Wedding Impossible, Cap Cis Cus Pilih Jodoh

  
maria-g-soemitro.com

Wedding Impossible, Cap Cis Cus Pilih Jodoh

Menjadi jomblo itu gak enak

Tapi, menikahi orang yang salah itu neraka

Ada yang bilang, “jodoh itu jorok”. Kala seseorang sudah merasa cape berkelana mencari jodoh yang cocok, tak dinyana dia bertemu kembali dengan tetangga samping rumah (yang dulu berteman saat ingus masih muncul dari lubang hidung), entah mengapa kok jadi terpesona, dan gak lama kemudian sepakat untuk menikah.

Kisah mereka happily ever after, rukun hingga kini bak mimi dan mituno, padahal tanpa diawali hitungan bobot, bibit dan bebet.

Kisah lainnya ada yang apes. Seperti yang dialami seorang teman baik. Dia dijodohin dengan pria berkualitas bobot, bibit dan bebet yang termasuk grade “A”: berdarah ningrat, lulusan PTN ternama dan telah menjadi ASN dengan tingkat eselon cukup tinggi.

Jodoh idaman kan? 

Gak disangka, baru seminggu pernikahan sang teman baru menyadari ada yang salah. Suaminya ternyata seorang gay. Manisnya pernikahan hanya angan, yang didapat hubungan red flag dan berakhir KDRT yang menjurus criminal.

Drama korea “Wedding Impossible” mengingatkan saya pada kisah sang teman yang apes menikah dengan pria gay. Dalam drama ini, pemeran utama mengajak sahabatnya melakukan pernikahan kontrak, sebagai upaya menutupi orientasi seksual yang dianggap “aib”.

Bagaimana akhir kisah drama yang diadaptasi dari  web novel "Wedding Impossible” by Song Jung-Won (published January 6 - August 15, 2017 via Kakao) ini?

Yuk atuh kita bahas:

Baca juga:

Love to Hate You, Peliknya Pacaran dengan Selebriti

Perfect Marriage Revenge, Kisah Cinderella yang Terbebas dari Cowok Mokondo

maria-g-soemitro.com


Jun Jong-Seo sebagai Na A-Jeong

Merintis karir sebagai aktris, Na A-Jeong mempelajari berbagai keahlian seperti bela diri dan menunggang kuda. Sayang nasib baik belum berpihak. Berulangkali Na A-Jeong hanya mendapat peran kecil, bahkan hanya sebagai stuntman (pemeran pengganti).

Na A-Jeong merasa galau. Adiknya married by accident dengan seorang pria yang tengah merintis sebagai novelis. Sehingga sebagai anak sulung, dia menjadi tumpuan harapan orangtuanya.

Kepulangan sahabatnya, Lee Do-Han dari Amerika Serikat memberi peluang Na A-Jeong menjadi kaya dan terkenal. 

 

maria-g-soemitro.com

Moon Sang-Min sebagai Lee Ji-Han

Sebagai cucu bungsu dari kakek Hyun Dae-Ho, pemilik LJ Group, Lee Ji-Han merasa mendapat perlakuan diskriminatif dari sang kakek.

Tidak saja enggan mengakui Lee Ji-Han sebagai cucunya di depan umum, Lee Ji-Han juga harus bekerja sebagai karyawan biasa pada salah satu perusahaan LJ Group.

Namun Lee Ji-Han tidak mau menyerah. Berbagai cara dilakukan agar sang kakek mau mengakuinya dan menjadikannya pewaris LJ Group.

Rencananya diambang kegagalan ketika mendadak Lee Do-Han,  kakaknya tercinta, menolak menikahi Yoon Chae-Won, pewaris Taeyang Group dan memilih menikah dengan Na A-Jeong, seorang perempuan biasa.

  

maria-g-soemitro.com

Kim Do-Wan sebagai  Lee Do-Han

Sebagai pria gay, Lee Do-Han bersyukur memiliki Na A-Jeong, sahabatnya selama 15 tahun, sahabatnya sejak duduk di bangku sekolah.

Persahabatan keduanya begitu tulus. Semula Na A-Jeong tak mengetahui bahwa Lee Do-Han merupakan cucu konglomerat, pemilik LG Group yang kaya raya.

Lee Do-Han harus membuka rahasia latar belakangnya ketika dirinya terpojok. Kakeknya memaksa Lee Do-Han menikahi Yoon Chae-Won, pewaris Taeyang Group, dan berencana menurunkan tampuk kepemimpinan LG Group padanya.

Lee Do-Han berpikir kakeknya akan menyerah jika dia menikah dengan Na A-Jeong, seorang perempuan dari kalangan biasa.

