Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah dan Praktis

   

Maria G Soemitro

Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah dan Praktis

 Ada banyak faktor pemicu terjadinya stres, mulai dari masalah di tempat kerja, tugas yang menumpuk, hingga masalah ekonomi. Namun tidak perlu khawatir, ada cara menghilangkan stres yang ampuh dan bisa diatasi dengan cepat dan praktis.

Stres merupakan kondisi yang umum terjadi pada setiap orang. Jika kondisi sedang normal, maka stres bisa memberikan dampak positif seperti bisa membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mudah dan cepat.

Namun, jika stres sering terjadi dan berkepanjangan tanpa ada penanganan segera, maka hal itu bisa berdampak negatif bagi kesehatan bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti asam lambung, hipertensi hingga mengalami depresi.

Maka dari itu, stres dalam kondisi yang berkepanjangan harus segera diatasi melalui beberapa cara menghilangkan stres yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat sehingga ketika mengalami stres bisa segera tertangani dengan baik.

Cara Menghilangkan Stres dengan Mudah

Dengan melakukan penanganan yang tepat maka stres dapat teratasi dengan cepat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stres? Berikut cara yang dibagikan Indozone menangani stress dengan mudah dan cepat, mari simak langkahnya dibawah ini.

1. Konsumsi Cokelat Hitam

Kandungan kakao tinggi dan gula rendah pada Cokelat hitam membuat rasanya pahit. Selain itu, terdapat kandungan kafein, zinc, polifenol, flavonoid, theobromine dan vitamin, secara ampuh bisa mengatasi stres hingga mampu memperbaiki mood.

2. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung asam amino dan theanine yang bisa membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, serta bisa meredakan sakit kepala dan mencegah penuaan. Maka ketika sedang stres bisa minum teh hijau sebagai bentuk pertolongan pertama.

3. Nonton Film Komedi

Menonton film komedi salah satu cara menghilangkan stres, bisa memicu penonton tertawa lepas dan mengeluarkan emosi negatif, bahkan tertawa bisa memproduksi penghilang rasa sakit alami dan ketegangan yang menumpuk dapat segera diredakan.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menangkal stres, suara musik klasik, instrumental dan musik lembut bisa meredakan stres, juga bisa memberikan rasa bahagia. Maka dari itu, ketika mengalami stres bisa dengarkan musik favorit agar pikiran menjadi lebih fresh.

5. Olahraga Ringan

Cara ampuh menghilangkan stres dengan olahraga, seperti berenang, bersepeda, lari pagi, bermain futsal dan jalan santai. Aktivitas olahraga bisa melepas hormon kortisol penyebab stres, serta meningkatkan hormon endorfin untuk meredakan stres.

6. Curhat 

Salah satu pemicu stres bisa disebabkan karena terlalu sering memendam masalah seorang diri, maka untuk mengurangi beban tersebut bisa dengan curhat kepada orang yang dipercaya sehingga beban pikiran akan terasa lebih ringan.

7. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur memang bisa menyebabkan gangguan pada tubuh dan mengakibatkan stres, maka untuk mengatasinya sediakan waktu untuk istirahat minimal tujuh jam sehari. Jika mengalami insomnia atasi dengan minum susu hangat sebelum tidur.


Itulah beberapa cara ampuh mengatasi stres, kamu juga bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain dengan hewan peliharaan, melakukan pijat relaksasi, dan luangkan waktu berjalan-jalan atau liburan bareng keluarga.

Cara menghilangkan stres diatas berdasarkan informasi dari berbagai sumber dari hasil penelitian, maka bisa kamu terapkan untuk membantu mengatasi stres dengan melakukan berbagai aktivitas favorit secara mudah dan cepat. Semoga berhasil!

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga membantu mengatasi stres dengan cara mudah yang sudah dijelaskan di atas, dan informasi ini bisa menginspirasi sekaligus menjadi referensi ketika kamu mengalami kondisi stres.

