Moon In The Day, Kisah Cinta Arwah Penasaran

   
maria-g-soemitro.com

Moon In The Day, Kisah Cinta Arwah Penasaran

Percaya arwah penasaran? Saya tidak! Sebagai penganut agama Samawi (Islam, Kristen, Katolik) saya mempercayai bahwa ketika nyawa seseorang meninggalkan tubuh fananya, arwahnya akan berada di alam barzah dengan tenang,  menunggu dibangunkan di hari kiamat.

Pemahaman ini saya dapat dari tausiah para ulama, diantaranya Ustaz Aam Amirudin, serta para pastor dalam ceramah sakramen ekaristinya. Redaksional-nya agak berbeda, tapi kurang lebih seperti itu.

Karena itu saya terbahak melihat ada dokter forensik pemilik channel  YouTube Dokter Stephanie yang berkisah seputar arwah di kamar jenazah.

Mengapa? Sebab dia menabrak logika ilmu kedokteran seperti yang dijelaskan dr. Ryu Hasan, pakar neuroscience dan dr. Djaja Surya Atmadja, pakar forensik DNA pertama di Indonesia. 

Serta tentu saja keyakinan beragama tentang roh seseorang yang telah meninggal. Roh yang harus dihormati dalam keabadiannya. Begitu hormatnya, kita dilarang membicarakan keburukan seseorang yang telah meninggal. 

Namun di pihak  lain kita harus mempercayai jin, atau setan, atau apa pun namanya, mahluk yang gemar menggoda manusia yang diusir Allah SWT dari surga.

Jadi ketika kita ngobrolin mahluk jadi-jadian, itu bukanlah arwah manusia yang harus dihormati, melainkan jin yang juga kerap muncul dalam kultur masyarakat setempat.

Drama Korea  Moon In The Day berkisah tentang arwah penasaran akibat dibunuh. Tentu saja hanya fiksi, karena drama ini diadaptasi dari webcomic "Naje Ddeuneun Dal” by He Yum (published from May 16, 2013 to August 24, 2017 via Naver).

Baca juga:

Shooting Star dan Ribetnya Ngurusin Aktris

W: Two Worlds Apart, Sosok Tampan dari Webtoon

maria-g-soemitro.com

Kim Young-Dae sebagai Han Joon-O

Han Joon-O, selebritis ternama yang bekerja di bawah naungan Beginning Entertainment, dengan CEO Han Min-O, kakak yang sangat menyayanginya. Terlebih ketika mengetahui sang adik mengidap kanker yang membuat waktu hidupnya hanya sekitar sebulan lagi.

Kemanjaan Han Joon-O membuatnya kerap melanggar kerja professional. Dia sedang mabuk kepayang pada Jung Yi-Seul, aktris yang hanya memanfaatkan ketenaran Han Joon-O.

Kondisi ini rupanya dipergunakan seseorang yang mengincar nyawa Han Joon-O.  Dia membuat Han Joon-O mendatangi tempat parkir, membiusnya, kemudian membiarkan mobil melaju kencang ke laut, menuju kematian Han Joon-O.

Jasad Han Joon-O tak disia-siakan Do Ha, arwah yang sedang berusaha membantu keberlangsungan hidup Kang Young-Hwa, seorang petugas pemadam kebakaran.

Ternyata Kang Young-Hwa merupakan reinkarnasi ke-19 dari Han Ri-Ta, istri Do Ha pada kehidupan 1.500 tahun silam.

maria-g-soemitro.com

Pyo Ye-Jin sebagai  Kang Young-Hwa

Yatim piatu, Kang Young-Hwa merupakan reinkarnasi ke-19 dari Han Ri-Ta, putri Jenderal Gaya yang membalas dendam atas kematian kedua orangtuanya, 

Namun berlawanan dengan perjalanan hidup nan tragis Han Ri-Ta, Kang Young-Hwa justru hidup bahagia sebagai petugas pemadam kebakaran yang cemerlang.

Berulangkali aksi heroiknya diliput media, hingga Kang Young-Hwa  ditahbiskan sebagai Petugas Damkar yang ajaib.

Hingga suatu hari Kang Young-Hwa bertemu Han Joon-O, aktor yang berperan sebagai petugas pemadam kebakaran, sekaligus menjungkir balikkan kehidupan nyaman Kang Young-Hwa.

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Moon In The Day

1.500 tahun silam, perang tak berkesudahan membuat Do Ha, seorang Jenderal muda Kerajaan Silla, memutuskan untuk membunuh Jenderal Gaya dan menghukum seluruh keluarganya di tiang gantungan.

Han Ri-Ta, anak perempuan Jenderal Gaya berhasil lolos dari hukuman. Kematian orangtua dan keluarganya membuat Han Ri-Ta bertekad membalas dendam.  Agar balas dendamnya berjalan mulus, Han Ri-Ta tekun berlatih dan menyusup ke kediaman Jenderal Do Ha. 

