A Journey to Love, Kisah Cinta Agen Intelijen Dua Negara

   
maria-g-soemitro.com

A Journey to Love, Kisah Cinta Agen Intelijen Dua Negara

Siapa sosok legenda intelijen Indonesia? Ternyata bukan Benny Moerdani atau Ali Moertopo, atau bahkan Hendropriyono, Kepala Badan Intelijen Negara pertama yang mendapat gelar the master of intelligence (sumber: wiki), melainkan Gajah Mada!

Yup, Gajah Mada yang itu. Yang konon bikin suku Sunda dan suku Jawa saling membenci. Saling tabu untuk menikah dan sampai sekitar tahun 2017, gak ada satu pun kota di Jawa Barat memakai nama jalan Gajah Mada. Sebaliknya, gak ada nama jalan Siliwangi di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Terlepas dari semua mitos, Gajah Mada merupakan tokoh intelijen yang brilian. Menurut kitab kuno Pararaton yang menulis tentang Sejarah Jawa, ketika Gajah Mada menemani Raja Jayanegara di Badander,  dan seorang pengalasan minta pulang. Gajah Mada tak hanya mencegah dia pulang, tapi juga membunuhnya. 

Kala itu Jayanegara sedang dikudeta Ra Kuti. Apabila Gajah Mada membiarkan pangalasan pergi, berarti bakal membuka peluang musuh mengetahui keberadaan Jayanegara.

Gajah Mada juga melakukan penyelidikan untuk mengetahui sejauh mana kesetiaan pejabat tinggi kerajaan pada Jayanegara. Dia bilang bahwa raja sudah terbunuh oleh orang-orang suruhan Ra Kuti. 

Tak terduga, pejabat-pejabat itu menangis, pertanda mereka masih setia pada Raja Jayanegara. Walaupun sang raja merupakan sosok yang zalim. Kisah selanjutnya silakan baca di sini.

Peran intelijen memang sangat vital. Dengan bantuan biro intelijen, penguasa mengetahui seberapa puas rakyat terhadap kepemimpinan yang tengah berlangsung, seberapa baik hubungan antar negara, dan lain sebagainya.

Drama Cina A Journey to Love berkisah tentang perseteruan dua negara dengan bumbu kisah cinta sepasang merpati anggota biro intelijen dari dua negara tersebut. Rame pastinya ya?

Yuk atuh kita review:

Baca juga:

The Legend of Jin Yan, Putri Kok Oon?

Goodbye My Princess, Ending yang Menyayat Hati

 

maria-g-soemitro.com

Liu Shi Shi sebagai  Ren Ru Yi / Ren Xin

Sejak kecil bernasib malang, ibu Ren Xin meninggal tatkala berjuang melahirkan adik Ren Xin. Ayahnya yang ingin kawin lagi menjual Ren Xin ke Laskar Merah, badan intelijen Kerajaan An, seharga 1.000 koin.

Beruntung Ren Xin cerdas. Sehingga tidak saja disayang Permaisuri Zhao Jie, Ren Xin berhasil menjadi Panglima Kiri Laskar Merah, yang dikenal sebagai:

Pembunuh yang tenang, kejam, cerdas dan gesit

Sebagai pembunuh , dia hampir tak punya kelemahan

Dia membunuh 3 gubernur provinsi dalam 1 bulan

Dia meembunuh Kaisar Chu dalam 7 hari

Dia seperti seekor cheetah, tragedy penuh darah membayanginya

Ren Xin “mengakhiri hidupnya” ketika Permaisuri Zhao Jie yang disayanginya memutuskan bunuh diri karena tak setuju dengan keputusan suaminya, Kaisar An.

Sebelum meninggal, berulang kali Permaisuri Zhao Jie mengingatkan pada Ren Xin untuk:

Jangan pernah jatuh cinta pada pria

Tapi kau harus punya anak sendiri

Dan Ren Xin memutuskan Ning Yuan Zhou lah yang akan menjadi ayah anaknya.

