The Crowned Clown, Saat Sang Badut Jadi Raja



The Crowned Clown, Saat Sang Badut Jadi Raja

Heboh. Ariel Noah menikah dengan pedangdut, Putri Jamila.

Hihihi setelah dibaca cermat pengantin pria adalah Aris. Lelaki berwajah mirip Ariel Noah yang mempersunting pedangdut bernama Putri Jamila.

Sebetulnya banyak banget ya, orang yang mirip dengan yang lainnya? Terkadang mirip banget sehingga sulit dibedakan.

Tapiii …..,nggak ada yang benar-benar mirip/plek sama. Bahkan sepasang anak/orang kembar yang berasal dari ayah ibu sama. Apalagi mereka yang mirip tapi beda ibu dan beda ayah. Pastilah lebih mudah membedakan.

Lain lagi dengan fenomena doppelganger , atau orang yang mirip banget satu sama lain, sampai nggak ada yang bisa ngebedain kecuali yang bersangkutan.

Jika sudah begini, konon harus ada yang “dihilangkan” , seperti kisah dalam drama Korea   “The King Eternal Monarch”. Drama yang menggunakan keyakinan adanya dunia paralel. 

Dianalogikan dengan katak yang hidup di suatu kolam. Lewat getaran, dia tahu ada dunia di luar kolam, tapi nggak bisa membuktikan karena tidak melihatnya.

Baca juga: The King Eternal Monarch, Sepotong Cinta Dalam Fiksi Ilmiah

Kita tinggalkan para pakar yang saling melempar hipotesa. Mari kita lihat bagaimana manusia memanfaatkan kemiripan wajah dan bentuk tubuh satu sama lain.

Salah satunya untuk kebutuhan stuntman. Baik oleh aktor/aktris film. Serta pejabat pemerintahan, khususnya kepala negara setingkat perdana menteri, raja dan presiden.

Nyawa mereka sangat disukai lawan atau pihak yang hobi memancing di air keruh. Tewasnya kepala negara akan menyebabkan gonjang-ganjing, pasar saham bergejolak dan negara terancam chaos.

Drama Korea Designated Survivor: 60 Days yang merupakan remake dari serial televisi AS: Designated Survivor, melukiskan betapa pentingnya posisi kepala pemerintahan. Tak boleh ada jeda. Tak boleh kosong.

Baca juga: 

Designated Survivor: 60 Days, Bukan Presiden Boneka

Designated Survivor, (Bukan) Presiden Karbitan

Mungkin terinspirasi dari sosok yang mirip raja, yang dibutuhkan saat raja tak mampu muncul di depan publik, sineas Korea membuat film “The Masquerade” pada tahun 2012.

Film yang diperankan aktor papan atas, Lee Byung Hun ini menjadi  film sejarah terlaris Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, 15 kategori dalam Grand Bell Awards ke-49 berhasil diraihnya, termasuk Film Terbaik, Sutradara, Skenario dan Aktor. (sumber: wikipedia)

Pada tahun 2019, pegiat drama Korea membuat remake dari “The Masquerade”, yaitu drama "THe Crowned Clown".  Bagaimana hasilnya? Sukses seperti filmnyakah?

Yuk, kita kupas.



Yeo Jin Goo sebagai Raja Lee Hun

Raja yang naik tahta dengan lumuran darah pemberontak dan sanak saudara bahkan adik kandungnya sendiri. Akibatnya Lee Hun mengalami gangguan mental. Dia selalu ketakutan. Bayangan adik kandungnya selalu menghantui. Serta bayangan sosok-sosok yang akan membunuhnya.

Kekuasaan Lee Hun selalu digoyang. Salah satunya oleh Shin Chi Soo, pejabat kerajaan yang ingin mendudukkan kaisar boneka. Caranya dengan mencekoki raja dengan opium, serta mengatur agar selir yang diajukannya bisa melahirkan anak laki-laki bagi kaisar.



