Brownies vs Bolu Coklat dan Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Pandan

  
resep bolu kukus ketan hitam pandan


Brownies vs Bolu Coklat dan Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Pandan


Apa beda bolu coklat dan brownies? 

Mungkin gak terlalu peduli bedanya ya?  

Turis domestik yang kerap ke Bandung pasti familier dengan “Brownies Amanda”. Kemudian muncul “Bolu Kukus Lembang” dan Bolu Siliwangi”. Yang terakhir ini berasal dari Bogor. 

Anehnya, nama berbeda diberikan pada produk yang sama.  

Brownies dan bolu/cake coklat nampak sama. Menul-menul empuk. 

Beda halnya dengan para pemenang Master Chef Indonesia yang tahu pasti beda brownies dan bolu coklat. Demikian juga Ibu Fatmah Bahalwan, founder NCC. Channel YouTube mereka dengan jelas memberi nama yang berbeda untuk brownies dan cake coklat. 

Baca juga:
Roti Susu Kental Manis, Gampang Bikinnya Legit Rasanya 

Pizza Anti Gagal, Mudah dan Cepat. Hanya 7 Menit …

Daftar Isi

  • Brownies dan Bolu Coklat, Sama Lezatnya
  • Beda Brownies dan Bolu Coklat
  • Tentang Bolu Coklat dan Jenis Brownies
  • Resep Bolu Kukus Ketan Hitam dan Pandan

Perbedaan kedua kudapan ini saya ketahui dari buku resep masakan American Style, hasil kerja sama majalah Kartini dan organisasi istri diplomat Amerika. Buku tipis yang jadul banget. (Mungkin sejak tahun 1990-an 😀😀) 

Serta dari blognya samirasrecipe.com, yang menulis perbedaan sebagai berikut: 

  

resep bolu kukus ketan hitam


Beda Brownies dan Bolu/Cake Coklat

Perbedaan brownies dan cake coklat tidak hanya pada tampilan, tapi juga tekstur, kelembutan, bahan dan waktu pemanggangannya.Tak pelak, masing-masing mempunyai penggemar berat. 

Jadi yuk kita cari tahu, apa saja perbedaan brownies dengan bolu coklat.

  • Brownies merupakan bentuk persilangan antara cake/bolu dan cookies. Sedangkan cake/bolu termasuk jenis roti manis.
  • Brownies menggunakan bahan: tepung, gula, telur, bubuk coklat dan mentega, Dark Cooking Chocolate (DCC).  Sedangkan bolu/cake colat berbahan tepung, gula, telur, bubuk coklat, mentega dan bahan pengembang.
  • Komposisi bahan brownies: coklat bubuk/DCC lebih banyak. Sedangkan bolu coklat komposisi tepungnya lebih banyak.
  • Tekstur brownies padat dan beremah/crumbly. Sedangkan tekstur bolu coklat ringan dan halus.
  • Brownies mempunyai tampilan retak dengan permukaan yang mengkilap. Sedangkan bolu coklat nampak halus dengan permukaan lembut.
  • Brownies umumnya disajikan dengan whipped cream/es krim sebagai makanan penutup. Sedangkan bolu coklat disajikan di acara-acara seremonial (ulang tahun/pernikahan)
  • Brownies umumnya tidak diberi lapisan icing/lapisan gula, paling-paling coklat leleh/ganache siram. Sedangkan bolu coklat bisa/tidak diberi lapisan icing.
  • Brownies hanya memberi rasa coklat, sedang bolu coklat mempunyai endless flavors.

Ciri khas brownies lainnya:

Brownies tidak memasukkan bahan pengembang ke dalam adonan. Kecuali  brownies tanpa telur, ditambahkan baking powder. Sehingga brownies berbentuk pipih dan tidak mengembang seperti bolu. 

Jika adonan brownies mendapat tambahan baking soda, maka akan menjadi seperti bolu/cake coklat. 

Tampilan brownies yang ideal nampak sedikit kurang matang. Ketika ditusuk akan terlihat beberapa remah yang menempel, tapi bukan adonan, hanya remah. 

Brownies terbaik menampilkan bentuk kerak/remah, namun terlihat mengkilat. Kerap disebut “shiny crust” oleh penggemar baking. 

Dalam pembuatan bolu/cake, adonan yang telah dicampur tepung tidak dikocok. Karena pengocokan akan membentuk  gluten. Beda halnya dengan brownies, harus dikocok dengan baik agar teksturnya kenyal dan permukaan brownies mengkilat (shiny crust)

   

resep bolu kukus ketan hitam pandan
sumber: instagram.com/@bolukukuslembang (kanan)


Tentang Bolu Coklat dan Jenis Brownies

Ada 3 kategori brownies, yaitu Fudgy, Chewy, dan Cakey.