 

maria-g-soemitro.com

Liu Yu Ning sebagai  Ning Yuan Zhou

Ketua Balai Enam Alam, badan intelejen Kerajaan Wu yang sukses. Ning Yuan Zhou meneruskan kesuksesan ayah angkatnya dalam mengorganisir Balai Enam Alam.

Kekecewaan pada kaisar dan kroni-kroninya, membuat Ning Yuan Zhou mengundurkan diri dari Balai Enam Alam dengan berpura-pura mati.

Ning Yuan Zhou harus kembali memakai baju zirah ketika tidak saja Princess Yang Ying yang dianggap sebagai adiknya berangkat sebagai ketua team delegasi, juga dia harus membersihkan nama teman-temannya dari Balai Enam Alam yang gugur di medan perang, tapi malah dituding sebagai pengkhianat negara.

  

maria-g-soemitro.com

He Lan Dou sebagai  Princess Yang Ying

Lahir dari rahim pelayan istana, Princess Yang Ying harus tinggal di Istana Dingin. Keberadaannya seolah tak ada. Bahkan seumur hidupnya, Yang Ying baru 2-3 kali bertemu dengan Kaisar Wu yang tengah berkuasa.

Tanpa pergaulan sosial seperti layaknya adik seorang kaisar, Yang Ying akhirnya melabuhkan cintanya pada seorang pelayan istana, Zheng Qing Yun.

Ketika Kaisar Wu menjadi sandera Kerajaan An, Yang Ying melihat peluang untuk mengubah nasib. Dia mengajukan diri. Tujuannya bukan welas asih pada kakak yang jarang ditemuinya, melainkan memperoleh kekayaan dan kekuasaan sebagai Lord Li, gelar yang diperoleh seiring diangkatnya Yang Ying sebagai pangeran, ketua team diplomasi.

 

maria-g-soemitro.com

Chang Hua Sen sebagai Li Tong Guang 

Terlahir dari Putri Qing Ning, keponakan Kaisar An dan seorang musisi dari strata rendah, membuat Li Tong Guang hidup dalam bullying dan pelecehan.

Akibatnya dia menjadi liar dan sulit diatur. Untunglah Permaisuri Zhao Jie mandapat jalan keluar. Dia menginstruksikan Ren Xin, anggota Laskar Merah untuk menjadi guru Li Tong Guang, baik bela diri maupun perilaku.

Hasil didikan Ren Xin sukses, namun  Li Tong Guang malah terobsesi pada gurunya.  “Kematian” Ren Xin membuat duka lara berkepanjangan pada Li Tong Guang, yang dia salurkan dalam peperangan. Dia sukses, bahkan berhasil menawan Kaisar Wu.

Agar selalu bisa dimanfaatkan, Kaisar An yang licik memberi gelar Adipati Chang Qing pada Li Tong Guang.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis A Journey to Love Chinese Drama (2023)

Gara-gara kaisar yang ceroboh dan tidak kapable, ribuan tentara Kerajaan Wu tewas dalam pertempuran berdarah-darah melawan Kerajaan An.

Kaisar Wu pun menjadi tawanan Kerajaan An. Bisa ditebus dengan 100.000 tael emas yang harus diantarkan langsung oleh salah seorang pangeran dari Kerajaan Wu.

Tebusan bisa dikumpulkan, tapi bagaimana dengan utusan pangeran? Kaisar Wu hanya mempunyai seorang adik, Prince Dan Yang yang harus menjaga pemerintahan Kerajaan Wu, serta adiknya, Lord Wang yang cacat kakinya.

Di tengah kebingungan, muncul Princess Yang Ying memberi solusi. Dia akan menyamar sebagai pangeran  yang memimpin team diplomasi seperti yang diminta Kerajaan An.

Selesai? Belum! Harus ada satgas yang mengawal team diplomasi. Dan orang yang paling tepat adalah Ning Yuan Zhou, mantan ketua badan intelijen Kerajaan Wu, Ketua Balai Enam Alam.

