3 Cara Jitu Kaya Raya agar Gak Ngenes di Usia Senja

   
sumber: freepik.com

3 Cara Jitu Kaya Raya agar Gak Ngenes di Usia Senja

‘Muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga’

Pernah dengar kalimat utopis di atas?

Gak mungkin banget lah ya? Bahkan ‘crazy rich’ tidak melakukannya ya. Bisa dilihat dari Atta Halilintar dan Raffi Ahmad yang bekerja keras. Saat mendapat kontrak kerja mengisi acara sahur Ramadan di televisi, Raffi Ahmad harus rela tidur di mobil di area parkir studio televisi.

Jadi, di belakang layar penonton yang tertawa terbahak-bahak, ada ‘crazy rich’ yang banting tulang. Tidak bisa buka puasa dan sahur bersama keluarga, malah kerap tidak bisa menikmati waktu makan akibat padatnya jadwal.😢😢

Namun kerja keras saja tidak cukup. Jusuf Hamka, mantan supir truk yang kini memiliki harta triliunan rupiah membocorkan rahasia selain kerja kerasnya, yaitu saving/menabung dan cerdas mengelola keuangan!

Baca juga

Belajar dari Atta Halilintar, Milyader yang Gak Lulus SMA

Menjadi Goblok Dahulu, Pintar Kemudian

Daftar isi:

  • Tiga Cara Cerdas agar Kaya Raya dan Mandiri di usia senja
  • Felicia Putri Tjiasaka dan Jurus Kelola Uangnya
  • Gaya Hidup Minimalist Menurut Olga Agata
  • Henky Suryaputra dan Hikmah Pandemi Covid-19
  • Saving sambil Rebahan di Sampoerna Mobile Banking

Ah saya gak mau kaya raya seperti Raffi Ahmad, mungkin demikian kilah Anda.

Emang sih, gak semua orang bisa jadi sultan, tapi penting banget kerja keras di usia muda, agar punya bekal di hari tua. Ingat kisah Ibu Trimah yang ‘dibuang’ anak-anaknya ke panti jompo? Andai Ibu Trimah memiliki materi yang cukup, pasti hidupnya gak setragis itu bukan?

Atau yang terkini, selebriti senior yang sakit dan minta bantuan pada Presiden Jokowi serta Megawati. Padahal di masa jayanya dia kerap wara wiri di layar kaca. Ngenes banget sekarang melihat dia ‘mengemis’, harga dirinya di mana?

Nah, agar tidak kapiran di hari tua, Bank Sahabat Sampoerna menyediakan cara mudah saving melalui Sampoerna Mobile Banking yang launching secara virtual pada 27 Januari 2022. Pada kesempatan baik tersebut juga digelar  talkshow  berjudul “Hidup Minimalis untuk Masa Depan Maksimal” melalui channel Instagram dan YouTube Sampoerna Mobile Banking  dengan menghadirkan 

  • Felicia Putri Tjiasaka (Investment Storyteller)
  • Bapak Henky Suryaputra (Finance and Business Planning Director Bank Sahabat Sampoerna)
  • Olga Agata (Pelaku Hidup Minimalis)

Apa saja jurus cerdas yang ditawarkan 3 narasumber ini? 

Ternyata mudah kok, sayangnya kita sering mengabaikan dan berakhir gak terkumpulnya dana yang bisa menopang kondisi finansial di masa sulit.

   

maria-g-soemitro.com

Felicia Putri Tjiasaka dan Jurus Kelola Uangnya

Sebagai subscriber channel YouTube-nya  Felicia, saya merasa exciting mengetahui perempuan berambut panjang ini menjadi salah satu narasumber. Penjelasannya selalu lugas dan tegas, Problem keuangan sulit jadi terasa mudah. Gak terasa tau-tau tayangan udah selesai.

Seperti kali ini, Felicia menunjukkan data bahwa anak milenial sudah menabung sejak usia 24 tahun. Lebih cepat dibanding ayah ibunya yang baru menabung di usia 30 tahun, serta pastinya dibanding kakek neneknya, angkatan baby boomers yang baru menabung di unur 33 tahun.

