Tokorame, Solusi Bisnis Online Bagi Emak Emak Milenial

 


“Penjualan online meningkat 400 % selama pandemi”

Kata Dora Songco, Product Marketing Manager for Brand & Reputation Google Indonesia dalam penjelasan literasi digital yang diinisiasi Google, salah satunya adalah program “Women Will”.

Para women atau para emak yang telah melek digital, atau kita singkat sebagai “emak-emak milenial” ini memang riuh rendah menggunakan jaringan internet. Mereka nggak sekadar chit chat tapi juga berbelanja.

Nggak heran sih ya? Selama pandemi kan pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga para emak belanja makanan dan pakaian via online.

Belanja baju? Kan nggak kemana-mana?

Isi

Emak Milenial Jangan Cuma Bisa Belanja

Emak Milenial dan Tantangan Bisnis Online

Tokorame Menjawab Kebutuhan Bisnis Online

Jadi Reseller, Jualan Rame-Rame

Nah itu dia. Saya melihat sendiri lho. Kebetulan seorang tetangga asli Cianjur menitip barang jualannya di marketplace. Daaannnn…. banjir pesanan! Setiap hari kendaraan pengangkut barang dan paket mondar mandir masuk keluar kompleks.

Padahal dia cuma mengunggah foto produk dari Pasar Andir Bandung. Bahkan keberadaannya di kompleks cuma ngontrak 2 kamar, yang harus diisi 5 orang kerabatnya. Mereka datang ke Bandung karena tetangga tadi kewalahan mengurus administrasi pesanan, membungkus serta mengepaknya.

Bisa menebak apa barang jualan sang tetangga?

Baju anak-anak! Hanya baju anak-anak! Segmented banget ya? Toh bisa laris manis tanjung kimpul.

Kasus di atas membuktikan kebenaran ucapan Dora di paragraf awal bahwa daya beli tidak menurun.

Andai tak percaya juga, bisa dilihat penjelasan ekonom Faisal Basri dalam topik Indonesia Berpotensi Menjadi 5 RaksasaPerekonomian Dunia.

Faisal Basri mengambil data yang digunakan World Economic Forum yaitu Statista mengenai Product Domestic Bruto (PDB) Indonesia, kemudian membandingkannya dengan PDB negara lain, termasuk Amerika Serikat, China, Jepang, India, Jerman, dan lainnya.

Dijelaskan Faisal Basri bahwa berdasarkan data, pada tahun 2024 China akan menjadi pemegang tahta, menggeser Amerika Serikat. Disusul India, Jepang, baru kemudian Indonesia.

Tapi tentu saja, keberhasilan Indonesia baru dapat dirasakan seluruh penduduk Indonesia apabila terjadi pemerataan. Tidak hanya terpusat di golongan tertentu.

Pemerataan yang dimaksud tentunya setelah para emak bergerak, nggak hanya berperilaku konsumtif, juga harus produktif menghasilkan income.

Dengan demikian, seperti kata Dora,  paling tidak ada manfaat lain yang diperoleh emak digital selain menambah penghasilan utama, yaitu:

  • Memberikan stabilitas keuangan pada keluarga
  • Mencapai kemandirian finansial
  • Memiliki jam kerja yang fleksibel, agar bisa memiliki lebih banyak waktu berkualitas dengan keluarga.

Baca juga: Transformasi Digital, Senjata Perempuan UMKM Mengantar Anak ke Gerbang Sukses


 

Emak Milenial dan Tantangan Bisnis Online

Jonathan End, Digital & Growth Consultant mengemukakan fakta mengenai potensi bisnis online, yaitu:

  • 64 persen atau 175,4 juta penduduk Indonesia (dari total  272,1 juta) menggunakan internet, lama penggunaan rata-rata  7 jam 59 menit/hari.
  • 59 persen atau 160 juta penduduk Indonesia menggunakan media sosial dengan durasi rata-rata 3 jam 26 menit/hari.