  • Brownies Fudgy: Dibuat dengan cokelat leleh.
  • Brownies Chewy: Dibuat dengan bubuk kakao
  • Brownies Cakey: Terbuat dari kombinasi cokelat leleh dan bubuk kakao.

Seperti Brownies, Bolu juga tersedia dalam berbagai jenis. Seperti pound cakes, sponge cakes, teatime cake, chiffon cake, cheese cake, mud cake dan masih banyak lainnya.

Ciri khas bolu lainnya:

  • Bolu/cake mirip roti manis yang terbuat dari adonan yang terbuat dari tepung, gula, telur, mentega/minyak, cairan, dan bahan pengembang seperti baking soda atau baking powder, kemudian dipanggang.
  • Bolu sering disajikan sebagai hidangan pada acara-acara seremonial seperti pernikahan, ulang tahun, dan perayaan lainnya. Hiasan setiap bolu/cake disesuaikan dengan perayaan.
  • Dibanding brownies, lebih banyak resep bolu/cake yang tak terhitung jumlahnya.
  • Tergantung tujuannya, bolu/cake dapat disajikan polos atau dengan berbagai jenis hiasan. Cake polos biasanya dihidangkan sebagai pendamping minum teh. Cake dekoratif bisa dihias dengan buttercream/whip cream, buah dan lainnya.

   
brownies vs bolu kukus


Resep Bolu Kukus Ketan Hitam Pandan

Resep bolu kukus ketan hitam pandan ini saya temukan ketika sedang mencari resep bolu susu. Pemiliknya Chalistaa Kitchen yang memberi nama resepnya dengan “brownies ketan hitam pandan”.  

Bisa dimaklumi sih, karena seperti yang dikatakan Fatmah Bahalwan, terjadi salah kaprah. Namanya juga “brownies” ya harus “brown” bukan hijau dari matcha atau pandan. Juga gak hitam yang berasal dari warna ketan hitam. 

Jadi ya suka-suka deh ya. Mau menamakan brownies atau bolu/cake, silakan aja. Yang penting rasanya enak. 

Seperti resep berikut ini, udah berulangkali saya coba, rasanya legit banget, bikin pingin lagi dan lagi. Mungkin karena ada coklat bubuk  yang ditambahkan ke dalam tepung ketan hitam. Sehingga sensasi rasanya bikin lidah bergoyang.

Seiris bakal gak cukup deh.

Gak percaya?

Langsung aja kita praktek yuk.

brownies vs bolu kukus


Bolu Kukus Ketan Hitam Pandan

(Resep Chalistaa Kitchen)

Bahan-bahan

  • 6 butir Telur 
  • 200 gram Gula pasir
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt  Baking Powder
  • 1/2 sdm Emulsifier

Bahan Ketan hitam:

  • 125 gram Tepung ketan hitam
  • 10 gr Coklat bubuk
  • 40 gr/1 sachet Susu Kental Manis 
  • 80 ml Minyak

Bahan Pandan:

  • 100 gam  Tepung terigu
  • 40 gr/1 sachet Susu Kental Manis
  • 80ml Minyak 
  • Secukupnya pasta pandan

Cara Membuat

  1. Jerang kukusan/dandang yang telah diisi air. Kecuali klakat, bungkus tutup kukusan dengan kain/serbet bersih.
  2. Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, alasi dengan kertas baking, dan oles menggunakan mentega/margarin.
  3. Kocok telur, gula, garam, baking powder dan emulsifier (SP) hingga kental,  kemudian bagi sama banyak dalam 2 wadah terpisah.
  4. Campur  bahan ketan hitam (tepung ketan hitam, coklat bubuk, SKM dan minyak) dengan adonan di wadah pertama. Campur rata.
  5. Di wadah kedua, campur adonan dengan bahan pandan (tepung terigu, SKM, minyak dan pasta pandan). Campur rata.
  6. Masukkan adonan bahan ketan hitam ke dalam loyang. Hentakan sedikit untuk menghilangkan udara, kemudian kukus selama 15 menit.
  7. Setelah 15 menit angkat bolu kukus, cek permukaannya, jika sudah mengeras, tambahkan adonan pandan di atasnya. Kukus selama 25 menit.
  8. Setelah 25 menit angkat, tunggu 10-15 menit sebelum mengeluarkan bolu kukus dari loyang.
  9. Potong dan sajikan. 

Baca juga:
Resep Pisang Bolen Sejuta Umat yang Mudah, Enak dan Bikin Ketagihan! 

Banana Oatmeal Muffin (Resep Farah Quinn) Kudapan Sehat di Hari Lebaran

 

19 comments

  1. Saya juga termasuk orang yang nggak terlalu teliti dengan perbedaan antara brownies dan bolu coklat, rasanya pun menurut saya mirip-mirip hahaha... tapi kalau menurut saya rasanya lebih nendang brownies

    ReplyDelete
  2. Saya lebih suka tekstur dari Brownies dibandingkan bolu. Kebetulan kalau di rumah suka bikin brownies kukus juga, bisa dicoba nih bikin dirumah brownies 2 rasa seperti ini. Duh, belum apa-apa udah ngiler aja ❤️

    ReplyDelete
  3. Terimakasih resepnya Mbu. Sekarang nih kalau punya ketan hitam, ga hanya dibuat peuyeum ketan hideung aja tapi juga bisa dikreasikan bikin bolu yang kekinian ya...