Namun sayang, perilaku mereka amat boros. Penyebabnya tidak hanya kemudahan membeli (dan berutang/pay later) juga merebaknya perilaku FOMO dan YOLO.

FOMO atau Fomo atau Fear Of Missing Out merupakan gangguan kesehatan mental yang menyebabkan seseorang terus menerus merasa takut tertinggal dengan tren terbaru. Sedangkan YOLO, singkatan dari frasa’ You Only Live Once’ , kurang lebih berarti: ‘hidup kan cuma sekali’. Penganut YOLO kerap bertindak impulsive dan berharap memperoleh hasil secara instan.

Sebagai solusi, Felicia menyarankan:

  • Bikin budgeting dan disiplin
  • Sisihkan bukan sisakan
  • Investasi pada diri sendiri untuk meningkatkan income
  • Punya tujuan dan strategi investasi
  • Hindari impulsive buying dan beli barang setelah 30 hari.

Terkait self reward, Felicia justru menganjurkan, tetapi dengan syarat berikut:

  • Hanya dilakukan saat mencapai suatu target
  • Maksimal 10 % dari hasil yang dicapai
  • Free self reward ideas

     
maria-g-soemitro.com

Gaya Hidup Minimalist Menurut Olga Agata

Sering antusias kala tiba waktunya ‘hari belanja nasional’? Cek deh isi rumah, jangan-jangan barang yang diincar karena ‘mumpung diskon’ sebetulnya sudah ada di lemari. Mungkin gak betul-betul sama, beda bentuk dan warna, tapi fungsinya sama.

Olga Agata hadir sebagai narasumber yang menawarkan gaya hidup minimalis, dengan tujuan mengerem dan mengatur keinginan yang gak ada habisnya. Mulai dengan alasan mumpung diskon hingga self reward.

Self reward  kerap menjadi pembenaran saat merasa tertekan kemudian belanja atau jajan jajanan mahal. Sesampainya di rumah merasa menyesal karena ternyata barang yang dibeli ya cuma gitu aja, gak spesial seperti sewaktu masih di display.

Perasaan ‘cukup’ menjadi senjata agar bisa mengerem keinginan berbelanja. Salah satunya dengan cara decluttering, atau kegiatan bersih-bersih untuk mengatur barang mana yang akan disimpan, digunakan, hingga dibuang karena sudah tidak digunakan dan dibutuhkan lagi.

Nah sesudah decluttering akan kelihatan deh betapa ‘kaya’nya kita, dan betapa gak perlunya beli barang-barang yang sedang diskon di e-commerce.

Perasaan ‘cukup’ semakin lama akan membentuk ‘mindful living’, yang membuat pelakunya lebih bijaksana dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan. Serta gak mudah iri melihat kehidupan orang lain.

   

maria-g-soemitro.com

Henky Suryaputra dan Hikmah Pandemi Covid-19

Ada hikmah dibalik serangan pandemi Covid-19, demikian pendapat Henky Suryaputra.

“Belajar dari krisis ekonomi yang mendadak terjadi, seperti pandemi Covid-19, generasi milenial akan lebih menyadari pentingnya hidup terencana, memiliki tabungan dan hidup hemat semakin terasa,” kata Henky Suryaputra. 

Memahami generasi milenial merupakan penggerak perkonomian, Bank Sahabat Sampoerna memperkenalkan pada mereka gaya hidup minimalis sebagai salah satu cara untuk belajar bijak dalam pengeluaran dan mengelola keuangan tanpa perlu  takut ketinggalan tren. 

Setuju banget ya? Kebiasaan FOMO dan YOLO harus dibelokkan kearah positif, sehingga generasi milenial bisa mengelola keuangannya dengan bijak, tanpa merasa tertekan.

   

maria-g-soemitro.com

Saving sambil Rebahan di Sampoerna Mobile Banking

Berkat kemajuan teknologi komunikasi, kini aktivitas apapun semudah sentuhan jari, termasuk menikmati hiburan, kulineran, window shopping serta kegiatan yang dulu harus dilakukan di luar rumah.

Menyikapi hal tersebut Sampoerna Mobile Banking hadir untuk mengimbangi transaksi ‘menghamburkan uang’ dengan transaksi  ‘menyimpan uang’ karena hidup tidak berhenti di masa muda, bukan?

