Self Love, Karena Anda Sangat Berharga!

        
maria-g-soemitro.com

Self Love, Karena Anda Sangat Berharga!

“Saya ditendang dari kamar kost saya,” kata perempuan itu. Wajahnya muram, namun tanpa tangis. Tanpa airmata. Mungkin kesakitan bertubi-tubi membuatnya imun.

Saya ingat, pernah tanpa sengaja membaca coretan yang tergeletak di meja. Perempuan itu menulis betapa kekasihnya sangat kejam. Kesalahan sepele, seperti lupa mematikan kran bisa berakibat pukulan atau sundutan rokok. Tak heran tubuhnya penuh memar.

Pertanyaan yang muncul, apakah perempuan ini tak mencintai dirinya? 

Bahkan orang tua yang telah bersusah payah melahirkan, merawat, membesarkan dan mendidiknya hingga dewasa, tak pernah memukulnya. Apalagi menganiaya sampai lebam kebiruan. 

Tapi pertanyaan sesederhana itu tak kan terjawab apabila si perempuan tak menyadari betapa pentingnya mencintai diri sendiri. Self love bukanlah kemewahan. Self love adalah akar.

Seseorang tak bisa mencintai orang lain sebelum mencintai diri sendiri tanpa syarat. Karena jika kita mencintai diri sendiri dengan syarat, kita tak bisa mencintai orang lain tanpa syarat.

Bagaimana mungkin memberi orang lain, sesuatu yang tidak kita miliki?

Baca juga:

Self Love, Saat perceraian Menjadi Solusi

Perempuan Melek Politik? Harus Atuh!

Daftar Isi:

  • Self Love, Karena Setiap Jiwa Sangatlah Berharga
  • Self Love Bersama Muara Makarim
  • Self Care Tanpa Harus Boros Bersama Mada Aryanugraha

Pertanyaan yang ingin saya lontarkan pada perempuan tersebut muncul kala FWD Insurance menggelar webinar FWD Bebas Berbagi “Pentingnya Self-love, Self-care Tanpa Harus Boros, pada 21 April 2022. Event yang inspiratif ini menghadirkan 2 narasumber keren, yaitu:

  • Muara Makarim, Self Love – Purpose Life Coach
  • Mada Aryanugraha, Financial Consultant, Co-founder & CEO @Sipundi.id

Di abad ke-18, Ibu Kartini berjuang agar kaum perempuan bisa setara dengan kaum pria. Perempuan harus bisa sekolah, meniti karir dan berprestasi seperti kaum pria. 

Perjuangannya membuahkan hasil, sejumlah perempuan menduduki kursi menteri di zaman Presiden Jokowi. Delapan orang di perode pertama, dan 5 orang di periode berikutnya.

Perempuan juga memegang jabatan penting seperti Direktur Utama Pertamina, BUMN yang sangat macho dan dulu didominasi pria, sekarang dipegang Nicke Widyawati. Setelah sebelumnya digawangi Karen Agustiawan, yang karena prestasinya pernah tercantum dalam daftar Asia's 50 Power Businesswomen versi majalah Forbes.

Dan itu semua harus dimulai dengan self love. Jabatan setinggi apapun, mampu diemban perempuan apabila dia mampu menjaga kesehatan mental, kesehatan yang tak nampak namun sangat berperan terhadap kebahagiaan seseorang.

Orang yang memiliki self love akan mampu menghargai dirinya sendiri, mampu berteman dengan dirinya sendiri sehingga menjadi individu yang lebih baik untuk dirinya dan orang lain.

    

maria-g-soemitro.com

Self Love Bersama Muara Makarim

Jadi bisa dipahami betapa pentingnya materi Muara Makarim yang berjudul ‘Unshakable Self Confidence’ bukan? Sangat berkaitan dengan materi FWD sebelumnya, bagaimana mungkin seseorang mampu mencintai orang lain jika dia tak mencintai diri sendiri?

Muara Makarim memulai materinya dengan mengajak peserta menilai diri sendiri dengan  scoring terkait kepercayaan diri dalam hal:

  • Finance
  • Career
  • Physical/health
  • Emotions 
  • Relationship

Dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Where am I right now?
  • Where do I need to invest more?
  • Where do I need to maintain?
  • How to get there?

Misal dalam hal karir cukup memuaskan, apakah harus kita maintain? Atau sebaliknya, tanyakan pada diri sendiri, apakah ada aksi yang bisa kita lakukan.

Untuk setiap kategori (Finance, Career, Physical/health, Emotions , Relationship) tetapkan satu aksi yang bisa dilakukan, kemudian focus untuk melakukannya.