    ReplyDelete
  4. Menggoda sekali Ambu, bolu kukus ketan hitamnya.
    Saya termasuk yang enggak terima, bolu coklat dinamakan brownies. Mana enggak ada brown-brown-nya pula, alias warna hijau, pink dan lainnya haha..protes
    Tapi sama enaknya sih, meski saya lebih suka brownies asli yang padat teksturnya. Kalau bolu saya suka ketan hitam, ada rasa khas ketan di sana. Ada resep sudah dipraktekkan Ambu, bisa dicoba juga nih nanti:)

    ReplyDelete
  5. Rasanya seperti maknyus ketika membaca bolu, brownies kapan bisa ditestes ambu

    ReplyDelete
  6. Aku ga tahu banyak bedanya brownies dan bolu coklat. Hanya dua hal saja. Kalau brownis bantet, bolu empuk haha. Aku suka coklat, tapi kalau terlalu kaya coklat kadang mudah eneg. Jadi lebih suka bolu coklat. Nah, bolu kukus ketan hitam pandan yang ambu tulis, itu salah satu favoritku. Kalau disuruh milih mau brownies atau bolu ketan hitam pandan, aku pilih bolu :D

    ReplyDelete
  7. Daku tipe yang langsung makan kue sih Ambu, hehe. Semuanya menurut daku enak. Kalau nama-namanya baru engeh ketika merasakan langsung rasanya dan teksturnya.

    ReplyDelete
  8. Dulu aku berpikir brownies tu ya bolu coklat. Nggak ada bedanya, Kak. Sama-sama bolu gitu lho. Hehehehe...

    TErnyata mah beda ya.

    ReplyDelete
  9. Saya lebih suka brownies ketimbang cake. Meski sejarahnya kue yang gagal dan bantet tapi lebih enak

    ReplyDelete
  10. Wow, ini dia baru tau perbedaan antara bolu coklat dan brownies. Iya Brownies lezat banget coklatnya. Memang tidak mengembang, tapi padat. Udah ngga boleh terlalu banyak. Nach ini ada resep bolu kukus ketan hitam pandan. Biasanya sering beli bolu kukus pandan. Wangi dan lembut banget. Bisa ngga yach cobain resep ini. Thanks info

    ReplyDelete
  11. gimana dong '? Saya suka dua-duanya. Brownies karena coklat banget, apalagi yang dipanggang. Kalau bolu ketan hitam suka karena ada nuansa kampungnya. Legendaris rasanya

    ReplyDelete
  12. Izin bookmark resepnya ya Ambu..langsung praktek deh besok..kebetulan bahan2 ada semua ..hehehe kebayang lezatnya bolu kukus ketan hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku juga ingin coba bikin sendiri (semoga gak ada rasa M atau lupa lagi haha) bolu kukus ketan hitam. Pasti enak kalau dengan ketan hitam

      Delete
  13. Iya juga ya Bu, kadang saya menyebut keduanya atau produk lain sejenis pun dengan sebutan bolu. By the way, apapun namanya yang penting enak, saya suka.

    ReplyDelete
  14. Belakangan sering nemu namanya brownies tapi malah ngembang seperti bolu. Aku suka keduanya tapi belum pernah nyobain juga untuk buat. Makasih resepnya :)

    ReplyDelete
  15. Waaa brownies nih emang favorit banget deh :) gampang buatnya ya, gak perlu takut gagal hehe

    ReplyDelete
  16. Nah karena penggemar brownies aku bisa bedain Ambuu, dari rasa juga beda, pokonya ga bisa diungkapkan dengan kata2 kalo brownies, mau bakar/kukus nikmaaat.
    Btw, itu bolu kukus ketan item pndannya mauuuu, menggoda pisan.
    Asiik, ada resepnyaa, nuhuun ahhh Ambuh, meni nikmaat ..

    ReplyDelete
  17. Beneran aku baru tau mbak. wkwkwk

    Pantes waktu itu pertama bikin brownie gagal, haha... soalnya cara bikinnya aku samain kayak kalau bikin bolu. alhasil meleleh dan hasilnya amburadul deh pokoknya, wkwkwk

    ReplyDelete
  18. Aku suka banget bolu ketan tapi belum pernah bikin hehe. Btw aku pikir memang brownies Amanda dan bolu Siliwangi ebrbeda Ambu, atau karena udah lama ga makan brownies Amanda ku jadi lupa teksturnya ya haha

    ReplyDelete