Jadi ada pergeseran cara bisnis. Dulu para emak berjualan di acara arisan, pengajian atau saat mengantar anak sekolah. Kini mereka bisa menjajakan produknya secara digital.

Memang nggak mudah.  Pelaksanaannya nggak segampang mengerjapkan mata. Masih menurut Dora, ada 5 tantangan yang harus ditaklukan para emak sebelum memulai bisnis online.

  1. Kekurangan ketrampilan praktis, misalnya ketrampilan marketing dan relasi bisnis. Walau mayoritas para emak mempunyai smartphone, biasanya hanya untuk chit chat melalui Whatsapp
  2. Akses ke sumber modal terbatas. Gimana mau bisnis, belanja harianpun tutup lubang gali lubang.
  3. Takut gagal dan kurang percaya diri. Kelamaan berlindung di dalam “sarang” membuat para emak nggak pede saat memulai bisnis. Takut gagal trus diketawain “orang rumah.”
  4. Kewajiban untuk keluarga. Banyak lho anak SMP dan SMA yang masih bergantung pada emaknya saat bangun pagi dan bersiap ke sekolah. Situasi ini membuat para emak takut bisnis mengganggu kewajiban pada keluarganya.
  5. Sudah nyaman dengan pekerjaan saat ini. Mirip keengganan keluar dari sarang, mereka yang sudah nyaman dengan pekerjaannya kerap enggan mencari income sampingan.

 

Tokorame Menjawab Kebutuhan Bisnis Online

Tokorame rupanya memahami kebutuhan ini. Walau pandemi Covid 19 belum reda, pada hari Minggu, 10 Januari 2021, PT Tokorame Anugerah Sejahtera melaunching platform “Tokorame” di Kapulaga Café, Jalan Dayang Sumbi No. 1, Bandung.

Dibuka secara resmi oleh founder Tokorame, Mujahid Bariz Hilmi, Tokorame merupakan platform yang akan membantu siapapun untuk berjualan. Tersedia website unik dan ratusan stock produk siap kirim.

Fasilitas bisnis online apa saja yang disediakan Tokorame?

  1. Aplikasi jualan online dengan sistem dropship. Jadi kini para emak nggak hanya asyik chit chat melalui Whatspp, tapi juga mengunduh aplikasi Tokorame dan menggunakannya untuk fasilitas berjualan maupun berbelanja.
  2. Website unik untuk para reseller dengan stok produk siap kirim. Pebisnis online, seperti tetangga saya di atas biasanya sibuk banget, sehingga harus merekrut tetangga dan kerabatnya. Tidak demikian halnya pelaku bisnis Tokorame, mereka bisa fokus berjualan. Tokorame akan melakukan semua yang dibutuhkan untuk menjamin kelancaran pesanan tiba di tangan konsumen.
  3. Produk lokal yang berkualitas yang paling dicari dan dibutuhkan emak-emak milenial. Karena merupakan hasil riset tim ahli Tokorame berdasarkan permintaan pasar dan tren terkini.
  4. Mentor expert di bidang bisnis online dan marketing digital. Memahami banyak emak yang gaptek bisnis online, maka Tokorame menggandeng putra putri terbaik terbaik bangsa Indonesia yang berprofesi sebagai mentor-mentor ahli di bidang bisnis online dan online marketing digital  sebagai mitranya. Mereka adalah : Coach Juni Handoko (Tangerang Selatan),  Coach Army Alghifari (Bandung),  Coach Weliyan Tanoyo (Yogyakarta), Coach Suryadin Laoddang (Yogyakarta), Coach Ki Jendral Nasution (Bandung), Coach Muri Handayani (Bandung  Coach Didik Arwinsyah (Yogyakarta)    Coach Rulli Indrawan (Yogyakarta)       
  5. Membangun Jaringan. Sering bingung/sedih mendengar ada kerabat yang jobless? Bisa banget diajak bareng membangun jaringan penjualan produk Tokorame. Bagaimana caranya? Jangan bingung, para mentor akan membantu dengan senang hati.
  6. Update stock dan laporan penjualan realtime. Tetangga saya di atas kerap kehabisan barang karena data nggak akurat dari toko. Bikin kecewa pemesan bukan? Tidak demikian halnya dengan Tokorame yang selalu mengupdate ratusan stock serta memberi laporan penjualan realtime.
  7. Dukungan Logistik yang handal.