Tak teduga, sang kakek ternyata menyetujui pernikahan tersebut.

  

maria-g-soemitro.com

Sinopsis Drama Korea Wedding Impossible

Kau tahu, mengapa kau selalu ketakutan adanya skandal

Karena kau tak punya kekuasaan

Jika ingin melindungi orang-orang di sekitarmu

Kau harus melindungi dirimu sendiri  dahulu

Dengan posisi yang terlalu tinggi untuk dijangkau

Demikian nasihat kakek Lee Do-Han pada cucunya. Sebagai pemilik LJ Group, sang kakek mengetahui orientasi seksual Lee Do-Han yang berbeda bakal jadi sasaran empuk media, serta pihak-pihak yang tidak menyukai Lee Do-Han.

Karena itu, sang kakek berencana menjodohkan Lee Do-Han dengan Yoon Chae-Won, pewaris Taeyang Group. Dilanjutkan dengan menetapkan Lee Do-Han sebagai salah satu direktur perusahaan yang dimiliki LJ Group. 

Lee Do-Han menolak. Dia memilih melakukan kawin kontrak dengan Na A-Jeong, sahabatnya selama 15 tahun yang tentu saja telah memahami kelemahan Lee Do-Han. Rencananya, setelah 3 tahun pernikahan, keduanya akan bercerai.

Perjanjian kawin kontrak ini sebetulnya juga menguntungkan Na A-Jeong. Dalam sekejap dia bisa jadi kaya raya dan terkenal. Toh karirnya sebagai aktris tak menunjukkan kemajuan. Bertahun-tahun Na A-Jeong hanya mendapat peran kecil  dan kerap menjadi sasaran empuk kemarahan aktris, pemegang peran utama.

Walau menguntungkan, Na A-Jeong galau. Bagaimana jika rahasia kawin kontrak terbongkar? Bukankah mereka bisa dituntut melakukan penipuan?

Rintangan lain datang dari Lee Ji-Han, adik kandung Lee Do-Han. Tanpa mengetahui kelemahan sang kakak, dia tidak setuju kakaknya menikahi perempuan dari kalangan masyarakat biasa.

Agar pernikahan tersebut batal, Lee Ji-Han merayu Na A-Jeong dengan berbagai macam cara. Sayang hasilnya sungguh tak terduga. Lee Ji-Han malah jadi jatuh cinta pada Na A-Jeong, demikian pula sebaliknya. 

Sangat dilematis. Semula Lee Ji-Han berambisi menjadi orang nomor satu di LJ Group. Dan jalannya sudah diberikan sang kakek, yaitu dengan menikahi Yoon Chae-Won, pewaris Taeyang Group.

 

maria-g-soemitro.com

Review Drama Korea Wedding Impossible

Akhirnya nemu drama Korea yang akting pemeran utamanya “C” saja. Akting Moon Sang-Min yang berperan sebagai Lee Ji-Han dalam drama Korea Wedding Impossible, kerasa kaku banget.

Sungguh aneh. Berbeda dengan drama Asia (drama Thailand, drama Cina dan lainnya), keunggulan drama Korea terletak pada akting aktor/aktrisnya. Bahkan sering ditemui akting pemeran pendukung yang sama bagusnya dengan pemeran utama.

Apakah honor aktor/aktris berkualitas bagus sudah setinggi langit? Sehingga para produsen drama Korea melirik aktor/aktris pendatang baru yang hanya bermodalkan ganteng/cantik.

Setidaknya itulah yang terjadi pada drama Korea The Impossible Heir yang diberi nilai 1 dan rata-rata 6,9 di Mydramalist, gara-gara FL-nya, aktris Hong Su-Zu pendatang baru yang aktingnya buruk banget, malah nyaris diberi nilai 0 oleh reviewers.

Dibanding Hong Su-Zu, aktor Moon Sang-Min lebih beruntung. Lawan mainnya, Jun Jong-Seo berhasil menutupi kelemahan Moon Sang-Min. Peraih penghargaan Best Actress ("The Call")  pada 2021 (57th) BaekSang Arts Awards ini berakting cemerlang sebagai Na A-Jeong, seorang aktris multi talenta.

Plot kisah yang kurang greget jadi kelemahan lain dari drama Korea “Wedding Impossible”. Sebetulnya idenya lumayan bagus, tentang pemuda gay yang berusaha menutupi keadaannya dengan kawin kontrak. 

Sayang karakter dan kisah Lee Do-Han, pemuda gay yang diperankan Kim Do-Wan kurang digali. Sajian drama Korea Wedding Impossible hanya berputar-putar di seputar Lee Ji-Han yang ingin menggagalkan kawin kontrak, dan Na A-Jeong yang galau antara meneruskan atau membatalkan kawin kontrak.