Selanjutnya disiplin melakukan daily habit, yaitu

Gratitude list about Yourself 

Setiap pagi buatlah daftar gratitude, seperti: “Saya bersyukur karena saya orang ramah”. Minimal tuliskan 3 hal tentang Anda yang patut disyukuri.

Set small bite-size goal daily. Get things done 

Tetapkan aktivitas bermanfaat, misalnya jalan kaki di pagi hari. Lakukan terus menerus hingga menjadi kebiasaan. 

Choose 1 thing daily that make you feel uncomfortable – results is your feedback 

Gak pede melakukan presentasi? Mulailah mengajukan  pertanyaan saat meeting, atau mengajukan ide, sampai akhirnya terbiasa bicara di depan orang banyak.

Set intention (daily visualization) 

Ada hal yang sulit dilakukan? Misalnya gak pede menyapa dan ngobrol dengan seseorang? Tetapkan sebagai niat hari itu, kemudian lakukanlah.

Secara periodik, lakukan  self confidence check, dengan cara:

  • Ambilah list di atas (Finance, Career, Physical/health, Emotions , Relationship) yang telah diberi score 1-10.
  • Setelah 6 bulan beri penilaian, apakah nilainya berubah? Membaik atau malah memburuk? Apakah mindset berubah setelah melakukannya?

       

maria-g-soemitro.com

Selain membuat list tentang intentions yang akan dilakukan, optimasi hasilnya dengan membiasakan diri dengan beraktivitas di pagi hari, 1 jam lamanya:

  • Buatlah jurnal, dan meditasi membayangkan apa yang akan dilakukan hari itu.
  • Grounding (nyeker, menginjak tanah selama 5-15 menit, karena alam mengeluarkan ion yang mengatur kebahagiaan), sun (berjemur beberapa menit, dan membaca buku.
  • Rebounder (olah raga dengan menggunakan trampoline).

Setiap paginya, agar sehat fisik dan mental, serta tombol di otak bisa bekerja optimal, biasakan mengonsumsi nutrisi yang terdiri dari:

  • Big breakfast (protein + fiber)
  • Keto coffee

Sebagai penutup, Maura memberi nasehat:

“Smile, be kind, contribute’s to people lives, be warmest person in the room”

        
maria-g-soemitro.com

Self Care Tanpa Harus Boros Bersama Mada Aryanugraha

Self Care merupakan bagian dari self love yang umumnya terkait fisik seperti perawatan diri, menonton, mendengarkan musik dan lainnya. Nampak lebih mudah dilakukan, namun terkesan boros.

Agar tidak terjadi pemborosan, Mada Aryanugraha memberikan sejumlah jurus jitu dalam hal pengelolaan keuangan, yang dijabarkan melalui segitiga piramida keuangan pribadi. Terdiri dari:

  • Keamanan: Proteksi (Asuransi) Management Resiko, Arus Kas Positif dan Dana Darurat
  • Kenyamanan: Warisan dan Distribusi Kekayaan, Dana Hari Tua, Tujuan Keuangan

Bagaimana segitiga piramida keuangan pribadi bisa membantu pengelolaan keuangan? Yuk kita breakdown:

Keamanan Keuangan

Merupakan prioritas pertama dalam perencanaan keuangan karena harus dipenuhi dalam jangka pendek, menyangkut pengelolaan arus kas, dana darurat dan utang. Jumlahnya yang besar membuat keamanan keuangan menempati posisi paling bawah piramida.

Seseorang memiliki keamanan keuangan seseorang sehat jika mampu mencukupi kebutuhan selama 12 bulan ke depan. Berikut strategi yang harus ditempuh:

  • Buat anggaran keuangan, agar tidak terjadi pemborosan.
  • Buat catatan keuangan. Harus tertib mencatat pemasukan dan pengeluaran. Jika mempunyai bisnis, pisahkan catata keuangannya.
  • Anggarkan dana darurat (emergency fund) sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.
  • Anggarkan dana untuk Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan.

Mengapa harus menganggarkan asuransi?

“Karena selain merupakan bentul self care, dengan memiliki asuransi, kepercayaan diri seseorang akan bertambah,” kata Mada Aryanugraha.

Sebaliknya, jika mengabaikan asuransi , mereka terjebak budaya konsumtif. Gaji tidak dikelola dengan baik. Akhirnya terjadi pemborosan, dan stress deh.