Jadi Reseller, Jualan Rame-Rame

Dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah dengan jualan online, tanpa perlu pusing bikin website, produksi sendiri, sewa gudang dan kirim pesanan manual

Penjelasan di atas akan menyambut saat Anda membuka website tokorame.co.id, yang diikuti dengan fitur: ‘daftar sekarang’.

Setelah bergabung sebagai partner Tokorame, maka bisa langsung jualan karena gampang banget, cukup mengikuti stepnya;

  1. Pilih produk
  2. Share ke sosial media/teman
  3. Terima pesanan
  4. Order di Tokorame
  5. Langsung untung deh

Apa saja keuntungan jualan rame-rame atau sebagai reseller?

  • Dengan membayar Rp 150.000 maka reseller bisa jualan selamanya
  • Diskon penjualan 20 %
  • Toko online unik
  • Aplikasi android seller
  • E-course jualan online, yaitu gratis workshop jualan online dari ahlinya.

Melegakan bukan? Sekarang siapapun (termasuk para emak pengguna smartphone) bisa langsung berbisnis tanpa harus mencari produk dengan mendatangi toko demi toko seperti yang dilakukan tetangga saya. Juga nggak harus menyediakan modal untuk belanja produk.

Semua telah diperhitungkan dan disiapkan team Tokorame. Termasuk emak-emak gaptek yang selama ini hanya menggunakan smartphone untuk chit chat.

Dengan menjadi reseller di Tokorame, maka para emak bisa membantu keuangan keluarga agar stabil. Dia juga bisa mencapai kemandirian finansial. Namun leluasa memberi waktu yang berkualitas bagi keluarganya.

Baca juga: Mau Usaha Kuliner di Masa Pandemi Covid 15? Simak 5 Langkah Awalnya!

Sumber gambar: tokorame.co.id

Sumber data: Webinar Danone  - Google Indonesia

 

23 comments

  1. Jangankan emak-emak, yang bapak-bapak aja masih maju-mundur buat mulai bisnis, sekali pun nggak gaptek-gaptek amat 😁

    Menarik ya Tokorame ini, nggak sekedar menyediakan platform marketplace tapi juga memberikan sistem pendukung berupa pelatihan untuk pemula di dunia bisnis. Jarang kayanya ada yang seperti ini.

    Solutif banget.

    ReplyDelete
  2. Referensi marketplace nya menarik untuk berbelanja online, apalagi masih pandemi. Rizqi bagi pedagang online mantul

    ReplyDelete
  3. Pemanfaatan bisnis yang dipasarkan secara online ini dapat menghasilkan dan meningkatkan perekonomian juga, apalagi hadirnya Tokorame jadi pilihan masyarakat yang ingin memulai bisnisnya

    ReplyDelete
  4. Kawan-kawan saya dah banyak yg jadi resaller, tp blm pake aplikasi
    Boleh nih nanti Toko Rame saya rekomendasikan 😀🙏

    ReplyDelete
  5. Saya pengen deh bergabung di e-commerce dengan segmen yang berkonsentrasi pada produk handmade/handcrafted, produksi dalam negeri. Dulu pernah ada tapi sayang bubar. Semoga suatu saat ada lagi dan ikut hadir meramaikan usaha bisnis on-line dengan support brand imaging dan skill pemasaran seperti yang diadakan oleh Tokorame.

