To Love (Drama China), Kisah Cinta Dalam Belitan Gembong Narkoba

 


To Love (2020), Kisah Cinta Dalam Belitan Gembong Narkoba

                                                 

Bisnis ilegal apa yang paling cepat dan mudah menghasilkan uang banyak?

Yups benar, bisnis narkoba jawabannya.

Konon pengedar narkoba mendapat keuntungan mencapai Rp650.000 per paket plastik klip (kurang dari satu gram). Gak heran, Freddy Budiman, si legenda gembong narkoba tetap bisa menjalankan bisnis dari balik jeruji penjara.

Sebelum dihukum mati 29 Juli 2016, Freddy membuat pengakuan bahwa dia meminta bantuan polisi, BNN, dan Bea Cukai untuk memasukkan narkoba ke Indonesia. Uang suap yang bergepok-gepok, rupanya membuat banyak pihak gelap mata. Nggak peduli narkoba berpotensi merusak masa depan suatu bangsa.

Tak mau kalah dengan Freddy, adalah M. Adam, pebisnis narkoba lain yang berhasil meraup Rp 12,triliun sebelum akhirnya diciduk pihak berwajib.

M.Adam divonis hukuman mati dan dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cilegon, tapi kemudian dianulir MA menjadi hukuman 20 tahun. (kompas.com)

Drama Cina “To Love” yang dirilis pada November 2020 mengambil latar belakang dunia narkoba. Lebih tepatnya berkisah tentang perjuangan seorang mantan polisi, dalam memperjuangkan keadilan bagi sahabatnya yang tewas akibat kekejaman gembong narkoba.

Bagai labirin tak berujung, Yan Jin yang diperankan Lin Geng Xin harus melakukan serangkaian kamuflase agar diterima kelompok elit narkoba. Dia berpura-pura naksir pada pimpinannya yang cantik namun kejam.

Juga harus ikut arus, memakai narkoba yang membuat Yan Jin ketagihan.



Kenny Lin/Lin Geng Xin sebagai Yan Jin

Mantan polisi narkoba yang menjadi pemilik restoran bergengsi, 1/3.

Yan Jin dan saudara kembar perempuannya, Yan Shen merupakan anak pengusaha Yan, mantan pejabat militer. Berkat kepiawaian Yan Shen sebagai pengacara, beberapa kali Yan Jin lolos dari salah dakwaan.Termasuk saat dituduh membunuh Zhan Yu, seorang pengedar narkoba.

Saat sedang mengintai Zhan Yu, Yan Jin berkenalan dengan Ji Xiao Ou, seorang gadis cantik jelita, pemilik café tempat Zhan Yu bekerja.

Awalnya Yan Jin hanya menggunakan Xiao Ou sebagai tameng, agar tidak ketahuan sedang menyamar. Tak terduga Yan Jin malah jatuh cinta pada Xiao Ou.



Gai Cass/  Gai Yue Xi  sebagai Ji Xiao Ou

Pemilik café Flowing Time, dan putri tunggal dari dokter Ji yang memiliki jiwa dermawan. Dokter Ji kerap menggratiskan obat, malah dengan bantuan Ji Xiao Ou, obat diantarkan pada pasien yang miskin.

Salah satunya adalah ibu kandung Zhan Yu yang kesulitan mobilitas dan mengalami KDRT dari suaminya yang pemabuk.

Tidak mengetahui Zhan Yu berprofesi sebagai pengedar narkoba, Ji Xiao Ou menganggap anak lelaki ini sebagai adiknya dan mengajaknya bekerja di café yang dia kelola.



Li Qing sebagai Zhan Yu

Pemuda malang yang seharusnya bisa menjadi  violinist sukses.

Dilahirkan sebagai anak dari ibu yang sakit-sakitan dan ayah pemabuk, Zhan Yu yang cerdas terpaksa menjadi pengedar narkoba, dengan nama alias KK.

Diam-diam Zhan Yu mencintai Ji Xiao Ou. Karena itu dia setuju bekerja di café Flowing Time.

Beberapa peristiwa menyadarkan Zhan Yu bahwa Yan Jin lah  sosok yang paling tepat untuk mendampingi Xiao Ou.



Sinopsis To Love (2020)

Tiga sahabat lulus dari akademi kepolisian dan bertekad membongkar jaringan narkoba. Dari ketiga sahabat tersebut, Er Zi merupakan lulusan terunggul dan diangkat menjadi agen khusus.

Sayang, nasib tidak berpihak pada Er Zi, dia tewas di medan tugas. Dua sahabat yang ditinggalkan,  Yan Jin dan Cheng Rui Min bertekad membalas dendam dengan menyeret para gembong narkoba ke meja hijau.