Ning Yuan Zhou bersedia mengawal team diplomasi karena dia ingin membersihkan nama Balai Enam Alam yang tercoreng gara-gara ulah kaisar Wu. Untuk memperkuat pengawalan, Ning Yuan Zhou mengajak 4 orang pilihan, yaitu:

  • Yuan Lu dari Mantan Kolonel Alam Hantu Lapar
  • Sun Lang, Kolonel Alam Manusia
  • Yu Shin Shan , Komandan Utama Alam Ashura
  • Qian Zhao, Komandan Utama Pengawal Istana

Personil pilihan berikutnya yang dipilih Ning Yuan Zhou adalah Ren Ru Yi. Pembunuh berdarah dingin yang dulu bernama Ren Xin ini mantan anggota Laskar Merah, badan intelijen Kerajaan An. Sehingga dia paham seluk beluk Kerajaan An.

Namun yang terpenting, Ning Yuan Zhou membutuhkan Ren Ru Yi  sebagai pengajar Princess Yang Ying. Putri yang serba kikuk dan canggung ini harus disulap menjadi ketua team delegasi yang penuh wibawa dan percaya diri.

Keputusan jitu. Beberapa kali Princess Yang Ying melakukan tindakan konyol seperti ingin balik ke Kerajaan Wu yang berjarak 1.600 km, ingin melarikan diri dengan pacarnya, hingga ingin bunuh diri.

Untuk itu, Ren Ru Yi tidak melarang, dia hanya memberi penjelasan:

Jika kau bunuh diri

Butuh sekitar setengah batang dupa sampai tercekik

Jantung dan paru-parumu akan terasa terbakar

Tubuhmu akan meronta-ronta seperti ikan mati

Pada akhirnya, kau akan menjulurkan lidah paling tidak 15 cm sebelum mati

  

maria-g-soemitro.com

Review A Journey to Love Chinese Drama (2023)

Permintaan yang sangat arogan

Seringkali merupakan kelemahan terbesar seseorang

Gak heran drama China A Journey to Love mendapat rating 8,7  dari Mydramalist. Hampir menyentuh angka sembilan dan hanya sedikit drama yang mendapat penghargaan tersebut.

Plot yang rapi jadi salah satu keunggulannya, adegan demi adegan tertata apik dengan durasi yang tepat, tidak kurang tidak kepanjangan, sehingga gak terasa lebay.

Keunggulan lainnya adalah sinematografi nan keren. Peperangan dilukiskan dengan sangat indah. Alih-alih darah muncrat yang bikin ngeri, penonton disajikan perkelahian bak tarian. Jurus-jurus bela diri berkelindan dengan kibasan jubah warna-warni. Ditingkahi iringan musik seirama, menghasilkan keseluruhan adegan yang mempesona.

Selain itu, ada 2 alasan yang bikin  pingin rewatch, yaitu:

  

maria-g-soemitro.com

Akting He Lan Dou sebagai  Princess Yang Ying yang bikin jatuh hati! Ketika saya mencari profile-nya di laman Mydramalist, ternyata saya gak sendirian.  Banyak banget yang memuji He Lan Dou.

She did an excellent job in AJTL. She was convincing both as a prince and a princess which is rare. Great stuff!

Dan saya setuju. Dari putri kerajaan yang  canggung dan kikuk, dia berubah menjadi pangeran yang penuh wibawa sewaktu harus bertemu dengan utusan kerajaan lawan.

Adegan  Princess Yang Ying dengan Yuan Lu, anggota team termuda bikin ngakak-ngakak. Keduanya berdebat cara mengakhiri hidup dengan racun, pilih racun yang manis atau yang rasanya manis asem.😀😀 Konyol banget!

maria-g-soemitro.com

Alasan rewatch berikutnya adalah:

Bromancenya ngegemesin! Penulis skenario berhasil meracik pertemanan 5 pria dengan karakter yang berbeda, namun kompak dan lucu. Dalam adegan kisseu antara ML dan FL, penonton yang mellow jadi tertawa melihat kelakuan teman-temannya sibuk menaburkan confetti dalam bentuk daun.

