya sendiri untuk membunuh dayang yang telah meracuni suaminya, King Haejong.

Padahal dikisahkan ratu sangat mencintai suaminya, lho. Queen Yoon berhari-hari menunggu suaminya yang tergeletak koma, dan nekad menyelundupkan stemple kerajaan demi mendukung putra mahkota yang bukan anak kandungnya.

Gak heran  setelah sebelumnya, drama Korea “Missing Crown Prince” memperoleh rating lumayan, yaitu 8,0 dari Mydramalist, melorot menjadi  7,8 di episode akhir.

Untunglah penonton Korea Selatan sangat menyayangi idolanya Suho. Untuk wilayah nationwide, AGB Nielson melaporkan rating 1.452% drama Korea “Missing Crown Prince” pada episode pertama, beranjak naik dan mencapai 4.517% di episode 18.

Saya sendiri gak peduli dengan cerita yang amburadul. Setiap minggunya dengan setia saya menunggu episode terbaru drama Korea “Missing Crown Prince”. Selain suka penampilan Suho yang melting banget dengan Hong Ye-Ji, juga terbuai lagu-lagunya. Gak hanya didendangkan Joo Chan (Golden Child),  HAEUN, Yeyoung, juga Suho EXO dengan suara emasnya.

Check it out:



Oh iya, jangan takut menonton. Drama Korea Misssing Crown Prince berakhir bahagia kok.

Happy ending atau sad ending kan suka-suka penulis skenario. Walaupun ceritanya jadi gak masuk akal๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Baca juga:

Queen Of Tears, Kisah Cinta Cinderella Man dan Sang Ratu

Destined with You, (Bukan) Akibat Mantra Cinta


Profile


    Drama: Missing Crown Prince

    Revised romanization: Sejaga Sarajeodda

    Hangul: ์„ธ์ž๊ฐ€ ์‚ฌ๋ผ์กŒ๋‹ค

    Director: Kim Jin-Man

    Writer: Kim Ji-Soo, Park Cheol

    Network: MBN

    Episodes: 20

    Release Date: April 13 - June 16, 2024

    Runtime: Saturday & Sunday 21:40

    Language: Korean

    Country: South Korea


5 comments

  1. Lucu juga nih drakor ngambil sudut pandangnya lain dari yang lain yaitu romansa nenek-nenek. Mau dibilang aneh tapi relate sih sama kehidupan haha

    ReplyDelete
  2. Kalo cerita sageuk gitu suka demen sama intrik kerajaan yang unik dan menarik.
    Ini terbilang lumaya juga ya episodemya sampai 20. Paling daku kurang demen sama jalan cerita yang ini dan make upnya juga

    ReplyDelete
  3. Cinta yang belum selesai antara ibu suri dan mantan pacarnya membuat satu negara ribet.

    ReplyDelete
  4. Kalo dalam bahasa Jawa itu sebutannya "nggilani" Mbak. Saya juga paling gregetan kalau ada tokoh tua-tua yang kisah percintaannya membuyarkan banyak hal. Termasuk kemudian mengakibatkan efek kepada kehidupan orang lain. Seharusnya premis begini tuh seru ya Mbak tapi sayang mungkin cara mengolah ceritanya kurang berkesan, jadi cuma fokus di kisah cinta orang-orang sudah berumur.

    ReplyDelete
  5. Sebetulnya Acha belum nonton sih, Ambu. Tapi dari banyak seliweran scene Drakor yang dimainin sama Suho di medsos tuh, katanya drama Korea ini endingnya ngajak penonton ngobrol dan malah jadi awkward. Udah Acha masukin ke list nonton, tinggal tunggu waktu lowong.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan memberi komentar
Mohon menggunakan akun Google ya, agar tidak berpotensi broken link
Salam hangat