Malang, ketika saat itu tiba, Han Ri-Ta ketahuan. Dia gagal melakukan balas dendam. Beruntung Do Ha malah memberinya dua pilihan: Tetap membunuhnya atau menjadi pelayan di kediaman Do Ha.

Witing trenso jalaran kulino, keduanya saling jatuh cinta. Terlebih setelah Han Ri-Ta mengetahui bahwa Do Ha hanya “boneka perang” Jenderal So Ri-Bu, ayah tirinya. Keahlian Do Ha di medan perang digunakan sang ayah untuk meningkatkan posisinya di kerajaan.

Secara licik, Jenderal So Ri-Bu juga mengetahui rahasia Han Ri-Ta sebagai anak pengkhianat dan kedekatannya dengan Do Ha. Tak mau menyia-nyiakan peluang, Jenderal So Ri-Bu  semakin membelenggu Do Ha dengan  ultimatum: Membunuh Han Ri-Ta atau menikahinya!

Do Ha memilih menikahi Han Ri-Ta. Pilihan yang menguntungkan Jenderal So Ri-Bu. Dia menggunakan tangan Han Ri-Ta, untuk membunuh Do Ha suaminya sendiri.

Tak mau menuruti keinginan sang mertua, Han Ri-Ta melakukan tindakan putus asa: Membunuh mertuanya, suaminya, kemudian bunuh diri!

Kala hendak bunuh diri, dalam keadaan sekarat Do Ha meminta Han Ri-Ta untuk tetap hidup.

1.500 tahun kemudian, dalam reinkarnasi yang ke-19, arwah Han Ri-Ta menjadi Kang Young-Hwa, seorang petugas pemadam kebakaran. Dia bertemu dengan Han Joon-O, seorang selebriti ternama yang meninggal dalam usia muda, dan jasadnya digunakan Do Ha untuk melindungi nyawa Kang Young-Hwa.

Rupanya tidak hanya Do Ha yang berubah menjadi arwah penasaran. Ayah tirinya, Jenderal So Ri-Bu juga mengalami hal yang sama. Bedanya Jenderal So Ri-Bu menjadi arwah pendendam yang berulangkali membunuh reinkarnasi Han Ri-Ta menjelang usianya yang ke-30.

Kali ini Do Ha dalam wujud Han Joon-O bertekad menggagalkan sang ayah tiri, agar Han Ri-Ta dalam wujud Kang Young-Hwa tetap hidup.

Mulai kini, kaulah satu-satunya istriku

Walau maut memisahkan kita

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Moon In The Day

Secara mengejutkan rating drama “Moon In The Day” jelek banget. Hanya mendapat rating 7,7 di Mydramalist, serta hanya 1, sekian persen di nationwide (menurut AGB Nielson),  bahkan tidak masuk 20 besar di wilayah Seoul.

Setelah menonton, saya baru paham. Aktor Kim Young-Dae terjebak dalam pembuatan drama Korea Moon In The Day yang plot-nya enggak banget.

Di awal drama,  dikisahkan Han Joon-O yang diperankan Kim Young-Dae sangat membenci Kang Young-Hwa (Pyo Ye-Jin) bahkan berulangkali berniat membunuhnya. Penyebabnya, arwah Do Ha yang merasuki Han Joon-O percaya bahwa Kang Young-Hwa merupakan reinkarnasi perempuan yang pernah membunuhnya.

Anehnya di pertengahan drama terkuak fakta bahwa Han Ri-Ta, arwah yang mengalami reinkarnasi ke 19 dalam bentuk Kang Young-Hwa, ternyata adalah istri Do Ha.

Atau sederhananya, 1.500 tahun silam Do Ha dan Han Ri-Ta adalah pasangan suami istri yang saling mencintai. Keduanya terpisah gara-gara ulah ayah tiri Do Ha yang juga muncul 1.500 tahun kemudian sebagai arwah penasaran bernama Seok Cheol Hwan.

Kok bisa sih Do Ha, arwah yang hidup 1.500 tahun silam, melupakan perwujudan istri yang sangat dicintainya? Bahkan rela mati demi sang istri.

maria-g-soemitro.com

Akibat plot membingungkan ini, Kim Young-Dae dipaksa berakting benci/memusuhi Pyo Ye-Jin, berganti menjadi akting cinta/mabuk kepayang pada lawan mainnya tersebut.

Penonton pun gak kalah bingung. Suasana kebatinan berubah-ubah sesuai potongan-potongan fragmen yang muncul gak tuntas di setiap episode (cliffhanger). Bikin gak nyaman! Lagi asyik-asyiknya menyimak kisah kasih duo merpati yang kerap diganggu sosok antagonis, eh tiba-tiba terlempar ke masa silam.