Mada Aryanugraha memberi contoh beberapa kondisi:

  • Saat baru mulai kerja, fondasi belum kuat, dia malah menyicil rumah/sepeda motor, akhirnya gak sanggup bayar dan asset harus dilelang.
  • Seseorang yang baru mulai kerja juga kerap bergaya hidup konsumtif dan melakukan pembenaran atas keputusannya.
  • Akhirnya, gara-gara hanya fokus pada kebutuhan konsumtif dan abai pada kebutuhan masa depan, mereka terjebak kartu kredit, pay later dan bentuk pinjaman lainnya.

Perlu diingat bahwa perencanaan keuangan tidak terkait si miskin dan si kaya. Percuma kaya jika tidak mampu mengelolanya, tujuan keuangan menjadi sulit tercapai.

Yang terpenting adalah tujuan keuangan. Walau uangnya sedikit tapi terencana dengan baik maka tujuan sejahtera bisa dicapai.

      

contoh anggaran, sumber: fwd_id

Kenyamanan Keuangan

Kenyamanan keuangan merupakan kebutuhan keuangan jangka menengah (1-5 tahun) dan jangka panjang (>5 tahun). Mereka yang nyaman secara keuangan dapat memenuhi biaya untuk liburan ke luar negeri, perjalanan ibadah, menyiapkan uang muka beli rumah, dana pendidikan anak, dana pensiun, dan lainnya.

Sebaliknya, mereka yang tidak nyaman secara keuangan cenderung tidak bahagia dan mempunyai banyak tekanan keuangan. 

Untuk mencapai kenyamanan finansial, berikut ini jurus jitunya:

  • Tentukan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.
  • Buat rencana keuangan agar rencana keuangan bisa terpenuhi.
  • Jangan lupa rencanakan pensiun. Ingin bebas finansial di usia muda? Bisa banget mengikuti langkah Steve Adcock yang berhasil bebas finansial pada usia 35 tahun.
  • Pilihlah investasi yang sesuai dengan profil agar bisa mengoptimasi uang yang dimiliki. Jangan lupa pula siapkan warisan, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha, agar usaha yang dibangun tidak sia-sia.

Ternyata semudah itu self-care tanpa harus boros ya?

Jadi, jangan ditunda. Yuk, kita praktekan jurus-jurus cerdas yang dibagikan Muara Makarim dan Mada Aryanugraha. Semoga sukses!

Baca juga:

Burnout Syndrome pada IRT dan 5 Tips Mengatasinya

Bicara Perempuan Berdaya di International Women’s Day 2022


22 comments

  1. Buat anggaran keuangan juga termasuk self care ya Ambu, biar terencana.
    Kalau enggak, ya pusing sendiri mikirin duit :D
    Sering banget tuh kita jumpai, bahkan mungkin juga saya pernah di posisi itu, ketika dapat rezeki, bukannya ditabung, malah nambahin pengeluaran, hiks

    ReplyDelete
  2. Self care identik dengan boros, padahal bisa juga kita lakukan tanpa harus keluar cuan. Insightful ini, Ambu, pemaparan dari dua narasumbernya, termasuk mengingatkan dengan memiliki asuransi kita akan tambah percaya diri!

    ReplyDelete
  3. Self love gak mesti harus foya-foya ngabisin duit, tetapi justru memanfaatkannya untuk mengelola keuangan biar kedepannya gak keok karena duit gak ada

    ReplyDelete
  4. Pertanyaan yang sangat menyentil "Bagaimana seseorang bisa mencintai orang lain sementara dia tidak bisa mencintai dirinya sendiri?" Ini bener banget. Karena sejatinya perasaan cinta dan kasih sayang akan muncul setelah diri kita sendiri paham akan makna cinta dan kasih sayang.

    Begitupun untuk urusan masa depan ya Mbak. Kita wajib bersiap diri dengan investasi agar tidak merepotkan orang lain, bisa mandiri, dan kokoh secara finansial dan kesehatan.

    ReplyDelete
  5. Mencintai diri sendiri itu penting. Caranya dengan melakukan self care
    Tapi mencintai diri sendiri nggak harus boros ya Ambu

    ReplyDelete
  6. Mencintai diri sendiri itu tau yang terbaik untuk diri kita sendiri baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat. Ingin jangan sampai tubuh ini menderita dunia akhirat.

    ReplyDelete
  7. Membaca ini sama kayak minum air dingin, sueger. Bagaimana mungkin mencintai orang lain tanpa syarat bila masih ada syarat dalam mencintai diri sendiri, duh, ini noted banget. Bisa jadi ketidakbahagiaan terjadi karena syarat-syarat yang kita ciptakan. Makasih ambu untuk reminder nya

    ReplyDelete
  8. Self care tanpa boros merupakan poin yang harus digaungkan di kepala. Ternyata banyak cara yang dapat dilakukan agar diri selalu tersenyum bahagia ya Ambu. Sangat sepakat wanita kudu menghargai dirinya, salah satunya dengan merencanakan keuangan dgn baik.

