Wajib Hadir! di Gelaran KKJ-PKJB 2023 yang Mempesona

      
maria-g-soemitro.com

Wajib Hadir! di Gelaran KKJ-PKJB 2023 yang Mempesona

Mengapa wajib hadir? Karena di gelaran KKJ (Karya Kreatif Jawa Barat) – PKJB (Pekan Kerajinan Jawa Barat) 2023, pengunjung  bakal terpesona dengan kekayaan alam Indonesia yang tersaji dalam gebyar busana,  selembar kain, craft dan aneka produk lainnya.

Bayangkan, selembar kain dibentang. Di atas kain disusun berbagai jenis daun, bunga, dan ranting yang mencerminkan flora di Indonesia yang begitu kaya. Setelah melalui serangkaian proses, maka daun, bunga, ranting diangkat, dannn…terciptalah selembar wastra mempesona.

Sungguh slay, atau menakjubkan menurut bahasa gaul. Sebagai bukti bahwa kekayaan bumi Indonesia sangat bisa meningkatkan perekonomian. Bahkan perekonomian yang berkelanjutan atau ekonomi hijau. Karena keduanya, baik perekonomian maupun ekosistem bumi harus berjalan beriringan, saling melengkapi.

Baca juga:

3 Alasan Membeli Barang Mewah

Kalpataru, Jejak Kang Deden Pulihkan Ekosistem Karst Citatah

Daftar Isi

  • Karena Pembangunan Ekonomi Harus Bersinergi dengan Ekosistem Bumi
  • Tentang Event Tahunan KKJ-PKJB 2023
  • Pre Event – Menuju Karya Kreatif Jawa Barat
  • Mengapa Wajib Datang ke Gelaran KKJ-PKJB 2023

Demikian pesan kuat gelaran KKJ-PKJB 2023 yang bertemakan “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat”. Setelah tahun sebelumnya, yaitu KKJ-PKJB 2022 bertemakan “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan".

Harus ada sinergi antara ekonomi hijau dan keuangan inklusif agar tercipta akselerasi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Jika tidak, maka akan terjadi trade off, atau pembangunan yang merusak ekosistem bumi, dan berakhir dengan terhambatnya pertumbuhan ekonomi.

Tentang Event Tahunan KKJ-PKJB 2023

Mengusung semangat UMKM Jabar Gaspol (Gaspol singkatan dari Green, Accelerative, Sustainable, Progressive, innOvative, inclusive), tahun ini kantor perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan Dekranasda Jawa Barat untuk ke-lima kalinya menggelar event tahunan KKJ-PKJB.

Seperti gelaran tahun lalu, event KKJ-PKJB 2023 juga focus pada ekonomi hijau,  mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI)

Karena seperti telah diuraikan di atas, masih banyak kekayaan alam Indonesia yang terpendam. Sehingga muncul banyak innovator yang membutuhkan dukungan untuk menampilkan karya mereka.

Diantara para innovator yang akan unjuk kebolehan adalah:

   

maria-g-soemitro.com

Deden Siswanto dengan kain Batik Sutra Viera yang mempesona

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa salah satu produk unggulan Garut, Jawa Barat adalah kain sutra. Diantaranya adalah UMKM Viera Sutra Alam yang bergerak di bidang Tenun Sutra Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), yang terkenal dengan sutra bulu dan batik sutra khas Garut dengan kisaran harga mulai dari Rp80.000 hingga jutaan rupiah.

Kain batik sutra Viera inilah yang akan digarap Deden Siswanto, perancang busana yang terkenal dengan rancangannya yang elegan dan mewah, menjadi adi busana.

    

maria-g-soemitro.com

Harrry Ibrahim dengan kain Tenun Sutra Isam

Harry Ibrahim, perancang busana dari Kota Bandung ini  selalu mengedepankan konsep yang sederhana, atraktif, elegan dan ekslusif. 

Pada helatan KKJ-PKJB 2023, Harry akan merancang kain sutra garut buatan perajin Isam Samsudin yang dibuat secara handmade dengan bantuan peralatan tradisional sejak 2008

   

maria-g-soemitro.com

Rya Baraba dengan kain Arae yang mencerminkan keindahan alam Indonesia

Terkenal dengan konsep eksentrik dan mewah, desain busana Rya Baraba disukai para pejabat seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu.

Dalam event KKJ-PKJB 2023, Rya Baraba akan unjuk kebolehan merancang busana dengan Arae Ecoprint yang juga dikenal sebagai “batik alam”, karena dibuat dengan menempelkan daun, bunga, ranting dan lainnya.

Berkas beragam flora tersebut menyisakan jejak corak dan warna unik di atas kain.