Yeo Jin-Goo sebagai Ha Sun

Badut keliling dengan wajah mirip raja yang berkuasa.

Berkelana dengan riang gembira bersama adiknya, Dal Rae dan paman Kab Soo, Ha Sun tidak memiliki ambisi apapun kecuali makan kenyang. Hingga suatu hari dia mendapati Dal Rae diperkosa dan disiksa oleh anak lelaki Shin Chi Soo, pejabat kerajaan.

Sebagai wong cilik, Ha Sun tahu, dia tidak bisa membalas dendam. Kecuali menerima tawaran dari Kepala Sekretaris Kerajaan, Lee Kyu, yaitu menyamar sebagai raja, menggantikan raja asli yang sedang sakit.



Lee Se Young sebagai Yoo So Woon

Permaisuri Raja Lee Hun, sekaligus teman kecilnya. 

Sebagai permaisuri, Yoo So Woon kaget melihat perubahan suaminya. Lee Hun yang dulu ramah berubah menjadi dingin dan kejam sesudah memegang tampuk kekuasaan. Bahkan  tega menjatuhkan hukuman mati pada ayah Yoo So Woon.

Sia-sia Yoo So Woon berlutut memohon agar ayahnya diampuni. Sang raja tetap bergeming.

Karena itu Yoo So Woon sangat senang ketika tiba-tiba raja mengubah keputusannya. Hukuman mati diubah menjadi hukuman pengusiran dari ibukota. 

Sikap raja pun menjadi hangat, peduli dan bijaksana. Yoo So Woon tidak menyadari bahwa suaminya bukan sosok yang sama. Bukan Lee Hun, teman kecilnya, melainkan Ha Sun,  badut yang berwajah sama dengan suaminya.



Sinopsis The Crowned Clown (Drama Korea 2019)

Saya ingin belajar

Cara menginjak orang

Sampai berhenti bernapas

Mendung tiba-tiba menyelimuti kehidupan Ha Sun yang cerah. Adiknya diperkosa secara  brutal oleh Shin Yi-Kyeom, anak pejabat tinggi, tangan kanan raja yang berkuasa.

Satu-satunya cara membalas dendam adalah dengan menyetujui tawaran Kepala Sekretaris Kerajaan, Lee Kyu. Yaitu menyamar sebagai raja. Posisi sementara sambil menunggu raja sembuh dari halusinasi parah akibat kecanduan opium.

Ternyata tak mudah. Tangan kanan raja, pejabat Shin Chi-Soo hanya berpura setia. Ayah Shin Yi Kyeom ini sebetulnya dalang yang memasok opium agar raja kecanduan dan labil dalam memberi keputusan.

Shin Chi Soo juga melakukan banyak taktik agar mempunyai regenerasi “raja boneka”. Caranya dengan menyodorkan selir yang berasal dari marganya.

Seolah belum cukup, ibu suri pun ingin melengserkan raja dan mengganti dengan pilihannya. Tak tanggung-tanggung, armada terlatih disiapkan untuk memuluskan rencana ibu suri.

Keduanya, Shin Chi Soo dan ibu suri pasti akan bergembira, andai tahu bahwa yang mereka hadapi bukanlah raja asli, melainkan badut bernama Ha Sun.

Agar pemerintahan berjalan stabil, Lee Kyu, Kepala Sekretaris Kerajaan berinisiatif membunuh raja asli dan melukai dada Ha Sun supaya mirip dengan raja asli.

Namun, sepandai tupai melompat toh akan jatuh juga. Permaisuri menemukan kejanggalan. Raja tidak bisa huruf Tionghoa dan minta bantuan kepala kasim untuk menerjemahkan dari bahasa Korea.

Ancaman lainnya: seorang bupati dari pedalaman mengenali Ha Sun sebagai badut yang pernah menghibur dipestanya. 