    ReplyDelete
  9. Self care tanpa boros, poin yang harus digaungkan di kepala. Ternyata banyak cara yang dapat dilakukan agar diri selalu tersenyum bahagia setiap waktu. Sangat sepakat wanita kudu menghargai dirinya, salah satunya dengan merencanakan keuangan dgn baik.

    ReplyDelete
  10. Betul juga ya mbak, selain perencanaan finansial yang baik ternyata asuransi juga wajib banget dianggarkan sebagai bentuk self care. Berpikir kedepan untuk masa depan agar kita punya pegangan dan ga bergantung sama orang lain.

    ReplyDelete
  11. Yap! Aku setuju banget tentang pentingnya self love san self care. Kita akan bisa membahagiakan atau mencintai orang lain jika kita mampu mencintai dan membahagiakan diri sendiri dahulu. Materinya keren ya mba! Rasa pengen gabung dan dengerin materinya secaa langsung juga nih.

    ReplyDelete
  12. Saya dulu pernah setiap pagi membuat daftar gratitude ini mbak, di tulis di kertas, terus dimasukkan ke stoples kaca. Akhir bulan di buka, terus di baca semua, rasanya seneng banget kayak buka celengan hehehe. Dari daftar itu, makin menyadari bahwa banyak hal yang bisa disyukuri dalam hidup saya

    ReplyDelete
  13. Secara logika saja bagaimana kita akan menghargai orang lain kalau terhadap diri sendiri saja kita abai. Karena itu saya tidak menolak ketika ada orang yg berpendapat kalau mau melihat kasih sayang seseorang terhadap lingkungannya, lihat saja dari bagaimana cara ia memperlakukan binatang di dekatnya.
    Kalau sama binatang aja dia sayang, Insyaallah katanya dia akan sayang pada diri sendiri dan juga lingkungannya
    Apalagi terhadap dirinya yang sangat berharga

    ReplyDelete
  14. makasih banget ambu udah share cerita tentang self care ini, apalagi tentang mendefinisikan posisi kita yg sekarang dengan menjawab 4 pertanyaan penting itu, ngebantu bgt buat describe diri

    ReplyDelete
  15. Wah, benar sekali ini.. Self care yg biasanya kita memanjakan diri dengan hal" yang kita inginkan.. Bisa juga kita ubah insight lain dengan cara yg tidak membuat boros..

    ReplyDelete
  16. Setuju banget sama quote ini mbak "Seseorang tak bisa mencintai orang lain sebelum mencintai diri sendiri tanpa syarat"

    Memang mudah banget ya untuk self care, merencanakan pensiun dini juga bagian dari self care.

    ReplyDelete
  17. Self care tanpa harus boros bisa kok, asal kita tahu caranya ya Ambu
    Karena sejatinya membahagiakan diri sendiri itu sederhana

    ReplyDelete
  18. Self love ini saya rasa harus di dasari dengan pengetahuan tentang diri sendiri. Lebih melihat kedalam, apa yang diinginkan, yang tidak. Apa yang disukai dan tidak. Dan buat boundaries diri sendiri. Itu aja udah self love menurut saya. Dengan begitu istilah healing sekadar melepas stress yang berulang tanpa hasil tidak akan terjadi lagi. Healing tanpa boros pun bisa dilakukan. Intinya, get to know our self, more and more.

    ReplyDelete
  19. Ilmu tentang self love ini ternyata dalam ya. Dimulai dari self love berlanjut ke self care. Ternyata memang kita memang perlu memperhatikan setiap hal yang kita putuskan.

    ReplyDelete
  20. Betul mba, sebenernya semudah itu ngga harus keluar biaya mahal untuk self love. Jadi semua orang bahkan yg kaga punya duit pun bisa kok sebenernya :D

    ReplyDelete
  21. wah ternyata baru tau self love mulai dari yang simple, olaharga, asupan bergizi dan perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Menarik sekali.

    ReplyDelete
  22. Aku percaya banget kalo self love bukan kemewahan yang ada namun dengan self love kita mulai hl yg sederhana dari diri sendiri, baik soal kesehatan, asupan makanan dllnya. Perlu ilmu2nya agar memahami apa itu selflove, self care yang kadang banyaknya disalahartikan ya, mbu.

    Intinya,mari mulai mencintai diri sendiri dan membanjiri dengan penuh rasa syukur.

    ReplyDelete