Baru berkisah tentang fashion show, langsung terasa emejingnya kekayaan alam Indonesia, khususnya provinsi Jawa Barat bukan? Gak berlebihan KKJ-PKJB 2023 mengusung tema  “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat”

Berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 7 s.d. 9 Juli 2023 di area Gedung Sate, Bandung. KKJ-PKJB 2023 terselenggara atas kerjasama dan sinergi antara Bank Indonesia, Kementerian dan Kelembagaan terkait, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Perbankan, dan Instansi terkait.

Pengunjung akan terpesona dengan destinasi wisata Jawa Barat yang ditampilkan dalam atraksi budaya Jawa Barat, fashion show, dan kegiatan lainnya. Juga akan tersaji showcase produk UMKM premium asal Jawa Barat dan berbagai interactive booth

   

maria-g-soemitro.com

Pre Event – Menuju Karya Kreatif Jawa Barat

Sebelum menuju gelaran akbar Karya Kreatif Jawa Barat) – Pekan Kerajinan Jawa Barat) 2023, sejumlah kegiatan disiapkan yang dapat diikuti kalangan tertentu maupun masyarakat luas. 

Apa saja? Ini dia:

Wastra Dance Competition

Dance Competition pastinya sudah familier, tapi bagaimana dengan wastra dance competition. Menurut KBBI, wastra berarti kain tradisional yang memiliki makna dan simbol tersendiri yang mengacu pada dimensi warna, ukuran, dan bahan, contohnya batik, tenun, songket dan sebagainya.

Jadi bagaimana hasil perpaduan antara dance dengan wastra yang penuh makna? Waw, pastinya sangat indah dan bikin bangga bukan?

Zero Wate Fashion Competition

Zero Waste bermakna nol sampah atau bebas sampah. Suatu lifestyle yang sedang digalakkan diskala global, mengingat sampah di darat dan laut sudah mengancam keberlanjutan lingkungan hidup (Environmental sustainability).

Jadi penasaran ingin segera menyaksikan gebyar Zero Wate Fashion Competition, pastinya unik dan shopisticated ya?

Ngabaraya Fashion Walk

Ngabaraya merupakan Bahasa Sunda yang artinya kerabat. Bagaimana dengan Ngabaraya Fashion Walk? Wah jadi terbayang gumushnya akulturasi budaya Sunda yang terkenal guyub, hangat dan ramah dalam fashion walk.

   

maria-g-soemitro.com

Karya Kreatif Competition

Merupakan TikTok Competition yang bisa diikuti seluruh lapisan masyarakat. Tujuannya untuk memberi inspirasi tentang kegiatan KKJ – PKJB 2023, serta mendorong interaksi dengan penonton.

Pastinya sangat menarik, karena selain hadiah uang, pemenang juga akan mendapat plakat, sertifikat dan voucher uang belanja produk UMKM

Tertarik ikutan? Syarat dan ketentuan bisa dilihat di atas ya?

   

maria-g-soemitro.com

Mengapa Wajib Datang ke Gelaran KKJ-PKJB 2023

Ya, jika tidak datang ke gelaran KKJ-PKJB 2023 bakalan nyesel, karena akan ada banyak kegiatan yang bisa diikuti dan disaksikan.

Perinciannya sebagai berikut:

Showcasing UMKM

Seperti telah diuraikan di atas, banyak yang tidak menyangka bahwa Garut menyimpan innovator sutra yang dibuat dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM),

Pengunjung  KKJ-PKJB 2023 tidak hanya bisa memuaskan mata juga berbelanja produk asli Indonesia yang berkualitas tinggi ini. Serta produk lainnya yang tak kalah mempesona dan memanjakan penggemarnya.

Jadi, gunakan sebaik-baiknya event yang hanya dihelat setahun sekali ini, ya?

Business Matching

Kolaborasi business people dengan pelaku UMKM? Kini saatnya. Karena tak kurang dari 103 UMKM akan menampilkan produk terbaik mereka.

Implementasi QRIS

Bagaimana rasanya berbelanja hanya dengan mengandalkan smartphone? 

Ya, selamat datang di dunia digital. Dalam gelaran KKJ-PKJB 2023 gak ada ceritanya bayar cash untuk kulineran dan belanja produk UMKM lainnya. Semua transaksi wajib menggunakan QRIS. Wajah proses transaksi keuangan di masa depan.

Dan di gelaran KKJ-PKJB 2023, kita memulainya.