Sebetulnya idenya bagus sih. Keberadaan cliffhanger dalam drama Korea Moon In The Day bak puzzle yang dicoba untuk disusun menjadi satu kisah utuh. Namun, rangkaian yang membuat salah persepsi ini sungguh mencabik-cabik  penonton secara kejam.

Gak heran, walau akting Kim Young-Dae dan Pyo Ye-Jin gak mengecewakan, chemistry keduanya berantakan. Setelah saling tolak, terjadi saling tarik menarik. 😭😭

Kok bisa ya sutradara dan penulis naskah sekejam itu?


Baca juga

My Perfect Stranger, Mencari Jejak Pembunuh di Masa Silam

See You in My 19th Life, Tentang 19 Reinkarnasi yang Melelahkan


Profile

Drama: Moon In The Day (English title)

Revised romanization: Naje Ddeuneun Dal

Hangul: 낮에 뜨는 달

Director:

Writer: He Yum (webcomic)

Network: ENA, Genie TV

Episodes: 14

Release Date: November 1 - December 14, 2023

Runtime: Wed. & Thu. 21:00

Language: Korean

Country: South Korea


14 comments

  1. Genre drakor gini aku suka nih.. emang ya akting Kim Young-Dae dan Pyo Ye-Jin gak pernah mengecewakan. Film2 tentang dunia lain, ghoib, dan ruh yang aku suka itu Mr.Sun. kalau ini aku blum nonton

    ReplyDelete
  2. Sayang sekali ratingnya diangka 7 saja ya, Ambu
    padahal sepertinya jalan ceritanya menarik (yang disukai banyak orang)
    Ternyata hasil akhir dari sebuah film itu sangat2 tergantung sama sutradara.
    Dari pemilihan aktor, jalan cerita, plot dan kemistri...

    ReplyDelete
  3. Dari jalan ceritanya kurang mengena sih buat daku.
    Kalau main tiba² ke masa silam gitu, apakah maksudnya flashback atau pindah waktu ke jaman dulu?

    ReplyDelete
  4. Eman banget ya Ambu, padahal sebenarnya ceritanya menarik.
    Bisa jadi si sutradara dan penulisnya juga bingung, cerita seperti ini kan di beberapa film juga pernah diangkat, nah mereka mungkin butuh sentuhan berbeda agar filmnya jadi unik.
    Ehh malah jadi membingungkan yang nonton dan jadi kurang menyentuh gitu,ya Ambu?

    ReplyDelete
  5. Iya, sih. Kalau jalan cerita tiba-tiba berbelok drastis rasanya menganiaya logika penonton, ya

    ReplyDelete
  6. Wah layak sih jadi tontonan drakor ini krn genre fantasy. Kalo saya sih percaya ada arwah penasaran.

    ReplyDelete
  7. Rating rendah mungkin karena plot dan potongan-potongan adegan yang ritmenya terlalu cepat kali ya. Kalau saya sih nonton drama begitu langsung nyerah. Takut gak enjoy bin ruwet yang bikin kepala pusing hahahaha. Jadi saya sering banget menghindari drama-drama yang mengangkat time travel sebagai bagian dari alur cerita.

    ReplyDelete
  8. Ini on goingkah atau udah finish kak? Pemainnya banyak yg gak aku kenal, kurang familiar. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Wah, iya drama ini lumayan rame waktu itu
    Aku juga sempat incip beberapa episode awal. Ntar mau lanjutin nonton lagi

    ReplyDelete
  10. Waaahh bacanya pun seakan akan ikut nonton drama nya juga loh
    Padahal aku baru tahu ada drama ini, Mak
    Penonton jadi terkena dampak tarik ulur skenario dari penulis
    Tapi sepertinya seru kok ini dramanya
    Apalagi suka dengan akting Yong Dae

    ReplyDelete
  11. Pantesan rating-nya rendah, kalau plotnya bikin bingung dan potongan cerita banyak yang gantung ya penonton jadi linglung . Alih-alih terhibur malah tercabik-cabik perasaannya...Duh!

    ReplyDelete
  12. Lihat pembahasannya di sini aja udah berasa gak nyamannya pas nonton. Saya biasanya udah skip duluan kalau ketemu film atau drama dengan plot membingungkan huhuhu

    ReplyDelete
  13. wah seru-seru ya memang kalo adaptasi dari webtoon tuh, ini juga baca sinopsisnya jadi penasaran deh pengen nonton cerita si arwah penasaran ini

    ReplyDelete
  14. Aku rasa Kim Young Dae uda meraninnya lumayan bagus sii..
    Mengingat memang kedua lead ini masih newbie jadi lead., kayak memang lempeng aja gitu pas mengekspresikan cinta.
    Tapi kadang plot story ditambah pronounce saat berbicara di 2 zaman yang sangat berbeda, butuh penyesuaian besar.

    Apalagi zaman Silla kan ya..
    Bahasanya kudunya ga sesantuy itu sii.. Ini kelemahan drama fusion-sageuk, menurutku.

    ReplyDelete