Pastinya tetap dengan cara digital, mudah dan praktis, yaitu melalui produk tabungan Sampoerna Mobile Saving di Sampoerna Mobile Banking,  Launching secara virtual pada Kamis, 27 Januari 2022, dihadiri oleh:

  • Henky Suryaputra, Finance and Business Planning Director Bank Sahabat Sampoerna
  • Lie Liliana Veronica, Operations & Information Technology Director Bank Sahabat Sampoerna
  • Rundy Mahasin, Pjs. Compliance & Risk Bank Sahabat Sampoerna

Selain kemudahan menabung nasabah Sampoerna Mobile Saving akan memperoleh manfaat ‘Mudah, Murah & Berhadiah’, yaitu:

Mudah

  • Buka rekening mudah! Cukup dengan smartphone langsung dari Sampoerna Mobile Banking
  • Transaksi merchant menggunakan QRIS
  • Kirim uang ke Nomor HP
  • Bayar, Beli dan Top Up tanpa ribet!

Murah

  • Buka rekening tanpa setoran awal
  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Transfer online ke Bank lain lebih murah! Hanya Rp 3.000 dibandingkan dengan tarif normal sebesar Rp6.500

Berhadiah

  • Nabung dan kumpulkan poinnya! Berkesempatan menang hadiah grand prize setiap triwulanan, dengan total hadiah 3 (tiga) miliar rupiah

Bagaimana? Mupeng gak lihat besarnya hadiah yang disiapkan untuk nasabah?

Bisa dipahami karena per September 2021 Bank Sampoerna berhasil menghimpun dana pihak ketiga berupa tabungan yang tumbuh sebesar 18% menjadi Rp1,4 triliun jika dibandingkan posisi yang sama pada tahun sebelumnya, yakni Rp1,2 triliun. 

Meski pandemi Covid-19 menggoncang perekonomian secara global, pertumbuhan transaksi digital Bank Sampoerna menunjukkan tren yang sangat baik. Jumlah transaksi digital terus bertumbuh dan hingga September 2021 mencapai sebesar 23,8 juta transaksi atau meningkat hampir 3 (tiga) kali lipat dibandingkan dengan jumlah transaksi pada sembilan bulan pertama tahun 2020.

Jadi yuk menabung secara konsisten. Walau mungkin sulit menjadi sekaya raya Raffi Ahmad dan Atta Halilintar, paling tidak kita telah menyiapkan masa depan. Baik dari krisis keuangan tak terduga, maupun hal yang niscaya terjadi seperti masa tua, sakit, kecelakaan dan kematian.

Gak mau kan di masa itu hidup ngenes dengan mengemis?

Baca juga:

Yuk, Jadi Auditor Keuangan!

Kok Orang Cina Banyak yang Kaya, Sih?

34 comments

  1. Jangan sampai deh, mengemis. Aku juga suka kasih free self reward. Selain hemat juga biar lebih bersyukur bahwa banyak hal gratis yang sudah cukup bikin kita hepi

    ReplyDelete
  2. Memang harus dipaksa nabung ni biar ada tabungan untuk masa depan dan waktu darurat. Apalagi skrng buka rekening mudah banget tinggal buka aplikasi dah jadi tabungannya

    ReplyDelete
  3. Wah, tips nya bisa diterapkan nih, walaupun usiaku sudah tidak muda lagi. Tapi untuk suatu hal baik, tidak ada kata terlambat, bukan?
    Aku geleng-geleng kepala baca bagian akhir dari artikel ini.
    Emang beda ya kalo blogger senior kayak Ambu ini... Jempol dua deh, Ambu

    ReplyDelete
  4. Membangun keuangan tangguh harapan hampir sebagian besar insan manusia, menabung san memilih lembaga keuangan aman sesuai panduan OJK terwakili lewat tulisan ini. Menabung usia muda, gaya hidup minimalis dan investasi di bank Sampoerna ok

    ReplyDelete
  5. Aku termasuk yang telat ambu "aware"dalam hal saving.Dari muda lebih berpikir senangnya.Sekarang menyesal deh andai saja tidak boros.Untunglah anak gadisku mulai bisa dibilangin untuk mau menabung.Walaupun terkadang tidak rutin juga.Coba ya aku infoin ke anakku untuk dia membuka tabungan di Bank Sampoerna ini.Banyak keuntungannya ya? biasanya kalau yang untung-untung anak muda suka,he...he...he