Caranya dengan menyusup. Yan Jin yang telah menjadi pengusaha setelah keluar dari instansi kepolisian bertugas masuk ke dalam lingkaran gembong narkoba. Hasil yang didapat dirembuk bareng dengan Cheng Rui Min.

Untuk memuluskan penyamaran, Yan Jin berpura-pura naksir pada Xiao Mei Ren, perempuan sadis yang menggantikan “tahta” kekasihnya, sebagai ketua kartel narkoba.

Yan Jin juga harus rela menjadi pengguna narkoba, agar Liu Wei, gembong narkoba lainnya, mempercayainya dan mau membocorkan rencana transaksi/ pengiriman narkoba.

Selain melakukan pendekatan pada Xiao Mei Ren dan Liu Wei, Yan Jin juga mengintai KK, seorang agen narkoba. Bernama asli Zhan Yu, KK menyamarkan kegiatannya di belakang status pelajar dan bekerja di Flowing Time, café yang dimiliki Ji Xiao Ou.

Diluar rencana, Yan Jin malah jatuh cinta pada Ji Xiao Ou. Situasi yang berbahaya, karena apabila ketahuan Xiao Mei Ren, maka petaka akan menimpa Ji Xiao Ou.

Apa yang ditakutkan Yan Jin terjadi. Saat berusaha menjauh dari Ji Xiao Ou, gadis ini malah mendatangi sarang Xiao Mei Ren dan berbuat onar. Ji Xiao Ou tidak tahu bahwa Yan Jin beradegan mesra dengan Xiao Mei Ren untuk memuluskan rencananya.

Tak pelak, café Ji Xiao Ou menjadi bulan-bulanan preman, anak buah Xiao Mei Ren dan Liu Wei.

Café yang hancur bisa diperbaiki, tidak demikian dengan perasaan Ji Xiao Ou. Tambah berkeping-keping setelah mengetahui Yan Jin adalah pecandu narkoba.

Disusul kemudian dengan kematian Zhan Yu, pemuda berwajah innocent yang disayangi Ji Xiao Ou bak adik kandung sendiri. Tidak sekadar tewas, jasad Zhan Yu juga dimutilasi oleh pembunuhnya.

Puncaknya, Yan Jin dituduh sebagai gembong narkoba, disusul didakwa sebagai pembunuh Zhan Yu.

Dapatkah kedua sejoli, Yan Jin dan Ji Xiao Ou melewati rintangan ini?

rayuan Lin Geng Xin yang lebay 😀😀

Review To Love (2020)       

Sinematografi yang indah menyambut penonton sejak episode pertama drama “To Love”. Permainan sinar mentari, lekak lekuk jalan yang penuh pepohonan, dilewati Ji Xiao Ou saat bersepeda menuju cafenya. Membuat siapapun berdecak kagum.

Disusul café bergaya vintage, termasuk busana yang dikenakan Gai Yue Xi , pemeran Ji Xiao Ou, semakin memanjakan mata penonton.

Tumbuhan bersulur dari pot-pot, serta rangkaian bunga yang ditampilkan berlimpah. Duh ciamik pisan. Mengingatkan saya pada setting kamar-kamar yang digunakan Lu Jin dan Gu Sheng Nan dalam drama Cina “Dating in the Kitchen”.

Bedanya drama tersebut menampilkan perumahan yang kumuh. Sedangkan drama Cina “To Love”, semua nampak oke. Termasuk pemukiman yang dihuni keluarga Zhan Yu yang miskin dan penuh jejak KDRT.

Baca juga: Dating in the Kitchen, Saat Paman Jatuh Cinta Pada Keponakan

Visualisasi cantik mungkin dimaksudkan untuk menyeimbangi kejamnya dunia narkoba. Agar penonton dapat menikmati adegan romantis antara Yan Jin dan Ji Xiao Ou, dan larut dalam kisah cinta keduanya.

Alur kisahpun tidak ditampilkan secara biasa. Penonton diajak memasuki situasi setahun setelah pertemuan pertama Yan Jin dan Xiao Ou. Atau sesudah Zhan Yu ditemukan tewas dimutilasi. Yan Jin ditahan. Dan Xiao Ou diinterogasi di cafenya.

Akhirnya, secara keseluruhan yang muncul dalam drama “To Love” adalah drama Romeo and Juliet, antara Yan Jin dan Xiao Ou. Dunia hitam narkoba hanya sebagai latar. Walau ada beberapa adegan menakutkan, seperti  saat Zhan Yu disiksa dan Yan Jin nyaris ketahuan.

Dunia hitam tertutup adegan-adegan manis . Penonton bakal tersenyum gemas melihat Yan Jin merayu Xiao Ou dengan lebaynya. Kemudian terhentak, ikut merasakan pilu, sewaktu Yan Jin menampar Xiao Ou.