Baca juga:

Senyum Bahagia Ridwan Kamil dan 5 Tips Memilih KlinikKesehatan

Burnout Syndrome pada IRT dan 5 Tips Mengatasinya

4 Kiat Menghilangkan Kecemasan Selama Pandemi Covid19

 


34 comments

  1. aku sendiri lebih sering dengerin musik, hampir tiap hari, tiap jam selalu ada musik kalau pas di meja kantor.
    mungkin karena dasarnya juga sudah suka musik dari dulu
    dengerin musik bisa bikin rileks juga, apalagi lagu-lagu lama biasanya enak di dengerin

    ReplyDelete
  2. Ini semua tipsnya emang bener semua kok. Aku paling sering ngelakuin poin 1 dan poin 6 wkwkwk ketahuan banget kan sukanya apa.

    ReplyDelete
  3. kalau lagi stress aku biasanya suka nonton film atau ga dengerin lagu ballad yang nenangin trus ujungnya ketiduran

    ReplyDelete
  4. Saya suka yang point nonton film komedi, setelah dibawa ke suasana ceria mood jadi ikutan happy

    ReplyDelete
  5. Beberapa sih udah aku lakuin, seringnya nonton komedi, karena memanf bener bisa bikin stres ilang, hihi..

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah liat wujudnya coklat hitam nih Ambu, jadi konsumsi coklat olahan aja, yg tentunya muanissss bgt. Hihi.. Mayan release stres juga

    ReplyDelete
  7. Kalo aku lg stress cara nanganinnya dengan makan yg pedes. Duh otak langsung seger lagi deh hehe

    ReplyDelete
  8. Yes. Coklat hitam tuh relaxing banget kk. Apalagi diminum pas anget2.

    ReplyDelete
  9. pilihanku adalah tidur mbak hehe.. kayanya paling ampuh buat aku, kalau tidur udah cukup, ngejalani semua aktivitas jadi lebih semangat hihi

    ReplyDelete
  10. Nonton film komedi tuh work banget buat saya Ambu, udah dah ketawa-ketawa, sampai lupa semua kesedihan, bikin lebih refresh aja pikiran, beneran jadi cara menghilangkan stres dengan cepat dan mudah :)

    ReplyDelete
  11. Saya suka itu dark chocolate. Pahit dan tak ada rasa memang, cuma justru lebih sehat. Alhamdulillah, 7 kegiatan di atas yang agak sulit dilakukan hanya no. 7, apalagi kalau pas lagi padat kegiatan. Semoga saya lebih bisa mengatur waktu istirahat lagi ini.

    ReplyDelete
  12. Kalo suasana lagi gundah gulana saya suka cari video-video lucu entah di media sosial fb, IG, atau Tiktok sih..

    ReplyDelete
  13. Kalau dulu pas badmood, saya juga suka konsumsi cokelat Kak untuk perbaiki mood. Dan emang lumayan ngebantu banget efeknya. Tapi kalau mau lebih stabil lagi sih sebetulnya ya rajin olah raga itu yang bikin mood jadi kejaga banget.

    ReplyDelete
  14. Belum mencoba minum coklat hitam untuk merehatkan pikiran, suatu saat mau dicoba. Istirahat cukup ini yang sering diparktikkan. Informasinya penting lho buat imunitas.

    ReplyDelete
  15. yup. memanajemen stres itu sebenarnya mudah, ya. yang penting tahu caranya. kalau aku biasanya opsi pertama adalah tidur he he he ...

    ReplyDelete
  16. Setuju semua dengan cara yang diberikan, karena kebanyakan terbukti manjur. Dan yang paling penting ada kemauan dari dalam diri sendiri untuk lepas dari stres. Kalau aku ga gampang stres, apa-apa dibawa enjoy hihi tapi bener sih ambu, makan coklat itu, sama nonton film termasuk komedi atau genre lainnya misal genre romantis, dan olahraga ampuh mengatasi stres. Apalagi kalau dibawa traveling dan kulineran enak-enak :D

    ReplyDelete
  17. ah iya, emang sebenarnya mudah dan praktis ya Ambu untuk menghilangkan stres
    klo aku sih selain makan cokelat biasanya juga dengan nonton drama Korea

    ReplyDelete
  18. Nonton komedi setuju bener biar gak gampang stress. Adakalanya memang stress bisa saja muncul tiba2 ya, misal dalam hal pekerjaan kantor yang numpuk. Saya gitu, alternatif selain lihat komedia, benar olahraga juga bisa bikin pikiran jadi plong dan bebas stress.