Sosialisasi dan Edukasi

Ingin tahu lebih banyak tentang implementasi QRIS, produk UMKM serta seputar keuangan lainnya? Di event KKJ-PKJB 2023 pengunjung akan mendapat jawabannya, sesuai semangat  UMKM Jabar Gaspol (Gaspol singkatan dari Green, Accelerative, Sustainable, Progressive, innOvative, inclusive),

Helaran Industri Kreatif

Tas, aksesori, busana, selembar kain dan produk lain yang lahir dari kreativitas masyarakat Jawa Barat, bisa ditemukan di helatan Karya Kreatif Jawa Barat–Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023

Jangan sampai kaget dan terpana: “Oh ini terbuat dari ….”.

Workshop Competition

Wastra Jawa Barat untuk busana office look? Bisa banget. Bagi masyarakat kreatif Jawa Barat, apa sih yang gak bisa?

Fashion Show

Bagaimana jadinya seuntai kain  wastra Jawa Barat  bertransformasi menjadi sehelai busana yang mengagumkan?

Pengunjung akan menyaksikan, karena selain serangkaian lomba (Wastra Dance Competition, Zero Wate Fashion Competition dan Ngabaraya Fashion Walk) juga aka nada gebyar fashion show hasil rancangan desainer Bandung yang sudah mendunia, yaitu: Deden Siswanto, Harrry Ibrahim dan Rya Baraba.

Performance

Ingin menyaksikan tarian kolosal oleh MOU? Pagelaran Merak Ngibing? Serta performance lainnya bisa disaksikan dalam helatan Karya Kreatif Jawa Barat–Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023

Bagaimana? Udah mupeng belum dengan kekayaan alam Indonesia yang terwujud dalam sehelai kain, busana, serta produk lainnya?

Jadi, jangan sampai terlewat ya? Bertempat di Gedung Sate Bandung, pagelaran Karya Kreatif Jawa Barat–Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 akan dilaksanakan pada 7-9 Juli 2023.

Baca juga:

10 Hal Suka Duka Tinggal di Apartemen Indonesia

Istana Sublim, Solusi UMKM Mencipta Kaya dengan Modal Minim


11 comments

  1. slaayyyy bangeettt
    banyak produk menarik yg bikin mupeenggg.
    wastra nusantara emang ciamik bgt
    aku sukaaaaa

    ReplyDelete
  2. Buat masyarakat yg datang sekaligus mendukung karya kreatif juga ya Ambu?

    Bisa tambah masukan nih soal fashion dan serunya ada perform juga.

    ReplyDelete
  3. MashaAllah. Batik sutra nya keren banget Mbak. Cantik bener itu kalau dibuatkan gamis buat acara-acara resmi. Semoga bisa datang dan mampir ke event ini ah. Gemes pengen lihat beragam kriya dari provinsi Jawa Barat

    ReplyDelete
  4. Wajib hadir memang di KKJ-PKJB 2023 ini ya, Mbak Maria. Selain bisa melihat beragam kekayaan alam Indonesia lewat selembar kain, juga beragam acara seru juga ada. Ini juga pastinya bisa meningkatkan UMKM Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Ikut bayangin selembar kain digelar di atasnya diberi berbagai macam daun, bunga, dan ranting lalu tercipta sebuah mahakarya yang cantik sekaligus ramah lingkungan. Karya kain-kainnya juga indah apalagi yang Arae ^^
    Acaranya keren, semoga nanti lancar dan tujuannya tercapai semua..

    ReplyDelete
  6. Wah bagus-bagus nih produknya. Saya suka kain tentu sutra ama Kain sutra viera. Save the date ah tanggal 7-9 Juli ke Gedung Sate. Pasti seru liat langsung gelaran KKJ-PKJB 2023

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget ini event-nya. Kain2nya cakep2, bagus aja sih buat beraktivitas pesta maupun baju kantoran gitu.
    Jadi penasaran apakah di garut ada penangkaran dan peternakan ulat sutra gtu bund penghasil bahan sutra?

    ReplyDelete
  8. Bagus banget acaranya ya mbak, selain melestarikan budaya bangsa juga mengangkat perekonomian lokal, semoga berkesinambungan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang perlu banget ya, acara2 performance yang mengangkat kerajinan tangan, seni dan budaya, supaya terus lestari.

      Delete
  9. Wah, pagelaran Karya Kreatif Jawa Barat–Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 masih bulan depan. Dan keseruannya uda kebayang banget. Jadi buat wargi Bandung dan sekitarnya, jan ketinggalan di tanggal 7-9 Juli 2023 yaa..

    ReplyDelete
  10. Wajib hadir nih ke Gedung Sate Bandung, mumpung ada pagelaran Karya Kreatif Jawa Barat–Pekan Kerajinan Jawa Barat 2023 pada 7-9 Juli 2023. Mau nonton fashion show dan performance kreatif lainnya juga belanja pastinyaaa...Yeay!!

    ReplyDelete