Andai dianalogikan, drama Korea “Wedding Impossible” mirip masakan kurang garam. Walau bahan bakunya komplit, tapi jika kurang garam ya jadi kurang sedap.

Bahkan penonton dibikin bingung dengan hubungan Lee Ji-Han's Family. Sesudah buka laman asianwiki baru paham bahwa 4 cucu sang kakek pemilik LJ Group, ternyata berasal dari ibu yang sama, tapi beda ayah.

Hyun Su-Hyeon, anak perempuan sang kakek semula menikah (mungkin nikah paksa) dengan Choi Joong-Chan, dan memiliki 2 anak: Perempuan (Choi Seung-A) dan laki-laki (Choi Min-Woong)

Kemudian dia menikah lagi (mungkin kali ini dengan pujaan hati) dan punya 2 anak laki-laki: Lee Ji-Han dan Lee Do-Han yang menjadi pemeran utama drama Korea “Wedding Impossible”.

Dengan kata lain, penonton dipaksa untuk menebak-nebak. Dan seperti dapat pekerjaan rumah, membuat rangkaian cerita sendiri.  

Drama yang bagus kan seperti bertemu story teller yang berkisah runut sejak awal sampai akhir, tak lupa memasukkan plot twist yang bikin penonton paham, kemudian tersenyum, marah atau menangis.

Jadi penasaran dengan web novel-nya,  Apakah rasanya “cemplang” seperti dramanya?

Untunglah cuma 12 episode, jadi bisa cepat rampung dan menulis review ini 😀😀

Baca juga:

Destined with You, (Bukan) Akibat Mantra Cinta

Strangers Again, Tragedi Pengacara Perceraian yang Bercerai


Profile

    Drama: Wedding Impossible

    Revised romanization: Wedding Impossible

    Hangul: 웨딩 임파서블

    Director: Kwon Young-Il

    Writer: Song Jung-Won (web novel), Park Seul-Ki, Oh Hye-Won

    Network: tvN

    Episodes: 12

    Release Date: February 26 - April 2, 2024

    Runtime: Monday & Tuesday 20:50

    Language: Korean

    Country: South Korea


8 comments

  1. Aku kok baca reviewnya jadi penasaran ya sama dramanya, kawin kontrak kayak gink tuh menarik banget buat di tonton, kayaknya bakalan seru banget nih..

    ReplyDelete
  2. penasaran sama karakter Lee Ji-Han ini, intrik apa nih yang dia lakukan buat jadi pewaris. apakaah sama dengan intrik ala sinetron kita, tapi keknya gak lah ya, kalau drakor suka gereget intriknya

    ReplyDelete
  3. Sayang banget ya Mbak. Cerita sudah diolah menarik dengan premis yang seharusnya bikin greget, akhirnya harus tumbang karena casting yang kedodoran. Tapi memang "meramu" tokoh gay tuh dilematis menurut saya. Apalagi untuk sineas Asia. Jika pun tak dilarang, seperti di Korea ini, secara tak langsung batasan-batasan adegan karakter gay itu sesungguhnya masih kuat.

    ReplyDelete
  4. Aku dikit lagi selesai nih. Baru smp episode 10, blm lanjut lagi di Prime. Gemes sih muter² kirain msh lama smp 16 episode...

    ReplyDelete
  5. Hihii.. C aja yaa Ambu.
    Memang stereotype si lead femalenya tuh kudunya main drama badas. Pas dikasi romcom, asa lucu yang bikin "errggg"...

    Tapi gapapa, asal masi ada mas Moon Sang Min.
    Ku bertaban karena visualnya.. hihii~

    ReplyDelete
  6. Sebuah pernikahan itu sejatinya ingin mendapatkan kebahagiaan Lahir batin ya Mbak. Tapi kalau dari awal Sudah dilandasi kepalsuan, ya pasti akan berakhir men cerita. Apalagi kalau cowok nya Ga ya, Mbak. Jujur saja daripada semua tersiksa dan penderita.

    ReplyDelete
  7. Waaaa menarik konfliknya. Lee Do Han yang gay mau pura-pura nikah aka kawin kontrak sama na a jong sahabatnya. Eh adeknya pengen biar batal pernikahannya tapi malah jatuh cinta sama na ajong dan sebaliknya. Mau aku masukkin ke list tontonan ah

    ReplyDelete
  8. tema Pernikahan kontrak ini sudah banyak ya Ambu di drama Korea. namun untuk menutupi orientasi seksual baru ini saya denger. Pasti seru banget nih. APalagi saya belum ada wistlist drakor kayaknya bakal nonton Wedding Imposibble aja

    ReplyDelete