Bagaimana nasib Ha Sun?

the masquerade (akting brilian Lee Byung Hun sebagai Ha Sun (kiri) dan Raja Gwang Hae (kanan)


Review The Crowned Clown

Banjir tawaran,  aktor Yeo Jin-Goo banjir membintangi 3 drama sekaligus di tahun 2019. Yaitu "My Absolute Boyfriend” (SBS/2019),  “Hotel Del Luna” (tvN / 2019) dan “The Crowned Clown”.

Bandingkan dengan  aktor papan atas lain. Lee Min Ho misalnya. Dia sangat selektif. Pada rentang tahun 2011-2020 Lee Min Ho hanya membintangi 5 serial drama. Malah Hyun Bin hanya 3 serial drama!

Yeon Jin Goo mungkin tidak bisa menolak “Hotel Del Luna” yang ditulis oleh Hong Sisters, screen writer terkenal yang  karyanya selalu mendulang sukses.  Selain itu, dalam “Hotel Del Luna”, aktor ganteng kelahiran 13 Agustus  tahun 1997  ini berkesempatan tandem dengan IU.

Baca juga:

Hotel Del Luna, Menembus Batas Fantasi Hong Sisters

My Absolute Boyfriend, Terbelenggu Cinta yang Konyol

Tapi perannya dalam “My Absolute Boyfriend” mendapat kritik tajam. Plotnya kedodoran, nggak heran ratingnya rendah. Berikut komen salah seorang reviewer:

For F**k Sake. Stop with the nonsense. Actress ignored a boyfriend for seven years and fall in love with a robot. What a joke. I know this is a fantasy but the storyline just doesn't make sense. (sumber: asianwiki)

Beberapa komen yang memuji drama tersebut lebih disebabkan akting Yeo Jin-Goo dan wajah tampannya yang memikat.

Beruntung “The Crowned Clown” mampu meraih rating cukup tinggi, malah nggak kalah dengan “Hotel Del Luna”. Episode akhirnya meraih 2 digit. Sungguh fantastis!

sumber: asianwiki.com


Plot “The Crowned Clown” yang merupakan remake dari  “The Masquerade (Korean Movie 2012)” mungkin menjadi penyebab. 

Dalam film The Masquerade, sang raja kembali memegang tahta dan si badut “disingkirkan”. Sementara dalam drama, sang raja dibunuh Lee Kyu, Kepala Sekretaris Kerajaan yang membutuhkan boneka untuk memuluskan rencananya.

Karena itu, kecuali Anda penggemar Yeo Jin-Goo yang tak akan goyah dengan opini,  paska menonton “The Crowned Clown”, saya sarankan jangan menonton “The Masquerade”. Beda jauh. πŸ˜€πŸ˜€

Menonton film “The Masquerade” serasa melihat suasana kerajaan yang sesungguhnya. Begitu hidup. Mewah dan megah. Raja dikisahkan mencintai bau perempuan. Masuk akal, situasi kerajaan memang begitu.

Setiap malam para selir berlomba-lomba tidur dengan raja, berusaha hamil demi kekayaan dan kekuasaan. Nggak heran, permaisuri yang minta tidur dengan raja langsung mengetahui bahwa suaminya palsu. πŸ˜€πŸ˜€

Dalam “The Masquerade” juga dikisahkan cara raja BAB. Akan ada dayang-dayang yang mengambil kotorannya, untuk diperiksa dan dicicipi. Omaygat, segitunya. πŸ˜€πŸ˜€

Namun tetap ada benang merah antara drama dan film,  yaitu peraturan pajak yang lahir pada era Raja Gwang Hae (nama Lee Hun setelah dinobatkan menjadi raja), yaitu menerapkan pajak untuk orang yang memiliki tanah sendiri.

Tepatnya Raja Gwang Hae bersikap adil setelah kedatangan si badut yang berwajah mirip dirinya. Good job ya?