    ReplyDelete
  6. aku termasuk yang FOMO nih kak, makanya begitu denger ada apa gitu yang baru suka jadi overthingking. termasuk soal finansial. makanya aku kepikiran juga nih buat investasi, biar ngerasa save aja. bisa nih bank sampoerna jadi referensi investasi ku

    ReplyDelete
  7. Ini bener banget, jadi kayak berasa kegampar deh. Karena banyak aku lihat di skeitar yang kaya raya lalu di masa mendatang jadi ngenes. Makanya harus diusahakan bisa menabung, hidup minimalis

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess aku setuju mba, dari sekarang harus mulai melek finansial ya. dimulai dari menabung konsisten dan investasi nih. bank sampoerna bisa jadi pilihan tepat ini

      Delete
  8. Punya tujuan dan strategi investasi tuh yang musti dipikirin dari sekarang, biar masa senja ngga ngenes. Sekarang juga udah ada banyak kok pilihan investasi yang murah dan mudah yah.

    ReplyDelete
  9. Ini hal yang aku takutkan banget sih, di usia senja ngga punya apa2 :(
    Semoga bisa bikin tabungan kek gini untuk usia senja, duduk2 menikmati teh sambil baca buku, ah masyaAllah

    ReplyDelete
  10. Saya jadi punya pengetahuan baru. FOMO dan YOLO. 2 hal yang sepertinya memang sedang "menyerang" anak-anak generasi sekarang. Tapi semoga kedua hal ini tidak terjadi seiring dengan pendampingan dan pengembangan pendidikan agama bagi mereka ya Mbak.

    Saya setuju banget dengan beberapa trik/solusi yang disampaikan oleh FELICIA. Terutama untuk poin ke-2 SISIHKAN BUKAN SISAKAN. Tentu saja dengan pembiasaan langsung menyisishkan diawal, inshaAllah makna dan manfaat investasi serta semangat menabung benar-benar akan terasa maksimal.

    Ah, sayang banget saya tidak ikutan acara berkualitas ini.

    ReplyDelete
  11. Ngena banget nih buat daku, biar bisa konsisten menabung.

    Sebab memang manfaatnya itu buat jangan pendek aja terasa, apalagi buat jangka panjang, kan

    ReplyDelete
  12. Keren banget deh Feliacia dan Olga ini, masih muda tapi sudah sadar banget akan pentingnya mengatur keuangan sejak dini. Bila semua anak muda seperti mereka ini, gak akan ada lagi cerita ngenes di hari tua

    ReplyDelete
  13. Duh kak.. Bener banget..kita harus menyiapkan sehat finansial bukan hanya untuk saat ini ya.. Juga untuk masa depan. Harus disiplin dan konsisten menabung.. Apalagi skr menabung gampang banget kayak di Bank Sampoerna Mobile ya

    ReplyDelete
  14. makasih sharingnya, pokoknya jangan sampai membebani orang lain apalagi keluarga sendiri

    ReplyDelete
  15. Bagus banget nih. Memang lagi perlu banget penyemangat buat mempersiapkan tabungan buat masa depan biar nanti ga ngenes

    ReplyDelete
  16. aku baru tau ada bank Sampoerna mbak
    duluuu rasanya aku kayak susah nabung, tapi akhirnya kudu diusahakan pelan-pelan dan belajar, sekarang di masa pandemi kayak gini diusahakan rutin buat nabung

    ReplyDelete
  17. Artikel ini buat aku berpikir panjang untuk masa Tua. Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Wah Sampoerna sudah punya bisnis lain di luar bisnis corenya. Kembali kepada menabung memang perlu banget untuk masa tua tapi juga inget inflasinya yang jauh tinggi ketimbang buang depositonya.

    ReplyDelete
  19. Saya save ah tips mengelola keuangan dari Felicia Putri. Dan dari beberapa tips tersebut perlahan saya sudah menerapkannya walau kadang masih suka tergoda juga gara-gara midset YOLO hehe.