    ReplyDelete
  6. Wah bagus sekali ya mbak, dengan adanya Tokorame ini pedagang bisa tetap menjual dagangannya.
    Ini langkah yang solutif, mengingat saat pandemi banyak orang yang lebih memilih berbelanja secara online

    ReplyDelete
  7. lengkap banget mba fasilitas yang didapatkan dari toko rame. cocok banget buat ibu-ibu yang sedang mencari penghasilan tambahan buat bantu-bantu suami.

    ReplyDelete
  8. Buat ibu rumah tangga mau jualan praktis banget ya mbak, makasih banyak nih infonya mantap!

    ReplyDelete
  9. KOnsep marketplace yg ditawarkan Tokorame ini menarik banget, segmented ke emak-emak milenial yg mangalami dilematis saat keinginan utk jualan online tp menghadapi kendala "dram" sehari-hari di rumah sehingga utk terjuan total berjualan online jadi maju - mundur cantik. Setidaknya dengan sistem dropship yg ditawarkan Tokorame ini membawa angin segar bagi emak-emak milenial utk bisnis online tanpa galau lagi mengatur waktu dengan urusan domestik

    ReplyDelete
  10. Wah, peluang usaha baru nih mbak Maria. Asyik banget ya, selama pandemi ini banyak sekali yang kreatif mengembangkan bisnis. Tokorame ini salah satu media untuk mendatangkan rejeki buat kita. Thank infonya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Peluang usaha online makin banyak ya mba, ini bagus sekali untuk mencoba mencari rezeki dari berjualan..Apalagi dibimbing oleh coach juga

    ReplyDelete
  12. ada marketpalce baru nih bisa jadi referensi untuk emak-emak. Peluang bisnis semakin berkembang dan semua orang bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya

    ReplyDelete
  13. Tokorame keren bangettt konsepnya.
    Kalau kayak begini, siapapun bisa ambil peluang untuk ikut terjun di dagang online kan ya

    ReplyDelete
  14. Seru ya makin byk pilihan utk dukung usaha paling senang kalo ada mentoring tuh, krn mentor usaha ngaruh bgt biar bikin semangat saat mulai bisnis apalagi kalau up and down, mentor jd kuncian.

    ReplyDelete
  15. jadi inget dulu aku pun jualan baju anak, dan lumayan banget sebenernya keuntungannya, tapi ketika rame malah kecapekan dan anak ga keurus akhirnya malah brenti, hiks

    ReplyDelete
  16. langsung ke tkp! liat2 dulu, biasanya bukan jualan malah belanja. haha

    ReplyDelete
  17. Adanya market place dengan sistem dropship kayak tokorame ini memang solutif banget buat ibu rumah tangga yang ingin berjualan online. Jadi ga usah repot nyetok barang n kirim rang ya. Praktis

    ReplyDelete
  18. pengen banget nih sebenarnya nyoba jadi reseller tapi masih nggak pede euy. padahal sekarang perlu banget tambahan penghasilan karena suami lagi merintis usaha baru

    ReplyDelete
  19. ini pas banget buat yg punya usaha online ya mbak
    biar usahanya makin optimal
    menjangkau banyak pembeli

    ReplyDelete
  20. Jadi ingat zaman anak-anak masih kecil dulu, Ambu.
    Aku juga jualan apa yang anakku pakai, jadi tau banget kualitasnya.
    Andaikan zaman dulu uda kenal Tokorame yaa, Ambuu...

    ReplyDelete
  21. Wah, kulakannya di Pasar Andir ya,Bu. Seru juga nih. model baju anak di sana berarti bagus-bagus dngan harga bersaing ya,Bu

    ReplyDelete
  22. Mengetahui pangsa pasar dan melihat kekuatan daya jaual adalah penting. terima kasih artikelnya bagus sekali. perlu keberanian lebih untuk memulai usaha...

    ReplyDelete
  23. Asal mau belajar dan bergerak, pasti ada jalan ya..dan senangnya di tokorame ada mentornya. Jadi bisa upgrade ilmu juga. Kesempatan bagus ini...

    ReplyDelete