Tapi …. tetap pada fakta bahwa baik film maupun drama, hanyalah fiksi ya. Di dunia ini nggak mungkin ada orang yang mirip plek, satu sama lain. 😊😊


Profile Drama: The Crowned Clown (English title)

Revised romanization: Wangyi Doen Namja

Hangul: 왕이 된 λ‚¨μž

Director: Kim Hee-Won

Writer: Kim Sun-Deok, Shin Ha-Eun

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: January 7 - March 4, 2019

Runtime: Monday & Tuesday 21:30

Language: Korean

Country: South Korea


11 comments

  1. Jadi penasaran pengen nonton drama Korea yang termasuk dalam historical drama ini. Yang jadi raja itu kayaknya juga ada di drama Korea Hotel Del Luna ya, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep saya tulis di atas, tahun Yeo Jin-Goo main di 3 drama :
      "My Absolute Boyfriend” (SBS/2019), “Hotel Del Luna” (tvN / 2019) dan “The Crowned Clown”.

      Delete
  2. Yang jadi Ha Sun mengalihkan tulisannya eh pandangan jiwa hehe. Dapat rekomen lagi nih drama yang asik buat ditonton😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganteng ya?
      saya nonton drama Yeo Jin-Goo sejak masih kanak kanak di drama I Miss You

      Delete
  3. Aku termasuk tim yang kurang seneng sama drakor berlatar kerajaan. Termasuk judul the Crown Clown ini aku skip nonton. Baca review ambu aku jadi ada pencerahan ndikit soal sinopsis film ini.

    ReplyDelete
  4. The Crowned Clown, Saat Sang Badut Jadi Raja kisah menarik perjalanan seseorang dalam kehidupan, mantul

    ReplyDelete
  5. Ah bener omongan teman² saya. The crowned clown ini kurang greget karena memang duplikatnya The Masquerade. Film yang banyak dapat pujian kritikus film. Saya sih belom nonton. Teman² juga gak menyarankan

    ReplyDelete
  6. Setelah nonton The Last Empress (walo ga sampe tamat), aku kayaknya mulai interested dgn drakor model raja2 gini, Ambu.

    Hmm, boljug nih The Crowned Clown, mau aku coba nonton kalo udah seloo ahh

    ReplyDelete
  7. Saya heran 1000 heran dengan drama Korea, kok bisa punya plot yang rapih. Tiap episodenya padat nggak bertele-tele, meskipun ada yang sedikit slow, tapi umumnya baik dan menginspirasi para penulis. Opini ini terbentuk gara2 adik di rumah selalu update korea yang dia tonton karena saya pribadi belum sebetah itu untuk pantengin min 16 episodeπŸ˜‚πŸ˜‚Sementara cukup senang dengam baca review seperti ini. Makasih Ambu 😍😍

    ReplyDelete
  8. Saya ingin belajar

    Cara menginjak orang

    Sampai berhenti bernapas

    hiiy.. aku bergidik baca di paragraf paragraf terakhirnya! Menjijikkan tapi nyata!
    Aku pernah baca kisah sejarah China dan kekaisarannya yang juga tak kalah menyedihkan - saling tusuk - saling tikam - saling bersiasat!

    Ga pernah ada rasa aman dan damai dalam kehidupan kekaisaran bahkan si kaisar dan ibu suri pun setiap hari menderita harus memakai aneka atribut kerajaan yang beratnya naujubillaaah

    well well well....
    ku mungkin nonton The MAsquerade, walau ada adegan "menjijikkan" itu.... hiks hiks

    nice review as always ambu!

    ReplyDelete
  9. Tahu Yeo Jin Goo dari drama Hotel Del Luna, dari situ mulai suka sama akting dan wajahnya juga, bu. hehehe. Nonton drama saeguk begini selalu berhasil menguras emosi dan perasaan, apalagi diproduksi sama Tvn sepertinya saya akan nonton drama ini, Bu.

    ReplyDelete