    Semoga dengan adanya edukasi di bidang keuangan yang dikemas dalam event seperti ini bisa menmbah pengetahuan masyarakat tuk lebih cerdas dalam mengatur uang ya

    ReplyDelete
  20. Bener banget tipsnya. Aku sendiri harus gencar sisihkan dan merasa cukup. Emang godaan self reward kadang bikin arus keuangan porak-poranda.

    ReplyDelete
  21. Self reward sering mpo lakukan. Mpo suka makan tunjang nasi padang. Enak dan bahagia bila capai target

    ReplyDelete
  22. Kalau aku lagi beli barang tuh rasanya nyesel banget karena harga barangnya lumayan mahal, tipsnya bermanfaat banget nih buat saya yang masih suka boros uang :)

    Dengan ada tips ini semoga aku menjadi konsisten untuk menabung buat masa depan nanti

    ReplyDelete
  23. Membaca tulisan ini bener-bener termotivasi banget, memang bener, hari senja itu kita persiapkan dari sekarang. Karena kita takkan pernah tahu yang akan kita hadapi nanti jika tanpa persiapan.

    ReplyDelete
  24. Yang selebriti senior tu siapa ya Kak? Penasaran dan ketinggalan infonya nih. Jujur, saya tuh salut sama Raffi dan Atta. Sayangnya banyak orang cuma lihat hasilnya saja ya. Nggak lihat gimana perjuangan mereka.

    ReplyDelete
  25. Mengatur keuangan memang tricky ya. Berbeda-beda setiap orang sesuai dengan situasi dan kondisinya. Saya aja butuh waktu bertahun-tahun trial and error untuk bisa menemukan formula yang tepat dengan kondisi saya.

    Apalagi sekarang ada Bank Sampoerna ya. Malin mudah untuk menabung deh jadinya, dan juga dilengkapi dengan berbagai fitur perbankan yang menarik tapi mudah dan aman untuk digunakan dimana saja.

    ReplyDelete
  26. Tips yang menarik dan bermanfaat Ambu
    Masa tua harus dipersiapkan sejak dini ya, biar nggak ngenes

    ReplyDelete
  27. Saran yang disampaikan nih emang penting dan harus dilakukan. Termasuk membuat budgeting dan juga disiplin menabung atau konsisten.

    ReplyDelete
  28. Bagus sekali insight yang diberikan pembicara dalam acara webinar Bank Sahabat Sampoerna ini. Jadi memahami pentingnya menabung di awal, bukan di akhir dan menyisihkan uang bulanan.

    Aak muda zaman sekarang kudu hidup lebih canggih, apalagi sudah memiliki aplikasi perbankan seperti Sampoerna mobile banking.

    ReplyDelete
  29. Aku baru tahu adaa bank Sampoerna lho Mbak
    Apalagi memiliki fasilitas memudahkan nasabahnya
    Jadi pengen open rekening deh

    ReplyDelete
  30. Belajar menjalani gaya hidup minimalis membuatku pun merasa cukup bisa mengendalikan keinginan untuk beli ini itu juga nih Ambu. cuma kalau lagi kumat ya kadang ga terkendali juga, untungnya belanja online malah menruutku lebih bisa mengendalikan keinginan.

    Nah, sampoerna aja sekrang sampai ada mobile bankingnya ya. Jadi makin mudah mengatur keuangan dan investasi nih

    ReplyDelete
  31. kehidupan masa tua sejatinya memang harus kita pikirkan dari sekarang ya, mbak. kalau bisa sih jangan sampai miskin di masa tua. makanya dari muda memang harus pintar mengatur keuangan dan harta kita agar bisa menjamin hidup di hari tua

    ReplyDelete
  32. Nabung secara konsisten untuk masa tua penting banget ya mba. Aku sekarang ini sudah mulai cicil sedikit demi sedikit. Supaya lebih tenang di masa tua.

    ReplyDelete
  33. Disiplin ini sih yang susah sekali diterapkan. Hehehe. Apalagi kalau udah bertabur promo. Duhh, adaaaa aja tantangan buat belanja. Emang biar aman, penghasilan langsung diamanin biar ngga dipake ke sana sini

    ReplyDelete