    ReplyDelete
  19. Yang paling terasa ya beban ekonomi dan kejulidan lingkungan sekitar yang bikin kami stres, Ambu, haha. Biasanya sih efektif dengan mendengarkan musik dan minum teh hijau--kebetulan di rumah punya stoknya. Atau kalau enggak ya nonton video lucu di Youtube shorts. Lumayan buat memulihkan mood. Jadi pengin cokelat nih :)

    ReplyDelete
  20. Dari 7 pilihan kegiatan di atas, untuk saya, mendengarkan musik dan curhat/ngobrol terasa banget efeknya. Apalagi jika ngobrolnya disertai dengan makan sajian yang saya suka terus disambung ngopi. Selesai dah semua hahahaha.

    ReplyDelete
  21. Dulu sempet sih minum teh hijau, tapi sekarang udah ga hahah #males hahah :) Dengerin musik iya, santai2 sejenak sambil main HP eh wkwkwkwkwk :) Menikmati makanan dan minuman tanpa gangguan, nah ini paling asyik, mbak. Tidur lebih cepat sedang aku usahakan sih.

    ReplyDelete
  22. Dengerin musik jadi cara ampuh juga ya Ambu. Soalnya bikin pikiran gak penat, memikirkan urusan yang belum jumpa solusinya seperti apa

    ReplyDelete
  23. ada beberapa point ya sama ambu, yang kerab kulakukan istirahat yg cukup, mengingat mudah stress karena kerja dan handle ini itu. hhhhi, kadang malah main sama anak biar meras dunia lebih cerah, he

    ReplyDelete
  24. Kalo stress kadang aku juga makan coklat, tapi yang manis hehe, enak gitu plong hati, tapi rawan nambah ndut hehehe.

    ReplyDelete
  25. Kalau saya pribadi memilih diam, Ambu. Sebab curhat kadang tak menyelesaikan masalah malah yg ada teman yg dicurhati tidak bisa dipercaya. Minum coklat dulu banget pernah saya lakukan, namun karena lama gak nyetok jadinya suka lupa deh, hihihi.

    ReplyDelete
  26. Kalau saya biasanya dibawa tidur aja, atau gak yaa dengerin musik sambil ngopi. Kadang juga nonton kembali film yang saya suka, sambil ngopi. Pokoknya sambil ngopi deh. Hehehehe

    ReplyDelete
  27. Dari 7 cara di atas, yang biasanya saya lakukan adalah mendengarkan musik dan curhat hehehehe. Dengerin lagu yang memberikan spirit dan semangat bikin kita bisa lebih semangat atau bisa juga sih lagu mellow yang se-tema tapi jangan sampai tambah down ya.
    TRus curhat sama pasangan atau sahabat terpercaya.

    ReplyDelete
  28. Selain poin2 di atas ada 2 hal yang sering saya lakukan yaitu jalan2 ke tempat baru sama mengerjakan hobi. InsyaAllah stress pun hilang

    ReplyDelete
  29. Semuanya manjur menghilangkan stress, terutama poin terakhir. Buatku istirahat dan tidur sudah bikin separuh stress hilang dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  30. Istirahat ini yang sekarang aku kurang banget, bikinn stress karena jiwa raga dah merasa lelah tapi nggak bisa istirahat

    ReplyDelete
  31. Di beberapa artikel sering saya jumpai soal coklat ini mba, cuma pembahasannya kurang spesifik. Saya sendiri baru tahu kalau coklat hitam ini lebih rendah kalori dan kandungan kakaonya lebih tinggi

    ReplyDelete
  32. Di beberapa artikel sering saya jumpai soal coklat ini mba, cuma pembahasannya kurang spesifik. Saya sendiri baru tahu kalau coklat hitam ini lebih rendah kalori dan kandungan kakaonya lebih tinggi

    ReplyDelete
  33. Ambu, kalau aku stres suka automatically jadi lemes dan bawaan badannya gak pengen ngapa-ngapain. Pinginnya bobook terus.
    Berarti ini alarm alami tubuh seseorang yaa, Ambu.

    ReplyDelete
  34. Tidur adalah senjata andalan saya ketika sedang stress.. Meskipun kadang-kadang tidak nyenyak dan terbangun tengah malam

    ReplyDelete