Dilanjut Xiao Ou yang balas menampar dengan wajah terluka, huhuhu ….. bikin pingin ikutan nangis.😢😢

Chemistry Lin Geng Xin sebagai pemeran Yan Jin, dan Gai Yue Xi  pemeran Ji Xiao Ou, emang patut  diacungi jempol. Mengalahkan duet akting Lin Geng Xin bareng Zhao Liying dalam drama “Princess Agents”.

Walau pastinya plot kisah drama “Princess Agents” jauh lebih unggul

Baca juga: Princess Agents, Hasil Jiplakan yang Sukses Besar

Namun, jika penonton mencari drama yang sangat menghibur. Nggak harus ribet ngapalin nama, silakan menonton drama  Cina “To Love”.

Saat tulisan ini saya posting, drama Cina “To Love” masih bisa disaksikan di You Tube, channel Yoyo TV  Terjemahan bahasa Inggris dan Indonesianya susul menyusul, baru masuk episode 25-an, dari keseluruhan 40 episode.

Tapi saya yakin bakal happy ending.

Karena jika sad ending, penonton bakal gusar. 😀😀

 

Profile Drama: To Love

Executive Producer: Zheng Xiao Long

Country: China

Episodes: 40

Aired: Nov 19, 2020 - Dec 17, 2020

Aired On: Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday

Original Network: Youku

Duration: 45 min.

Genres: Suspense, Romance, Crime, Drama, Investigation

11 comments

  1. Seru banget nih drama action pastinya ya. Lama sangat udah gak nonton drama asal Cina. TV-ku nggak nyampe kabelnya ke Cina nih hehehe

    ReplyDelete
  2. Ngeri juga ya kalau berurusan dengan narkoba ini. Mau menemukan gembongnya saja,saat menyamar, harus mau ikutan pakai narkoba juga. Banyak segi kehidupan dong ya yang harus dikorbankan demi menemukan jalur edarnya. Wah keren banget ide serial drama Cina To Love ini.

    ReplyDelete
  3. Mba hebat ya bisa nonton serial drama puluhan episode gt. Aku aja nonton drama 16 episode udah ngos2an apalagi klo ada anak anak yg gangguin🤦‍♀️😅

    ReplyDelete
  4. Mba hebat ya bisa nonton serial drama puluhan episode gt. Aku aja nonton drama 16 episode udah ngos2an apalagi klo ada anak anak yg gangguin🤦‍♀️😅

    ReplyDelete
  5. Wah,temanya cukup berat dan sensitif,
    Tapi jadi inget Indonesia Movie "Selamanya" yg dibintangi Julie Estelle dan Dimas Seto. Bawaannya jadi kasihan saat ingin membantu/konteks yg drama ini balas dendam malah terjerat obat terlarang tersebut

    ReplyDelete
  6. (((Nggak harus ribet ngapalin nama))) Hahahah....aku banget itu, Ambu.
    Btw, film sejenis ini terus terang bukan seleraku. Seleraku indomie... eh, maksudku nggak kuat nonton yang begini -_-

    ReplyDelete
  7. Ampuuuun ambuuuuuu, kemarin masih belum move on, eeee ini ditambah cerita seru lagi, saya kira dari korea, ternyata drama series ini dari China. Duh sebagai penikmat drama series dalam bentuk tulisan, saya lebih memilih diceritakan dalam bentuk tulisan kalau drama series gini ambu, kalau nonton saya takut mager, dan pasti mager, LOL

    ReplyDelete
  8. Tema percintaan yang unik ya Mbak Maria. Saya pernah nonton film Italia dengan alur cerita yang mirip. Hanya penokohannya terbalik. Yang jadi polisi itu 3 orang perempuan. Semua pemainnya adalah aktor dan aktris Italia dengan garis wajah mafia yang kuat banget. Duh lupa banget judulnya. Tapi sayang sad ending. Diakhiri dengan adegan baku tembak berkepanjangan yang menyebabkan si polisi ceweknya mati karena terjangan peluru.

    ReplyDelete
  9. pemainnya cakep-cakep pun ceritanya menarik ya, penuh intrik aplg dengan benang merah ttg narkoba, i like it the story

    ReplyDelete
  10. kalo dracin or film cina, sejak dulu tema kisah cinta dan romantisme para mafia tuh memang menarik untuk disimak, jadi segahar-gaharnya mafia ternyata tetap butuh cinta juga yaa

    ReplyDelete
  11. Ahaaa, temanya segaarrr bgt nih, soal narkoba!
    Kreatif bgt para punggawa drama China yak
    Bisa jadi alternatif tayngan menarik

    ReplyDelete