Setiap karakter punya keunikan masing-masing, seperti sang casanova Yu Shin Shan terkenal dengan:

Pria paling tampan

Selalu datang terlambat

Hihihi sombongnya. Karakter lain adalah Sun Lang jago berperang yang suka anak anjing dan anak kucing:

Apakah sekarang aku menjadi pahlawan?

Aku ingin sekali memeluk sesuatu yang berbulu

Sekian banyak keunggulan, anehnya chemistry ML dan FL kok kurang nendang, ya? Entah mengapa, FL yang diperankan Liu Shi Shi sebagai  Ren Ru Yi / Ren Xin nampak terlalu “tua”. Padahal jarak usia dengan Liu Yu Ning sebagai  Ning Yuan Zhou, hanya 3 tahun.

Mungkin karena Liu Yu Ning musisi ya? Suara emasnya mengisi salah satu soundtrack A Journey to Love Chinese Drama (2023)


 

Baca juga:

Oh My General, Kala Jendral Hamil Maju ke Medan Perang

Princess Agents, Hasil Jiplakan Yang Sukses Besar

Profile

Drama: A Journey to Love

Native Title: 一念关山

Also Known As: Yi Nian Guan Shan , 一念關山

Director: Zhou Jing Tao, Zou Xi

Screenwriter: Zhang Wei
Genres: Romance, Wuxia, Drama, Political
Country: China
Episodes: 40
Aired: Nov 28, 2023 - Dec 18, 2023
Original Network: iQiyi
 


8 comments

  1. Memang kalau udah melibatkan intelijen, zaman Orba mah rada-rada merinding gitu. Rasanya zaman itu, orang hilang mah udah biasa gitu...
    Seru juga nih malah ada kisah cinta agen intelijen. Ternyata ada intelijen juga ya di zaman kerajaan negeri seberang. Soal intelijen, jadi inget film "Mr & Mrs Smith" deh...

    ReplyDelete
  2. Itu Kaisar kok bisa gitu huhu. Jadinya bikin gempar kerajaan kan cobaa. Perjuangan dan usaha buat nyelamatin ini nih yang suka unik dan ada aja intrik kerajaan yang menarik

    ReplyDelete
  3. Jujur aku juga suka banget sama drama china. Visual dan latar tempatnya sangat bagus, boleh nih aku masukkin daftar watch list jadi penasaran sama kisah kerajaan kaya gini.

    ReplyDelete
  4. Aku bukan penggemar drama dengan nuansa kerajaan begini. Tapi aku kayaknya harus melihat seorang putri yang harus menyamar sebagai pangeran, euy.

    Bukan hal yang mudah harus merubah dari putri yang kikuk menjadi pangeran yang berwibawa. Iya kan?

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat dulu suamiku suka banget baca sejarah pengen nama anak Gajah Mada😂🤣 terus aku gak mau. Baca ini ternyata tugas intel perlu banget ya udah lama gak nonton dracin. Baca review ini jadi kepo

    ReplyDelete
  6. Tokoh kekaisaran dalam tayangan lama unik ya kalau dilihat. Keren itu yg dekor sehingga menghasilkan film seperti nyata pada jamannya.

    Seru nih pasti nonton kisah ini. Ikut kesal juga kalau gara-gara kaisar yang ceroboh dan tidak kapable, ribuan tentara Kerajaan Wu tewas dalam pertempuran berdarah-darah melawan Kerajaan An.

    Terlepas dari kisah di dalamnya yg penuh dengan intrik juga tetap kisah ini bikin penasaran

    ReplyDelete
  7. 8.7 ratingnya? Wow keren banget Mbak. Padahal premis dari drama ini cukup berat loh menurut saya. Padu padan politik dengan kisah keluarga dan percintaan. Tak mudah meramu semuanya. Jadi pengen nonton. Kebetulan saya ada link iQyi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan memberi komentar
Mohon menggunakan akun Google ya, agar tidak berpotensi broken link
Salam hangat